Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Sukses Jualan Online di Instagram yang Jarang diketahui

Bagi orang yang ingin memulai bisnisnya melalui salah satu platform terkenal seperti instagram, harus memahami beberapa cara sukses jualan online di Instagram. Karena tidak sedikit yang memulai, tetapi masih belum bisa memetik hasil yang gemilang. 

Instagram sendiri pada dasarnya bukan marketplace, tetapi sosial media atau tempat orang berkumpul, bercerita, serta membagikan berbagai ide bersama. Sehingga tantangan terbesarnya adalah pengguna instagram tidak dalam mode ‘ingin membeli suatu produk tertentu’. 

Baca juga : 4 Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku

Tetapi platform ini menjadi salah satu platform paling digemari untuk mengembangkan bisnis modal kecil. Mengingat dengan memanfaatkan jaringan atau followers, bisa menjangkau serta memperkenalkan produk ke banyak orang dalam waktu singkat serta cepat. 

Cara Sukses Jualan Online di Instagram

6 Cara Sukses Jualan Online di Instagram yang Jarang diketahui

1. Pakai Mode Bisnis

Mode bisnis adalah salah satu fasilitas dari instagram agar membuat penggunanya bisa mengakses lebih jauh fitur – fiturnya untuk mengoptimalkan penjualan. Salah satunya adalah insight, melalui insight, pengguna bisa melihat berbagai informasi terkait pengunjung. 

Beberapa informasi penting seperti berapa besar komposisi pengunjungnya, jam berapa mereka aktif, serta bagaimana engagementnya setiap postingan dapat Anda ketahui. Berbagai informasi tersebut dapat Anda optimalkan untuk meningkatkan konversi ratenya. 

2. Kunci Utama Adalah Kunjungan Profil

Belum banyak orang menyadari bahwa kunjungan profil merupakan salah satu teknik paling powerful, karena dari halaman profil ada banyak sekali informasi penting, seperti link menuju toko, katalog produk, hingga testimoni para customer sebelumnya. 

Melalui kunjungan profil Anda juga bisa mempromosikan berbagai program on going lainnya. selain itu bisa juga menggunakan story sebagai cara untuk survei, dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung atau bikin challenge. 

3. Pilih Gambar Estetik

Cara sukses jualan online di instagram hindari posting gambar apa adanya, gunakan kamera khusus apabila ingin membuat katalog yang bagus. Instagram adalah platform berbagi gambar, apabila secara visual kurang menarik, potensi engagementnya juga lebih rendah. 

Baca juga : 5 Cara agar Cepat Laku Jualan Online

Anda bisa juga mengombinasikan dengan video pendek, mengingat saat ini berkembang fitur reels, memungkinkan Anda membuat ulasan singkat, menarik, dan atraktif. Maksimalkan segala fasilitas viisualnya.

4. Hubungkan Dengan WA Bisnis

Pastikan menghubungkan dengan WA bisnis untuk lebih memudahkan komunikasi dengan pelanggan. WA ini juga bisa menjadi media telemarketing, sehingga bisa menjangkau lebih banyak potensi pelanggan.

5. Gunakan Ads

Instagram memiliki fitur ads, yaitu fitus agar membuat postingan Anda berada di feed orang yang termasuk dalam persona customer Anda. meskipun orang itu tidak follow, tetap bisa melihat postingan tersebut, ini bisa menjangkau audiens potensial.

6. Siapkan Website Sebagai Penunjang

Langkah terakhir siapkan juga website, ini berfungsi sebagai penjelas produk serta edukasi rutin kepada audiens. Melalui website bisa juga sebagai penjelas produk produk unggulannya. 

Instagram makin populer, tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja, tetapi juga digunakan sebagai media jualan. Ada cara sukses jualan online di instagram yang belum banyak disadari, termasuk optimasi feed dan bio.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Cloud Hosting