Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komputer Mainframe: Pengertian, Ciri-ciri, dan Fungsinya

Pernahkah Anda memikirkan sebesar apa komputer yang dipergunakan untuk mengolah milyaran data setiap harinya. Ya, untuk mengolah data sebanyak itu, diperlukan komputer yang berspesifikasi tinggi seperti komputer mainframe. Berikut ini merupakan serba-serbi ulasan terkaitnya. 

Komputer Mainframe

Pengertian Komputer Mainframe 

Menilik dari setiap suku katanya komputer mainframe memiliki terjemahan komputer kerangka utama. Hal ini dikatakan demikian karena komputer ini kerap kali digunakan sebagai perangkat utama yang mengelola atau memproses, serta menyimpan data-data besar.

Baca juga : Ciri-Ciri Komputer Generasi Kelima yang Wajib Dipahami

Dalam Bahasa Inggris, kata mainframe sendiri merujuk pada kelas tertinggi dari komputer. Mainframe merupakan jenis komputer yang terdiri dari beberapa komputer. Karena itulah, mainframe dapat mengerjakan begitu banyak tugas komputasi yang rumit dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Untuk mengoperasikan mainframe, pengguna hendaknya terkoneksi langsung dengan terminal. Komputer jenis ini umumnya hanya dipergunakan oleh perusahaan atau organisasi besar. 

Salah satu penggunaannya adalah untuk peluncuran data-data yang besar, seperti sensus penduduk, statistik industri perusahaan dan konsumen, transaksi seperti anggaran belanja daerah, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri

Jika belum begitu memahami definisi dari mainframe, maka ulasan mengenai ciri-ciri mainframe ini dapat menjadi referensi lainnya untuk Anda. Ciri mainframe yang pertama adalah prosesor yang dimilikinya lebih dari satu. 

Jumlah prosesor yang lebih dari satu ini membuat kecepatan dalam memproses data akan jauh lebih tinggi. Kecepatan dari mainframe dalam memproses data itu sendiri dapat mencapai satu miliar operasi setiap detiknya.

Ciri lain dari mainframe ini adalah kemampuan untuk mengakses beberapa sistem operasi dalam satu komputer secara bersamaan. Kemampuan ini kerap kali disebut juga sebagai time sharing. 

Selain itu, ciri lainnya adalah interface yang digunakan oleh komputer mainframe ini dapat dikatakan masih bersifat tekstual.

Spesifikasi pengolahan data yang cepat, serta kapasitas penyimpanan yang sangat besar, membuat mainframe memiliki harga yang sangat mahal. Untuk mempergunakannya, mainframe juga membutuhkan daya yang sangat besar untuk dapat menggunakannya.

Fungsi

Fungsi utama komputer mainframe adalah untuk melakukan pengolahan data dan penyimpanan data yang jumlahnya besar. Komputer mainframe ini dapat dipergunakan oleh banyak pengguna dalam jumlah yang cukup banyak juga.

Fungsi lainnya yang menjadi salah satu keunggulan dari komputer mainframe ini adalah dapat menjalankan berbagai aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Kemampuan tersebut dinamakan multitasking.

Baca juga : Ciri-ciri Motherboard Komputer Rusak yang Penting Dipahami

Komputer ini juga memiliki kemampuan teknologi yang dinamakan time sharing, dimana Anda nantinya dapat berbagi atau mendapatkan informasi secara mudah. Komputer ini juga dipergunakan layaknya petugas yang mengawasi lalu lintas data di saat banyak program bekerja.

Kelemahan

Teknologi masih terus berkembang. itu tandanya masih selalu ada yang ingin diperbaiki dan disempurnakan. Pun dalam komputer mainframe ini tak luput dari kelemahan.

Salah satu kelemahan yang paling menonjol adalah ukuran komputernya yang begitu besar. Dikarenakan ukurannya yang besar, sehingga diperlukan satu ruangan yang juga besar untuk menyimpannya.

Selain itu, harganya pun sangat mahal, setimpal dengan spesifikasinya yang tinggi. Tak hanya harganya yang sangat mahal, daya listrik yang diperlukan pun cukup besar. Untuk itu, pastikan daya listrik di perusahaan Anda cukup untuk dapat mengoperasikannya.

Kelemahan berikutnya adalah tampilan yang masih berupa teks, sehingga pengguna harus memahami bahasa pemrograman. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengoperasikan mainframe, pastikan belajar terlebih dahulu bahasa pemrograman. 

Contoh

Komputer mainframe ini banyak jenisnya. Beberapa contoh jenis komputer mainframe yang terkenal diantaranya seperti Cray -1 yang berasal dari Cray Research, Honeywell – Bull DPS 7 IBM System 360, IBM System 390, dan lain sebagainya.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com