Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku

Membangun bisnis selalu ada tantangannya, terlebih ketika berbicara tentang pelanggan, karena itu perlu cara promosi jualan online agar cepat laku dipasaran dan mendapatkan banyak keuntungan. Karena tidak hanya tidak laku saja, tetapi bisa juga menghamburkan banyak sumber daya. 

Banyak orang terjebak dengan fitur ads, memang ini bisa menjadi fitur powerful, tetapi juga bisa menjadi boomerang. Apabila tidak melakukan segmentasi dengan tepat, memiliki tim marketing yang solid, ads hanya akan membuang banyak uang tanpa ada pendapatan pasti. 

Bahkan apabila sudah mengenal tentang teknik promosinya, bisa jadi tanpa menggunakan ads berbayar bisa mengembangkan dengan cara organik. Cara ini tidak mengeluarkan uang sama sekali, tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.  

Mau jumlah penjualan di toko online Anda meningkat? Salah satu cara supaya angka penjualan semakin meningkat yaitu dengan melakukan promosi. Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara promosi jualan online agar cepat laku dan bisa mendatangkan banyak keuntungan, simak ulasan berikut. 

Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku

Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku

1. Memilih Platform yang Tepat

Langkah pertama ketika ingin promosinya efektif harus memahami platformnya terlebih dahulu. Bisa menggunakan marketplace atau membuat platform jualan sendiri. Platform jualan sendiri lebih bebas, karena bisa mengelola keseluruhan sistem penjualannya. 

Baca juga : 10 Cara Marketing Makanan Online agar Bisnis Tetap Laris

Namun marketplace juga bisa menjadi alternatif, mengingat sudah banyak sekali konsumennya. Artinya toko seperti jaring ikan di kolam, apabila bisa menggait ikan dengan tepat, maka penjualan bisa untung. Promosinya juga akan ditonton dan berdampak maksimal. 

2. Meriset dan Menentukan Target Market Secara Jelas

Pastikan sudah melakukan riset terlebih dahulu terhadap target market, contohnya apabila ingin membidik remaja putri, mungkin kurang cocok apabila memasarkan produknya melalui marketplace facebook, lain halnya dengan target market ibu – ibu atau orang dewasa. 

Menentukan target market yang jelas juga bisa membantu proses promosi, terlebih apabila menggunakan fitur promosi secara online. Ada dua strategi pada umumnya, promosi pada target seluas – luasnya atau promosi pada target – target tertentu saja. 

3. Posting Konten Secara Rutin

Strategi jualan online tidak hanya tentang promosi atau penawaran saja, tetapi juga tentang menyajikan konten secara rutin kepada pelanggan dan audiens. Konten memiliki beberapa fungsi, pertama memperkenalkan brand, kedua meningkatkan awareness. 

Baca juga : 10 Situs Jualan Online Paling Laris di Indonesia

Konten bisa juga dijadikan sarana edukasi terhadap pelanggan terutama tentang produk – produknya, sehingga mereka tidak hanya mengenal harga, tetapi juga benefitnya. Konten rutin biasanya juga dijadikan pelanggan sebagai patokan apakah tokonya masih aktif atau tidak. 

4. Siapkan Anggaran Promosinya

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan anggaran, tidak harus besar tetapi efektif. Mengingat marketing di dunia digital saat ini fokusnya tidak hanya tentang penjualan tetapi juga bagaimana memaksimalkan anggaran agar mendapatkan pelanggan. 

Keunggulan sistem pemasaran digital saat ini adalah Anda bebas menentukan biayanya, target marketnya, bahkan jangkauannya. Riset yang tepat dalam menentukan jangkauannya bisa mengurangi biaya promosinya secara signifikan.

Bisnis online memang ada tantangannya, meskipun kolamnya besar belum tentu bisa mendapatkan pelanggan dengan cepat. Perlu strategi dan cara promosi jualan online agar cepat laku serta mendapatkan keuntungan yang besar. 

5. Promosi Melalui Akun Sosial Media yang Lainnya

Saat menjalankan bisnis jualan online, Anda tidak boleh hanya mengandalkan platform marketplace saja. Media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook dan lain sebagainya bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi.

Melalui akun sosial media yang dimiliki, Anda bisa menyebarkan informasi terkait produk yang dijual. Selain itu, sosial media juga bisa menjadi sarana berinteraksi dengan para pembeli.

6. Promosi Melalui Live Streaming

Selain melalui postingan di sosial media, live streaming akhir-akhir ini juga menjadi salah satu cara promosi paling ampuh dan terbukti keberhasilannya. Live streaming bisa Anda lakukan melalui media sosial yang menyediakan fitur live.

Melalui live streaming, sampaikan semua informasi mengenai produk yang dijual secara lebih detail, seperti spesifikasi barang hingga keunggulannya. Selain itu, tawarkan pula produk-produk yang paling best seller dan jangan lupa iming-imingi dengan diskon.

Akan tetapi, diskon saat live streaming sebaiknya diberi jangka waktu. Dengan demikian, penonton akan lebih tertarik dan merasa harus segera membeli produk tersebut sebelum waktu diskon habis.

7. Promosi dengan Memberikan Gratis Ongkos Kirim

Sejak kemunculan marketplace, beberapa pembeli lebih tertarik berbelanja online dibandingkan di toko fisik. Selain karena tidak perlu keluar rumah, produk yang dijual di toko online juga lebih murah. Akan tetapi, salah satu hal yang menjadi pertimbangan penting yaitu mengenai biaya pengirimannya.

Tidak jarang, ongkos kirim (ongkir) terlalu tinggi bahkan lebih mahal dibandingkan harga produk yang dibeli. Untuk itu, silahkan sesekali berikan gratis ongkir kepada pelanggan Anda. Promosi jualan online dengan cara semacam ini cukup efektif dan terbukti mampu meningkatkan angka penjualan.

8. Promosi dengan Memberikan Giveaway

Cara promosi produk jualan online berikutnya bisa Anda lakukan dengan memberikan giveaway. Tenang saja, bagi-bagi hadiah tidak akan membuat Anda rugi. Justru, melalui giveaway semacam ini toko online Anda akan semakin dikenal dan angka penjualan pun turut meningkat.

Sebagai pembeli, Anda pasti akan tertarik jika ada toko online yang bagi-bagi hadiah bukan? Untuk itu, silahkan lakukan cara ini kepada para pelanggan Anda. Giveaway bisa Anda berikan setiap kali ada produk baru atau di event-event tertentu.

Namun, supaya Anda mendapatkan feedback yang bagus, berikan syarat tertentu jika ingin mendapatkan giveaway. Syarat yang paling umum diberikan yaitu harus menjadi pengikut sosial media toko online dan ikut mempromosikan produk melalui unggahan sosial media masing-masing.

9. Promosi dengan Memberikan Potongan Harga

Bagi pembeli yang hendak membeli sesuatu, harga kerapkali menjadi pertimbangan utama. Harga yang dianggap terlalu mahal sering membuat mereka tidak jadi membeli. Oleh sebab itu, potongan harga menjadi salah satu hal yang paling dinantikan.

Semakin sering potongan harga diberikan, maka pembeli akan lebih senang berbelanja di toko online Anda. Potongan harga semacam ini bisa Anda berikan saat ada event-event tertentu, misalnya seperti ulang tahun toko, hari kemerdekaan, hari raya atau di tanggal-tanggal cantik.

10. Promosi dengan Memanfaatkan SEO

Mau produk yang Anda jual menjadi hasil rekomendasi pencarian? Saat hendak membeli sesuatu, tidak jarang seseorang melakukan pencarian melalui Google untuk mencari tau produk yang recommended. Nah, silahkan manfaatkan peluang ini sebagai salah satu cara promosi jualan online.

Untuk bisa menjadi rekomendasi pencarian, Anda harus menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Akan tetapi, SEO bisa digunakan jika Anda sudah memiliki akun website.

Dengan menggunakan SEO, segala informasi yang Anda buat melalui website akan lebih mudah ditemukan pada mesin pencarian. Silahkan pelajari dasar-dasar menggunakan SEO yang tepat supaya toko online Anda muncul di halaman pertama pencarian.

11. Promosi Produk Melalui Kerjasama dengan Influencer

Membangun kerjasama dengan para influencer juga menjadi cara promosi produk jualan online yang sangat tepat. Seperti yang Anda ketahui, sekarang ini banyak influencer viral bermunculan. Untuk itu, manfaatkan kesempatan emas tersebut untuk meningkatkan angka penjualan Anda.

Ajak kerjasama influencer yang memiliki followers banyak untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Promosi juga bisa dilengkapi dengan sedikit review tentang produk supaya pembeli semakin yakin. Bila perlu, jadikan mereka sebagai brand ambassador produk Anda.

12. Promosi dengan Cara Bundling

Untuk lebih menarik minat para pembeli, promosi juga bisa Anda lakukan dengan menawarkan beberapa produk bundling. Bundling yaitu teknik berjualan yang mengelompokkan beberapa barang menjadi satu paket kemudian menjualnya dengan harga yang lebih murah.

Misalnya saja toko online Anda berjualan pakaian. Anda bisa membuat produk bundling yang berisi kemeja lengan panjang, rok dan jilbab. Selain iu, Anda juga bisa menawarkan satu set pakaian keluarga yang biasanya diperuntukkan untuk ayah, ibu, anak laki-laki dan perempuan.

Produk buindling semacam ini akan lebih menarik minat para pembeli dibandingkan produk yang dijual satuan. Selain dijual dengan harga yang lebih murah, pembeli juga akan merasa puas jika produk tersebut berkualitas. 

13. Promosi Menggunakan Email Pelanggan

Apakah Anda memiliki daftar alamat email pelanggan? Di beberapa toko online, pembeli harus melakukan pendaftaran terlebih dulu supaya bisa melakukan transaksi. Biasanya, pendaftaran dilakukan dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon.

Pelanggan yang melakukan pendaftaran menggunakan email, secara otomatis email mereka akan terhubung dengan pihak penjual. Melalui email tersebut, Anda bisa mengirimkan informasi ketika ada kampanye produk baru atau diskon besar-besaran.

Dengan cara ini, pelanggan pasti akan lebih merasa spesial karena dihubungi langsung oleh pihak penjual. Jika pelanggan cocok dengan produk dan pelayanan di toko Anda, kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk membeli lagi.

Namun, perlu Anda ingat, promosi melalui email semacam ini memang cukup efektif. Akan tetapi, alamat email harus Anda dapatkan langsung dari pelanggan bukan dari pihak ketiga. Jika alamat email didapatkan dari pihak ketiga, kemungkinan besar pesan Anda akan masuk kotak spam.

Di tengah kecanggihan teknologi, berjualan online memang menjadi sesuatu yang menarik. Namun karena akses sosial media yang semakin mudah, saingan jualan online pun semakin banyak. Untuk itu, terapkan cara promosi jualan online di atas supaya toko Anda tetap ramai pembeli.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.