Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Traffic Blog Paling Ampuh, Simak Disini

Mempunyai sebuah situs web tentunya mengharapkan pengunjung yang banyak pada artikel yang ada didalamnya. Akan tetapi, terkadang harapan tidak sesuai dengan kenyataan yang memaksa diri mencari cara meningkatkan traffic blog. 

Tidak hanya blog pribadi saja yang membutuhkan traffic besar, akan tetapi blog atau website toko online pun sama. Oleh sebab itu, banyak sekali yang mencari cara paling ampuh meningkatkan traffic.  

Salah satu aspek penting dalam sebuah blog adalah traffic. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari bagaimana cara meningkatkan traffic blog, baik itu secara organik atau berbayar. 

Baca juga : 3 Cara Menampilkan Komentar Blog

Berbagai cara telah dilakukan agar blog yang dimiliki bisa mendapatkan pengunjung yang banyak. Mulai dari membagikannya ke media sosial lain dan membuat postingan konten yang konsisten. Akan tetapi, semua usaha tersebut belum membuahkan hasil. 

Beruntungnya kini sedang membaca artikel ini, sebab akan ada beberapa tips ampuh untuk meningkatkan traffic blog. Penasaran apa saja tips tersebut? Simak pembahasannya berikut ini: 

Cara Meningkatkan Traffic Blog

11 Cara Meningkatkan Traffic Blog yang Paling Ampuh

1. Buat Judul yang Menarik

Di luar sana ada banyak sekali tulisan dengan topik yang sama. Dengan menggunakan judul yang bagus, Anda bisa menarik perhatian pembaca secara lebih efektif. Bahkan, beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa 8 dari 10 orang akan melihat judul terlebih dahulu sebelum mengklik link artikel.

Dari data tersebut, bisa dikatakan bahwa sangat penting untuk mengalokasikan sebagian energi untuk membuat judul yang benar-benar menarik. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan angka pada judul seperti “6 Cara Mengatur Keuangan Bisnis Online”.

Selain itu, cara lain yang cukup efektif dalam pembuatan judul menarik adalah mampu menggambarkan seluruh pembahasan secara padat. Sebagai contoh, jika Anda ingin membahas seputar internet marketing, judul bisa berupa “Pengertian, Fungsi, dan Tips Melakukan Internet Marketing”.

Dengan menggunakan pola judul di atas, pembaca akan langsung mengetahui informasi apa yang akan didapatkan. Ketika informasi ini sejalan dengan apa yang mereka cari, maka kemungkinan besar artikel akan banyak dibuka dan traffic pun jadi meningkat.

2. Riset Kata Kunci

Karena kebanyakan blog ditemukan dari mesin pencarian, maka melakukan riset kata kunci adalah sebuah keharusan. Meskipun tulisan Anda bagus dan mengandung opini pribadi yang menarik, tanpa menggunakan kunci maka artikel akan sulit ter-index mesin pencarian.

Akibatnya, jumlah orang yang datang mengunjungi blog pun juga sedikit. Jadi, cobalah untuk melakukan riset kata kunci yang berkaitan dengan tulisan atau topik umum blog Anda. Tidak perlu waktu lama, riset ini bisa dilakukan hanya dalam beberapa jam saja untuk mendapatkan puluhan kata kunci.

Untuk menemukan kata kunci, Anda bisa menggunakan berbagai tools yang ada di internet seperti Google Trends, Google Keyword Planner, SEMrush, dan Ubersuggest. Kumpulkan setidaknya 30 kata kunci sehingga Anda tidak perlu melakukan riset lagi saat hendak menulis artikel lain.

3. Maksimalkan Long Tail Keyword

Cara meningkatkan traffic blog berikutnya adalah memaksimalkan long tail keyword. Long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih seperti “cara membuka ponsel terkunci”. Anda bisa mencari long tail keyword bersamaan dengan riset di poin sebelumnya.

Long tail keyword memang mempunyai volume pencarian lebih rendah. Akan tetapi, persaingannya tergolong lebih rendah juga sehingga bisa membantu blog Anda muncul di halaman depan pencarian kata kunci tersebut secara lebih mudah.

4. Manfaatkan LSI Keyword

LSI merupakan Latent Semantic Indexing atau Indeksasi Semantik Laten. LSI dapat dimanfaatkan sebagai pengembang topik pembahasan agar konten semakin terlihat menarik. Dengan begitu, artikel yang dibuat akan semakin menarik perhatian untuk dikunjungi. 

5. Gunakan Visual yang Menarik

Artikel yang hanya berisi tulisan saja tentu akan membosankan di mata pengunjung. Oleh sebab itu, Anda juga perlu memperhatikan aspek visual pada blog. Aspek visual yang dimaksud bisa berupa menambahkan gambar ilustrasi atau media pendukung lainnya dalam artikel.

Selain itu, memoles tema blog juga cukup membantu dalam memanjakan mata pengunjung sehingga lebih betah berlama-lama di blog Anda. Semakin baik kesan visual yang dirasakan pengunjung, maka semakin besar pula potensi traffic blog Anda akan meningkat.

Dalam dunia SEO terdapat istilah bounce rate atau banyaknya pengunjung yang langsung meninggalkan blog. Semakin tinggi nilai bounce rate, maka semakin rendah pula kualitas blog Anda di mata mesin pencarian. Hal ini biasanya terjadi karena artikel kurang berkualitas dan visual yang tidak nyaman. 

6. Melengkapi dengan Video

Beberapa pembahasan terutama yang berkaitan dengan hal teknis biasanya tidak cukup dijelaskan menggunakan tulisan atau gambar. Di sinilah pentingnya untuk melengkapi artikel dengan video.

Menggunakan video memang merupakan salah satu cara meningkatkan traffic blog yang cukup efektif karena pembaca akan semakin jelas dengan pembahasan yang diberikan. Dampaknya, mereka berkemungkinan membagikan postingan tersebut sehingga pengunjung blog Anda akan bertambah.

Namun, pastikan bahwa video tersebut memiliki kaitan dengan artikel yang sedang dibahas atau bersifat melengkapi. Memasang video yang tidak relevan justru akan menjadi bumerang bagi performa blog Anda.

7. Usahakan Website Responsif

Salah satu faktor kenyamanan pengunjung ketika mendatangi sebuah blog adalah seberapa responsif halaman tersebut. Maksud dari responsif ini adalah blog dapat nyaman dilihat baik melalui perangkat laptop maupun ponsel, dan loadingnya cepat.

Seperti kita ketahui, saat ini sebagian besar orang mengakses internet menggunakan perangkat mobile sehingga hal tersebut perlu diperhatikan. Jadi, sebelum memposting artikel pastikan Anda mengecek terlebih dahulu apakah tampilan di mobile juga memiliki keterbacaan yang baik.

8. Melakukan Guest Post

Sampai saat ini, melakukan guest post termasuk cara meningkatkan traffic blog yang masih cukup efektif. Pada dasarnya, guest post merupakan menulis artikel yang diterbitkan di website atau blog orang lain. Di bagian akhir artikel, bisa diletakkan link menuju blog Anda sehingga traffic akan meningkat.

Akan tetapi, dalam melakukan cara ini, Anda harus teliti untuk memilih website yang akan digunakan untuk menerbitkan tulisan. Setidaknya, pilih website dengan traffic lebih tinggi dibandingkan blog Anda. Dengan begitu, potensi pengunjung yang datang dari website tersebut juga akan lebih banyak.

Selain menulis di blog orang lain, Anda juga bisa meminta blogger lain meminta membuat tulisan di blog. Tentu saja ia juga akan membagikan link artikel ke blognya sehingga Anda akan mendapatkan traffic dari situ.

9. Aktif di Berbagai Komunitas

Cara meningkatkan traffic blog berikutnya adalah selalu aktif di berbagai komunitas atau forum khusus. Anda bisa bergabung di grup yang satu tema dengan blog. Sebagai contoh, jika blog Anda berkaitan dengan digital marketing, bergabunglah di grup-grup yang membahas seputar digital marketing.

Aktif yang dimaksud di sini adalah Anda harus rutin membuat postingan yang bermanfaat atau membalas pertanyaan yang diajukan oleh anggota grup. Selain itu, Anda juga bisa saling berteman di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau WA agar relasi menjadi bertambah.

10. Tambah Tombol untuk Berbagai ke Media Sosial

Selama artikel di blog Anda bermanfaat, maka potensi dibagikannya pun juga akan semakin besar. Untuk memfasilitasi hal tersebut, Anda perlu menambahkan tombol berbagi ke media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, atau Twitter.

Dengan cara seperti ini, maka jangkauan artikel Anda akan jauh lebih besar, apalagi jika orang yang membagikan juga banyak. Di sinilah kualitas artikel benar-benar berperan penting. Pasalnya, ketika artikel kurang berkualitas, tentu minat orang untuk membagikan akan jauh lebih kecil. 

11. Memperbaiki SEO

Cara terakhir untuk meningkatkan traffic blog adalah dengan memperbaiki SEO, baik itu on page maupun off page. Untuk SEO on page, perhatikan beberapa hal seperti permalink, heading, isi artikel, judul, dan sejenisnya. Sementara itu, untuk SEO off page yang harus diperhatikan adalah backlink dan share.

Baca juga : Cara Menulis Artikel SEO dan Tujuan Penerapannya

Itulah tadi beberapa cara meningkatkan traffic blog yang dapat Anda terapkan dari sekarang. Mengingat traffic adalah nyawa dari sebuah blog, Anda memang harus terus belajar bagaimana cara memaksimalkannya.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Domain, silahkan order Domain di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih. 

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com