Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Domain dan Hosting

Tidak lengkap rasanya kalau kita berbicara tentang website tetapi melewatkan domain dan hosting.

Domain dan Hosting Adalah sebuah hal yang sangat penting dalam sebuah website. Saking pentingnya domain dapat di analogikan sebagai sebuah rumah dan hosting adalah alamat sebuah website. 

Sebelum membahas lebih jauh, apakah Sobat tau apa yang dimaksud domain dan hosting? Apa fungsinya? dalam artikel kali ini kita akan mengupas tuntas tentang domain dan hosting.

Domain dan Hosting

Apa Itu Domain

Domain merupakan identitas website yang ada di internet. Domain ini hanya dimiliki oleh satu pengguna saja, seperti pada merek dagang, domain tidak dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Domain, silahkan order Domain di Niagahoster dan masukkan kode kupon DIKAOFFICIAL agar Anda mendapatkan diskon 5%.

Setiap website yang ada di seluruh dunia ini memiliki domain atau nama unik yang berbeda-beda. 

Contohnya seperti domain sorayaxx.com, domain sorayaxx.com tersebut hanya milik satu orang, tidak akan ada website lain yang memiliki domain sama persis seperti sorayaxx.com lagi. 

Dengan adanya domain akan mempermudah kita dalam mengakses sebuah website yang ada di internet. 

Domain dibuat sedemikian rupa sehingga hanya bisa digunakan dalam satu website, hal tersebut sangat memudahkan kita untuk mengakses website mana yang ingin kita gunakan. 

Bayangkan jika domain bisa digunakan lebih dari satu website di seluruh dunia, pasti kita akan pusing mencari website yang ingin kita akses. 

Selain itu, sebelum adanya domain, nomor ip merupakan kode untuk mengakses sebuah website, bayangkan betapa susahnya menghafal atau mencatat sebuah nomor ip untuk mengakses sebuah website tanpa adanya domain. 

Terdapat banyak sekali jenis domain yang ada diseluruh dunia, namun hanya dua yang paling banyak digunakan, yaitu:

1. Domain TLD (Top Level Domain)

Contoh:

  • .com
  • .net
  • .org

2. Domain CCTLD (Country Code Top LeveL Domain)

Merupakan domain yang dikhususkan untuk negara tertentu:

  • ID (Indonesia)
  • US (Amerika Serikat)
  • KR (Korea Selatan)

Apa itu Hosting

Hosting merupakan sebuah tempat atau ruangan yan digunakan untuk menyimpan data-data yang ada dalam website. Hosting ini digunakan dalam semua website. Baik website perusahaan, website pribadi, website blog, dsb.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Produk Unlimited Hosting Murah di Niagahoster dan masukkan kode kupon DIKAOFFICIAL agar Anda mendapatkan diskon 5%.

Selain itu, kalau Sobat ingin website milik Sobat aktif atau di online kan, dan bisa diakses oleh siapa saja, maka Sobat perlu untuk menyimpan website tersebut dalam sebuah hosting.

Secara umum hosting dibagi menjadi dua, yakni:

1. Hosting gratis

2. Hosting berbayar

Manakah yang lebih baik? Seperti kata pepatah jawa, ono rego ono rupo, ada harga ada wujud atau kualitas. 

Maksudnya adalah harga sebanding dengan kualitas yang diberikan. Sekarang mana yang lebih bagus? Hosting gratis atau hosting berbayar?

Tentu kualitas hosting berbayar jauh lebih baik dari hosting gratis. Hosting berbayar menawarkan banyak sekali fitur atau kemudahan yang tidak diberikan dalam hosting berbayar. 

Baca juga : Kriteria yang Harus Ada pada Hosting Terbaik untuk Wordpress

Seperti fitur auto installer softaculous, fitur FTP, fitur webmail yang bagus, fitur MySQL, fitur bebas iklan dan masalah, performa yang lebih bagus, dan lain sebagainya.

Hosting gratis tidak bisa menyediakan fitur-fitur seperti milik hosting berbayar. Selain itu kekurangan dari hosting gratis adalah tidak dapat menentukan space yang kita inginkan. 

Kalau Sobat menggunakan hosting berbayar, Sobat dapat menentukan seberapa besar space yang Sobat inginkan, dengan syarat Sobat harus membayar lebih jika ingin space diluar batas maksimum pemberian space oleh hosting.

Selanjutnya setelah Sobat memahami tentang hosting, kita akan membahas tentang domain.

Apa Fungsi Domain dan Hosting

Secara singkat hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan data-data dalam website Sobat, seperti gambar, dokumen, dll. Sedangkan domain berfungsi untuk memudahkan kita dalam mengakses sebuah website.

Sekian penjelasan singkat tentang Domain dan Hosting sebuah hal yang sangat penting dalam sebuah website, semoga membantu.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.