Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Tools Cek Backlink Blog Secara Mudah

Jika berbicara mengenai SEO ranking factor dari backlinko.com, maka ada 200 metrik SEO yang mana bisa dioptimasi untuk bisa meningkatkan peringkat website, salah satunya dengan menggunakan backlink. Backlink ini memang menjadi salah satu faktor SEO yang kuat dan masih relevan sampai saat ini. 

Cek Backlink Blog

Tahukah Anda bahwa ada banyak para website atau blog yang akan memanfaatkan backlink untuk nanti menjadi peringkat pertama pada halaman satu Google. Jadi memang tidak heran jika sekarang banyak ditemukan tools SEO yang menyediakan backlink checker yang tepat.

4 Tools Cek Backlink Blog 

1. Ahrefs

Yang pertama yaitu Ahrefs yang merupakan yang memiliki salah satu tools cek backlink website yang paling banyak digunakan. Dari sisi pengguna, tools ini bisa dikatakan ini memang memberikan banyak fitur powerful yang bisa digunakan untuk menganalisa kompetitor. Selain itu, biaya berlangganan Ahrefs pun cukup mahal untuk sebagian orang.

Baca juga : Cara Buat Blog Baru dengan Cara Mudah bagi Pemula

Cara cek blog kompetitor di Ahrefs ini pun begitu gampang, yaitu Anda cukup mengetikkan URL website yang ingin di analisis ke dalam menu Site Explorer. Lalu selanjutnya, akan ada informasi jumlah backlink, jumlah reffering domain, serta berbagai metrik lainnya.

2. SEMrush

Cek backlink blog lainnya adalah SEMrush yang merupakan sebuah tools cek backlink dengan menggunakan fitur yang cukup lengkap dengan tujuan untuk mendukung berbagai kebutuhan. 

Tidak cukup berperan untuk melakukan analisa backlink blog kompetitor, yang mana tools ini pun bisa dipakai untuk melakukan riset keyword, yang lengkap dengan saran jumlah kata dan jumlah backlink yang harus diberikan untuk berada di posisi paling atas.

Cara kerja fitur ini pun juga hampir sama dengan Ahrefs dan Moz, yaitu cukup memasukkan nama domain di menu Site Explorer.

3. Ubersuggest by NeilPatel

Cek backlink blog yaitu Ubersuggest by NeilPatel. Siapa yang tidak mengenal alat ini? Inilah yang merupakan alat SEO sejuta umat karena terkenal powerfull serta bisa bebas dipakai tanpa harus membayar biaya langganan.

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Traffic Blog Paling Ampuh, Simak Disini

Cara kerja alat ini pun relatif sama dengan tools berbayar lain, seperti Ahrefs ataupun SEMrush. Yang pastinya dengan istilah dan matrik penilaian ini akan dikonfigurasikan sendiri oleh tim Neil Patel.

4. Majestic

Memang sudah tidak diragukan lagi, jika Majestic merupakan tools backlink checker dengan memiliki reputasi tingkat tinggi. Dengan metrik bernama Trust Flow dan Citation Flow ini, Majestic akan bisa memberikan analisis kualitas blog berdasarkan strategi link building yang sebelumnya sudah dikerjakan.

Inilah yang menjadi alat cek backlink blog dengan manfaat yang bisa diperoleh. Secara umum, sebenarnya setiap tools backlink checker yang di jabarkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Domain, silahkan order Domain di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.