Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Bisnis Online Luar Negeri

Banyaknya bisnis online yang menjamur di masyarakat membuat persaingan semakin ketat di berbagai macam media sosial. Bahkan bisnis lokal semakin padat. Kini, tidak salah jika mulai merambah bisnis online luar negeri.

Salah satu cara untuk memulai merambah bisnis sampai luar negeri adalah dengan bergabung lapak e commerce. Ada banyak e commerce luar negeri yang bisa dipilih. Namun, sebelum memulai bergabung. Ketahui beberapa tips memulai bisnis online sampai luar negeri.  

Tips Memulai Bisnis Online Luar Negeri

Tips Memulai Bisnis Online Luar Negeri

Melakukan bisnis online luar negeri akan berbeda dengan bisnis online dalam negeri. Ada beberapa hal yang harus dikuasai dan peraturan yang harus dilaksanakan. Apalagi jika bergabung dalam e commerce. Oleh karena itu, tips di bawah ini bisa membantu memulai bisnis online berskala internasional. 

1. Menguasai bahasa internasional

Ada salah satu bahasa yang menjadi bahasa internasional. Bahasa tersebut adalah bahasa Inggris. Hampir semua bisnis online yang ada di luar negeri memakai bahasa pengantar bahasa Inggris. Jadi, hal pertama yang harus dikuasai adalah pemahaman baik aktif dan pasif bahasa tersebut. 

Memang dalam e commerce sudah ada penerjemah, namun terkadang hasil terjemahan kurang memuaskan. Sehingga bisa terjadi kesalahan pemahaman dengan pelanggan. Kalaupun ada mesin penerjemah, pasti sudah tahu bahwa terkadang mesin tersebut sering salah mengartikan.  

Baca juga : 10 Cara Marketing Makanan Online agar Bisnis Tetap Laris

Selain itu, komunikasi dengan pelanggan luar negeri akan berjalan lancar jika penguasaan bahasa Inggris tinggi. Pemberitahuan tentang produk dan pelayanan memakai bahasa tersebut akan membuat pelanggan mengerti apa yang menjadi pembicaraan utama. 

Jadi, sangat peting untuk menguasai bahasa Inggris sebelum terjun bisnis online luar negeri. Supaya komunikasi dengan calon pelanggan berjalan sesuai dengan rencana. 

2. Produk yang dijual termasuk unik dan menarik

Perlu diketahui bahwa ketika sudah memutuskan terjun dalam perdagangan internasional, maka persaingan dagangnya juga dari seluruh dunia. Oleh sebab itu, usahakan menawarkan produk atau jasa yang berbeda dengan lainnya. Artinya produk tersebut memiliki keunikan sendiri. 

Produk yang unik sering kali menarik perhatian konsumen internasional. Apalagi produk tersebut merupakan barang khas daerah tertentu yang tidak akan ditemukan di negaranya. 

Silakan cari barang yang menjadi ciri khas daerah masing-masing. Apalagi Indonesia termasuk negara yang kaya akan budaya kerajinan. Misalnya adalah kain batik, kerajinan kayu, dan lain sebagainya. 

Jangan pernah menawarkan produk yang sering dijumpai sehingga mengurangi nilai ketertarikan konsumen. Carilah produk yang unik, jika memungkinkan buatlah karya yang bisa dijual sehingga bisa menghasilkan  pundi-pundi uang. 

3. Foto produk yang menarik

Langkah selanjutnya memulai bisnis online luar negeri setelah memutuskan jenis produk penjualan adalah mengambil gambar produk yang menarik. Gambar bagus akan lebih banyak menarik perhatian konsumen. 

Jangan segan untuk memakai jasa pengambilan dan pengeditan foto, karena mereka lebih berpengalaman mengambil sudut gambar sehingga terlihat bagus. Memang budget yang dikeluarkan lumayan besar, namun semua akan sebanding jika banyak yang tertarik membeli karena gambarnya menarik. 

Adanya gambar sering menjadi faktor utama ketertarikan konsumen terhadap produk tersebut. Jangan lupa untuk selalu up date gambar meskipun barang yang dijual sama sehingga bisa menarik lebih banyak pengunjung yang sewaktu-waktu bisa membeli. 

4. Mengetahui semua cara pembayaran

Satu lagi tips sebelum memulai bisnis online luar negeri, yaitu memahami semua cara pembayaran. Ada berbagai jenis pembayaran yang digunakan untuk transaksi internasional. Seperti paypal, kartu kredit, dan lain sebagainya. 

Salah satu alat pembayaran yang secara umum atau lebih banyak digunakan adalah paypal. Setidaknya ketahui metode pembayaran tersebut, karena kebanyakan marketplace internasional memakai paypal.  

Baca juga : 11 Situs Jualan Online Paling Laris di Indonesia

Ada pula kartu kredit, dan western union. Ketahui cara pembayaran dan pengambilan kedua metode tersebut. Memang kedua metode belum familiar dilakukan di Indonesia. Namun, kedua alat pembayaran tersebut sangat disukai oleh pebisnis internasional. 

Jangan lupa cari informasi tentang pajak dan biaya ongkos kirim ke luar negeri. Hitung semua yang akan ditanggung oleh penjual dan kalkulasikan dengan harga produk yang akan dijual. Sehingga tidak terjadi kerugian, karena sudah memahami semua cara pembayaran. 

5. Mengetahui cara mengirim barang berskala internasional

Pengiriman barang ke luar negeri akan berbeda dengan domestik. Kemungkinan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya mengisi formulir, atau cara pengepakan produk yang tepat agar tidak rusak di tengah jalan. 

Ketahui pula nama kurir atau ekspedisi yang sering mengirim barang ke luar negeri. Tanyakan ongkos kirim, durasi pengiriman, dan garansi yang diberikan. Pilih ekspedisi yang sering berpengalaman. Tanyakan rekomendasi ekspedisi terbaik dari keluarga, teman, atau relasi. 

Carilah beberapa pilihan ekspedisi yang sering menerima pengiriman ke luar negeri. Tawarkan kepada konsumen sehingga mereka bisa memilih sendiri jasa pengirimannya. Layanan tersebut bisa memuaskan pelanggan dan membuktikan keseriusan pemilik toko dalam melayani keinginan mereka. 

6. Mengenali cara kerja setiap platform e commerce internasional

Setiap marketplace internasional memiliki aturan yang berbeda. Ketahui perbedaan tersebut, dan jangan lupa untuk menguasai teknik penjualan dari masing-masing marketplace. Penguasaan tersebut sangat penting untuk kelancaran bisnis online luar negeri. 

Ketahui semua aturan dan ketentuan yang berlaku sebelum melanjutkan bisnis melalui marketplace yang berskala internasional. Lakukan beberapa simulasi sebagai penjual dan pembeli agar mengetahui cara kerja Marketplace tersebut. 

Adanya simulasi tersebut juga akan lebih memberikan pemahaman dan kemahiran ketika  ada pelanggan yang tertarik pada produk. Setiap marketplace pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, pelajari dan ketahui keduanya. 

7. Memanfaatkan momen promosi

Seperti halnya marketplace lokal yang selalu memiliki waktu tertentu untuk promosi, begitu juga dengan marketplace internasional. Manfaatkan momen promosi tersebut untuk mempromosikan barang dagangan. 

Selain itu, momen promosi tersebut juga tepat untuk mengenalkan toko yang dimiliki. Sehingga membuat banyak calon konsumen yang akan berkunjung. Siapa tahu juga akan melakukan transaksi pembelian. 

Bukan rahasia lagi bahwa seluruh konsumen di dunia sangat menyukai adanya diskon. Memanfaatkan promosi juga akan membuka kesempatan bisnis online luar negeri yang dimiliki semakin dikenal, tentu saja pemberian diskon akan semakin menarik perhatian konsumen. 

Jangan lupa untuk rajin melakukan promosi, selain untuk meningkatkan branding. Promosi juga bisa memperluas pangsa pasar sampai internasional. 

8. Melakukan inovasi

Langkah terakhir untuk  bisnis online luar negeri adalah selalu melakukan inovasi. Langkah ini dilakukan setelah bisnis online tersebut berjalan cukup lama. 

Itulah beberapa tips sebelum memulai bisnis online luar negeri. Persiapkan semua sehingga ketika ada pelanggan yang tertarik pada produk yang terjual akan bersikap  profesional. Jangan lupa untuk selalu semangat dan tidak mudah menyerah, karena persaingannya bersifat global atau seluruh dunia.  

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Produk Unlimited Hosting Murah di Niagahoster dan masukkan kode kupon DIKAOFFICIAL agar Anda mendapatkan diskon 5%.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.