Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Hosting Blog, Cara Kerja, dan Contohnya

Ketika Anda akan membuat blog atau website, sudah pasti harus menyediakan hosting dan domain. Bingung apa itu hosting? Hosting blog bisa Anda pahami dengan menyimak ulasan cukup lengkap di bawah ini. 

Hosting menjadi salah satu bagian penting yang diperlukan ketika membuat website. Untuk itu Anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu, apalagi perlu mengerti hosting yang cocok untuk website atau blog Anda. 

Istilah ini sebenarnya sudah bukan lagi istilah yang asing di telinga, bahkan menjadi istilah yang sering Anda dengar.

Apa itu Hosting Blog

Apa itu Hosting Blog

Untuk memahaminya tentu saja harus dimulai dari pengertian hosting blog itu sendiri. Secara garis besar, hosting merupakan layanan untuk menyimpan data, gambar hingga file pada suatu blog. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Produk Unlimited Hosting Murah di Niagahoster dan masukkan kode kupon DIKAOFFICIAL agar Anda mendapatkan diskon 5%.

Apa pengertiannya cukup sampai disitu? Tentu saja tidak, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan layanan hosting. Sederhananya Anda itu sedang menyewa ruang server fisik, tujuannya untuk menyimpan data itu tadi. 

Perkembangan internet, website, blog dan yang berkaitan dengan content creator memang mengalami perkembangan yang pesat. Hosting pun demikian, Anda tidak akan bisa membangun blog yang baik tanpa dukungan hosting. 

Hosting dan domain merupakan dua istilah yang berbeda, namun keduanya saling berkaitan ketika Anda membuat sebuah blog atau website. 

Seperti yang disebutkan di atas, Hosting blog memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data yang berguna pada blog atau website. 

Sedangkan domain disebut sebagai alamat yang mempermudah Anda dalam menemukan sebuah blog atau website, contohnya .com, .id, co.id, .org, dan lainnya.

Cara Kerja Hosting Blog

Selain mencari nama domain yang menarik dan akrab di telinga, menentukan layanan hosting juga sangat penting. Sebuah perusahaan yang menyediakan layanan hosting akan menawarkan ruang server untuk menyimpan semua data.

Ketika seseorang menuliskan nama domain website atau blog pada browser, maka host akan mengirimkan semua file yang diperlukan. Penggunaan hosting mirip seperti ketika Anda menyewa sebuah rumah. 

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Traffic Blog Paling Ampuh, Simak Disini

Setiap bulan harus membayar biaya sewa bukan? Begitu juga hosting, sehingga setiap bulan atau tahun hosting tetap bisa ditempati sebagai ruang penyimpan data dengan nyaman.

Ketika Anda teratur membayarkan uang sewa maka server akan selalu mudah diakses. Pengaruhnya sangat baik terhadap website, reputasinya tetap terjaga sebagai website yang tidak pernah mengalami gangguan dari segi hostingnya.

Contoh Hosting Blog Yang Banyak Digunakan

Tak perlu khawatir salah pilih dalam menentukan jenis layanan hosting yang sesuai kebutuhan. Ada beberapa contoh hosting blog yang sudah banyak digunakan, diantaranya:

1. Shared Hosting

Paling banyak digunakan dan populer di kalangan pengguna blog atau website, bahkan untuk para pemula sangat disarankan untuk menggunakannya. 

Baca juga : Kriteria yang Harus Ada pada Hosting Terbaik untuk Wordpress

Shared hosting cocok untuk website baru yang belum memiliki banyak traffic, apalagi harganya cukup murah. 

2. Cloud Based Hosting

Ini merupakan hosting terobosan terbaru yang memungkinkan ratusan server bisa bekerja sama hingga terlihat seperti satu server raksasa. 

Keunggulan hosting ini tidak akan mengalami downtime, bahkan tidak akan bermasalah terhadap website Anda. 

3. Wordpress Hosting

Hosting ini dikhususkan untuk para pengguna website atau blog dari Wordpress yang cukup banyak digunakan. Nantinya pengguna layanan wordpress hosting akan dibantu dalam melindungi website dari ancaman keamanan peretasan.

Harganya yang cukup bersahabat cocok juga untuk para pemula, apalagi fitur yang mudah dipahami sangat bagus dijadikan sebagai pilihan para pemula. 

Tertarik untuk memilih Hosting blog yang mana kira-kira? Apakah Anda juga sudah memahami apa itu hosting? Artikel ini dibuat memang untuk memberikan ulasan yang mudah dipahami.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.