Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Daftar Rekomendasi Laptop Kuliah Terbaik Berbagai Merk

Mencari laptop kuliah terbaik biasanya dilakukan oleh para mahasiswa untuk menunjang kelancaran aktivitasnya selama belajar di kampus. Ketika membahas laptop, ingin spesifikasi seperti apa bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tentu akan berbeda kebutuhan antara mahasiswa yang ingin menggunakannya untuk mengoperasikan Microsoft Office saja dengan desain grafis. Ada berbagai varian merk laptop bisa dijadikan pilihan.

Seperti Asus, Lenovo, Acer, Axioo, Dell, HP dan masih banyak lagi. Setiap merk produk terbagi lagi menjadi beragam tipe. Bagi Anda yang sedang mencari referensi laptop untuk kuliah berkualitas terbaik, simak uraian beberapa rekomendasi berikut.

Inilah Daftar Rekomendasi Laptop Kuliah Terbaik Berbagai Merk

Laptop Kuliah Terbaik

1. Laptop Kuliah Terbaik untuk Mahasiswa Asus Vivobook 14

Rekomendasi laptop kuliah terbaik untuk menunjang kebutuhan mahasiswa di kampus pertama adalah Asus tipe Vivobook 14 A1404ZA-IPS352. Kisaran harganya 6 hingga 7 jutaan. Berikut ulasan spesifikasi dan beberapa kelebihan laptop merk Asus satu ini:

Spesifikasi

Jenis prosesor yang digunakan Asus Vivobook 14 adalah Intel Core i3-1215U generasi terbaru 1.2 GHz. Sedangkan grafisnya menggunakan Intel UHD Graphics. Layarnya berjenis IPS dengan ukuran 14 inci full HD resolusi 1920 x 1080 refresh rate 60 Hz.

Kapasitas RAM yang digunakan 8 GB dengan penyimpanan internal sejumlah 512 GB. OS didukung oleh ASUS tipe Vivobook 14 yaitu Windows 11 dan Office Home and Student 2021. Audionya didukung oleh fitur ASUS SonicMaster Technology.

Bagian kamera webcam resolusinya 720p HD. Baterainya menggunakan 3 cell Li-ion, 3S1P, 42 WHrs dengan dukungan 45W AC adapter. Beberapa port tersedia USB 2.0 tipe A, USB 3.2 gen 1 tipe C, USB 3.2 gen 1 tipe A, HDMI 1.4, 3.5 mm combo audio jack dan DC-in.

Kelebihan

Laptop kuliah terbaik satu ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya bisa dijadikan pertimbangan untuk menunjang kegiatan belajar. Inilah beberapa kelebihan Asus tipe Vivobook 14 A1404ZA-IPS352:

1. Tampilan Visual Tajam

Kelebihan pertama, Asus Vivobook 14 memiliki tampilan visual tajam dengan warna akurat. Karakteristik demikian membuatnya ideal digunakan untuk menunjang pekerjaan multimedia ringan.

Sehingga memberikan kenyamanan tersendiri bagi mata saat memandangnya. Terkait hal ini relevan dengan resolusi layar yang dimilikinya yakni sebesar 1920 x 1080 berjenis IPS berukuran 14 inci full HD.

2. Performa Kencang

Kelebihan laptop kuliah terbaik satu ini selanjutnya yaitu memiliki performa yang termasuk kencang. Hal ini karena tenaga dimilikinya didukung oleh prosesor berjenis Intel Core i3-1215U.

Asus Vivobook 14 cocok digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari yang umum dilakukan. Beberapa contohnya seperti streaming, browsing, multitasking serta editing ringan.

Tidak perlu khawatir laptop lemot saat digunakan karena prosesor tersebut memberikan pengalaman pemakaian cukup cepat. Performanya yang kencang membuat segala tugas kuliah bisa lebih cepat terselesaikan.

3. Port Konektivitas Cukup Lengkap

Laptop kuliah terbaik merk Asus tipe satu ini memiliki port konektivitas cukup lengkap. Jadi, bisa dihubungkan untuk berbagai jenis perangkat yang memiliki port berbeda-beda agar terkoneksi dengan laptop.

Ada USB 2.0 tipe A, HDMI 1.4, combo audio jack 3.5 mm, DC-in dan USB 3.2 gen 1 tipe C jumlahnya masing-masing satu port. Ada lagi USB 3.2 gen 1 tipe A berjumlah dua port. Ingin menggunakan port mana bisa disesuaikan kebutuhan.

4. Bobotnya Ringan dan Desain Stylish

Dari segi desain, Asus Vivobook 14 termasuk stylish. Selain itu, bobotnya termasuk ringan dan ramping sehingga sangat portable bagi yang ingin menggunakan laptop untuk dibawa ke mana-mana. 

2. Asus Vivobook Ultra K403, Laptop Berkualitas Terbaik untuk Kuliah

Rekomendasi laptop kuliah terbaik selanjutnya masih merk Asus, tapi tipenya berbeda, yakni Vivobook Ultra K403. Harganya berkisar diangka 7 hingga 8 juta. Dari segi performa, mumpuni untuk menunjang pengerjaan tugas kuliah sehari-hari.

Spesifikasi

Asus Vivobook Ultra K403 memiliki ukuran layar 14 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixels. Jenis prosesor yang digunakan adalah Intel Core i3-8145U 2.1 GHz. Sebenarnya ada dua pilihan prosesor tersedia.

Selain Intel Core i3-8145U, ada juga Intel Core i5-8265U 1.6 GHz. Sedangkan fitur grafis laptop kuliah terbaik ini didukung oleh Intel UHD Graphics 620. Kedua prosesor didukung oleh fitur grafis dan RAM sama, yakni 8 GB.

Asus Vivobook Ultra K403 mendukung OS Windows 10 Home. Berat Asus Vivobook Ultra K403 hanya sekitar 1,3 kg dengan material bodi berbahan aluminium. Port tersedia ada HDMI, card reader dan headphone jack.

Kelebihan

Setelah mengetahui spesifikasi dari laptop kuliah terbaik satu ini, sekarang waktunya menyimpulkan beberapa kelebihannya yang bisa pengguna rasakan. Inilah beberapa kelebihan Asus Vivobook Ultra K403:

1. Desainnya Ringan

Kelebihan pertama yaitu desainnya ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Desain Asus Vivobook Ultra K403 mirip dengan kembarannya yakni varian Ultra A412. Bila dibandingkan laptop lainnya, K403 termasuk tipis.

Bobotnya hanya sekitar 1,3 kg dengan ukuran dimensi 322,86 x 208,48 x 16,5 mm. Desain seperti inilah penyebabnya cocok dijadikan pilihan bagi mahasiswa yang selalu membawa laptopnya ke mana saja.

Selain ringan, body Asus Vivobook Ultra K403 ramping berbahan alumunium yang membuatnya tampak elegan dan stylish. Bagian cover depannya terlihat halus. Saat dipegang tidak meninggalkan bekas sidik jari karena ada finishing sand blast.

2. Adanya Fitur Fingerprint Reader

Kelebihan laptop kuliah terbaik tipe satu ini berikutnya yaitu adanya fitur fingerprint reader. Fingerprint reader merupakan teknologi canggih yang dipakai untuk mengidentifikasi seseorang sesuai sidik jari mereka.

Fitur metode biometrik seperti ini populer digunakan untuk menunjang proses keamanan dan autentikasi. Jadi, ketika login ke laptop memerlukan fingerprint sesuai yang terdaftar sebelumnya. Inilah yang membuat keamanan lebih terjaga.

3. Ada Dua Pilihan Prosesor Tersedia

Sebagaimana sudah disebutkan, bahwa ada dua pilihan prosesor tersedia ketika tertarik menggunakan laptop Asus tipe satu ini. Dua prosesor dimaksud yaitu Intel Core i3-8145U dan Intel Core i5-8265U.

Perbedaan kedua prosesor ini yaitu dari segi performa yang tentunya lebih tinggi varian i5-8265U dibandingkan i3-8145U. Inilah penyebab harga laptop kuliah terbaik tipe ini dengan prosesor i3-8145U lebih mahal sedikit.

4. Hemat Baterai

Baterai yang dimiliki Asus Vivobook Ultra K403 4 cell 72 Wh Polymer, sehingga awet ketika digunakan. Spesifikasi demikian bisa Anda gunakan hingga 24 jam untuk pemutaran video playback tanpa berhenti. 

Artinya, laptop bisa dibiarkan terus menyala hingga 24 jam tanpa harus bingung mencari sumber daya listrik ketika sedang berada di luar rumah. Hal ini sangat membantu bagi mahasiswa yang harus mengerjakan tugas secara mobile.

5. Beragam Port Tersedia

Kelebihan terakhir adalah Asus Vivobook Ultra K403 menyediakan beragam port. Diantaranya SD card reader, combo audio jack, USB 3.0 tipe A, USB 2.0 tipe A, USB 3.0 tipe C atau USB 3.1 gen 1, HDMI yang mendukung HDMI 1.4 serta AC adapter plug.

Setiap jenis port tersebut tersedia dengan masing-masing berjumlah satu. Konfigurasi port seperti demikian termasuk lengkap. Hanya dengan satu laptop kuliah terbaik saja, Anda bisa memindahkan data secara lebih mudah dari berbagai jenis perangkat.

Baca juga : Daftar Merk Laptop Terbaik yang Recommended Saat Ini

3. Laptop Terbaik untuk Kuliah Asus ExpertBook B3000

Asus ExpertBook B3000 merupakan daftar laptop untuk kuliah berkualitas terbaik berikutnya yang bisa dijadikan alternatif pilihan. Kisaran harganya 5 hingga 6 jutaan. Sebelum memutuskan menjadikannya sebagai pilihan, pahami spesifikasi dan kelebihannya sebagai berikut.

Spesifikasi

Layar yang digunakan Asus ExpertBook B3000 berjenis IPS dengan ukuran 10,5 inci dan resolusi 1920 x 1200 piksel 144 Hz. Ukuran RAM yang dipakai 8 GB LPDDR4X dengan memori penyimpanan internal sebesar 128 GB eMMC.

Laptop kuliah terbaik tipe ini menggunakan prosesor berjenis Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform. Sistem operasi yang mendukungnya adalah Windows 11 Home in S Mode. Kapasitas baterainya 38 WHrs varian 2 cell Li-ion 2S1P.

Jenis GPU yang digunakan adalah Qualcomm Adreno GPU. Dimensi ukuran produk ini 26,03 x 17,21 x 0,89 cm dan memiliki berat berat 0,59 kg. Asus ExpertBook B3000 memiliki kamera sejumlah dua buah, yaitu pada bagian depan dan belakang.

Kamera bagian depan memiliki resolusi sebesar 5 MP. Sedangkan bagian belakang memiliki resolusi lebih besar yaitu 13 MP. Laptop kuliah terbaik ini memiliki beberapa port bisa dimanfaatkan.

Salah satunya USB 3.2 gen 1 tipe C support display dan power delivery. Ada lagi 3.5 mm combo audio jack berjumlah satu. Fitur lainnya ada bluetooth 5.1 dan audio built-in speaker serta built-in array microphone.

Kelebihan

Asus ExpertBook B3000 memiliki model 2 in 1 yang bisa digunakan sebagai tablet ketika layarnya dilepas. Jadi, tidak hanya bisa dibuat bentuknya seperti laptop. Beberapa kelebihan produk varian ini lainnya meliputi:

1. Desain Fleksibel

Kelebihan pertama, laptop kuliah terbaik satu ini memiliki desain fleksibel. Sebagaimana disebutkan bahwa Asus ExpertBook B3000 bisa dibentuk sebagai laptop seperti umumnya atau dilepas bagian layarnya untuk difungsikan sebagai tablet.

Model 2 in 1 seperti ini praktis ketika digunakan di luar kampus karena lebih praktis. Termasuk ketika kondisinya sedang berada di perjalanan, tetap bisa mengoperasikan perangkat dengan mudah melalui mode tablet.

Laptop kuliah terbaik ini dijual dengan dua opsi, yaitu ExpertStand dan ExpertBoard. ExpertStand fungsinya sebagai penyangga. Sedangkan ExpertBoard bisa mendukung fungsi produk seperti laptop pada umumnya.

Kedua aksesori ini bisa dilepas dan dipasang karena memiliki mekanisme magnetis. Inilah penyebabnya cocok digunakan untuk berbagai jenis lingkungan belajar, baik itu indoor maupun outdoor.

2. Performa Handal

Laptop kuliah terbaik satu ini memiliki performa handal karena didukung oleh prosesor berjenis Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform. Sedangkan sistem operasinya mendukung Windows 11.

Perancangan OS agar produk bisa dipakai dalam situasi penggunaan vertikal atau horizontal. Ketika menggunakan Asus ExpertBook B3000, Anda bisa memakai tombol Fn serta tombol 1 hingga 4 untuk meningkatkan produktivitas.

3. Keyboard Tahan Tumpahan Air

Terkadang ketika mengoperasikan laptop, secara tidak sengaja bagian keyboard terkena tumpahan air. Terkenanya tumpahan air berisiko mengakibatkan keyboard tersebut mengalami kerusakan.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir ketika menggunakan produk satu ini. Keyboard laptop ini sudah dibuat dengan perancangan tahan bila terkena tumpahan air. Bahkan dapat menampung air dengan jumlah 60 cc tanpa merusak bagian keyboard. 

4. Adanya Perlindungan Bakteri

Fitur menarik yang jarang dimiliki oleh perangkat lain yaitu adanya perlindungan bakteri pada bagian keyboardnya. Laptop kuliah terbaik ini memiliki perlindungan bakteri standar ISO 22196 pada bagian keyboard, palm rest serta touchpadnya.

Adanya lapisan perlindungan seperti ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri sampai 99 persen selama 24 jam. Selain itu, Asus ExpertBook B3000 telah memenuhi standar AS MIL-STD 810H.

Standar ini membuatnya cocok dipakai pada lingkungan ekstrem. Jadi, saat menggunakannya untuk menunjang kegiatan kuliah menjadi lebih aman serta nyaman. 

5. Tidak Menghasilkan Suara Bising

Asus ExpertBook B3000 didukung oleh System-on-Chip (SoC). Sistem ini mengakibatkan perangkat mempunyai sistem pendingin pasif tanpa kipas atau fanless yang membuatnya saat dioperasikan tidak akan muncul suara kipas bising.

Fitur menarik lainnya dimiliki laptop kuliah terbaik ini berhubungan dengan suara bising yaitu two-way AI noise cancellation. Fitur ini membuat suara bising teredam dengan baik saat pengguna sedang mengikuti kegiatan kelas pelajaran online.

Bila ingin merasa lebih nyaman lagi, bisa mengaktifkan tombol bisu mikrofon yang letaknya ada pada bagian atas keybaord. Fitur ini bertujuan untuk memastikan suara secara instan.

6. Tahan Banting

Bila tidak sengaja terjatuh saat menggunakan Asus ExpertBook B3000, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, produk ini sudah didukung oleh sertifikasi militer Mil-STD 810H. Sertifikasi ini menunjukkan perangkat sudah melewati beragam pengujian ekstrem.

Tujuan dari pengujian tersebut adalah menjamin daya tahan perangkat, termasuk ketika jatuh. Hal ini membuat produk menjadi lebih awet dan kalaupun tiba-tiba terjatuh, risiko mengalami kerusakan lebih minim.

7. Adanya Fitur Fast Charging

Kelebihan terakhir, laptop kuliah terbaik ini memiliki fitur fast charging 45W via kabel USB-C. Sedangkan untuk kapasitas baterainya memiliki kapasitas 38 Whrs yang bisa dipakai secara non-stop selama 21 jam untuk penggunaan normal.

4. Lenovo IdeaPad S145, Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Kuliah 

Daftar rekomendasi selanjutnya adalah merk Lenovo tipe IdeaPad S145. Mahasiswa, pelajar dan pekerja kantoran banyak yang memiliki produk tipe satu ini sebagai pilihan. Ketahui spesifikasi dan beberapa kelebihan Lenovo IdeaPad S145 dengan menyimak ulasan berikut.

Spesifikasi

Lenovo IdeaPad S145 memiliki ukuran 14 inci dengan resolusi 1366 x 768 HD TN AG 200 nits. Jenis prosesor yang digunakan adalah 8th Gen Intel Celeron 4205U dan dukungan grafis Intel UHD Graphic 610.

Perangkat ini mendukung sistem operasi Windows 10 Home. Kapasitas RAM dimiliki 4 GB dengan memori internal 256 GB SSD hingga 1 TB. Berat Lenovo IdeaPad S145 1,6 kg dengan ukuran dimensi 327,1 x 241 x 19,9 mm.  

Bagian audio laptop kuliah terbaik satu ini didukung oleh Dolby Audio System Speaker. Daya tahan baterainya mencapai hingga 6 jam berjenis 2 cell, 35 Whr. Berbeda dari laptop pada umumnya, bagian layar Lenovo IdeaPad S145 bisa dibuka sampai 180 derajat.

Kelebihan

Lenovo IdeaPad S145 memiliki banyak kelebihan penyebabnya dijadikan pilihan bagi para mahasiswa untuk menunjang pengerjaan berbagai jenis tugas kuliah. Inilah beberapa kelebihannya bisa Anda peroleh:

1. Desain Ringan dan Elegan

Kelebihan pertama memiliki desain ringan dan elegan. Desainnya yang slim membuatnya nyaman dan ringan bila ingin dibawa ke mana-mana. Body produk ini memakai jenis bahan aluminium dengan finishing glossy.

Tampilan seperti ini membuatnya terlihat menawan, tapi nyaman saat digenggam. Bezel bagian layarnya cenderung tipis. Inilah yang membuatnya mampu memberikan tampilan full view.

2. Didukung Fitur Anti-glare

Kelebihan laptop kuliah terbaik ini berikutnya adalah didukung fitur anti-glare. Anti-glare merupakan teknologi yang perancangannya bertujuan untuk mengurangi pantulan cahaya.

Seperti kita tahu bahwa ketika layar laptop terkena pantulan cahaya, baik itu dari lampu maupun sinar matahari yang masuk lewat jendela. Di mana pantulan tersebut dapat mengganggu pengalaman visual saat menatap layar monitor.

Dampaknya, ketika mengerjakan tugas kuliah menjadi kurang bisa fokus. Saat muncul pantulan cahaya di atas layar, bisa menciptakan bayangan serta kilap yang mengganggu. Anti-glare pada kondisi seperti ini berfungsi.

Jadi, kalaupun Anda sedang mengoperasikan monitor pada ruangan yang kondisinya terbuka atau memiliki banyak cahaya, hasil pantulannya tidak akan mengganggu. Selain itu, glare akan hilang.

3. Harga Terjangkau

Laptop kuliah terbaik memiliki harga terjangkau, yaitu berkisar diangka 5 hingga 7 jutaan. Perbedaan harga bergantung pada kebijakan penyedia produk. Tarifnya yang terjangkau, bisa menghemat budget pengeluaran bagi para mahasiswa.

4. Performa Cukup

Lenovo IdeaPad S145 memiliki performa yang bisa dibilang cukup tangguh serta memberikan kenyamanan saat dipakai. Penggunaan prosesor jenis 8th Gen Intel Celeron 4205U membuat berbagai jenis aplikasi bisa semakin lancar saat dijalankan.

Bila penggunaannya untuk menunjang pengerjaan tugas umum yang diberikan saat kegiatan belajar selama kuliah, termasuk cukup unggul. Ditambah lagi, penggunaan Intel UHD Graphic 610 menambah kenyamanan mata.

5. Dilengkapi Beragam Port

Kelebihan lainnya laptop kuliah terbaik ini yaitu dilengkapi beragam port. Ada HDMI, headphone atau mic combo, USB A 2.0 dan SD card reader masing-masing berjumlah satu port. Sedangkan port USB A 3.1 gen 1 berjumlah dua.

6. Audio Cukup Jernih

Sistem untuk audio yang digunakan Lenovo IdeaPad S145 adalah 2 x 1.5 watt dolby audio speaker system. Dengan fitur ini, perangkat sudah bisa memberikan kenyamanan suara video maupun musik.

Kualitas audionya terasa di telinga cukup lembut dan jernih. Bila ingin memperoleh pengalaman audio lebih nyaman, bisa menggunakan port headset. Selain itu, bisa juga memakai headset wireless.

Penggunaan port tersebut bisa membuat suara musik yang diputar terdengar jelas meskipun dipakai di tempat umum atau ruang terbuka. Dengan headset, musik bisa didengarkan sendiri tanpa mengganggu orang lain yang ada disekitar.

7. Kapasitas Penyimpanan Cukup Besar

Kelebihan terakhir yang diberikan oleh laptop kuliah terbaik satu ini yaitu memiliki kapasitas penyimpanan cukup besar. Penyimpanan Lenovo IdeaPad S145 sudah didukung oleh pemakaian RAM kapasitas 4 GB.

Kapasitas sejumlah demikian termasuk cukup besar dan membuat kinerja laptop menjadi terasa lebih ringan. Terkait kapasitas penyimpanan internalnya tersedia dua pilihan. Yakni 256 GB serta 1 TB yang pemilihannya dapat disesuaikan kebutuhan.

5. Laptop untuk Kuliah Berkualitas Terbaik Lenovo V130 HEID

Masih merk Lenovo, tapi berbeda tipenya yakni V130 HEID. Produk ini juga memiliki spesifikasi dan kelebihan yang tidak kalah menarik dibandingkan beberapa daftar rekomendasi sebelumnya. Berikut ini uraian lebih lengkap mengenai spesifikasi dan kelebihan Lenovo V130 HEID.

Spesifikasi

Lenovo V130 HEID didukung oleh prosesor jenis Intel Core i3-6006U 2.00 Ghz. Ukuran layarnya 14 inci dengan resolusi 1366 x 768 dan rasio 16:9. Bagian layarnya memiliki fitur anti-glare dan LED backlight.

Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 10. Laptop kuliah terbaik tipe satu ini bagian audionya didukung fitur Storeo Speaker with Dolby Audio dan Single Digital Microphone.

Beratnya sebesar 1,8 kg dan memiliki kapasitas RAM mencapai 4 GB hingga 12 GB. Produk ini memiliki baterai 2 cell 30 Whr, kamera 0.3 M dengan resolusi 720 p serta sistem OS Microsoft Windows 10 Home.

Beberapa fitur keamanan yang diberikan ada Kensington MiniSaver lock Slot, Trusted Platform Module (TPM) 2.0 dan Privacy Cover for Camera. Beberapa port dimiliki yaitu RJ45, USB 3.0, card reader, USB 2.0, HDMI dan combo audio atau mic.

Kelebihan

Laptop kuliah terbaik Lenovo tipe V130 HEID memiliki banyak kelebihan. Kelebihan ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan membeli Lenovo V130 HEID. Inilah beberapa kelebihannya:

1. Kapasitas Penyimpanan Besar

Kelebihan pertama dari segi kapasitas penyimpanan yang dimiliki sangat besar. Yaitu sebesar 1 TB 5400 rpm untuk tipe HDD, hingga 256 GB varian SSD.

Meskipun penyimpanan yang kapasitas besarnya masih tipe HDD, tapi sudah cukup banyak untuk menyimpan berbagai jenis file termasuk video. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan keterbatasan kapasitas penyimpanan.

2. Adanya Fitur Pengisian Daya Cepat

Perangkat ini mempunyai fitur teknologi pengisian cepat untuk baterainya. Dalam waktu 30 menit saja sudah bisa mengisi daya hingga 50 persen. Hanya dengan satu kali pengisian daya, perangkat bisa dipakai selama 6 jam.

3. Performa Tinggi

Prosesor Intel Core i3-6006U dengan kecepatan 2.00 Ghz dan jumlah cache 3M yang dimiliki laptop kuliah terbaik ini termasuk golongan kelas menengah. Jadi, cukup untuk menunjang tugas-tugas yang umum diberikan selama kuliah.

Dengan prosesor tersebut, Anda bisa melakukan pekerjaan tugas bersifat multitasking. Ditambah lagi, adanya dukungan RAM 4 GB jenis DDR4 membuat performa perangkat terhindar dari namanya lemot atau lag.

4. Desain Ringan

Produk ini memiliki bagian engsel yang bisa terbuka hingga 180 derajat. Desain perangkat ini ringan, sehingga mudah dibawa kemanapun Anda pergi. Karena ringan, akan lebih minim mengalami kelelahan akibat membawa laptop tersebut.

5. Adanya Fitur Anti-glare

Kelebihan terakhir laptop kuliah terbaik tipe satu ini adalah adanya fitur anti-glare. Fitur ini akan memudahkan Anda mengoperasikan perangkat ketika terkena paparan banyak sinar matahari maupun lampu sekalipun.

Selain mengurangi atau menghilangkan pantulan cahaya mengganggu, anti-glare juga bisa mengurangi kelelahan mata akibat layar terlalu cerah. Hal seperti ini bisa terjadi saat digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah dalam intensitas waktu cukup lama.

Baca juga : Merek HP Terbaik dan Awet Sekaligus Tipenya

6. Laptop Terbaik untuk Kuliah Acer Swift 3 Athlon 300U

Acer Swift 3 Athlon 300U menjadi rekomendasi laptop kuliah terbaik berikutnya yang memiliki kisaran harga 4 hingga 7 jutaan. Produk ini bisa diperoleh dengan harga berbeda-beda tergantung kebijakan toko dan kondisi saat dibeli, apakah masih baru atau sudah pernah dipakai sebelumnya.

Spesifikasi

Jenis prosesor yang digunakan adalah AMD Athlon 300U dual-core, 2,4GHz dan telah dilengkapi dengan DirectX 12. Kapasitas RAM dimiliki 4 GB varian DDR4-2400MHz. Kapasitas RAM 4 GB tersebut bisa diupgrade sampai 16 GB.

Bila ingin mengupgrade RAM, tinggal memanfaatkan slot tambahan yang ada. Acer Swift 3 Athlon 300U mendukung sistem operasi Windows 10 Home. Bagian layar laptop kuliah terbaik satu ini berjenis IPS dengan ukuran 14 inci disertai LED backlight.

Memori penyimpanan internalnya sebesar 256GB berjenis SSD NVMe. Untuk baterainya menggunakan 3 cell 48. Bobot Acer Swift 3 Athlon 300U 1,45 kg dengan ukuran dimensi 323 x 218 x 15,95 mm.

Kelebihan

Sama seperti perangkat lainnya, Acer Swift 3 Athlon 300U juga memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan inilah yang membuat sebagian orang, termasuk mahasiswa menggunakannya untuk menunjang aktivitas kuliah, beberapa diantaranya:

1. Desain Ramping

Bahan bodi laptop kuliah terbaik ini memakai material logam, sehingga tampak kokoh. Ukurannya ramping, sehingga lebih praktis saat ingin membawanya ke mana-mana tanpa khawatir mengalami risiko sakit punggung akibat beban terlalu berat.

Walaupun desainnya ramping dengan berat 1,45 kg, tidak mempengaruhi daya tahan baterainya tetap tahan lama. Ketangguhan dan kekokohannya sudah tidak perlu diragukan lagi. 

2. Keyboard Nyaman dan Memiliki Cahaya

Perangkat ini mempunyai keyboard yang nyaman saat dipakai untuk mengetik. Jadi, ketika Anda memiliki tugas kuliah yang berkaitan dengan mengetik, walaupun banyak halaman tidak perlu khawatir.

Keyboard yang nyaman digunakan akan mempengaruhi tingkat kelelahan saat dipakai untuk mengetik. Kenyamanan ini berkaitan erat dengan desain keyboardnya yang didukung chiclet.

Menariknya lagi, keyboard laptop kuliah terbaik ini memiliki backlight yang membuatnya tampak bercahaya saat dioperasikan. Fitur seperti ini akan memudahkan Anda untuk melihatnya saat perangkat dioperasikan pada ruangan gelap.

3. Baterai Tahan Lama

Daya tahan baterai perangkat ini mampu bertahan hingga lebih dari 8 jam untuk penggunaan web browsing. Sedangkan untuk penggunaan video playback, mampu bertahan sampai 7 jam lebih 12 menit.

4. Performa Andal

Karena laptop kuliah terbaik ini didukung oleh prosesor jenis AMD Athlon 300U dengan TDP 15W, boost clock 3.3 GHz serta base clock 2.4 GHz, membuatnya memiliki performa yang terbilang cukup andal.

Anda bisa memakainya untuk menunjang pengerjaan tugas secara multitasking. Bagian grafisnya didukung oleh fitur GPU AMD Radeon Vega 3 graphics yang membuat kualitas grafiknya sangat memuaskan.

Acer Swift 3 Athlon 300U mumpuni untuk editing video ringan bisa dilakukan dengan cepat. Bila ingin menghibur diri dengan bermain game di laptop ini juga bisa. Karena prosesornya level menengah, penggunaannya hanya untuk gaming jenis rendah.

5. Tampilan Layar Berkualitas Baik

Layar laptop kuliah terbaik ini berjenis IPS yang sudah didukung oleh fitur anti-glare. Resolusi full HD 1920 × 1080 yang dimiliki, membuat tampilan layarnya tampak lebih jelas. Selain itu, hasil warna pada layarnya lebih akurat dan nyaman dilihat.

6. Port Cukup Lengkap

Acer Swift 3 Athlon 300U dilengkapi beberapa port yang memudahkan pengguna menghubungkannya dengan perangkat lainnya. Baik itu kebutuhan memindahkan file maupun mencetaknya dalam bentuk fisik.

Beberapa port dimaksud ada USB tipe C, USB 2.0, HDMI, headphone jack 3.5 mm serta SD card reader masing-masing berjumlah satu. Ada juga port USB 3.1 gen 1 yang jumlahnya ada dua. 

7. Laptop Berkualitas Terbaik Acer Aspire 3 untuk Menunjang Kuliah

Masih merk Acer, tapi beda tipe yaitu Aspire 3 A314-32-C6KM juga rekomended dijadikan pilihan untuk menunjang pengerjaan berbagai tugas kuliah. Sebagai bahan pertimbangan, ketahui informasi spesifikasi dan kelebihannya sebagai berikut.

Spesifikasi

Laptop kuliah terbaik merk Acer tipe satu ini didukung oleh jenis prosesor Intel Celeron N4120. Produk tipe notebook satu ini mendukung OS Windows 10 Home. Berat dimiliki mencapai hingga 1,65 kg dengan ukuran dimensi 34,3 x 24,5 x 2 cm.

Bagian layar Acer Aspire 3 memiliki ukuran 14 inci HD dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Kapasitas RAM dimiliki 4 GB DDR4 dengan memori internal 256 GB jenis SSD. Kecepatan prosesornya 1,1 GHz.

Sedangkan kecepatan RAM yang dimiliki 2133MHz. Untuk menunjang fitur grafis, produk ini didukung oleh AMD Radeon Graphics. Beberapa port konektor tersedia ada VGA, HDMI dan headphone jack.

Kelebihan

Laptop kuliah terbaik satu ini memiliki kelebihan yang membuatnya rekomended dijadikan alternatif pilihan untuk menunjang penyelesaian tugas kuliah. Inilah beberapa kelebihannya:

1. Bobot Ringan

Kelebihan pertama dari segi bobot termasuk ringan, yaitu 1,65 kg saja. Selain ringan, Acer Aspire 3 tipis sehingga tidak terlalu berat ketika harus membawanya ke mana-mana. 

2. RAM dan Storage Mudah Diupgrade

Sebelumnya disebutkan bahwa kapasitas RAM Acer Aspire 3 A314-32 sebesar 4 GB dengan memori internal 256 GB. Menariknya, kapasitas tersebut masih dapat ditingkatkan dengan mudah.

Untuk meningkatkannya tidak perlu membuka seluruh casing bagian bawah perangkat. Tapi, sudah ada bagian khusus yang memang difungsikan sebagai tempat untuk upgrade RAM dan storage bila kapasitas bawaan masih kurang.

3. Layar Dibekali Bluelight Shield

Bagian layar laptop kuliah terbaik ini dibekali teknologi bluelight shield. Perancangan fitur ini bertujuan untuk membantu mengurangi dampak negatif paparan cahaya biru. Cahaya biru bisa mengakibatkan timbulnya masalah kesehatan mata.

Selain itu, bisa mengganggu pola tidur. Maka dari itu cahaya biru yang dihasilkan pada laptop perlu diminimalkan bahkan dihindari agar kesehatan mata dan pola tidur senantiasa terjaga.

4. Performa Cukup Mumpuni

Dari segi performa, Acer Aspire 3 termasuk cukup mumpuni untuk menunjang berbagai kegiatan berhubungan dengan menunjang penyelesaian tugas yang umum diberikan oleh dosen.

Seperti mengetik dokumen, browsing dan mengedit gambar ringan. Bila ingin menggunakannya untuk bermain game berat untuk sarana hiburan, performa Acer Aspire 3 akan lebih maksimal bila dimainkan pada pengaturan low.

5. Tersedia Beberapa Pilihan Warna

Umumnya laptop berwarna hitam atau putih. Tapi, laptop kuliah terbaik tipe satu ini menawarkan beberapa pilihan warna, meliputi onyx black, biru serta merah tua. Ingin memilih warna apa bisa disesuaikan selera.

6. Harga Terjangkau

Menjadi salah satu produk kategori entry level, Acer Aspire 3 ditawarkan dengan tarif yang termasuk terjangkau. Kisaran harganya 4 hingga 6 jutaan. Jadi, cocok bagi mahasiswa yang memiliki budget terbatas.

7. Baterai Cukup Awet

Baterai Acer Aspire 3 menggunakan 2 cell varian Lithium Polymer. Jenis tersebut cukup awet karena bisa dipakai sampai 7 jam untuk pemakaian normal. Akan berbeda lagi bila pemakaiannya untuk menonton video tanpa henti, waktu pakainya lebih singkat.

8. Axioo My Book 11 Lite, Laptop untuk Kuliah Bisa Dijadikan Pilihan

Berikutnya daftar rekomendasi laptop kuliah terbaik merk Axioo. Tipenya adalah My Book 11 Lite, bisa dijadikan alternatif pilihan. Ketahui ulasan spesifikasi dan kelebihannya sebagai berikut.

Spesifikasi

Jenis prosesor yang dipakai bernama Intel Z8350 Quad Core. Kecepatannya hingga 1,92 GHz. Perangkat ini mendukung RAM 4 GB dengan storage 128GB EMMC. Untuk ukuran layarnya sendiri sekitar 11,6 inci FHD dengan resolusi berukuran 1920 × 1080.

Untuk menunjang fitur grafik, didukung oleh Integrated Intel HD Graphics. Kapasitas baterainya 45 WH, mendukung OS Windows 10 Home dan menyediakan fitur bluetooth 4.2.

Ada tiga varian port tersedia yang bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan laptop ini dengan perangkat lainnya. Meliputi USB 3.0, USB 2.0 dan HDMI. Untuk USB 3.0 dan HDMI jumlahnya ada satu. Sedangkan USB 2.0 berjumlah dua port.

Kelebihan

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan laptop kuliah terbaik merk Axioo tipe My Book 11 Lite. Anda bisa mempertimbangkannya sebelum memutuskan untuk membeli. Inilah beberapa kelebihannya:

1. Harga Murah

Kelebihan pertama, dari segi harga termasuk murah. Harganya berkisar diangka 3 hingga 4 jutaan. Dengan harga seperti ini, bisa menghemat pengeluaran dan menyisihkan sisa budget untuk kebutuhan penting lainnya.

2. Desain Minimalis

Desain Axioo tipe My Book 11 Lite termasuk modern dengan bentuk minimalis. Sebagian orang lebih tertarik dengan laptop yang bentuknya minimalis. Bila Anda salah satunya, bisa menjadikan Axioo tipe My Book 11 Lite sebagai pilihan.

3. Portabel

Ukuran dimensi layar Axioo tipe My Book 11 Lite termasuk kecil, sehingga mudah ketika ingin dibawa ke mana-mana alias portabel. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengalami risiko punggung atau tangan keram akibat terlalu berat membawa beban.

4. Fitur Cukup Lengkap

Ukuran laptop kuliah terbaik satu ini memang tidak terlalu besar, tapi fitur yang dimiliki cukup lengkap. Mulai dari fitur port koneksi, kapasitas memori dan lain-lain yang berfungsi menunjang kebutuhan untuk kuliah.

9. Laptop Dell Inspiron 14 5000 Penunjang Tugas Kuliah

Laptop merk Dell yang bisa dijadikan rekomendasi pilihan untuk menunjang tugas kuliah berkualitas terbaik yaitu Inspiron 14 5000. Selain untuk menunjang tugas kuliah, Dell Inspiron 14 5000 bisa digunakan sebagai hiburan.

Spesifikasi

Laptop kuliah terbaik ini memiliki berat sekitar 2,11 kg dengan ukuran dimensi 345 x 243 x 23,35 mm. Sedangkan tampilan layarnya memiliki resolusi 1366 X 768. Bagian layar tingkat kecerahannya bisa diatur memakai tombol pintasan yang ada.

Prosesor yang dimiliki tersedia tiga pilihan. Meliputi Intel Celeron Dual Core, Intel Core i3 generasi ke-6 serta Intel Core i3/i5/i7 generasi ke-7. Memori yang dimiliki ada 4 GB, 6 GB serta 8 GB tipe DDR4 dan kapasitas penyimpanannya 512 GB SSD.

Pada bagian memori, terdapat dua slop SODIMM tipe DDR4. Kecepatan memori yang dimiliki Dell Inspiron 14 5000 mencapai hingga 2133 MHz. Dell Inspiron 14 5000 menggunakan baterai Lithium Ion 4 cell 40 WHr.

Pada bagian display laptop kuliah terbaik ini ada kamera yang bisa digunakan untuk menangkap foto atau merekam video. Port tersedia yaitu untuk jaringan, adaptor daya, HDMI, kartu SD, USB 3.0, drive optik, USB 2.0, headset dan slot kabel pengaman. 

Kelebihan

Berdasarkan spesifikasi tersebut, bisa disimpulkan beberapa kelebihan Dell Inspiron 14 5000. Kelebihan ini nantinya dapat dijadikan bahan tambahan untuk menunjang proses pertimbangan pilihan. Inilah beberapa kelebihannya.

1. Mendukung Beragam Port

Ada port RJ-45 berjumlah satu untuk jaringan. Ada juga satu port USB 3.0 dan dua port USB 2.0. Port HDMI dan headset atau gabungan headphone dengan mikrofon berjumlah masing-masing satu.

Beragamnya port yang dimiliki laptop kuliah terbaik satu ini, akan memudahkan mahasiswa ketika ingin memindahkan atau mengirimkan file tugas dari perangkat satu ke perangkat lainnya.

2. Performa Mumpuni

Kelebihan berikutnya yaitu memiliki performa cukup mumpuni untuk menunjang penyelesaian berbagai jenis tugas yang biasanya diberikan oleh dosen. Seperti membuat laporan atau membuat materi presentasi.

3. Baterai Awet pada Mode Hemat Daya

Mengenai masalah performa baterai, Dell Inspiron 14 5000 termasuk rata-rata. Dibandingkan dengan notebook lainnya, termasuk hemat baterai.  Pada mode hemat daya secara penuh, bisa digunakan hingga 9,5 jam.

10. Laptop untuk Kuliah Terbaik HP Pavilion X360 bagi Mahasiswa

Bila sedang mencari laptop kuliah terbaik merk HP, tipe Pavilion X360 bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan. Sebelum membeli, simak dengan cermat informasi spesifikasi dan beberapa kelebihannya sebagai berikut.

Spesifikasi

HP Pavilion X360 memiliki tiga pilihan prosesor, yaitu Intel Core i3, Intel Core i7 dan Intel Core i5. Kecepatan prosesornya 1.6 GHz dengan prosesor inti 12 Core. Ukuran layarnya 11 inci dengan resolusi 1366 x 768 pixel berjenis IPS refresh rate 60 Hz.

Sistem operasi yang mendukungnya adalah Windows 10 Home Single Language 64. Bagian grafis didukung oleh Intel HD Graphics. Jumlah RAM yang dimiliki mencapai hingga 8 GB dengan kecepatan 1600 MHz tipe DDR3L.

Jumlah slot RAM tersedia ada dua. Dengan jumlah RAM demikian yang termasuk sudah cukup besar, masih bisa diupgrade lagi menjadi lebih tinggi. Kapasitas penyimpanan internalnya ada 512 GB dengan tipe SSD.

Laptop kuliah terbaik ini memiliki kamera webcam dengan resolusi HD. Desain bagian bodinya terbuat dari material berbahan plastik. Berbeda dari laptop pada umumnya, HP Pavilion X360 bisa digunakan seperti tablet dengan fitur touchscreen.

Tipe grafis yang digunakan adalah Intel Iris Xe Graphics. Jenis baterainya 4 cell 43 Whr Li-ion Polymer. Beberapa port tersedia ada USB tipe C sebanyak tiga buah, card reader, HDMI serta headphone jack.

Kelebihan

HP tipe Pavilion X360 memiliki banyak kelebihan yang membuatnya populer digunakan oleh para mahasiswa atau pekerja kantor. Inilah beberapa kelebihannya yang bisa Anda dapatkan:

1. Layar Dapat Diputar Hingga 360 Derajat

Kelebihan laptop kuliah terbaik ini yang pertama layarnya bisa diputar hingga 360 derajat. Bila ingin lebih praktis karena sedang dalam kondisi di tempat yang kurang luas, bisa mengubah mode penggunaan menjadi tablet.

Caranya tinggal memutar bagian layar hingga mencapai 360 derajat. Pada mode ini, pengguna bisa memanfaatkan fitur touchscreen yang ada, sehingga tidak perlu repot mengetik menggunakan keyboard.

Pengguna bisa mengoperasikannya dalam mode tablet, laptop, media maupun tent. Fleksibilitas ini memberikan kenyamanan tersendiri tentunya karena bisa dioperasikan di mana saja.

2. Baterai Awet

Kelebihan laptop kuliah terbaik tipe satu ini berikutnya yaitu memiliki daya tahan baterai awet hingga 10,3 jam. Bila dibandingkan dengan tipe sebelumnya, tentunya HP Pavilion X360 lebih tahan lama.

Jadi, tidak perlu terlalu intens melakukan pengecasan. Berapa lama keawetan baterai, bergantung pada jenis penggunaan. Tentu penggunaan untuk pengoperasian yang berkaitan dengan video lebih menghabiskan banyak daya.

3. Tersedia Beragam Pilihan Prosesor

HP Pavilion X360 memiliki beberapa varian prosesor Intel, yaitu Intel Core i3, i5 dan i7. Ingin memilih mana, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Perbedaan ketiganya adalah dari segi kecepatan proses.

Bila digunakan untuk tugas kuliah yang sederhana atau umum, prosesor Intel Core i3 cukup memenuhi. Tapi, bila ingin digunakan untuk menunjang penyelesaian tugas lebih kompleks, lebih baik memilih varian Intel Core i5.

Bila kategori tugas yang harus dihadapi membutuhkan performa laptop spesifikasi cukup tinggi, laptop kuliah terbaik HP tipe Pavilion X360 dengan prosesor Intel Core i7 adalah pilihan tepat.

Perbedaannya lagi dari ketiga prosesor ini pada laptop HP Pavilion X360 yaitu dari segi tipe grafis yang digunakan. Jenis i5 dan i7 menggunakan Intel Iris Xe Graphics. Sedangkan i3 menggunakan Intel UHD Graphics.

Ketiganya mendukung OS Windows 10 Home Single Language 64. Ukuran layar ketiganya sama yaitu 14 inci dengan resolusi 1920 x 1080 FHD. Bisa disimpulkan bahwa dari tampilan luar tampak sama, tapi performa yang dihasilkan nantinya berbeda.

Ingin memilih perangkat merk dan tipe yang mana bisa disesuaikan kebutuhan. Identifikasi terlebih dahulu kebutuhan Anda adalah laptop spesifikasi biasa, sedang atau harus tinggi. Baru setelah itu bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi laptop kuliah terbaik diatas.

Baca juga : Jenis-jenis Komputer dan Penjelasannya