Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Online dengan Melakukan Riset Pasar

Memasuki era digital, mengetahui cara memulai bisnis online adalah salah satu upaya untuk bersaing di tengah kemajuan teknologi. Sekarang ini sudah banyak toko online menawarkan produk maupun jasa dengan trik pemasaran memanfaatkan media digital di internet.

Siapapun bisa menjalankan usaha berbasis digital, asalkan mau belajar berinovasi dan membuka diri terhadap berbagai update terkini. Jenis produk bisa jadi sama dengan banyak pedagang lainnya, namun berkat trik marketing akan ada yang lebih unggul.

Memulai bisnis, baik itu online maupun konvensional memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Siapapun bisa, asalkan rajin dan selalu mau belajar untuk riset pasar, menganalisis kompetitor, membuat produk, membuat fasilitas penjualannya, dan sebagainya. 

Cara Memulai Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online dengan Melakukan Riset Pasar

Riset pasar, menemukan permasalahan yang sedang dihadapi konsumen adalah salah satu langkah penting dalam mempelajari usaha daring. Contoh, ketika awal pandemi menyerang Indonesia, masker, hand sanitizer, desinfektan, dan berbagai alat kesehatan lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

Baca juga : Memahami Apa itu Bisnis Online dan Jenisnya

Dari semula hanya ada satu atau dua pedagang masker kain, lama-kelamaan bermunculan banyak pedagang serupa di berbagai marketplace. Namun, sekarang ini penggunaan masker kain sudah tidak diperkenankan lagi karena dianggap tidak efektif untuk menangkal virus.

Mengidentifikasi pasar dapat membantu Anda dalam memenuhi cara memulai bisnis online secara tepat. Bekal pengetahuan terhadap kebutuhan konsumen di pasaran adalah pertimbangan penting dalam menentukan hendak menjual produk atau jasa seperti apa.

1. Memanfaatkan Peluang Terbesar

Jika Anda melihat misalnya banyak bisnis aktif mengunggah postingan dagangan mereka di Tiktok, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan bahwa Tiktok merupakan media sosial terbaik. Perlu dilakukan riset pasar, mana tempat paling pas bagi produk Anda dijual.

Lakunya penjualan ini tergantung dari target market produknya. Misal, jika sasarannya untuk menggaet konsumen dari kalangan ibu-ibu maka memanfaatkan media sosial Facebook sepertinya lebih tepat. Jika diperlukan wawancara singkat maka tidak ada salahnya dilakukan.

Seorang pebisnis, sekalipun pemula harus mengetahui siapa target market ketika mulai berbisnis. Mengenali calon konsumen membantu dalam belajar cara memulai bisnis online di tengah ketatnya persaingan. Semakin detail target pasarnya, semakin paten strategi pemasarannya.

2. Menyelesaikan Masalah dengan Berbisnis

Setelah permasalahan pasar dan target konsumen didapatkan, pasti muncul beberapa perkiraan solusi untuk dibisniskan. Namun, tidak semua hasil riset tersebut bisa Anda jalankan secara bersamaan. Dibutuhkan penyesuaian antara potensi dengan kemampuan.

Perkecil skala usaha yang memungkinkan untuk dilakukan kemudian seleksi lagi sampai mendapatkan yang benar-benar pas. Proses ini penting dilakukan ketika sedang belajar bagaimana cara memulai bisnis online untuk mendapatkan target produk secara tepat.

Cara menyeleksinya pastikan Anda menyesuaikan antara kebutuhan pasar dengan peluang tertinggi yang Anda miliki. Contoh, pasar membutuhkan dua hal, yakni berjualan hasil kebun atau menjual masker kain. Sementara Anda tinggal di perkotaan dan orang tua adalah penjahit.

Baca juga : 4 Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku

Alih-alih memanfaatkan peluang usaha dari berjualan hasil kebun, Anda bisa mengambil kesempatan kedua dengan berjualan masker kain. Sudah ada keuntungan dari suplai bahan produksi, tenaga penjahit sudah diketahui, akhirnya lebih mudah untuk memasarkan produk.

Contoh lainnya bisa disesuaikan dengan kondisi pasar masing-masing orang sesuai peluang yang ada. Pesan paling penting dalam berbisnis adalah jangan memulai berjualan hanya karena ikut-ikutan, orang lain terlihat ramai jualan apa, Anda lantas latah menirunya juga.

Riset pasar, penyelesaian masalah konsumen, dan seleksi produk jualan merupakan berbagai cara memulai bisnis online yang harus Anda lakukan.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Cloud Hosting