Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan HTTP dengan HTTPS

Hingga saat ini penggunaan standar dari HTTP dan HTTPS masih menjadi kontroversi. Banyak pengakses internet merasa aman jika memakai standar HTTPS dibandingkan HTTP. 

Sehingga dalam kesimpulan tertentu dari perbedaan HTTP dengan HTTPS bisa Anda ketahui lebih optimal. 

Perbedaan HTTP dengan HTTPS

Mengenali Perbedaan HTTP dengan HTTPS

1. Mengenali HTTP

Dapat kita jabarkan bahwa HTTP ataupun Hypertext Transfer Protocol menjadi protokol jaringan aplikasi dipakai untuk distribusi informasi dari bagian server dan client. 

Dalam hal ini server masih menjadi satu web server dengan wujud fisik jaringan komputer. 

Baca juga : Apa Fungsi Domain dan Hosting 

Dari jaringan komputer tersebut memiliki kapasitas penyimpanan data besar.  Kemudian dari HTTP ini juga memiliki akses web browser yang mana dapat menerima kemudian menampilkan konten web melalui browser. 

2. Mengenali HTTPS

Selanjutnya dari penggunaan HTTPS yang mana diartikan sebagai Hypertext Transfer Protocol Secure dengan hasil pengembangan versi HTTP sebelumnya. Fungsi dari HTTPS sendiri memberi keamanan lebih ketat.

Sehingga dari perbedan HTTP dengan HTTPS juga diperlihatkan dengan membuat client merasa lebih aman dalam mengakses berbagai konten web.  

Rata-rata protokol dari HTTPS sendiri dikembangkan di basis perusahaan IT Netscape Communication Corp.

Perbedaan HTTP dengan HTTPS

Banyak hal dapat diakses dari penggunaan HTTP maupun HTTPS. Namun ada beberapa poin perbedaan bisa dilihat secara langsung seperti berikut ini.

1. Perbedaan HTTP dan HTTPS Dari Keamanan Data

Sudah pasti data dari HTTP tidak menjamin keamanan dari client ke server. Sedangkan dari HTTPS sendiri memiliki 3 prosedur untuk bisa memberi security data lebih baik. 

2. Penggunaan SSL

Untuk HTTP memiliki protokol komunikasi dari client dan server sehingga memberi 6 jenis SSL hingga bisa dibeli oleh web developer. Sedangkan dari fitur SSL pada HTTPS ini juga memberi beberapa opsi dari informasi dan transaksi lebih sensitif. 

3. Keuntungan Dari Pemakaian

Sampai saat ini banyak penggunaan HTTPS dianggap paling unggul dibandingkan HTTP. Namun, bisa kita lihat HTTPS memang memberi kenyamanan saat mengakses internet dibandingkan HTTP terutama pada sisi keamanan data.

4. Penggunaan Port

Perbedaan selanjutnya yaitu berada pada penggunaan port. Port pada dasarnya diartikan sebagai socket. Lebih jelasnya port yang dimaksud ini merupakan port logic yang tidak bisa dilihat dan dirasakan. 

Baca juga : Apa Itu Hosting Blog, Cara Kerja, dan Contohnya

Namun mempunyai fungsi dalam menghubungkan antar perangkat secara protokol maupun dengan media lainnya.

Port logic ini pun mempunyai begitu banyak macam jenis serta penggunaannya. Apabila misalnya diurut dari 0 hingga 1000, maka akan mempunyai fungsi yang berbeda. Pada HTTP port yang dipakai merupakan port jenis 80

Jenis port ini pun berfungsi sebagai konektivitas web server dengan client. Namun agar bisa mengakses HTTPS ini baik itu dengam menggunakan SSL maka pada dasarnya begitu diperlukan port 443 sebagai dukungan jaringannya.

Setelah mengerti apa saja yang menajdi perbedaan antara protokol HTTP dan HTTPS, maka Anda akan mengetahui seperti apa mayoritas website selama ini yang Anda kunjungi itu sudah menggunakan HTTPS. 

Selama protokol itu dimanfaatkan dengan sempurna, maka dalam hal ini tidak perlu cemas jika misalnya terdapat yang namany quest pada sebuah website .

Intinya adalah ada banyak poin dari perbedaan HTTP dengan HTTPS yang selama ini perlu Anda cermati. 

Dari sinilah Anda perhitungan tepat dimana Anda harus bisa mencermati secara tepat bagaimana manfaat yang bisa dirasakan dari dua versi tersebut. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.  

Cloud Hosting