Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Menjadi Blogger Sukses

Sekarang ini begitu banyak orang tertarik dengan cara menjadi blogger sukses. Alasannya tentu karena ada keuntungan besar ketika menjadi blogger profesional.

Apabila suatu blog mempunyai visitor atau traffic tinggi, sudah pasti akan mendapatkan penghasilan. Semakin tinggi pengunjungnya akan semakin besar penghasilannya hinga mencapai jutaan rupiah setiap bulan.

Namun, tidak mudah untuk membangun blog yang sukses dengan pengunjung besar. Anda akan memerlukan kerja keras, investasi waktu dan konsistensi. Mari simak seperti apa caranya untuk menjadi seorang blogger.

Panduan Cara Menjadi Blogger Sukses

Apa Definisi dari Profesi Blogger?

Sebelum membahas mengenai cara menjadi blogger sukses mari kenali definisi profesi tersebut Anda bisa menganggapnya sebagai seseorang yang menulis di blog. Pembuatan tulisannya dapat dilakukan karena beragam keperluan. 

Apakah itu hanya keperluan pribadi (personal) atau berupa tujuan untuk menghasilkan uang. Sementara aktivitas menulis blog disebut sebagai blogging. Aktivitas tersebut mulai terkenal ketika tahun 2000-an dan terus berkembang sampai masa sekarang.

Saat membuat tulisan, Anda bebas menentukan tema apa saja misalnya saja tema kesehatan, kecantikan, pertanian, perkebunan atau lainnya. Lantas, berapakah gaji yang bisa didapatkan apabila menerapkan cara menjadi blogger sukses? Penghasilan atau gaji ini berasal dari Google AdSense dan dapat bervariasi. 

Biasanya Anda bisa memperoleh gaji sebesar 1 juta hingga 5 juta untuk setiap bulannya. Akan tetapsi, bisa pula gajinya melebihi angka 5 juta. 

Tidak ada satu hal paten yang menentukan besaran gaji. Sebab, gaji akan ditentukan oleh traffic atau jumlah pengunjung. Jika pengunjungnya banyak, tentu saja gaji juga besar. 

Lantas, apakah gaji hanya berasal dari Google AdSense? Anda masih dapat memperoleh gaji melalui cara lain yakni melalui afiliasi, content placement, lomba, menjadi brand ambassador dan lain lain.

Untuk menerapkan cara menjadi blogger sukses, ada beberapa hal yang perlu dikuasai. Misalnya saja kemampuan menulis, pengetahuan teknis terkait blog, kemampuan desain, pengetahuan terkait promosi dan lain lain.

Fungsi Blog Bukan Sekedar Media Informasi 

Secara umum, blog memang berfungsi sebagai platform atau media untuk berbagi informasi. Akan tetapi, masih ada juga fungsi lainnya seperti berikut.

1. Media Berbisnis 

Ketika menerapkan cara menjadi blogger sukses, Anda tidak hanya bisa membagikan informasi. Anda dapat menjadikan blog sebagai media untuk berbisnis.

Alasannya ialah blog dapat menjangkau lebih banyak target konsumen secara cepat, efisien dan tentu saja hemat dana. Anda dapat menulis beragam informasi mengenai produk atau jasa.

2. Media Membangun Komunitas 

Anda juga bisa menjadikan blog sebagai tempat untuk membangun komunitas. Ketika membuat tulisan, pasti akan memperoleh feedback atau komentar dari pembaca. 

Interaksi bersama pembaca dapat Anda manfaatkan sebagai pijakan untuk membuat suatu komunitas. Khususnya bersama pembaca yang memang mempunyai preferensi sama.

Apabila blognya sudah mempunyai traffic besar atau pengunjung banyak, akan menjadikan komunitas mempunyai lebih banyak anggota. Jadi, fungsi blognya bukan sekedar untuk membagikan informasi.

3. Portofolio

Menerapkan cara menjadi blogger sukses jika bisa mendukung aktivitas pembuatan portofolio. Apabila Anda merupakan pekerja profesional dalam bidang kreatif, pasti akan memerlukan portofolio.

Melalui portofolio, calon klien dapat melihat maupun mengamati hasil pekerjaan Anda. Jadi, klien tidak hanya membayangkan seperti apa hasil kemampuan atau keterampilan.

Coba saja mengisi blognya dengan beragam karya maupun hasil pekerjaan. Lantas, tambahkan informasi penting terkait diri, misalnya saja pengalaman dan keahlian.

Kelebihan Blogger.com sebagai Platform Blog 

blogger.com merupakan platform blog yang mempunyai kelebihan tersendiri dan cukup berbeda dari platform lain. Selain itu, kehadirannya juga cukup populer. Ini dia sejumlah kelebihannya.

1. Free

Salah satu kelebihan platform ini ialah gratis. Sebenarnya masih banyak platform lain yang menyediakan layanan secara gratis, akan tetapi fiturnya terbatas. 

Berbeda halnya dengan blogger.com yang gratis namun fiturnya cukup banyak Anda dapat menikmati beragam fiturnya tanpa terkendala biaya. Boleh juga menikmati seluruh layanannya tanpa terkendala waktu. Tidak perlu memikirkan durasi fitur yang bisa digunakan secara gratis. 

2. Penggunaan Mudah

blogger.com termasuk platform yang begitu mudah untuk digunakan. Karena tidak rumit, begitu cocok bagi para pemula yang baru pertama kali tertarik dengan dunia blogging.

Anda dapat menerapkan cara menjadi blogger sukses pada blogger.com yang mempunyai User Interface begitu rapi. Sehingga tidak sulit untuk membuat maupun mengelola blog.

Apabila ingin mendaftar blog, caranya juga tidak sulit. Anda hanya memerlukan email untuk mengikuti prosesnya. Jadi, pertimbangkan platform ini apabila ingin menjadi seorang blogger profesional.

3. Fitur Melimpah

Walaupun blogger.com gratis, bukan berarti fiturnya sangat sedikit. Justru platform ini menyediakan banyak fitur menarik.

Misalnya saja widget, earning tabs, template designer, blogger buzz, team blogging dan lain lain.

4. Dukungan Monetisasi

Anda juga dapat menerapkan cara menjadi blogger sukses pada blogger.com untuk mendapat uang. Sebab platform tersebut mendukung monetisasi, misalnya menyediakan layanan untuk memasang Google AdSense.

Melalui Google AdSense, Anda bisa memperoleh penghasilan atau uang dari Google. Supaya penghasilannya besar, upayakan memperoleh traffic besar setiap bulannya.

Persiapan Menjadi Seorang Blogger Profesional

Anda perlu tahu bahwa tidak ada satu saja cara menjadi blogger sukses yang instan. Seluruhnya perlu dilakukan secara bertahap dan dimulai dengan persiapan optimal. Ini dia beberapa persiapan untuk membangun blog pertama.

1. Menentukan Tujuan

Menentukan tujuan pembuatan blog adalah persiapan penting bagi seorang blogger pemula. Langkah awal ini sama sekali tidak boleh dilewatkan.

Ketika mempunyai tujuan, Anda akan tahu bagaimana blog tersebut nantinya hendak dibangun. Lalu, ke arah mana blognya hendak dikembangkan.

Mengapa harus menentukan tujuan terlebih dahulu, bukan langsung menerapkan cara menjadi blogger sukses? Sebab, blogging bukan aktivitas yang hanya dilakukan satu kali lantas langsung menghasilkan uang sampai beberapa bulan.

Anda perlu melakukannya secara rutin, menunggu hasil dan melakukan evaluasi. Misalnya bulan pertama ternyata jumlah posting tulisan terlalu sedikit dan belum mendapat tawaran Google AdSense. Namun ternyata di bulan ketiga sudah bisa mendapatkan Google AdSense.

Lantas, apa saja tujuan dari aktivitas blogging? Tujuannya boleh apa saja, misalnya mengembangkan kemampuan menulis, membagikan pengetahuan hingga mencari penghasilan secara online.

2. Menentukan Topik

Apabila ingin menerapkan cara menjadi blogger sukses, ada beragam topik yang boleh Anda tentukan. Akan tetapi, jangan sampai memilih seluruh topik hingga terkesan membuat blog campuran. 

Silahkan pilih satu saja pokok bahasan sebagai topik. Lantas, nantinya kembangkan topik tersebut selama menjalankan aktivitas blogging. Jadi, satu topik tetap dijadikan acuan untuk jangka panjang.

Boleh menentukan topik berdasarkan minat atau keahlian. Karena sejak awal tertarik dengan topiknya, mungkin Anda tidak akan bosan atau kehabisan ide selama blogging.

Akan tetapi, pertimbangkan juga mengenai pilihan topiknya. Pastikan topiknya cukup banyak dicari atau diperlukan oleh masyarakat. Anda dapat menemukan topik populer ini melalui search engine.

Jika memilih topik yang kurang diperlukan oleh masyarakat, risikonya jumlah pengunjung atau visitor blog akan sedikit. Sehingga traffic kurang besar untuk bisa melakukan monetisasi. 

Tidak perlu khawatir pemilihan topik sebagai persiapan penerapan cara menjadi blogger sukses ini dibatasi. Banyak sekali topik menarik boleh Anda pilih, misalnya saja teknologi, kuliner, fashion, buku, film dan lain lain.

3. Menentukan Platform 

Menentukan platform blog adalah hal yang tidak kalah penting dalam aktivitas blogging. Jika salah memilih platform, mungkin perkembangan blognya akan terhambat.

Sekarang ini sudah tersedia beragam platform yang dapat dipilih menyesuaikan tujuan maupun kemampuan. Bagi pemula, lebih baik memilih platform CMS (Content Management System).

Platform yang tergolong CMS misalnya saja WordPress. WordPress menyediakan kemudahan dalam pengelolaan blog. Tidak perlu mempelajari coding untuk menggunakannya. 

WordPress juga terbilang ramah search engine. Jadi, tidak perlu takut tulisan Anda gagal terdeteksi oleh Google. Ketika menerapkan cara menjadi blogger sukses, nantinya tulisan bisa berpeluang untuk tampil pada halaman utama hasil pencarian Google.

Setiap platform sendiri pasti mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Pastikan sudah mempelajarinya sebelum memilihnya. Agar nanti pilihan platform sesuai dengan keperluan maupun konten yang hendak dibuat.

4. Menentukan Nama Domain

Persiapan dalam menerapkan cara menjadi blogger sukses ialah menentukan nama domain. Domain ialah alamat dengan tujuan akses situs website yang Anda miliki.

Nama domainnya dapat menyesuaikan niche atau topik blog. Misalnya saja jika topik blog adalah bisnis, maka gunakan nama domain dengan adanya kata bisnis.

Akan lebih baik memilih nama domain yang mudah diingat. Pastikan juga nama domainnya cukup unik dan menarik. Jangan sampai memilih nama yang sulit diingat hingga orang lain sulit menuliskan nama domainnya pada search engine.

5. Menentukan Ekstensi Domain dan Hosting 

Apabila sudah menentukan nama domain sebagai persiapan penerapan cara menjadi blogger sukses, maka tentukan juga ekstensi domainnya. Pilihan ekstensi domain begitu beragam, misalnya saja .com, .id, .net, .co.id dan lainnya.

Ekstensi yang cukup banyak digunakan ialah .com. Bukan hanya terkenal di negara lain, ekstensi tersebut juga terkenal di Indonesia. Tidak hanya itu, harga ekstensinya cukup cukup murah. 

Tidak cukup hanya menentukan nama dan domain. Anda juga perlu menyewa hosting supaya blog yang diciptakan dapat diakses melalui internet. 

6. Desain Tampilan 

Menyiapkan desain tampilan juga tidak kalah penting dalam persiapan cara menjadi blogger sukses. Sebab, tampilan akan mempengaruhi pengalaman pengunjung ketika mengakses blog.

Dapat dikatakan bahwa nyawa dari suatu blog ialah konten berbentuk tulisan. Namun, bukan berarti lantas tampilannya tidak penting sama sekali. Jika tampilannya kurang menarik, tentu pengunjung akan malas berlama-lama di blog Anda.

Pengaturan tampilan ini mungkin berbeda untuk setiap platform. Jadi, silahkan pelajari pengaturannya secara detail pada platform yang sudah Anda pilih.

Lantas, bagaimana cara menentukan tampilannya? Anda dapat menyesuaikannya dengan topik. Boleh juga menyesuaikannya dengan target pembaca. Perhatikan pula komponen tampilannya seperti tema, warna, font hingga layout.

Panduan Cara Menjadi Blogger Sukses

Membangun blog bukan aktivitas instan melainkan proses jangka panjang. Apabila Anda seorang pemula yang baru pertama kali membangun blog, maka ikuti saja panduannya di bawah ini.

1. Mulai Membuat Konten 

Cara menjadi blogger sukses yang pertama ialah menulis konten. Pastikan membuat konten yang bagus, original dan menarik. Jangan sampai membuat konten dengan plagiasi dari situs lain.

Mungkin plagiasi adalah cara praktis untuk membuat konten. Akan tetapi, hal ini tidak dibenarkan. Tentu pembaca juga kurang tertarik dengan blog Anda jika isinya sama dengan blog lain.


Apabila sudah mempunyai kemampuan membuat tulisan, jangan berhenti untuk belajar. Terus tingkatkan kemampuan menulis supaya hasil tulisannya juga semakin bagus.

Tidak lupa, buat tulisannya secara rutin dan konsisten mengunggahnya pada blog. Jangan sampai hanya membuat 1 tulisan dalam satu bulan. Lantas, seperti apa cara membuat konten yang bagus, original dan menarik? Mari simak beberapa tips menulis konten di bawah ini.

  • Fokus di Satu Tema 

Tips pertama dalam menerapkan cara menjadi blogger sukses ialah fokus di satu tema yang sudah Anda tentukan ketika membuat blog. Seperti sudah disinggung di atas, temanya bebas dan boleh menyesuaikan minat atau kemampuan.

Contohnya saja temanya adalah travel. Maka, ada banyak aspek traveling yang dapat dijadikan sebagai bahan tulisan. Bisa berupa tempat kuliner, wisata horor, wisata bersejarah dan lain lain.

  • Menulis untuk Diri Sendiri 

Jika baru pertama kali terjun dalam bidang ini, cara menjadi blogger sukses ialah mulai menulis untuk diri sendiri. Jangan langsung mengharapkan tulisan berkualitas tinggi dan segera populer di search engine.

Fokus dahulu pada cara pengolahan tema sampai menjadi suatu tulisan. Tuangkan ide dan opini secara nyaman dalam tulisan. Sehingga aktivitas menulis akan terasa lebih menyenangkan.

Membuat tulisan berkualitas memang penting. Akan tetapi, mulai dahulu dengan menulis secara nyaman dan percaya diri. Jika sudah, bisa mengasah kemampuan menulis seiring waktu.

  • Membahas Hal Menarik bagi Orang Lain 

Apabila sudah menerapkan cara menjadi blogger sukses berupa membuat tulisan untuk diri sendiri, maka coba buat tulisan yang topiknya menarik bagi orang lain. Anda dapat menemukan topik menarik melalui search engine.

Alasan mengapa seseorang bisa mengakses tulisan pada blog Anda ialah sebab mereka mencari sesuatu dengan memasukkan keyword di kolom pencarian search engine. 

Ketika konten relevan dengan keyword, maka situs Anda akan muncul dan orang tersebut bisa mengaksesnya. Jadi, membuat konten perlu mengikuti apa yang mungkin orang lain cari melalui search engine.

Supaya tahu keyword apa yang banyak dicari, Anda dapat mengandalkan tools khusus. Misalnya saja Ahref, SEMrush atau AnswerThePublic. Anda juga dapat menemukan ide berdasarkan isu yang sedang populer dibahas pada media sosial.

  • Menjadikan Tulisan Mudah dibaca 

Tahukah Anda bahwa kebanyakan orang tidak suka aktivitas membaca? Sebagian orang besar orang hanya membutuhkan informasi namun tidak suka membaca tulisan terlalu panjang. 

Oleh karenanya, kebanyakan orang lebih suka menonton video yang padat informasi daripada artikel panjang. Tidak heran jika reels Instagram dan TikTok cukup populer. 

Twitter juga cukup populer sebab masyarakat bisa menemukan informasi dalam tulisan singkat. Tidak perlu sampai membaca banyak kata untuk mendapatkan informasi.

Lantas, untuk menerapkan cara menjadi blogger sukses, Anda bisa membuat tulisan yang mudah dicerna oleh pembaca. Sehingga mereka tertarik untuk membaca artikel baru nantinya. 

Lantas, bagaimana supaya artikel terkesan mudah dibaca meskipun jumlah katanya jauh lebih banyak daripada postingan di Twitter? Coba saja mempertimbangkan beberapa hal berikut.

Kalimat Pendek 

Jangan menulis kalimat terlalu panjang. Jika terlanjur menjadi kalimat panjang, coba putuskan kalimatnya agar menjadi lebih pendek. Kalimat terlalu panjang akan lebih sulit dicerna oleh pembaca.

Paragraf Pendek 

Anda perlu membuat paragraf pendek. Coba manfaatkan tools seperti Hemingway guna melakukan pengecekan. Jangan menulis paragrafnya hingga terlalu panjang.

Menghindari Empty Sentence

Cara menjadi blogger sukses ialah menghindari empty sentence. Jangan sampai menuliskan kalimat yang tidak berisi informasi penting. Karena, pembaca memerlukan tulisan yang padat informasi.

Anda perlu ingat bahwa sebagian besar pengunjung tidak suka membaca. Mereka hanya mengakses blog Anda untuk mencari informasi dalam waktu cepat. Oleh karenanya, hindari menulis empty sentence.

Memperhatikan Struktur Artikel 

Terkadang, pengunjung blog hanya ingin membaca sebagian artikel yang informasinya sangat dibutuhkan. Jadi, tidak tertarik untuk membaca seluruhnya. 

Jadi, jangan terlalu memaksa mereka untuk membaca seluruh isi artikel. Anda justru dapat membantu mereka menemukan informasi yang diperlukan dengan mengatur heading. Heading akan memisahkan beberapa topik sehingga artikelnya mudah dipahami.

Menambah Multimedia

Coba tambahkan multimedia sebagai cara menjadi blogger sukses, bisa berupa video, foto, infografik maupun gif. Tujuannya ialah mendukung tulisan supaya tidak terlalu panjang.

Penekanan Poin Khusus 

Jika ada poin khusus yang ingin ditekankan pada tulisan, coba pakai format bold, italic atau tanda kutip. Sehingga tulisannya terkesan lebih eye-catching.

  • Membuat Judul Memikat

Berikutnya, cara menjadi blogger sukses ialah membuat judul yang memikat. Tahukah Anda bahwa keputusan seseorang untuk klik suatu link artikel adalah dengan mempertimbangkan judul?

Apabila judulnya terkesan membosankan, mereka akan enggan klik link atau membaca artikelnya. Oleh karenanya, wajib untuk membuat judul yang memikat.
Judul perlu menarik rasa penasaran dan keinginan orang untuk membaca artikel.

Namun, jangan membuat judulnya sebagai clickbait. Jangan menjadikan judulnya berbeda dari isi artikelnya hanya karena ingin menarik minat pembaca.

  • Membuat Paragraf Pembuka Menarik 

Cara menjadi blogger sukses berupa membuat paragraf yang memikat tidak cukup untuk menambah traffic. Anda perlu menulis paragraf pembuka yang menarik agar pengunjung mau membaca artikelnya hingga paragraf terakhir. 

Cukup menggunakan satu atau dua kalimat, Anda dapat menunjukkan pada pengunjung bahwa Anda memahami masalah yang sedang mereka hadapi. Sehingga akan merasa bahwa ada solusi pada artikel sesuai masalah mereka.

Jika paragraf pembukanya terlalu panjang, membosankan atau terkesan rumit, sudah pasti pengunjung enggan membaca artikelnya sampai selesai. Mungkin baru membaca paragraf pembuka lantas menutup situs Anda.

2. Mempromosikan ke Media Sosial

Apakah cara menjadi blogger sukses cukup hanya dengan membuat konten secara rutin? Tentu saja tidak, karena Anda juga perlu membagikan postingannya ke sosial media. 

Media sosial sendiri sangat cocok dijadikan tempat promosi. Anda cukup membagikan link konten situs. Lantas, tunggu sampai ada yang berkunjung ke blog. 

Jika hanya mengunggah konten, belum tentu akan mendapatkan banyak pengunjung. Sementara jika membagikannya ke media sosial, maka lebih berpeluang mendapatkan banyak pengunjung. 

Di Indonesia sendiri pengguna media sosial begitu besar. Misalnya saja pengguna TikTok, Facebook, Twitter, Instagram dan lain lain. Boleh juga menggunakan semua media sosial untuk promosi.

Lantas, bagaimana agar orang lain tertarik mengakses link konten yang Anda bagikan melalui sosial media? Buat saja konten menarik yang berisi link tersebut. Jika hanya membagikan link, terkesan kurang menarik.

3. Senantiasa Kreatif 

Salah satu alasan mengapa seseorang mengakses blog Anda ialah sebab informasinya bermanfaat dan tidak tersedia di blog lain. Oleh karenanya, senantiasa kreatif termasuk cara menjadi blogger sukses.

Lantas, bagaimana cara menjadi kreatif sepanjang waktu? Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menjadi kreatif sebagai blogger.

  • Menulis Informasi Baru 

Salah satu tips untuk menjadi kreatif ialah membuat konten berisi informasi baru. Akan tetapi, jangan menuliskan konten berisi hoaks. Pastikan informasinya didukung oleh pengetahuan yang valid.
Untuk memperoleh informasi baru, Anda dapat melakukan riset melalui sumber lain. Contohnya melalui jurnal yang dibuat oleh orang luar negeri. 

  • Menggunakan Pendekatan Baru 

Sekarang, bagaimana jika tidak menemukan informasi baru? Boleh juga menggunakan informasi yang sudah pernah dibahas oleh blog lain. Cara menjadi blogger sukses ialah dengan menggunakan pendekatan baru.
Jadi, walaupun informasinya sama, Anda dapat menerapkan cara penyampaian berbeda. Coba saja mengamati situs Vice Indonesia yang kerap menghadirkan pendekatan berbeda dalam penyampaian berita.

  • Memanfaatkan Media Pendukung

Jangan hanya fokus menulis konten, namun tambahkan pula video, gambar, infografik atau lainnya untuk menarik minat pembaca dan memperkuat penjelasan dalam artikel.
Boleh juga menyediakan artikel dalam bentuk e-book. Sehingga pengunjung bisa membaca artikelnya lagi di lain waktu ketika gadget tidak tersambung internet.

4. Mempelajari SEO dan Teknikal

SEO atau Search Engine Optimization ialah hal penting yang perlu Anda kuasai. Sebab, SEO akan berguna dalam mengelola blog. Sehingga konten dapat tampil pada halaman hasil pencarian search engine.

Banyak teknik dasar SEO yang wajib Anda pelajari, misalnya saja riset keyword, user intent, penempatan keyword pada konten, penggunaan backlink, pembuatan konten SEO friendly dan lain lain.

Cara menjadi blogger sukses yang tidak bisa dilewatkan ialah riset keyword atau kata kunci. Keyword akan membantu Anda dalam menciptakan konten yang banyak diperlukan oleh pengguna internet.

Jangan sampai membuat konten tanpa melakukan riset kata kunci atau keyword. Jika seperti itu, kemungkinan kontennya akan sulit tampil pada halaman pertama hasil pencarian Google. Lantas, belum tentu ada pengunjung yang mengakses situs Anda. 

Pelajari pula beragam tools yang dapat membantu SEO. Contohnya saja Ubersuggest, SEMRush, Google Search Console, Screaming Frog dan lain lain. 
Tidak semua tools dapat diakses secara gratis. Sebagian tools hanya bisa diakses fiturnya ketika Anda membayar biaya khusus. Jadi, pelajari dahulu tentang tools terkait sebelum memutuskan untuk berlangganan layanannya.

Apabila ingin menerapkan cara menjadi blogger sukses, tidak perlu merasa kesulitan untuk belajar SEO. Anda dapat mempelajarinya melalui Youtube, LinkedIn, Google, media sosial atau lainnya.

Jadi, banyak cara untuk mempelajari SEO secara gratis. Namun, jika ingin membeli buku atau mengikuti seminar berbayar juga boleh dilakukan.

Ada banyak ahli SEO maupun praktisi SEO membuat seminar atau webinar. Oleh karenanya, Anda dapat mengikuti seminar atau webinar untuk belajar SEO. Jangan sampai berhenti belajar. 

Tidak hanya SEO, pelajari juga terkait teknikal blog lainnya. Contohnya saja penggunaan HTML dan CSS. Apabila menguasai HTML dan CSS, maka dapat mengoptimalkan blog.

5. Mempelajari Beragam Hal Baru 

Jika ingin memperoleh jumlah pengunjung besar dan senantiasa bertambah, maka Anda perlu menerapkan cara menjadi blogger sukses berupa mempelajari hal baru. Sehingga mampu menciptakan konten unik sepanjang waktu. 

Untuk mempelajari hal baru, Anda bisa membaca dari buku atau sumber lain. Lalu mencoba eksperimen sendiri misalnya saja mempelajari kemampuan mengedit foto.

Ketika memiliki kemampuan tersebut, akan terasa lebih mudah dalam membuat ilustrasi. Sehingga tampilan blog akan terkesan lebih unik dan berbeda dari blogger lain.

Misalnya lagi mempelajari coding. Sebenarnya mengelola blog tidak wajib menguasai coding. Akan tetapi, kemampuan coding tetap bermanfaat seperti membantu meningkatkan performa dan keamanan blog.

6. Mengajukan Google AdSense 

Cara menjadi blogger sukses selanjutnya ialah mengajukan Google AdSense. Tujuan mendaftarkan blog ke Google AdSense ialah agar memperoleh penghasilan. Google AdSense akan memberikan uang berdasarkan tayangan iklan pada situs.

Nantinya iklan yang tayang akan menyesuaikan topik pada situs Anda. Silahkan mempelajari tentang Google AdSense supaya lebih memahami cara kerjanya. Sebelum itu, pastikan sudah memenuhi syarat berikut.

Konten Original 

Salah satu syarat untuk bisa mengajukan Google AdSense ialah konten wajib original. Anda harus membuat konten yang original, unik dan menarik. Jangan sampai melakukan plagiasi dari situs lainnya. 

Konten Mengikuti Kebijakan Google AdSense 

Pelajari pula mengenai ketentuan Google AdSense dalam pembuatan konten. Pastikan pembuatan kontennya mengikuti kebijakan tersebut. Jangan sampai melanggar kebijakan terkait.

Berumur 18 Tahun 

Syarat lainnya ialah Anda harus sudah berumur 18 tahun. Apabila umur masih di bawah 18 tahun, perlu meminta bantuan wali atau orang tua dalam mengajukan Google AdSense. 

7. Membangun Jaringan atau Koneksi 

Cara menjadi blogger sukses tidak hanya fokus pada pembuatan konten secara mandiri atau belajar secara mandiri. Anda juga perlu bekerja sama dengan blogger lainnya untuk mengembangkan blog. Ini dia beragam cara untuk membangun koneksi.

Bergabung dengan Komunitas 

Tatkala bergabung dengan komunitas, Anda bisa memperoleh informasi maupun tips penting. Boleh juga berdiskusi bersama mereka terkait masalah atau kendala dalam blogging.

Jadi, jangan hanya fokus melakukan semuanya sendirian. Apabila ada masalah atau kendala, bisa juga meminta bantuan blogger lain. Sehingga proses blogging bisa berjalan lancar sepanjang waktu.

Di Indonesia ada banyak sekali komunitas dalam bidang ini. Tidak harus mencarinya secara langsung, temukan saja secara online melalui LinkedIn, Google, Telegram, Twitter, Facebook dan lain lain.

Berbagi Informasi 

Cara menjadi blogger sukses tidak boleh dilakukan hanya dengan mengharap blogger lain berbagi ilmu atau membantu Anda saat mengalami kesulitan. Anda juga harus aktif berbagi informasi.

Misalnya saja bergabung pada suatu forum dan meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan blogger lain. Boleh juga membagikan link menuju artikel milik blogger lain dalam forum yang relevan untuk menjawab pertanyaan.

Menawarkan Kolaborasi 

Coba juga mengajak blogger lain untuk berkolaborasi menciptakan konten bersama. Anda bisa menjalin kerja sama dengan orang yang mempunyai keunggulan dalam suatu topik. Boleh juga bekerja sama dengan menulis artikel sebagai guest post.

Tidak Membatasi Diri dengan Satu Topik

Jangan membatasi diri dengan satu topik. Coba juga berkomunikasi dengan blogger lain yang topik blognya berbeda dari Anda. Walaupun mungkin tidak dapat berkolaborasi, masih bisa bertukar informasi mengenai blogging. 

Jadi, melalui jaringan atau koneksi, Anda dapat memperoleh manfaat dari blogger lain. Manfaatnya bisa berupa informasi atau bantuan ketika mengalami masalah.

8. Membangun Interaksi dengan Pembaca

Membangun interaksi dengan pembaca juga termasuk cara menjadi blogger sukses. Jangan hanya fokus membuat konten original dan berkualitas. Lakukan pula interaksi dengan pembaca.

Kegagalan dalam membangun komunikasi dengan visitor dapat menghambat pertumbuhan blog. Jadi, wajib mengupayakan komunikasi dengan pembaca.

Anda dapat mengandalkan komentar sebagai media untuk berinteraksi. Pastikan memberikan respon yang baik pada komentar pembaca, sehingga pembaca merasa nyaman berlangganan konten dari Anda. Ini dia panduan dalam berkomentar.

Usahakan Membalas Seluruh Komentar 

Salah satu cara menjadi blogger sukses melalui interaksi dengan pembaca ialah berupaya membalas seluruh komentar mereka. Anda boleh mengabaikan komentar kurang penting seperti spam.

Sementara untuk komentar penting dari pembaca, usahakan untuk membalasnya. Coba buat jadwal khusus untuk membaca dan membalas komentar.

Tidak Bergantung pada Software Khusus

Sebenarnya sudah ada software khusus yang dapat membalas komentar pada blog secara otomatis. Akan tetapi, jauh lebih baik apabila membalas komentarnya secara mandiri. Sehingga kedekatan dengan pembaca akan lebih terbangun.

Membalas Komentar Secukupnya 

Cukup membalas komentar secukupnya, khususnya ketika berkaitan dengan pertanyaan. Upayakan menjawabnya secara singkat dan jelas sesuai pertanyaan tanpa harus menyampaikan topik pembahasan lain.

Memilih Bahasa Sederhana 

Akan lebih baik jika menghindari bahasa gaul atau bahasa ilmiah yang jarang dipahami masyarakat awam. Gunakan bahasa sederhana supaya lebih mudah dicerna. 

Membalas Komentar Secara Sopan

Mungkin ada kalanya pembaca berkomentar dengan kata-kata yang membuat perasaan tersinggung. Akan tetapi, jangan sampai marah pada pembaca. Tetap balas komentarnya secara sopan.

9. Mengatur Waktu 

Cara menjadi blogger sukses yang mungkin sepele ialah mengatur waktu. Padahal, kesalahan dalam mengatur waktu bisa berakibat fatal. Sebenarnya tidak ada aturan dasar mengenai kapan waktu paling tepat untuk blogging Anda hanya perlu mengatur waktu, bisa mengikuti tips berikut. 

Menentukan Target Posting 

Ketika mengetahui tujuan target posting, Anda dapat memperkirakan berapa banyak waktu yang dibutuhkan dalam menulis konten. Untuk menerapkan cara menjadi blogger sukses ini, misalnya saja menetapkan satu kali posting setiap minggu.

Memaksimalkan Waktu Produktif

Coba saja menulis konten ketika waktu produktif supaya prosesnya menjadi lebih cepat dan hasilnya bagus. Contohnya ketika pagi atau malam hari. Pada intinya, sesuaikan saja dengan kapan waktu produktif Anda sendiri.

Mencatat Ide Konten Setiap Waktu 

Begitu Anda memperoleh inspirasi atau ide konten, segera catat. Bisa mencatatnya pada ponsel. Nantinya Anda dapat mengembangkan ide tersebut ketika sudah ada waktu untuk menulis konten.

Misalnya saja Anda sedang mengantre di depan kasir minimarket, lantas tiba-tiba muncul ide. Segera saja mencatatnya agar tidak lupa. Jika menunggu pulang ke rumah, mungkin saja idenya terlupakan begitu saja.

Melakukan Beberapa Hal Sama pada Satu Waktu 

Melakukan beberapa hal yang sama pada satu waktu mungkin dapat membantu mengoptimalkan blogging. Contohnya dalam satu waktu Anda membuat beberapa draft artikel.

10. Konsisten

Semua cara menjadi blogger sukses di atas tidak akan maksimal apabila Anda tidak konsisten dalam melakukannya. Sebab, blogger bukan profesi yang hanya melakukan blogging satu kali lantas mendapatkan hasil besar. 

Anda hanya akan mendapatkan pertumbuhan traffic apabila senantiasa menerapkan cara-cara di atas secara konsisten. Bukan sekedar menuliskan satu konten lantas menunggu hasilnya tanpa melakukan hal lain.

Terkadang, perasaan frustasi bisa muncul ketika sudah berusaha membuat konten selama beberapa waktu namun tidak segera mendapatkan visitor. Sehingga malas untuk melanjutkan proses blogging. Lantas, bagaimana agar bisa konsisten? 

Memulai dengan Target Kecil 

Cara menjadi blogger sukses ialah menetapkan target kecil ketika pertama kali membangun blog. Jangan menetapkan target terlalu tinggi misalnya menulis 10 konten per hari. Tentu itu akan memberatkan diri sendiri lantas mungkin memunculkan rasa frustasi.

Jadi, coba buat target yang realistis terlebih dahulu. Setelah itu, tingkatkan targetnya secara bertahap. Bukan berarti menetapkan target kecil selamanya.

Membuat Jadwal Posting 

Anda bisa membuat jadwal khusus untuk upload konten secara rutin. Pastikan juga untuk mengikuti jadwalnya tanpa ada perasaan ingin menunda hanya karena malas. 

Misalnya saja membuat jadwal posting satu konten setiap minggu. Maka jangan menunda-nunda posting hingga satu bulan lamanya. Jangan sampai hanya mengunggah konten ketika ada mood untuk menulis.

Membangun Kebiasaan Menulis 

Menjalankan aktivitas secara rutin sampai berubah menjadi kebiasaan pasti akan terasa lebih nyaman. Jadi, cara menjadi blogger sukses ialah menciptakan kebiasaan menulis.

Apabila sudah terbiasa menulis konten, Anda akan bisa melakukan blogging secara nyaman. Tidak akan ada rasa terpaksa atau malas untuk menulis.

Evaluasi 

Tidak cukup hanya dengan membuat konten dan berinteraksi dengan pembaca untuk menjadi seorang blogger. Jadi, lakukan evaluasi untuk seluruh aktivitas terkait blogging. 

Misalnya evaluasi apakah target jumlah kata dalam konten sudah tercapai. Lalu, apakah target jumlah visitor setiap bulannya telah tercapai.

Misalnya lagi evaluasi interaksi dengan blogger lain atau pembaca. Jangan sampai ternyata hanya menghubungi blogger lain ketika ada masalah. Pastikan menjaga dan mengevaluasi hubungan agar profesi blogger dapat bertahan dalam waktu lama.

Kesalahan Blogger Pemula yang Wajib Dihindari

Menghindari kesalahan juga termasuk cara menjadi blogger sukses. Khususnya kesalahan yang umum dilakukan oleh blogger pemula. Ini dia daftar kesalahan yang sebaiknya Anda hindari.

1. Salah Memilih Nama Domain 

Wajib Anda tahu bahwa nama domain berkaitan dengan identitas online. Apabila salah memilihnya, tentu perlu memulai lagi membangun blog dari awal. Oleh karenanya, pastikan berhati-hati ketika memilih nama domain.

2. Mengandalkan Layanan Hosting yang Buruk 

Tahukah Anda bahwa kemudahan dalam mengakses situs berpengaruh pada kenyamanan pengunjung? Apabila suatu blog lambat atau sulit diakses, sudah pasti pengunjung enggan berlangganan.

Oleh karenanya, blog harus didukung oleh layanan hosting berkualitas. Ketika server hosting optimal, maka pengunjung akan merasakan kecepatan akses situs. 

3. Melanggar Hak Cipta 

Cara menjadi blogger sukses berikutnya ialah menghindari melanggar hak cipta. Apa saja bentuk karya orang lain, wajib menghargainya. Apakah itu berupa foto, artikel, video, gambar atau lainnya.

Misalnya saja membuat artikel dan membutuhkan foto pendukung, maka jangan langsung mengunduh foto dari internet lantas mengunggahnya ke blog. Minta izin dahulu pada pemilik fotonya apakah boleh diunggah di blog.

Lantas, bagaimana jika menggunakan foto atau gambar dari situs penyedia gambar gratis? Biasanya cukup dengan mencantumkan nama fotografer atau pemilik gambarnya.

4. Mengabaikan SEO

Optimasi SEO adalah hal yang sama sekali tidak boleh dilewatkan ketika membangun blog. Jika hanya menulis artikel untuk keperluan tugas sekolah, tugas kuliah atau sebagai arsip pribadi mungkin tidak perlu menggunakan SEO.

Namun, jika tidak mengandalkan SEO dalam blog, sudah pasti pengunjung tidak akan bertambah banyak. Jadi, jangan sampai hanya menulis konten tanpa mempertimbangkan SEO.

5. Tidak Bersabar

Banyak blogger pemula yang ingin memperoleh hasil instan. Kenyataannya, aktivitas blogging akan membuahkan hasil secara bertahap. Tidak mungkin dalam waktu beberapa jam langsung ada hasilnya.

Jadi, cara menjadi blogger sukses yang benar ialah bersabar dalam menjalani proses. Seiring waktu, Anda harus mengunggah konten unik. Sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk membacanya.

Usahakan untuk menghindari kesalahan blogger pemula di atas. Sehingga Anda dapat membangun blog secara optimal. Lantas, dapat menikmati hasilnya berupa traffic tinggi.

Cara Memperoleh Uang Melalui Blogging 

Salah satu alasan mengapa seseorang membutuhkan cara menjadi blogger sukses ialah untuk memperoleh penghasilan. Banyak blogger memperoleh uang melalui beragam cara seperti berikut. 

1. Google AdSense 

Google AdSense ialah opsi yang mudah untuk mendapatkan uang. Cara kerjanya ialah dengan menayangkan iklan pada postingan artikel. Jadi, ketika artikelnya tayang, ada tampilan iklannya.

Ketika Anda mempunyai AdSense, maka akan memperoleh uang dari pemilik iklan. Jadi, upayakan untuk mendaftar Google AdSense sehingga mampu mendapatkan uang.

Untuk besaran uang yang diperoleh akan mengikuti tipe iklan. Ketika iklannya berbentuk CPC (Cost Per Click), maka akan memperoleh uang begitu iklannya diklik oleh visitor.

Lantas, harga untuk setiap klik iklannya mungkin berbeda menyesuaikan topik blog. Misalnya blog membahas mengenai smartphone. Jika menayangkan iklan mengenai smartphone, tentu harganya akan lebih mahal daripada blog bertema mainan anak-anak.

2. Afiliasi 

Cara menjadi blogger sukses berikutnya ialah afiliasi. Afiliasi dapat dilakukan secara lebih optimal ketika Anda sudah mempunyai traffic atau pengunjung. 

Afiliasi ialah program yang mampu memberikan komisi atas penjualan produk dari pihak lain. Umumnya perlu menyematkan kode khusus, link atau banner afiliasi pada blog. Nantinya akan mendapatkan komisi begitu berhasil menjual produk.

Lantas, besaran komisinya bisa berbeda untuk setiap pemberi afiliasi. Misalnya saja besaran komisinya 10% hingga 25%. Mungkin juga komisinya bisa lebih tinggi hingga mencapai 50% atau 70%.

3. Menjual Produk 

Anda juga dapat menerapkan cara menjadi blogger sukses dan memperoleh uang dengan menjual produk melalui blog. Anda bisa menghubungkan produknya dengan e-commerce sehingga visitor nanti dapat membeli produknya secara mudah.

Tatkala mempunyai bisnis, maka manfaatkan blog untuk meningkatkan penjualan produknya secara online. Jenis produknya sendiri boleh apa saja, misalnya berupa barang atau produk digital. 

Misalnya saja mempunyai blog bertema fashion, maka dapat menjual produk berupa pakaian. Jadi, visitor dapat membaca artikel berkaitan dengan fashion lantas membeli baju melalui blog Anda.

Visitor tidak hanya memperoleh produk berupa pakaian. Namun bisa mendapatkan informasi atau ilmu pengetahuan melalui Anda. Misalnya terkait tutorial atau tips menggunakan pakaian yang terkesan trendy.

4. Menyediakan Jasa

Tidak hanya produk, Anda juga dapat menawarkan jasa melalui blog. Misalnya saja jasa les online, desain grafis dan lain lain. Memperoleh penghasilan dari jasa juga akan menguntungkan.

Jangan lewatkan untuk membuat konten menarik dan solutif berkaitan dengan jasa atau keahlian Anda sebagai cara menjadi blogger sukses. Sehingga visitor akan merasa yakin untuk memesan jasa.

5. Endorse

Endorse ialah teknik promosi yang dilakukan dalam penawaran produk atau jasa. Endorse biasa dianggap sebagai produk yang tampil dalam iklan namun konsumen tidak membencinya. 

Ketika menulis konten, Anda dapat mempromosikan produk atau jasa di dalamnya. Ini adalah teknik endorse yang bisa dilakukan oleh seorang blogger.

Tidak jarang, cara menjadi blogger sukses ini begitu mudah dilakukan begitu blog Anda sudah besar. Biasanya pihak lain akan tertarik untuk meminta Anda melakukan promosi dengan mengulas produk mereka. 

Anda bisa menyetujui kerja sama tersebut lantas memperoleh uang dari promosi. Silahkan buat saja artikel berisi review dari produk. Dapat berupa fitur atau keunggulan produknya.

Jangan merasa ragu untuk mencoba menerima tawaran endorse. Jika ternyata promosi yang dilakukan membuahkan hasil, justru berpeluang meningkatkan nilai kerja sama. Jadi, justru akan mendapatkan uang lebih banyak.

Jadi, menjadi seorang blogger tidak hanya perlu fokus pada satu aktivitas berupa menulis konten. Banyak juga cara menjadi blogger sukses misalnya kombinasi aktivitas lain yang bisa memberikan uang.