Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi Komputer untuk Coding yang Direkomendasikan

Pekerjaan coding membutuhkan perangkat dengan spesifikasi khusus agar bisa menyediakan semua fitur yang dibutuhkan. Lalu, bagaimana spesifikasi komputer untuk coding yang ideal? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

spesifikasi komputer untuk coding

Spesifikasi Komputer untuk Coding

1. Tampilan Graphic

Spesifikasi pertama yang perlu diperhatikan adalah tampilan grafisnya karena kebutuhan programing membutuhkan layar berkualitas tinggi. Oleh sebab itu, disarankan untuk membeli komputer yang sudah dilengkapi dengan integrated GPU guna meningkatkan spesifikasi memory atau prosesor.
Kapasitas Penyimpanan

Berikutnya, perhatikan kapasitas penyimpanan yang dapat digunakan di komputer, yaitu storage dan RAM. Alangkah baiknya menggunakan solid state drive dibandingkan dengan hardisk mekanik biasa karena perbedaan kecepatannya.

SSD memiliki kecepatan operasional lebih tinggi, sehingga mampu mempercepat proses booting komputer, membuka aplikasi, dan compiling. Kapasitas SSD standar untuk keperluan coding, yaitu 256 GB sampai 1 TB.

Baca juga : 3 Fungsi dari Bahasa Pemrograman

Selain itu, perhatikan kapasitas RAM untuk memadai untuk memudahkan pekerjaan Anda. Kapasitas RAM minimal yang dibutuhkan adalah 16GB karena aktivitas coding memakan banyak ruang penyimpanan. Kapasitas penyimpanan yang tinggi akan membuat perangkat tidak akan lemot.

2. Keyboard

Spesifikasi keyboard merupakan hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat memilih komputer untuk coding. Hal ini karena Anda membutuhkan penulisan kode, sehingga harus memilih keyboard berkualitas guna menghindari repetitive strain injury.

Aktivitas coding memerlukan waktu yang lama bahkan hingga seharian penuh, sehingga bisa saja menyebabkan cedera persendian akibat mengetik dan duduk terlalu lama. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan keyboard yang memiliki tombol scissor.

Model keyboard cukup membantu untuk memberikan rasa nyaman ketika mengetik karena terdapat sensasi feedback. Selain itu, pastikan jarak antar tombol dan baris yang ada pada keyboard ideal, yaitu 18 hingga 21 mm.

Memilih keyboard laptop dengan palmrest yang cukup lebar juga penting untuk menunjang kenyamanan. Apabila Anda bekerja di ruang yang minim pencahayaan sebaiknya memilih backlit keyboard.

3. Monitor

Monitor merupakan hal berikutnya yang perlu diperhatikan jika sedang mencari spesifikasi komputer untuk coding. Layar monitor merupakan komponen penting karena Anda harus menatapnya dalam waktu cukup lama ketika sedang mengerjakan coding.

Pilihlah komputer dengan tampilan layar monitor yang tajam dan multitasking, sehingga mendapatkan pengalaman membaca terbaik. Gunakan layar monitor dengan spesifikasi full HD 1080P berukuran 15 inci karena merupakan spesifikasi standar untuk kebutuhan programing.

4. Processor

CPU atau central processing unit merupakan komponen yang penting diperhatikan karena dapat mempengaruhi performa perangkat. Pekerjaan coding memerlukan processor berspesifikasi tinggi, mulai dari cache, core, thermal paste, dan memory yang memadai.

Apabila Anda memilih prosesor jenis intel, maka sebaiknya menggunakan Core i5 atau Core i7 generasi 10 maupun 11. Selain itu, ada alternatif lain berupa CPU keluaran AMD, yaitu Ryzen 5 5600 G atau Ryzen 7 5700 G.

5. Sistem Operasi

Terakhir, tentukan spesifikasi sistem operasi yang akan digunakan agar komputer bisa berjalan lancar. Anda bisa menggunakan sistem operasi OSX karena dapat menyelesaikan pekerjaan coding yang bisa dilakukan oleh Windows dan Linux.

Baca juga : Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

Tak hanya itu saja, OSX memiliki sistem manajemen memori yang bagus, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai kapasitas ruang penyimpanan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sistem operasi Windows, tetapi harus memilih versi berbayar apabila ingin mendapatkan yang legal.

Beberapa spesifikasi komputer untuk coding di atas perlu diperhatikan guna menunjang kelancaran pekerjaan. Aktivitas coding dan programming memang membutuhkan perangkat yang tangguh, sehingga tidak heran jika semua komponennya harus berspesifikasi tinggi.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.