Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sitemap Blogger untuk Template Viomagz

Membuat sitemap adalah cara yang tepat agar pembaca mengetahui seluruh isi postingan. 

Meski blogspot tidak menyediakan laman ini secara default, tetapi pemilik dapat membuatnya sendiri. Baca artikel ini sampai selesai untuk tahu cara membuat sitemap blogger.

Membuat Sitemap Blogger

Apa Sitemap Blogger itu?

Dalam blogger ada 2 (dua) jenis sitemap. Pertama adalah Sitemap XML, yaitu sebuah file XML yang berisi URL-URL postingan blog. 

Yang kedua adalah halaman HTML yang berisi link menuju ke semua postingan blog. Halaman daftar isi blog ini yang disebut sebagai Halaman Sitemap.

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Traffic Blog Paling Ampuh, Simak Disini

Dilihat dari fungsinya sitemap xml dan halaman sitemap pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama yaitu memudahkan crawler mesin pencari menjelajahi halaman blog. 

Sebelum sampai di cara membuat sitemap blogger perlu diketahui perbedaan sitemap dan fungsinya.

Perbedaan Sitemap XML dan HTML

Untuk keperluan indeks halaman yang akan diterbitkan selanjutnya, proses penambahan sitemap XML tidak akan banyak membantu. 

Hal ini disebabkan crawler google tidak melakukan scan ulang terhadap sitemap XML yang ditambahkan secara berkala.

Ketika pada google search console ditambahkan URL sitemap XML, crawler google hanya akan membaca file sitemap ini satu kali. Postingan yang terbit berikutnya tidak secara otomatis ditambahkan pada daftar konten yang disubmit.

Maka halaman sitemap adalah daftar semua link/URL yang ada di blog yang berguna untuk memberitahu mesin pencari tentang struktur konten suatu blog.

Fungsi Membuat Sitemap Blogger

Berdasarkan cara crawler mesin pencari dalam menemukan halaman baru adalah dengan mengikuti link pada suatu halaman yang membawa pada halaman lainnya. Inilah kekuatan Halaman sitemap bekerja.

Baca juga : Cara Buat Blog Baru dengan Cara Mudah bagi Pemula

Membuat sitemap blogger berarti kita memberikan jalan kepada crawler mesin pencari untuk dapat meng-crawl semua postingan atau konten blog dengan lebih mudah. 

Hal ini berdampak pada cepat atau tidaknya pengindeksan konten di halaman pencari. Sitemap sangatlah vital untuk optimalisasi SEO (Search Engine Optimization)

Cara Membuat Sitemap Blogger untuk Template Viomagz

Cara membuat sitemap blogger yang akan dijelaskan adalah cara membuat sitemap berbasis HTML.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Template Blogger, silahkan order Template Blogger di Sugeng.id.

Berikut langkah-langkahnya. 

1. Login ke blogger

2. Pilih Halaman. 

3. Buat Halaman Baru.

4. Isikan Judul halaman sesuai dengan keinginan. Sebagai contoh kali ini digunakan kata Sitemap. Setelah itu pilih Tampilan HTML. 

5. Klik Cara Memasang Daftar Isi di Halaman Statis ini, Cari dan Pilih, biasanya dibawah sendiri, letakkan kode di halaman kosong pada Tampilan Html.

Untuk blog url “https://viomagz.sugeng.id/” anda ganti dengan Alamat blog Anda kemudian pilih Publikasikan.

6. Pilih Tata Letak kemudian pilih Menu Halaman Statis Selanjutnya Pilih Nama Halaman Sitemap, untuk URL nya otomatis mengisi sendiri dan Simpan. Setelah di atur tempantnya pilih Simpan.

7. Selesai.

Itulah cara membuat sitemap blogger dengan mudah. Supaya sitemap berfungsi sebagai peta untuk mesin pencari agar cepat mengindeks URL baru yang ada dalam blog maka sitemap wajib dikirimkan ke Google search Console.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.