Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Apa itu Bisnis Online dan Jenisnya

Apa itu bisnis online menjadi banyak pembicaraan entrepreneur muda saat ini, mengingat potensi keuntungannya sangat tinggi dan bisa memulainya dari modal kecil. Membangun bisnis biasanya harus memiliki toko, stok, dan gudang, tetapi bisnis online tidak harus demikian. 

Saat ini ada banyak sekali produk – produk yang tidak memerlukan ruang penyimpanan atau gudang, seperti berbagai produk digital. Contohnya audio book, podcast, rekaman video, aset desain, dan berbagai produk digital lainnya. 

Selain produk digital bisa juga jasa atau produk non digital, saat ini ada banyak sekali model baru seperti print on demand atau dropshipper. Sehingga pemilik bisnis tidak perlu memiliki produknya terlebih dahulu bahkan modal untuk memulainya tidak harus besar. 

Apa itu Bisnis Online

Memahami Apa itu Bisnis Online

Bisnis online adalah kegiatan jual beli dengan menggunakan fasilitas internet sebagai perantaranya, sehingga antara penjual dan pembeli tidak harus bertemu langsung. Memungkinkan terjadinya transaksi jarak jauh serta aktif selama 24 jam.

Untuk menjembatani komunikasi serta melihat produknya, penjual biasanya memberikan media seperti katalog kepada pembeli. Di dalamnya terdapat berbagai informasi, gambar, serta spesifikasi produknya. Dengan demikian pelanggan bisa memilih produk sesuai dengan keinginannya. 

Baca juga : 7 Cara Mengembangkan Bisnis Online di Tengah Persaingan

Sistem pembayaran biasanya menggunakan transaksi online, bisa menggunakan transfer bank, dompet digital, atau sistem deposit. Biasanya ada sistem keamanan untuk mengonfirmasi pembayarannya, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. 

Namun baru – baru ini berkembang sistem baru berupa COD atau cash on delivery, seluruh biaya pembelian produk baru dibayarkan setelah produknya sampai. Pembeli akan menitipkan uangnya melalui kurir yang mengantarkan setelah barangnya tiba di tempat. 

Bisnis online senantiasa berkembang karena masyarakat mencari kepraktisan, mulai dari pembeli ingin mendapatkan barang kesukaannya tanpa harus datang ke toko langsung, serta penjual ingin meningkatkan jangkauan pemasarannya dengan lebih efisien. 

Beberapa Jenis Bisnis Online Berdasarkan Medianya

Setelah memahami apa itu bisnis online, harus memahami juga beberapa jenisnya, sehingga sebagai seorang pebisnis bisa mencari potensi keuntungan yang lebih besar. Setiap jenis memiliki target pasar, tantangan, serta strateginya masing – masing. 

1. Jualan di Website

Jenis pertama adalah menjual langsung melalui situs website sendiri, contohnya seperti Samsung memiliki website serta Anda bisa membeli atau memesan produk Samsung melalui website tersebut. Keunggulan menggunakan jenis ini, pelanggan tidak akan melihat produk kompetitor. 

Baca juga : 5 Cara agar Cepat Laku Jualan Online

Tantangannya adalah membangun kredibilitas serta atensi pelanggannya, seseorang yang akan jualan di website akan kesulitan membangun pengunjung. Belum lagi harus mengonversi pengunjung tersebut menjadi pembeli, perlu waktu yang cukup lama. 

2. Membuka Online Shop di Media Sosial

Jenis kedua adalah membuka online shop di media sosial, beberapa sosial media menyediakan platform jualan gratis, seperti instagram dan facebook. Melalui sosial media lebih digemari karena tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk build toko sendiri. 

Selain itu juga bisa lebih mudah berinteraksi langsung dengan pelanggan, sehingga memudahkan proses pemasarannya juga. Kelemahannya adalah persaingannya sangat banyak dan pengguna media sosial tidak senantiasa ingin menjadi pembeli, terkadang hanya ingin refreshing saja. 

3. Menggunakan Marketplace

Jenis ketiga adalah bisnis online menggunakan marketplace, yaitu suatu tempat berkumpulnya penjual dan pembeli. Dalam marketplace, ada banyak sekali potensi pelanggan, tetapi juga harus bersaing dengan berbagai toko sejenis, harus menonjolkan keunggulan produk atau layanannya. 

Tantangan terbesar menggunakan marketplace adalah persaingan dengan toko besar, toko – toko yang memiliki emblem seperti star atau premium biasanya lebih direkomendasikan daripada toko baru. Harus punya strategi pemasaran lainnya untuk dongkrak penjualan. 

Banyak orang tertarik membangun bisnis, tetapi sedikit orang berhasil mengembangkannya. Salah satu penyebabnya tidak memahami betul apa itu bisnis online dan jenisnya, setiap jenis memiliki karakteristik, tantangan serta hambatannya masing – masing.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.