Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Komputer No Signal, Mudah Diterapkan

Tidak perlu panik ketika komputer mengalami no signal, karena ada sejumlah cara mengatasi komputer no signal, yang bisa Anda coba. Perlu diketahui, pesan no signal asalnya dari monitor, dan penyebab masalah ini bisa dikarenakan sistem bermasalah atau komponen yang bermasalah. 

Cara Mengatasi Komputer No Signal

Cara Mengatasi Komputer No Signal

1. Memeriksa Kabel Monitor 

Komputer no signal artinya komputer dalam keadaan menyala, namun tidak menampilkan gambar apapun. Karenanya, pesan no signal pun muncul pada monitor. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya yaitu memeriksa kabel monitor, dan pastikan pemasangannya tidak longgar. 

Baca juga : Cara Merakit Komputer di Rumah yang Efisien

Pada beberapa kasus, biasanya, terdapat pengguna yang membaut kabelnya secara tidak benar saat dipasang. Jika kabel tidak terpasang secara benar, maka bisa lepas secara tidak sengaja saat monitor digeser. Hal inilah yang bisa menyebabkan kemunculan pesan no signal. 

2. Ganti Kabel Monitor

Terdapat tiga macam kabel konektor VGA card yang umum digunakan pada komputer, yaitu kabel VGA, kabel DVI dan kabel HDMI. Cara yang satu ini bisa coba dilakukan, jika Anda sudah memperbaiki pemasangan kabel monitor, tetapi permasalahan komputer no signal belum terselesaikan. 

Tidak ada salahnya untuk mencoba ganti kabel konektor yang menyambungkan komputer dengan monitor. Jika setelah diganti dan kondisi menjadi normal kembali, bisa dikatakan terdapat kerusakan pada kabel. Pengguna dapat membeli kabel baru maupun meminjam kabel jika ada. 

Namun, jika VGA dan monitor mendukung sejumlah macam port, disarankan mengganti jenis kabelnya saja. Ini untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan di konektor kabel pada monitor. 

3. Memeriksa VGA 

Jika masalah tidak terletak di kabel dan port monitor, maka cara mengatasi komputer no signal selanjutnya bisa dengan memeriksa VGA yang digunakan. Bisa dikatakan, VGA menjadi salah satu komponen mudah rusak, meskipun, hanya pada kondisi-kondisi tertentu. 

Misalnya, VGA rusak dikarenakan supply daya PSU yang tidak stabil, terlalu panasnya temperatur VGA, hingga kesalahan dengan overclock. Cara mengatasinya bagi pengguna komputer yang prosesornya memiliki VGA onboard, bisa menggunakan VGA onboard itu sementara waktu. 

Jika Anda tidak mempunyai VGA onboard, cobalah mencari pinjaman komponen ini, untuk keperluan pengecekan. Opsi lainnya adalah membeli VGA murah, bisa juga yang bekas, asalkan VGA tersebut masih normal serta kompabilitasnya cocok (opsional). 

4. Memeriksa Converter 

Beberapa pengguna komputer memiliki monitor dengan port tidak sesuai spesifikasi VGA, misalnya, VGA yang digunakan hanya mendukung DVI dan HDMI. Sementara, monitornya hanya mendukung port VGA, hal ini menjadikan VGA card tidak dapat dikoneksikan dengan monitor. 

Baca juga : Tips Merakit PC untuk Programmer Pemula

Biasanya, solusi dari hal tersebut dengan menggunakan converter, sehingga komputer yang digunakan dapat berjalan. Disini, umumnya, terdapat dua varian konverter yang digunakan, antara lain, konverter aktif dan konverter pasif. 

Konverter pasif bisa dikatakan tidak selalu bekerja dengan normal. Jadi, Anda bisa menggunakan kabel yang masing-masing konektornya itu sama, seperti, DVI dengan DVI, HDMI dengan HDMI dan VGA dengan VGA. 

Selain itu, Anda bisa mencoba menggunakan konverter aktif. Kebanyakan orang juga lebih merekomendasikan menggunakan konverter aktif daripada pasif.

5. Melakukan Pengecekan pada Motherboard 

Jika pengguna komputer telah meyakini bahwa kerusakan terjadi pada VGA onboard, maka bisa melakukan service ata RMA. Namun, ada solusi lain yang lebih mudah dilakukan yaitu mengganti motherboard dengan yang baru. Kedua hal itu bisa menjadi opsi, jika sudah benar-benar yakin bahwa VGA onboard rusak. 

Beberapa cara mengatasi komputer no signal yang sudah dibahas, bisa Anda coba, ketika komputer mengalami permasalahan tersebut. Di sisi lain, masih ada cara lainnya juga yang bisa dicoba, seperti, memeriksa monitor dan update BIOS.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.