Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Backlink, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian dan maksud dari backlink memang sangat jarang diketahui oleh banyak orang, maka tidak heran jika hal tersebut selalu menjadi pertanyaan bagi beberapa orang. Kesempatan kali ini akan dibahas tentang apa itu backlink dan beberapa informasi penunjang lainnya. 

Backlink menjadi salah satu faktor yang penting di dalam SEO. Secara umum, backlink merupakan tautan yang terdapat pada sebuah halaman website/blog yang kemudian mengarah ke situs yang lainnya. 

Google sebagai salah satu search engines mengganggap bahwa backlink dapat menjadi salah satu cara untuk memverifikasi otoritas serta relevansi dari situs website/blog milik anda. 

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan supaya website yang Anda kelola populer di mesin pencari, salah satunya adalah dengan memanfaatkan backlink. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, dalam ulasan kali ini akan dibahas tuntas mengenai pengertian backlink dan aspek-aspek terkaitnya.

Selain konten yang berkualitas, ada banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap traffic sebuah website, termasuk aspek yang satu ini. Berikut ini akan dikupas tuntas  juga mengenai pengaruh backlink dalam pengelolaan website Anda.

Pengertian Backlink, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Backlink

Backlink adalah suatu tanda dari kepercayaan situs lain terhadap situs yang anda miliki. Pada umumnya, backlink hanya diberikan untuk situs yang memiliki otoritas serta konten yang terpercaya.  

Untuk membuat jumlah backlink berkualitas tinggi yang akan anda dapatkan melalui situs website/blog lain kini dapat menentukan posisi dari website/blog anda pada search engine result pages. 

Baca juga : Apa Itu Hosting Blog, Cara Kerja, dan Contohnya

Semakin tinggi peringkat website/blog pada search engine result pages tersebut, maka semakin bagus pula SEO yang ada pada website/blog.  

Kategori Backlink

Dari ulasan di atas, tentu Anda sudah mendapatkan sedikit gambaran mengenai pengertian backlink atau mungkin sudah menemukan beberapa contoh backlink dalam situs yang yang sedang Anda telusuri. Pada prakteknya, backlink dikelompokkan dalam 2 kategori sebagai berikut.

Internal Backlink

Internal backlink merupakan link atau tautan yang menghubungkan dua halaman dalam satu situs web yang sama. Biasanya internal link ini bertujuan untuk membantu pengunjung web menemukan konten yang berkaitan atau informasi tambahan dari sebuah topik.

Dengan adanya internal backlink, tentu akan membuat pengunjung berada lebih lama di situs atau konten Anda. Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap kualitas dan kredibilitas konten maupun situs Anda. 

Eksternal Backlink

Eksternal link merupakan tautan atau link yang diterima dari situs lain atau mengarah kepada situs lain. Link ini memiliki pengaruh yang cukup besar dalam upaya meningkatkan kepopuleran atau rating sebuah website.

Keuntungan lainnya, eksternal backlink akan membantu meningkatkan traffic audiens yang berkunjung ke website Anda. Dengan demikian juga akan mendongkrak kredibilitas website Anda.

Fungsi Backlink

Fungsi backlink sendiri tidak semata-mata hanya untuk mendongkrak rating sebuah website di mesin pencari. Berikut ini beberapa fungsi backlink yang perlu Anda ketahui.

1. Bermanfaat Bagi Visitor Website

Selain bermanfaat bagi pemilik situs, adanya backlink juga bermanfaat bagi visitor website. Manfaat yang didapatkan langsung oleh pengunjung website adalah membantu pengunjung memperoleh referensi yang berkaitan dengan topik yang sedang ditelusuri. 

2. Meningkatkan Traffic Pengunjung Website

Backlink yang diterima oleh sebuah situs, tentu akan meningkatkan traffic pengunjung pada situs tersebut. Semakin banyak backlink yang diterima, maka exposure yang didapatkan juga semakin banyak.

3. Meningkatkan Rating pada SERP

SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Pages. Sesuai namanya, maka SERP merupakan halaman hasil pencarian menggunakan keyword pada mesin pencarian di internet. Backlink turut membantu website Anda memiliki peringkat yang tinggi pada SERP.

4. Meningkatkan Kepercayaan terhadap Website Anda

Sebagaimana ulasan mengenai pengertian backlink sebelumnya, ini merupakan suatu bentuk rekomendasi dari situs lain terhadap situs Anda. Maka, sebuah konten atau situs yang menerima backlink dari situs lain, secara tidak langsung kredibilitasnya akan meningkat.

Tidak hanya itu, backlink juga menunjukkan bahwa konten Anda berkualitas dan layak dijadikan referensi. Ini berlaku khususnya ketika Anda mendapatkan eksternal backlink. Backlink juga seringkali dijadikan tolak ukur popularitas dari sebuah situs.

5. Sumber Visitor Jangka Panjang

Jumlah visitor situs Anda tidak selalu langsung mengalami peningkatan sesaat setelah Anda mendapatkan backlink. Jika situs lain memberikan backlink jangka panjang kepada situs Anda, maka juga akan mendapatkan visitor dalam jangka waktu yang panjang. 

6. Menjalin Networking dengan Website Lain

Backlink juga merupakan salah satu cara menjalin networking dengan situs yang lain, terlebih dengan situs yang memiliki topik konten yang sama. Hal ini tentunya akan menjadi simbiosis mutualisme bagi kedua belah pihak.

Jenis-Jenis Backlink Secara Umum

Terdapat beberapa jenis backlink dengan karakteristiknya masing-masing. Berikut ini adalah ulasan beberapa jenis backlink yang sering digunakan.

1. No Follow Link

No Follow Link adalah jenis backlink yang memberikan otoritas terbatas. Jadi ketika link situs direferensikan oleh situs lain, Anda dapat tag nofollow untuk membatasi otoritas situs tersebut terhadap link situs Anda.

Biasanya ini diterapkan pada backlink dari website yang kurang berkualitas supaya website tersebut tidak ikut mendapat rekomendasi atau otoritas untuk muncul di SERP. Ini juga dapat mencegah spam dari website lain yang ingin mereferensikan situsnya secara gratis. 

Umumnya, website milik instansi pemerintah atau sekolah menggunakan backlink jenis ini. No Follow link membantu membatasi otoritas dari link situs-situs yang tidak jelas dan kurang bermanfaat.di internet.

2. Dofollow Link

Berbeda dengan No Follow link, Do Follow link memberikan otoritas yang lebih luas. Backlink ini benar-benar menautkan antara satu situs dengan situs lainnya. Tujuan Dofollow link salah satunya untuk meningkatkan rating suatu website pada mesin pencari di internet.

Selain itu, Do Follow link juga membantu mengoptimalkan networking dengan pemilik situs lain yang saling berkaitan. Do Follow link dapat diterapkan untuk backlink yang  berkualitas dan mempunyai dampak positif terhadap website Anda.

3. Juice Link

Jenis backlink ini adalah yang paling umum. Backlink ini akan memberi rekomendasi pada visitor website lain untuk juga mengunjungi website Anda. Dengan demikian, backlink ini akan membantu mendongkrak traffic website Anda.

4. Sponsored Links

Sponsored Links sering juga disebut dengan Paid Links. Sesuai namanya, ini merupakan jenis link sponsor yang berbayar. Untuk backlink ini, Anda harus membayar untuk memperoleh link pada situs yang akan mendongkrak optimalisasi peringkat situs Anda.

Kategori Backlink Berdasarkan Kualitas Sumber

Setelah memahami pengertian backlink secara umum, Anda perlu juga memperhatikan mengenai sumber-sumber backlink. Berdasarkan kualitas sumbernya, terdapat dua jenis backlink sebagai berikut.

1. Quality Backlink

Quality backlink merupakan backlink berkualitas yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan peringkat website Anda pada mesin pencarian di internet. Backlink ini tentunya berasal dari sumber-sumber yang berkualitas seperti surat kabar ternama, instansi pemerintah dan sejenisnya.

Selain itu, backlink yang berkualitas biasanya berasal dari situs yang secara natural memiliki korelasi dengan topik yang dibahas pada konten situs Anda. Untuk mendapatkan lebih banyak quality backlink, maka perlu memperhatikan kualitas konten pada  situs Anda.

2. Toxic Backlink

Toxic backlink merupakan backlink yang justru memberikan dampak buruk pada rating website Anda di mesin pencarian. Umumnya, backlink ini sifatnya tidak natural dan terindikasi adanya kecurangan.

Toxic backlink biasanya berasal dari sumber yang tidak aman atau tidak terpercaya. Selain itu, backlink tersebut juga seperti spam yang topiknya tidak sesuai dengan konten Anda. 

Algoritma google akan dapat mendeteksi backlink yang tidak natural ini. Hal ini akan mengakibatkan dampak negatif pada rating dan traffic website Anda.

Manfaat Backlink

1. Meningkatkan kredibilitas website/blog milik anda

2. Membangun hubungan dengan situs yang lain

3. Mempermudah website/blog untuk terindex pada search engine 

4. Meningkatkan peringkat pada search engine result pages

Setelah mengetahui pengertian backlink, mengetahui jenis dan manfaatnya anda dapat membuat suatu konten yang berguna. 

Baca juga : Cara Meningkatkan Traffic Blog Paling Ampuh, Simak Disini

Langkah paling tepat guna mendapatkan backlink yakni melalui adanya konten yang berkualitas tinggi, informatif serta bermanfaat. 

Jika konten yang dibuat berkualitas dan berguna, tentu akan semakin banyak orang yang mendapat keuntungan darinya.  Anda harus mampu memahami audiens, memilih gaya bahasa serta membuat konten yang jelas dan padat. Selamat mencoba. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.