Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Artikel SEO dan Tujuan Penerapannya

SEO merupakan elemen penting dalam penulisan artikel maupun proses promosi di media sosial. Bagi para konten kreator maupun pebisnis harus memahami elemen tersebut secara keseluruhan. Bagi Anda yang masih awam terkait cara menulis artikel SEO, maka bisa menyimak uraian berikut.

Cara Menulis Artikel SEO

Apa itu SEO?

Apakah Anda sudah mengetahui SEO sebelumnya? SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization merupakan upaya teknis untuk meningkatkan peringkat ataupun visibilitas sebuah website. 

SEO sendiri terdiri atas kumpulan algoritma dari mesin pencari yang akan melakukan seleksi atau filter berdasarkan popularitas, komprehensif, dan lain-lain. Oleh karenanya, semakin baik SEO yang Anda terapkan, maka semakin banyak orang mengetahui website atau produk yang diiklankan.

Baca juga : Cara Buat Blog Baru dengan Cara Mudah bagi Pemula

Menulis artikel SEO yang friendly menjadi hal terpenting bagi penulis untuk tulisan mereka. Perlu diketahui, menulis sebuah artikel dengan baik saja belum menjadi hal yang cukup. 

Pasalnya sebagai penulis Anda juga harus menulis atikel tersebut tergolong ramah untuk mesin pencari. Dengan demikian blog milik Anda nantinya lebih mudah menjadi nomor satu di mesin pencari Google dan otomatis dibanjiri para pengunjung.

Para penulis tentu mempertanyakan bagaimana agar blog bisa menjadi nomor satu di mesin pencari. 

Pertama-tama Anda perlu tahu terlebih dahulu bagaimana cara menulis artikel SEO yakni artikel yang ikut dengan aturan algoritme mesin pencari Google terbaru serta menarik perhatian para pembaca lama ataupun baru sekalipun.

Tujuan Penerapan SEO

Mengingat pentingnya SEO dalam penerapan industri digital tentu tidak lepas dari tujuan dan manfaatnya. Ada banyak keuntungan menerapkan SEO dalam membangun pasar dan memperluas jangkauan konsumen. Simak penjelasan berikut untuk informasi detailnya.

1. Untuk Meningkatkan Traffic

Fungsi pertama adalah sebagai alat untuk meningkatkan traffic. Sederhananya, saat calon konsumen atau orang awam ingin mencari hal-hal berkaitan dengan produk Anda, maka tampilan pertama yang muncul adalah milik Anda. 

Baca juga : Cara Memilih Niche Blog untuk Pemula

Hal itu tentunya akan membuat potensi penjualan atau kunjungan lebih besar karena calon konsumen cenderung terarah pada website teratas. Semakin baik SEO yang dilakukan, maka potensi bertengger di posisi puncak pun semakin besar.

2. Meraih Penjualan Produk yang Tinggi

Fungsi kedua yaitu meraih penjualan produk yang tinggi. Hal ini memang cukup selaras dengan penjelasan sebelumnya, di mana ketika website menempati urutan pertama akan mengarahkan pelanggan mengunjungi laman tersebut.

Banyak pebisnis profesional mulai mencari cara menulis artikel SEO karena menyadari efek yang begitu besar dalam upaya mengembangkan usaha. Anda bisa melihat berbagai website terkenal yang memiliki omzet fantastis dengan penerapan SEO berkualitas.

3. Membangun Brand Awareness

Brand awareness menjadi elemen yang sangat penting, khususnya pada ranah bisnis profesional. Banyak pengusaha yang mengutamakan terciptanya brand awareness terlebih dahulu daripada peningkatan penjualan produk.

Hal itu bisa Anda lihat dari kegiatan promosi secara masif dan berkelanjutan. Tujuan utamanya adalah menanamkan merk dagang kepada calon konsumen. Setelah brand awareness terbentuk, maka penjualan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan akurat.

4. Manajemen Reputasi

SEO juga berfungsi untuk melakukan manajemen reputasi. Saat perusahaan diterpa isu miring atau sentimen lainnya, maka harus segera mengembalikan nama baik agar tidak terkesan buruk di mata konsumen maupun masyarakat umum.

Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan menerapkan SEO pada setiap postingan maupun artikel. Hal ini akan mempercepat pemulihan kredibilitas perusahaan, sehingga tidak mendapatkan penilaian buruk secara masif.

5. Meningkatkan Sales

Jangkauan produk yang Anda ajakan akan lebih mudah dan cepat tersebar jika menerapkan SEO. Perlu diketahui bahwa pasar digital menuntut keterbaruan informasi serta implementasi strategi marketing yang sesuai, termasuk SEO demi mendapatkan pangsa pasar lebih luas.

Cara Menulis Artikel SEO

Apabila Anda akan menerapkan SEO dalam artikel atau postingan, maka lebih baik untuk memperhatikan ulasan di bawah ini. Selain mempermudah dalam pengaplikasiannya, hasil yang diperoleh pun akan lebih maksimal.

1.Menggunakan Keyword Tepat

Langkah menulis artikel SEO pertama sehingga termasuk tulisan friendly adalah dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang tergolong tepat. Maksud dari kata kunci yang tepat yaitu kata dengan tingkat volume pencariannya besar namun persaingannya kecil tetapi sesuai berdasarkan niche blog penulis. 

Keyword dengan tingkat volume pencariannya yang besar menunjukkan kata tersebut banyak dicari oleh kalangan audiens.Sehingga apabila Anda menulisnya otomatis berpotensi menarik banyak orang sebagai pembacanya. 

Selain itu kata kunci dengan tingkat persaingannya yang kecil nantinya memudahkan Anda memenangkan urutan teratas di mesin pencari Google. Hal ini tentu bisa lantaran belum banyak orang uang menulisnya atau pihak pesaingnya bukanlah blog yang sudah besar.

Pemilihan kata kunci yang menyesuaikan niche blog nantinya membantu konten milik Anda tetaplah relevan. Dengan demikian konten akan menyesuaikan berdasarkan kebutuhan pengunjung yang ada di blog Anda.

Agar dapat memperoleh kata kunci yang tergolong tepat Anda dapat melakukan riset keyword terlebih dulu. 

Untuk meriset kata kunci gratis yang dapat Anda manfaatkan yaitu Ubersuggest.

2. Ambil Sudut Pandang yang Unik

Mengambil sudut pandang yang unik menjadi tahapan selanjutnya dalam menerapkan SEO. Anda bisa melihat salah satu artikel atau referensi di posisi puncak, lalu pahami isinya secara keseluruhan. Buat sudut pandang lain dari apa yang sudah Anda baca.

Sudut pandang berbeda dari biasanya akan menciptakan kesan unik dalam artikel tersebut. Google pun akan sangat mengapresiasi terhadap karya yang bersifat menarik dan original. Mereka paham betul akan nilai sebuah karya yang dituangkan dalam bentuk narasi.

3. Pahami Intent Pengguna

Langkah untuk menulis artikel SEO friendly berikutnya yakni memahami intent para pengguna. Adapun intent sendiri merupakan informasi yang pengguna inginkan saat mengetikkan keyword tertentu di mesin pencari Google. 

Menulis suatu artikel SEO memerlukan perhatian terhadap intent lantaran search intent termasuk salah satu faktor sebagai penilaian SEO dari Google.

Alasannya sebab intent yang tepat nantinya menjawab keperluan para pencari berupa adanya konten relevan. Ketika pengunjung memperoleh informasi yang mereka inginkan tentunya akan lebih lama dalam artikel tersebut. 

Ini membuat pihak Google menganggap artikel Anda memberikan manfaat serta perlu memperoleh ranking cukup tinggi. Beruntung, saat memahami intent dari pengguna cukup mudah. Caranya Anda hanya mengintip artikel milik competitor berdasarkan hasil pencarian dari Google atau SERP. 

Sebagai salah satu contoh, Anda hendak menulis sebuah artikel berdasarkan kata kunci yakni makanan kucing terbaik. Pada halaman pencrian, artikel yang tampil yaitu rekomendasi merk makanan untuk kucing terbaik. Jadi jika hendak membuat artikelnya tuliskan kalimat yang muncul tersebut.

Menulis artikel SEO yang friendly pada dasarnya tidaklah sulit selama Anda memahami panduan tersebut.

4. Perhatikan Struktur Artikel

Cara menulis artikel SEO selanjutnya adalah memperhatikan struktur artikel. Buatlah peta konsep sederhana sebelum Anda mulai menulis. Tempatkan pula kata kunci di beberapa tempat strategis sesuai dengan analisa pribadi.

Anda juga disarankan untuk memberikan prolog atau pembuka sebelum masuk ke materi pembahasan. Hal ini dapat menarik perhatian para pengunjung sehingga tetap melanjutkan membaca postingan dari awal hingga akhir.

5. Gunakan Paragraf Singkat

Dalam melakukan penulisan SEO, Anda pun tidak disarankan untuk membuat paragraf dengan panjang lebih dari 3 baris. Hal ini akan membuat para pembaca lebih cepat bosan dan enggan untuk meneruskan melihat penjelasan dari Anda.

Selain penerapan 3 baris setiap paragrafnya, usahakan untuk membuat kalimat pendek dengan panjang maksimal 1,5 baris. Selain memudahkan dalam penyusunan paragraf, proses pemahaman materi juga lebih cepat.

6. Gunakan Teknik Piramida Terbalik

Selaras dengan penjelasan sebelumnya, saat menerapkan SEO bisa memakai teknik piramida terbalik. Pada bagian pembuka artikel diawali dengan penjelasan hal umum dan bersifat ringan, kemudian masuk ke penjelasan khusus yang mendalam dan fokus pada sebuah permasalahan.

Latih kemampuan ini secara bertahap untuk menemukan ritme dan gaya penulisan Anda sendiri. Setiap penulis memiliki ciri khas masing-masing. Gunakan kelebihan dan kemampuan berpikir diri sendiri dalam menuangkan kata kunci menjadi sebuah cerita yang runtut.

7. Sebar Kata Kunci Sewajarnya

Bagi para pemula jangan sampai menerapkan kata kunci secara berlebihan. Hal itu justru akan memancing Google mendeteksi postingan Anda sebagai spam. Apabila dilakukan secara berulang kali, maka besar kemungkinan pembaca tidak nyaman dalam membaca artikel tersebut.

Dampak terburuk dari penggunaan kata kunci yang berlebihan yaitu konten Anda dihapus dari daftar pencarian. Hal ini akan merugikan diri sendiri apabila tidak cermat dalam memasukkan kata kunci pada setiap artikel yang dimuat.

8. Tulis Artikel yang Fokus Pada Tema

Pembaca akan senang jika apa yang dilihatnya pertama kali memiliki relevansi ketika dibaca secara keseluruhan. Hindari penerapan judul yang menipu atau ‘clickbait’ karena dapat menurunkan ranking atau website yang Anda kelola.

9. Tambahkan Visual yang Sesuai

Cara menulis artikel SEO terakhir adalah menambahkan komponen visual sesuai isi artikel. Gambar atau clip art dapat memberikan kesan menarik dan memiliki nilai estetika tersendiri, sehingga membantu optimasi SEO. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Domain, silahkan order Domain di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com