Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merakit PC untuk Programmer Pemula

PC rakitan sendiri memang menjadi alternatif yang bisa dipilih programmer agar memperoleh perangkat sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, merakit PC tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Simak ulasan berikut ini mengenai tips merakit PC untuk programmer yang dapat diterapkan. 

Tips Merakit PC

Tips Merakit PC untuk Programmer Pemula

1. Menentukan Target

Tips pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target penggunaan rakitan PC setelah selesai dibuat. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa merakit PC yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga nantinya tidak mudah lemot ketika digunakan.

Baca juga : Komputer Gagal Booting Windows 10? Lakukan Hal Ini

Menentukan target rakitan PC juga memudahkan programmer untuk membuat perangkat yang bisa tetap stabil ketika tidak digunakan. Cara ini diperlukan agar Anda tidak perlu sering melakukan upgrade perangkat karena bisa memakan lebih banyak waktu dan biaya.

2. Menghitung Biaya

Selanjutnya, perhitungkan budget yang bisa Anda gunakan untuk merakit PC karena memerlukan beberapa komponen khusus. Siapkan dulu berapa budget yang siap digunakan untuk merakit PC guna meminimalisir potensi pembengkakan biaya.

Selain itu, lakukan survey kecil terhadap rekan yang sudah pernah merakit PC khusus programmer agar mengetahui rincian biaya riilnya. Setelah penghitungan perkiraan biaya, maka segera belanjakan anggaran yang disiapkan untuk membeli komponen.

Pastikan Anda melakukan perhitungan dengan rinci termasuk mengupdate harga terkini setiap komponen yang dibutuhkan. Rancangan biaya diperlukan agar tidak asal mengeluarkan dana guna merakit PC karena bisa berpotensi merusak pengelolaan keuangan.

3. Menggunakan Komponen Berkualitas yang Harganya Terjangkau

Tips merakit PC untuk programmer berikutnya, yaitu menggunakan komponen berkualitas dengan harga terjangkau.  Ketika memilih komponen rakitan PC, pastikan Anda memperhatikan jenis dan kisaran harganya agar tidak salah menentukan.

Kejelian dalam memilih komponen sangat dipentingkan dalam hal ini agar Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan harga setiap komponen sesuai dengan kisaran budget yang disediakan dan memiliki kualitas mumpuni.

4. Memilih Motherboard dengan Tepat

Memilih motherboard dengan tepat merupakan hal berikutnya yang harus diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena kualitas motherboard akan berpengaruh pada kecepatan proses data yang ada pada PC.

Sebaiknya, Anda memilih motherboard yang bisa menyesuaikan perkembangan teknologi karena kebutuhan programmer semakin tinggi. Pilihlah motherboard yang mampu mendukung kinerja prosesor, misalnya GIGA BYTE GA-Z68MA-D2H-B3 karena mendukung core i3, i5, dan i7.

Baca juga : PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

Selain itu, gunakan motherboard yang mempunyai 4 slot kartu grafis agar proses transfer data berukuran besar bisa lebih cepat. Motherboard yang sudah terintegrasi dengan fitur tambahan agar mendapatkan fasilitas terbaik.

Motherboard dengan fasilitas lengkap membantu menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk merakit PC programmer. Hal ini karena Anda tidak perlu lagi membeli beberapa komponen tambahan, seperti USB, LAN, audio system, dan VGA card.

5. Memperhitungkan Beban Perangkat

Satu lagi tips merakit PC untuk programmer, yaitu memperhitungkan beban yang nantinya ditanggung oleh perangkat. Perhitungkan daya yang diperlukan ketika perangkat harus digunakan seharian untuk menyelesaikan aktivitas pemrograman agar bisa memilih power supply terbaik bagi komputer.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan aplikasi khusus simulasi perakitan PC yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Fungsi dari aplikasi tersebut adalah membantu programmer memperhitungkan berapa besar daya yang diperlukan.

Aplikasi tersebut merupakan salah satu alternatif terbaik agar bisa memperkirakan kapasitas daya perangkat secara lebih efektif. Menentukan beban perangkat dengan tepat berguna agar membuat komputer terbaik yang tidak mudah blank ketika digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang berat.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.