Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LCD Komputer Bergaris : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Salah satu kendala yang sering dialami pengguna komputer adalah LCD yang bergaris. Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan LCD Komputer Bergaris. Simak uraian berikut ini untuk mengetahui penyebab serta cara mengatasinya.

LCD Komputer Bergaris

Penyebab LCD Komputer menjadi Bergaris

LCD yang bergaris bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal sendiri berasal dari kerusakan komponen, usia pemakaian, serta versi Drive yang terlalu tua. Faktor eksternal meliputi human error atau kelalaian saat menggunakan perangkat tersebut.

1. Adanya Masalah Pada Kabel Konektor

Penyebab pertama dari LCD komputer yang bergaris adalah masalah pada kabel konektor. Apabila Anda melihat ujung kabel VGA yang menghubungkan dari CPU ke layar monitor, maka akan menemukan 2 buah mur. Keduanya berfungsi sebagai penahan agar soket dapat menancap kuat.

Baca juga : Cara Merakit Komputer di Rumah yang Efisien

Apabila pemasangan kurang teliti, terdapat potensi kerusakan dari pin yang terdapat di kabel VGA tersebut. Selain itu, putusnya kabel juga menyebabkan transmisi data tidak berjalan normal, bahkan terputus. Kabel yang menghubungkan motherboard ke soket VGA juga perlu pemeriksaan berkala.

2. LCD Tertekan Keras

Penyebab LCD komputer bergaris selanjutnya yaitu layar monitor tertekan keras. Hal ini dapat terjadi secara sengaja maupun tidak. Anda perlu berhati-hati saat menggunakan komputer, khususnya di bagian LCD karena sangat rawan rusak ketika mengalami benturan.

3. Terdapat Kerusakan pada Komponen LCD

Kerusakan pada komponen LCD juga menjadi penyebab monitor bergaris. Hal ini dapat terjadi karena usia pemakaian yang sudah lama atau kualitas komponen terbilang rendah. Jika dipaksakan untuk pemakaian, kerusakan dapat menjalar kemana-mana.

4. Kartu VGA Rusak Atau Driver Terlalu Tua

Aspek yang menjadi penyebab layar monitor komputer bergaris nomor 4 adalah kartu VGA rusak. Sebagaimana diketahui bahwa VGA menjadi bagian pengolah grafis, maka saat komponen tersebut rusak akan merembet ke bagian LCD.

Drive yang terlalu tua juga menjadikan LCD bergaris pada komputer. Driver bawaan dari pabrik sudah tidak mendukung atau kompatibel dengan sistem yang dijalankan sekarang, sehingga akan muncul kendala seperti itu.

Baca juga : PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

Cara Memperbaiki LCD Komputer Bergaris

Ada beberapa opsi untuk memperbaiki LCD komputer yang bergaris. Ikuti semua langkah di bawah ini agar monitor komputer Anda kembali dalam keadaan normal. Apabila belum berhasil, antarkan ke tukang servis agar masalah segera tertangani.

1. Gunakan Aplikasi Pixel Repair

Opsi pertama yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Pixel Repair. Fungsi utama dari aplikasi ini yaitu memeriksa apakah terdapat dead pixel. Tak hanya itu, Pixel Repair juga mampu mengembalikan pixel yang rusak.

2. Periksa Kabel Konektor

Cara perbaikan LCD komputer yang bergaris lainnya yakni dengan memeriksa kabel konektor. Perhatikan dengan seksama apakah terdapat pin yang bengkok atau patah. Apabila ditemukan 2 hal tersebut, maka lakukan penggantian kabel.

Anda juga harus memeriksa bagian soket dan kabel konektor dari port VGA dan motherboard. Walaupun tidak terdapat indikasi kabel terputus, lakukan penggantian kabel secara berkala untuk memperpanjang usia pemakaian komputer.

3. Periksa RAM, VGA, dan Hardisk

Kerusakan LCD komputer berupa munculnya garis-garis di monitor juga dapat disebabkan oleh kondisi RAM yang sudah tidak memadai. Bersihkan seluruh bagian RAM, VGA, dan Hardisk dengan perlahan. Pindah RAM ke slot yang lain untuk memastikan sumber kerusakan.

4. Update Driver VGA

Cara terakhir untuk memperbaiki LCD komputer bergaris adalah dengan mengupdate driver VGA. Anda bisa mengunduh driver versi terbaru pada vendor VGA yang digunakan. Pada umumnya semua informasi tersedia di sana.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.