Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Laptop Bisnis Terbaik Menggunakan 5 Tips Cerdas

Bagi para pelaku usaha memiliki laptop bisnis terbaik merupakan modal yang sangat penting. Laptop atau computer jinjing ini menjadi perangkat wajib bagi pebisnis agar bisa mengerjakan berbagai pekerjaan dengan lebih mudah.

Sebagai contoh, membuat rancangan strategi bisnis, pengelolaan keuangan, hingga membuat konten untuk bisnisnya. Jadi, bisa dikatakan pebisnis yang tidak memiliki laptop akan sangat kesulitan dalam mengelola bisnisnya.

Jika Anda seorang pebisnis dan masih pemula, perlu memiliki laptop untuk menemani setiap kegiatan dalam berbisnis. Ada banyak pilihan merek computer jinjing dapat dipilih dengan spesifikasi yang sesuai bagi pebisnis.

Pilih Laptop Bisnis Terbaik Menggunakan 5 Tips Cerdas

Pilih Laptop Bisnis Terbaik Menggunakan 5 Tips Cerdas

Ketika bekerja untuk mengembangkan bisnisnya, seorang pebisnis atau wirausahawan terkadang akan menghabiskan banyak waktu di depan laptop. Oleh sebab itu, perlu perangkat yang memadai untuk menemani pekerjaan berjam-jam tersebut.

Baca juga : Daftar Merk Laptop Terbaik yang Recommended Saat Ini

Berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan ketika ingin membeli laptop untuk bisnis:

1. Sistem Operasi

Pertama-tama saat hendak membeli laptop bisnis terbaik pastikan memilih sistem operasi yang memiliki fleksibelitas besar, yaitu Windows. Sistem operasi atau OS satu ini lebih mudah ditemukan di berbagai jenis komputer.

Windows lebih umum dan nyaman digunakan karena memang sudah familiar. Namun, ada juga pilihan lain seperti Chrome atau Mac OS, keduanya juga tidak kalah bagus dengan Windows.

Hanya saja, mungkin perlu pembiasaan dan adaptasi jika menggunakan OS yang sebelumnya belum pernah dipakai. Kuncinya, memilih yang paling nyaman digunakan.

2. CPU

Selanjutnya, beralih ke CPU yang merupakan inti dari perangkat komputer. CPU atau prosesor ini memiliki dampak besar pada kinerja laptop, dan sekarang ada berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan berbagai jenis pekerjaan.

Seorang pebisnis memerlukan CPU yang menwarkan performa unggul dalam hal multi-tasking dan multimedia. Pilihan yang bagus untuk saat ini seperti Intel Core i5, ini untuk kebutuhan keseimbangan kinerja sehari-hari.

Jika ingin mendapatkan kinerja lebih baik, bisa memilih jenis Core i7 atau di atasnya. Namun, harus pertimbangkan bahwa semakin tinggi kemampuan CPU, maka harga akan makin tinggi juga.

3. Melihat Memori dan RAM

Dalam memilih laptop bisnis terbaik juga harus memerhatikan memori dan RAM. Memori merupakan tempat penyimpanan berbagai file yang akan dibutuhkan oleh bisnis Anda.

Saat ini lebih baik memilih laptop dengan memori menggunakan SSD, sebab lebih hemat ruang penyimpanan dan dapat bekerja lebih cepat. Memori untuk laptop dapat dipilih yang 500 GB atau 1 TB, tergantung jenis keperluan.

Jika dalam berbisnis Anda juga akan sering membuat konten, maka lebih baik memilih komputer dengan memori lebih besar.

Selain itu, perhatikan RAM juga, sebab RAM akan berpengaruh besar saat bekerja. Pengguna tidak akan bisa membuka banyak aplikasi atau multi-tasking apabila RAM-nya kecil.

Dianjurkan memilih RAM minimal 8 GB untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Lebih besar akan lebih bagus, sebab akan mempercepat kinerja.

4. Kapasitas Baterai Sangat Penting

Selanjutnya, perlu melihat kapasitas baterai, karena biasanya pebisnis akan bekerja selama berjam-jam di depan komputer. Atau harus membawa laptop ke luar, terutama ketika melakukan pertemuan bisnis dengan rekanan atau klien.

Daya baterai yang optimal akan sangat mendukung kinerja seorang pebisnis. Untuk baterai kapasitas yang bagus antara 44 Wh hingga 50 Wh dengan kemampuan pengisian baterai cepat. Jadi, dapat menghemat banyak waktu Anda.

5. Bentuk dan Ukuran

Tips laptop bisnis terbaik selanjutnya adalah melihat bentuk dan ukurannya. Hal ini penting, sebab akan menentukan kenyamanan penggunaan. Umumnya, produsen komputer menyediakan dimensi layar 11 inci hingga 17 inci.

Dimensi yang lebih kecil dan tipis akan memudahkan mobilitas, sangat cocok jika pengguna sering bepergian. Untuk ukuran layar lebih besar, biasanya agak berat dan membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar.

Jadi, pilih saja yang paling memudahkan dan membuat Anda nyaman.

1. Laptop Bisnis Terbaik dari HP

Ada banyak pilihan laptop yang dapat menemani pekerjaan Anda dalam dunia bisnis. Salah satunya dari brand HP. Brand yang berasal dari negeri Paman Sam ini memiliki banyak nilai unggul.

Beberapa Keunggulan produk laptop merek HP:

  • Punya konstruksi kokoh dibandingkan merek lain sehingga aman dibawa bepergian ke berbagai tempat.
  • Kemampuan durabilitas yang bagus, bahkan bisa bertahan selama 12 jam saat digunakan tanpa perlu dicharger.
  • Produk HP cocok untuk laptop bisnis terbaik sebab memiliki performa system stabil. Proses instalasi cukup cepat sehingga dapat menghemat banyak waktu kerja dan meningkatkan produktivitas.
  • Harga masuk akal, terutama dapat dimiliki oleh kalangan menengah. Meski demikian, spesifikasinya sangat mumpuni.
  • Punya ventilasi udara yang bagus, diletakkan di bagian sisi bodi dan bagian bawah sehingga dapat mengurangi risiko overheat.

Jika tertarik menggukan laptop dari brand satu ini untuk kebutuhan bisnis, bisa cek rekomendasi produk berikut:

1. HP Elitebook 840 G9

Rekomendasi laptop bisnis terbaik pertama dari HP adalah Elitebook 840 G9 yang memiliki harga jual di kisaran Rp27 juta. Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapatkan komputer dengan Intel Core i7 generasi 12 dan penyimpanan 1 TB.

Untuk layar seukuran 14 inci dengan full HD, ada banyak port untuk menghubungkan perangkat maupun aksesoris luar. Sistem operasi yang digunakan Windows 10, RAM 16 GB, dan baterai dapat tahan bekerja sampai 10 jam tanpa diisi daya.

2. HP Elitebook X360 1040 G8

Rekomendasi laptop bisnis terbaik berikutnya adalah X360 1040 G8 yang menjadi idola para pelaku bisnis. Sebab banyak fitur pendukung di dalamnya yang dapat membantu kinerja seorang pebisnis.

Harga jualnya mulai dari Rp29 jutaa dengan spesifikasi menawan, seperti sensor sidik jari, kamera IR, dan ketahanan militer MIL-SPEC-810. Jadi, wajar saja harganya cukup mahal.

Sudah dilengkapi OS Windows 11, dengan penyimpanan SSD 1 TB, RAM 16 GB, kemudian touch screen 14 inci, dan CPU i7 generasi 11. Benar-benar spesifikasi mumpuni untuk mendukung berbagai pekerjaan Anda.

3. HP Notebook 240 GB

Laptop bisnis terbaik satu ini bisa dibeli dengan harga Rp8 jutaan. Spesifikasinya sangat pas bagi pebisnis, sebab sudah memiliki CPU/GPU Intel Core i5-1135G7 Quad Core denga UHD Graphics.

RAM 8 GB dengan 512 SSD, jadi dapat mendukung multi-tasking dan menyimpan banyak file di dalamnya. Selain itu, laptop dengan layar 14 inci ini juga dilengkapi baterai 41 WHR Li-ion sehingga tahan lama.

Untuk Sistem operasi menggunakan Windows 11 Home dengan kualitas webcame HD720p. Sangat mendukung jika Anda ingin melakukan pertemuan online.

4. HP Probook 440 G8

Rekomendari laptop bisnis terbaik lainnya adalah seri Probook 440 G8 yang memiliki harga sekitar Rp16 jutaan. Desainnya ringkas dengan kinerja andal, aman, dan punya daya tahan baterai bagus, cocok untuk pekerjaan dalam waktu lama.

Layar 14 inci membuat pengguna sangat nyaman menggunakannya, apalagi didukung CPU Intel Core i5 dan memori 512 GB serta RAM 8 GB. Terdapat berbagai port koneksi, juga koneksi nirkabel seperti WiFi dan Bluetooth.

Beratnya sekitar 1,3 kg sehingga mudah dibawa ke mana-mana, kekuatan baterai 45 Eh Li-ion, sudah terdapat stereo speaker, dan webcam HD720p. Untuk OS sudah menggunakan Windows 10 Pro.

2. Laptop Bisnis Terbaik dari Lenovo

Selanjutnya, mari berkenalan dengan produk-produk dari Lenovo. Produsen asal China ini menduduki peringkat 8 produsen komputer terbaik di dunia. Di Indonesia sendiri produk Lenovo cukup populer, terutama di kalangan pelajar dan pekerja.

Jika Anda tengah mencari produk untuk mendukung kegiatan bisnis, ada rekomendasi beberapa produk Lenovo. Namun, sebelumnya, cek dulu keunggulan produk laptop merek Lenovo berikut:

  • Harga relative terjangkau dengan merek terpercaya. Seperti biasa, produk dari China memang lebih murah, tapi bukan berarti tidak bagus, sebab Lenovo merupakan salah satu produsen terpercaya di dunia.
  • Keunggulan laptop bisnis terbaik dari Lenovo berikutnya adalah daya tahan baterai yang bagus dengan kelistrikan baik. Jadi, ketahanan baterainya konsisten dan tahan lama.
  • Untuk seri Thinkpad tahan air dan banting, jadi cocok untuk dibawa bepergian, terutama bagi pebisnis dengan mobilitas tinggi.
  • Memiliki pendingin yang tidak berisik, jadi suara kipasnya tidak akan mengganggu selama Anda bekerja.

1. ThinkBook 14s G2 ITL

Rekomendasi laptop bisnis terbaik brand Lenovo yang pertama adalah ThinkBook 14s Model 20VD00MRID dengan layar 1 inci full HD. Sudah dilengkapi intel core i3 untuk prosesornya sehingga dapat bekerja dengan baik.

Kisaran harga produk yang dilengkapi RAM 8 GM dan memori  512 GB SSD ini mulai dari Rp11 jutaan. Anda sudah mendapatkan laptop dengan OS Windows 10 Home 64 bit.

Tersedia berbagai fort untuk konektivitas, termasuk Bluetooth juga WiFi, tambahan lagi ada touch style fingerprint reader. Jadi, fitur di dalamnya cukup mumpuni untuk membantu pekerjaan bisnis harian.

2. Lenovo IdeaPad Slim 3 Ryzen 5

Pilihan laptop bisnis terbaik berikutnya adalah Ideapad Slim, sesuai namanya produk satu ini memang punya bobot ringan dan minimalis. Beratnya hanya 1,37 kg saja, tapi isi di dalamnya tidak main-main. 

Ada AMD Ryzen 5 7520U yang menjadi prosesornya disandingkan GPU AMD Radeon 610M. Selain memastikan pekerjaan bisnis lancar, Anda juga bisa menggunakannya saat rehat untuk bermain game.

Harga jual produk ini mulai dari Rp4 jutaan, sudah mendapatkan RAM 4GB dan ada slot tambahan yang dapat diisi 4 GB lagi. Untuk storage 512 GB SSD dan 1 TB HDD, tinggal pilih memori yang ingin digunakan.

Telah dilengkapi Windows 11 Home 64 dan Office Home, jadi setelah membeli bisa langsung digunakan untuk administrasi bisnis Anda.

3. Lenovo Ideapad 320 14AST

Pilihan laptop bisnis terbaik berikut ini hanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp4 jutaan saja. Namun, spesifikasinya sudah sangat mendukung untuk pekerjaan administrasi dan pengelolaan keuangan bisnis.

Bagi Anda yang membutuhkan laptop dengan kapasitas besar, maka Ideapad 320 cocok. Memorinya 1 TB HDD dengan RAM 4 GB, bisa menyimpan banyak file di dapamnya. 

Untuk prosesor menggunakan AMD A9 9420 dan GPU AMD Radeon Integrated. Selain itu, juga diperkuat dengan performa kecepatan sampai 5 cores. Jadi, meski RAM tidak terlalu besar, tapi kinerjanya tetap cepat dan bagus.

4. Lenovo K14 Gen 1

Laptop bisnis terbaik satu ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp9 jutaan. Telah memiliki layar berukuran 14 inci dan CPU/GPU mumpuni, yaitu Core i5 dan UHD Graphics.

Untuk ruang penyimpanan terdapat 512 GB SSD dan RAM 8 GB. Cukup mumpuni untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan, termasuk membuat konten kreatif untuk bisnis. 

Apalagi juga dilengkapi dengan layar full HD, sehingga gambar dihasilkan lebih tajam. Ditambah daya tahan baterai yang bisa bertahan hingga 10 jam, jadi bisa mengerjakan berbagai pekerjaan berat.

Mulai dari entry data, pengelolaan keuangan dan akuntasi, juga dapat melakukan editing video sederhana. Layak dimiliki untuk pelaku bisnis maupun UMKM.

3. Laptop Bisnis Terbaik dari Asus

Rekomendasi berikutnya adalah dari brand yang ternama di tanah air, yaitu ASUS. Pengguna laptop ASUS di Indonesia cukup banyak dan berasal dari berbagai kalangan. Tidak heran, karena ASUS memang menawarkan keunggulan produk dan kualitas bagus.

Bagi yang tertarik membeli untuk kebutuhan bisnis, simak dulu keunggulan produk laptop merek Asus ini:

  • Punya kualitas yang dianggap lebih mumpuni, sebab daya tahan motherboard-nya lebih kuat dibanding merek lain.
  • Bukan hanya cocok digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan menyangkut bisnis, seperti administrasi maupun pengelolaan keuangan.
  • Laptop bisnis terbaik ASUS memiliki harga terjangkau, mulai dari harga Rp3 jutaan sudah bisa memiliki produk dari brand satu ini.
  • Masa garansi panjang untuk laptop bermasalah membuat banyak orang memilih produk ASUS. Untuk masa garansinya bisa mencapai 2 tahun, jadi sangat menguntungkan pembeli.
  • Ada banyak pilihan produk, setiap tahun selalu ada produk baru sehingga pembeli memiliki banyak pilihan.

Untuk rekomendasi produknya bisa lihat yang berikut ini:

1. Asus A407UF Intel Core i3

Rekomendasi laptop bisnis terbaik ASUS pertama adalah A407UF dengan CPU Core i3, kartu grafis Intel HD Graphics 620 dan NVIDIA MX120 2 GB DDR5. Media penyimpanan ada 1 TB dengan RAM 4 GB, cocok untuk administrasi sederhana.

Laptop satu ini cocok bagi pelaku usaha pemula maupun UMKM, karena harganya berada di kisaran Rp6 jutaan dengan spesifikasi cukup baik untuk bisnis kecil dan menengah.

Komputer jinjing dengan layar 14 inci ini juga dilengkapi sensor fingerprint sehingga memastikan keamanan data Anda. Selain itu, juga tidak berat sehingga bisa dibawa ke mana-mana.

Untuk system operasinya sudah menggunakan Windows 10 Home serta dilengkapi kamera HD720, bisa digunakan untuk melakukan meeting online.

2. Expertbook B3 Detachable B3

Berikutnya, rekomendasi laptop bisnis terbaik adalah Expertbook B3 yang dibanderol harga Rp6 jutaan. Produk ini menawarkan konsep 2 in 1 sehingga sangat disukai di dunia bisnis maupun pendidikan.

Produk ASUS satu ini dapat digunakan secara horizontal maupun vertical, jadi dapat digunakan sebagai laptop atau tablet. Untuk prosesor menggunakan Qualcom Snapdragon 7C Gen 2 dan kartu grafisnya Adreno 618.

RAM sebesar 8 GB dengan penyimpanan 128 GB SSD, cukup untuk melakukan berbagai kegiatan bisnis. Namun, jika ingin menyimpan lebih banyak file, harus membeli storage tambahan.

3. Expertbook B1 B1400

Laptop bisnis terbaik ASUS selanjutnya adalah Expertbook B1 yang telah dilengkapi OS Windows 11 Pro. Prosesornya Intel Core i5 Quad Core up to 4,3 GHz. Memori 256 GB SSD dan RAM 8 GB DDR4.

Tersedia koneksi USB tipe A, tipe C, HDMI, VGA, dan RJ 45 LAN. Selain itu, juga bisa WiFi serta Bluetooth juga. Jadi, sudah bisa dikatakan kelengkapan koneksinya sangat bagus.

Untuk harga dibanderol mulai dari Rp14 jutaan, cukup sesuai dengan keunggulan ditawarkan. Apalagi juga ada system keamanan kuat dengan sensor sidik jadi dan pelindung webcam fisik, Anda tidak perlu lagi khawatir pada keamanan data.

Menawarkan berat 1,42 kg membuat laptop satu ini cukup nyaman dibawa ke mana-mana, tambahan lagi baterai 42 Wh Li-ion membuatnya bisa bertahan lama tanpa perlu dicharger. 

Bisa digunakan untuk kegiatan rapat online juga, sebab telah punya webcam HD 720p.

4. Zenbook S13 OLED

Laptop bisnis terbaik satu ini dibanderol dengan harga Rp20 jutaan dan menyimpan segudang fitur yang mumpuni untuk bisnis. Keunggulan utamanya adalah bobot ringan hanya 1,1 kg untuk layar 13,3 inci.

Bagian sasisnya terbuat dari magnesium aluminium alloy setelan 1,49 cm yang super tipis sehingga bisa sangat ringan. Sasis ringan ini kuat untuk menahan berbagai fitur ditanamkan di dalamnya, seperti prosesor AMD Ryzen seri 6000 terbaru.

Kartu grafis AMD Radeon yang mendukung performa multi-tasking. RAM 16 GB dan SSD 1 TB untuk menyimpan data sehingga tidak perlu perangkat penyimpanan tambahan.

Produk satu ini punya resolusi layar 2,8K dengan jenis OLED sehingga warnanya lebih hidup dan tajam. Teknologi inilah yang membuat pengolahan data menjadi lebih cepat serta mudah.

Untuk sistem operasi sudah dilengkapi Windows 11 Pro, dan tersedia berbagai port konektivitas, serta WiFi serta Bluetooth. Webcamnya FHD 1080p camera dengan audio stereo speaker Harman kardon, Microphone. Spesifikasinya sangat mumpuni untuk mengerjakan berbagai keperluan bisnis Anda.

4. Laptop Bisnis Terbaik dari Dell

Selain tiga brand di atas, juga ada brand yang bisa dikatakan baru mulai dikenal di Indonesia produk laptopnya, yaitu Dell. Perusahaan asal Amerika ini memiliki produk-produk unggulan untuk melengkapi kebutuhan komputer di rumah maupun untuk bisnis.

Ada beberapa keunggulan produk laptop merek Dell yang ditawarkan, yaitu:

  • Desain kokoh dan punya kualitas premium, dapat dilihat langsung dari tampilan eksteriornya. Dengan desain bodi kokoh serta tahan banting dari bahan chromium, membuat produk Dell lebih tahan lama.
  • Unggul untuk pekerjaan maupun gaming membuat laptop Dell termasuk laptop bisnis terbaik. Jadi, Anda tidak hanya bisa menggunakannya melakukan pekerjaan.
  • Produknya ramah lingkungan sebab produsen satu ini sangat inovatif memanfaatkan sampah plastic yang diambil dari laut untuk diolah menjadi produk berkualitas premium.
  • Layanan khusus service center yang menawarkan teknisi datang ke rumah untuk melakukan perbaikan. Jadi, pengguna tinggal telepon dan memanggil teknisi datang melakukan perbaikan.

Tertarik membeli untuk digunakan dalam meningkatkan kinerja bisnis Anda, beberapa produk Dell berikut bisa jadi rekomendasi:

1. Latitude 3420

Laptop bisnis terbaik Dell yang pertama adalah Latitude 3420 yang ditenagai Intel Core i3 generasi 11. Harganya sekitar Rp11 jutaan, sangat cocok untuk kebutuhan bekerja sehari-hari, terutama bagi pebisnis pemula.

Dengan layar 14 inci, port konektor lengkap, WiFi, Bluetooth, dan memori penyimpanan 256 GB SSD, sudah cukup memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Apalagi RAM 8 GB yang memudahkan untuk multitasking.

Mau mengadakan webinar atau rapat online, tentu bisa karena telah dilengkapi webcam HD 720p camera. Baterai juga tahan lama karena menggunakan baterai 54 wh Li-ion, jadi cocok untuk kerja di luar kantor atau meeting online berjam-jam.

Baca juga : Inilah Daftar Rekomendasi Laptop Kuliah Terbaik Berbagai Merk

2. Vastro 5410

Dell memiliki banyak produk untuk bisnis, seperti laptop bisnis terbaik Vastro 5410 yang dilengkapi prosesor intel core generasi 11 dan telah didukung layar 14 inci FHD. Memungkinkan pengguna mendapatkan hasil visual tajam dan edit video lebih cepat.

Dengan harga mulai dari Rp18 jutaan sudah mendapatkan komputer yang lolos 15 tingkat tes kelas militer, keyboard anti spill resistant dan tombol tidak berisik.

Keunggulan lainnya adalah punya RAM 16 GB serta 512 GB SSD, baterai tahan lama 41 Wh Li-ion, dan beratnya hanya 1,4 kg. Sangat cocok dibawa untuk perjalanan bisnis luar kota atau luar negeri.

Anda dapat bekerja lama dan tenang, sebab kinerja perangkat tetap stabil, apalagi pengisian baterai sudah dilengkapi fitur express charge, bisa isi baterai sampai 80% hanya dalam waktu sejam.

3. Inspiron Hybrid X360

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp4 jutaan, laptop bisnis terbaik Dell satu ini memiliki layar 11 inci dengan resolusi 1366x768 piksel. Jeroannya sudah dilengkapi dengan intel Pentium Quad Core dan GPU Intel HD Graphics 405.

RAM 4 GB bisa mendukung kegiatan multitasking Anda, ditambah penyimpanan HDD sebesar 500 GB. Bisa menggunakan perangkat penyimpanan eksternal jika dirasa kurang.

Menggunakan Windows 10 Home sehingga dapat mendukung berbagai keperluan bisnis. Keunggulan lainnya adalah punya layar yang bisa diputar 360 derajat, jadi juga dapat digunakan sebagai tablet.

Bagi pebisnis yang sering bepergian dan melakukan presentasi ke calon investor, laptop ini sangat mendukung kegiatan tersebut.

4. XPS 13 9315

Pilihan lainnya untuk laptop bisnis terbaik Dell adalah tipe XPS 13 yang punya tampilan cantik, tipis, dan ringan. Beratnya hanya sekitar 1,2 kg sehingga nyaman dibawa untuk kerja di luar.

Dilengkapi prosesor intel core generasi ke 12 yaitu Intel Core i5 atau Intel Core i7, jadi ada dua tipe prosesor yang digunakan, dan ini akan berpengaruh pada harga penawarannya. 

Untuk masalah harga, ditawarkan mulai dari Rp11 jutaan, bisa berbeda-beda tergantung prosesor yang dipakai serta RAM-nya. Untuk RAM terdapat versi 16 GB dan 32 GB.

Ruang penyimpanan hingga 1TB, jadi bisa digunakan menyimpan banyak file. Layar berukuran 13,4 inci dengan 16:10 aspek rasio, dolby vision, serta eyesafe. Pengguna bisa menggunakannya selama berjam-jam dengan risiko minim pada mata.

Konektivitas lengkap, tersedia berbagai port dan card reader juga. Pengamanan berupa fingerprint reader, IR camera, dan HPD. Untuk baterai 51wh atau 52 wh, tergantung pilihan tipe.

5. Laptop Bisnis Terbaik Apple

Siapa yang tidak tahu brand satu ini? Jika di dunia smartphone terkenal dengan seri iPhone, sedangkan untuk laptop dikenal MacBook. Produk MacBook menjadi salah satu produk yang sangat diincar karena prestisenya. 

Namun, apakah tidak ada keunggulan lain? Jangan salah, ternyata ada banyak keunggulan produk laptop merek Apple, seperti:

  • Daya tahan mesin kuat, jadi tidak heran kalua harganya mahal. Mesinnya bisa bertahan bertahun-tahun bahkan lebih dari sepuluh tahun.
  • Punya keamanan system operasi yang baik dibandingkan pesaingnya. Pengguna laptop bisnis terbaik Apple tidak perlu menggunakan antivirus tambahan, sebab proteksi dari sistemnya sudah sangat baik.
  • Desainnya keren, elegan, tipis, dan cantic sehingga membuat penggunanya lebih percaya diri.
  • Hardware berkualitas, misalnya speaker yang menghasilkan suara lebih jernih.
  • User friendly, karena menawarkan system operasi yang mudah digunakan, terutama oleh para pengguna baru.

Beberapa produk MacBook yang cocok untuk kegiatan bisnis adalah:

1.Macbook Air M1

Laptop bisnis terbaik pertama dari Apple adalah MacBook Air M1 yang dibanderol dengan harga Rp14 jutaan. Dilengkapi dengan prosesor Apple M1 Chip, CPU 8-Core GPU 7-Core, membuat kinerjanya lebih efisien serta powerfull.

Sistem operasi yang digunakan adalah macOS Big Sur, OS khusus produk Apple dengan jaminan keamanan pengguna.

RAM 8 GB dan Storage 256 GB SSD membuat kinerja laptop satu ini bisa dipakai multitasking. Didukung dengan layar retina LED 13,3 inci dengan visual lebih cerah membuatnya nyaman dipakai berjam-jam.

Kamera FaceTime HD membuat tangkapan gambar lebih jelas dan tajam. Membuat meeting online menjadi lebih nyaman, apalagi dengan dukungan magic keyboard lampu latar dan touch ID.

2. Macbook Air M2

Produk laptop bisnis terbaik dari Apple selanjutnya adalah MacBook Air M2 yang dibanderol dengan harga Rp20 jutaan. Keunggulan dari segi baterai yang tahan hingga penggunaan selama 18 jam, membuat pekerjaan Anda tidak akan tertunda.

Dilengkapi pula dengan sistem operasi macOS Monterey sehingga performa makin oke. RAM 8 GB dan storage 256 GB SSD disertai prosesor M2 Chip CPU 8-Core GPU 8-Core memastikan pekerjaan multitasking berjalan aman.

Keunggulan lainnya berupa layar retina LED 13,6 inci dengan kecerahan 500 nit dan warna luas P3. Terdapat kamera FaceTime HD beresolusi tinggi dan bagus untuk pencahayaan rendah.

Baterai Lithium-polymer 52,6 watt-jam dan dilengkapi pengisian daya MagSafe. Untuk port terdapat port thunderbolt dan audio jack 3,5 mm.

3. Macbook Pro M1

Berikutnya ada laptop bisnis terbaik Apple MacBook Pro M1 2020 yang sudah memakai OS macOS Big Sur dan dilengkapi prosesor M1 chip , CPU 8-Core GPU 8-Core. Laptop satu ini bisa bertahan hingga 18 jam penggunaan untuk kerja biasa.

Dengan peningkatan CPU GPU dibandingkan model M1 pendahulunya membuat MacBook tipe ini bisa meningkatkan kinerja hingga 3,5x lebih cepat untuk pekerjaan multi-tasking. Jadi, cocok untuk para pebisnis.

Dengan RAM 8 GB dan storage 256 GB SSD membuat performa makin mantap, bahkan dapat melakukan multi-tasking berat atau bermain game. 

Selain itu, juga dilengkapi dengan layar retina 13,3 inci, speaker stereo dengan dolby atmos, webcame FaceTime HD 720p, magic keyboard, touch bar, trackpad force touch, dan baterai lithium-polymer 58,2 watt-jam.

4. Macbook Pro M2

Laptop bisnis terbaik besutan Apple satu ini punya daya tahan baterai lebih lama, bisa mencapai 20 jam untuk penggunaan multi-tasking. Ditenagai prosesor chip M2 , CPU 8-Core GPU 10-Core membuat kinerjanya jadi lebih cepat dibanding 3 model lainnya.

Sistem operasi menggunakan macOS Monterey, RAM 8 GB serta storage 256 GB SSD untuk mendukung kinerja pebisnis andal, dan berbagai konektivitas juga port sehingga dapat berhubungan dengan perangkat lain.

Kelengkapan lainnya, seperti layar retina LED 13,3 inci, port thunderbolt, webcam FaceTime HD 720p, baterai lithinium-polymer 58,2 watt-jam, magic keyboard, touch bar, dan trackpad force touch.

Tipe MacBook M2 Pro ini bisa dikatakan super lengkap dengan harga yang hanya dibanderol mulai dari Rp21 juta saja.

6. Laptop Bisnis Terbaik dari MSI

Sudah pernah melihat laptop merek MSI? Kebanyakan gamer yang lebih kenal merek laptop satu ini, karena memang kebanyakan produknya dirilis untuk kebutuhan bermain game. 

Namun, ada juga berbagai produk MSI cocok untuk kegiatan bisnis. Sebelum melihat rekomendasi produknya, bisa cek dulu beberapa keunggulan produk laptop merek MSI berikut:

  • Hadir dengan mobilitas tinggi, mudah dibawa ke mana saja karena berat rata-rata laptop 14 inci merek ini hanya 1,3 kg saja.
  • Memiliki desain keyboard yang nyaman untuk mengetik sehingga cocok bagi pebisnis untuk mengerjakan berbagai kegiatan administrasi maupun pembuatan laporan bisnisnya.
  • Laptop bisnis terbaik MSI memiliki dukungan grafis yang baik sebab menggunakan GPU Nvidia GeForce. Memungkinkan pengguna melakukan berbagai aktivitas, misalnya membuat konten untuk usaha.
  • Dukungan spesifikasi mumpuni dalam menunjang aktivitas komputasi, misalnya CPU intel core i5, Nvidia, kapasitas RAM mulai dari 4 GB, dan storage SSD mulai dari 512 GB.
  • Setiap produk laptop dibekali konektivitas port yang cukup luas sehingga bisa tersambung dengan berbagai device.

Untuk referensi produk yang saat ini ada di pasaran dan cocok untuk pebisnis, bisa cek di bawah ini:

1. Prestige 14 A11SCX

Laptop bisnis terbaik pertama adalah Prestige 14 yang harga jual barunya senilai Rp17 jutaan. Laptop ini banyak disarankan untuk pembuat konten, tapi pas juga bagi pebisnis pemula yang pekerjaannya merangkap admin dan pembuat konten usaha.

Bagi Anda yang baru memulai usaha dan masih mengerjakan berbagai hal sendiri, misalnya untuk pembuatan laporan keuangan, perencanaan, maupun bikin konten, sangat pas beli Prestige 14 ini.

Dengan intel core i7 generasi 11 performanya 15 kali lebih cepat, apalagi kartu grafisnya terintegrasi dengan intel iris Xe, jadi bisa kerja lebih cepat. Adanya diskrit Nvidia juga memungkinkan pengoperasian aplikasi desain grafis lancer.

Untuk RAM tersedia 16 GB dilengkapi storage 512 GB jenis SSD. Baterai menggunakan 3 cell 52 Whr, port tipe C Thunderbold, 2W speaker, backlight keyboard, dan layar 14 inci full HD 1920x1080 piksel.

2. Modern 14 B11MOU

Laptop bisnis terbaik MSI ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp10 jutaan. Direkomendasikan untuk pekerja atau mahasiswa maupun para pelaku usaha. Sebab sangat mendukung multi-tasking aplikasi office.

Menggunakan CPU Core i5 dengan kartu grafis integrates intel Iris Xe membuat kinerjanya sangat pas bagi yang sering multi-tasking. Apalagi didukung RAM 8 GB dan penyimpanan SSD 512 GB, pengguna makin nyaman menggunakannya.

Layar 14 inci full HD 1920x1080 piksel, lengkap dengan webcam HS 720p, dan audio 2x 2W speaker. Untuk OS menggunakan Windows 11 Home, jadi nyaman digunakan dan cukup familiar.

Baterai menggunakan 3 cell 32 WHr, jadi bisa digunakan berjam-jam bekerja atau melakukan meeting online.

3. Bravo 15 B5DD

Lanjut ke laptop bisnis terbaik MSI berikutnya, yaitu Brovo 15 yang memiliki harga mulai dari Rp13 jutaan. Bisa dikatakan murah bagi para pebisnis sukses, tapi untuk pemula bisa dijadikan investasi cukup bagus.

Sebab teknologi di dalamnya yaitu prosesor AMD Ryzen 5000 series dan GPU AMD Radeon RX 5500M sangat mendukung berbagai pekerjaan pebisnis pemula. CPU tidak cepat panas karena ada sistem pendingin MSI Cooler Boost 5.

Ukuran layarnya 15 inci full HD dengan webcame HD720p. Untuk RAM 8 GB DDR4, storage SSD 512 GB, baterai 3 cell 53,5 Whr, sistem operasi Windows 11 Home, single backlight KB (RB) Keyboard, dan audio 2x 2W speaker.

4. Delta 15 A5EFK

Selanjutnya ada laptop bisnis terbaik yang dibekali SSD 1 TB, jadi sangat pas jika Anda ingin menyimpan banyak data di dalamnya. Performa Delta 15 ini memang sangat cocok untuk pelaku bisnis.

Selain memorinya besar, juga menggunakan 2 RAM berukuran 8 GB sehingga kinerja lebih cepat. CPU AMD Ryzen 7 5800 H dengan grafis integrated Radeon graphics. 

Ukuran layar 15,6 inci full HD 1920x1080 piksel, menggunakan keyboard RGB backlight, 2W speaker, tersedia berbagai macam tipe port, menggunakan Windows 110 Home, dan baterai 4 cell 82 Whr.

Banyak yang mengatakan laptop seharga Rp25 juta ini bukan hanya bagus untuk melakukan pekerjaan dan bisnis saja.

7. Laptop Bisnis Terbaik dari Microsoft

Membicarakan mengenai laptop bisnis tanpa menyebut Microsoft sepertinya tidak akan lengkap. Meskipun lebih dikenal dengan operating systemnya, tapi Microsoft juga punya produk laptop.

Produk hardware yang ditawarkan tidak main-main, karena fungsinya dalam pengerjaan bisnis sangat bagus. Sebelum mengecek produknya, lihat dulu beberapa keunggulan produk laptop merek Microsoft:

  • Baterainya lebih awet karena adanya prosesor Intel Keby Lake yang dapat memanajemen penggunaan daya baterai sebaik mungkin. Microsoft mengklaim bahwa laptopnya bisa bertahan selama 14 jam 30 menit dalam kondisi standby.

  • Performa mumpuni, terutama seri surface laptop yang dibekali prosesor minimal intel core i5, RAM tinggi, dan memori internal 512 GB jenis SSD. 
  • Booting cepat hanya memakan 10 detik saja.
  • Desain laptop bisnis terbaik Microsoft ini juga ramping sehingga gampang dipindahtempatkan. 

  • Layar super jernih dengan 3,4 juta piksel warna sehingga meningkatkan pengalaman multimedia pengguna.
  • Sudah dilengkapi dengan OS siap pakai, jadi pengguna setelah membeli bisa langsung menggunakannya.

Sudah tahu keunggulannya, sekarang saatnya mengenal beberapa produk dari Microsoft yang pas untuk pekerjaan bisnis:

1. Surface Laptop Go

Laptop bisnis terbaik besutan Microsoft dinamai dengan Surface, terdapat beberapa seri yang diluncurkan. Untuk seri Go, terdiri atas Gen 1 hingga 4 dengan peningkatan di masing-masing generasi terbarunya.

Untuk seri Surface Go ini memiliki keunggulan keyboard dan trackpad luas sehingga penggunaan waktu lama juga akan terasa nyaman. Jadi cocok bagi Anda yang punya masa kerja panjang membuat laporan bisnis.

Selain itu, penggunaan dayanya juga rendah sehingga dalam kondisi sehat laptop Surface Go ini bisa bertahan hingga 13 jam tanpa charging. Cocok digunakan kerja di luar atau ketika bepergian untuk keperluan bisnis.

Dari segi prosesor dibekali dengan generasi 10 Inter Core yaitu i5-1035G1, tersedia RAM 4 dan 8 GB. Untuk storage ada SSD 128 GB dan 256 GB. Layar berukuran 12,4 inci dengan resolusi 1536x1024 piksel rasio 3:2. 

Bodi untuk casing luar terbuat dari aluminium dengan base polycarbonate, diberi warna platinum sehingga tampilannya keren. Terdapat banyak eksternal port sehingga dapat terhubung dengan banyak device.

Sistem operasinya sudah pasti Windows 10 Home in S, bisa diupgrade sesuai kebutuhan. Produk Microsoft ini dibanderol dengan harga Rp10 jutaan per produk.

2. Surface Laptop 4 For Business

Setelah generasi 3 Surface rilis, berikutnya Microsoft meneluarkan laptop bisnis terbaik generasi 4 dengan orientasi pada performa maksimal, tampilan elegan, dan daya tahan penggunaan lama.

Produk yang memiliki dua variasi yaitu dengan CPU Core i5 dan i7 ini merupakan unggulan dari Microsoft. Selain itu, Microsoft juga menggaet AMD sebagai kartu grafis produknya, yaitu Ryzen 5 dan Ryzen 7.

Dibandingkan produk sebelumnya Surface 4 memang lebih andal dan sangat cocok sebagai laptop bisnis. Anda dapat pilih ukuran layar 13 atau 15 inci dan sudah disupport dengan OS Windows 10 Home.

Pilihan RAM mulai dari 8 GB, 16 GB, hingga 32 GB, dan untuk penyimpanan tersedia 256 GB, 512 GB, atau 1 TB menggunakan SSD. Harganya mulai dari Rp10 jutaan, jika memilih spesifikasi lebih tinggi, maka harga juga akan lebih mahal.

3. Surface Laptop Studio

Selanjutnya adalah laptop bisnis terbaik Microsoft seri Surface Studio, sangat pas bagi Anda yang ingin komputer tapi juga bisa jadi tab berukuran besar. Produk seri studio ini fleksibel untuk berbagai penggunaan, perfoma andal, dan tampilan elegan.

Untuk pebisnis yang hendak melakukan presentasi di depan klien, produk Microsoft ini sangat cocok. Bisa dipakai dalam bisnis developer, architects & designers, engineers, maupun data analysts.

Di dalamnya terdapat CPu Quad core 11 dan disuppro Windows 10 Pro. Untuk Ram 16 atau 32 GB, bisa disesuaikan pilihan. Memori internalnya SSD dengan pilihan 256 GB, 512 GB, 1 TB, atau 2 TB.

Layar berukuran 14 inci beresolusi 2400x1600 piksel, orientasi 3:2, bisa touch screen. Untuk grafiknya menggunakan Intel Iris Xe Graphics, dilengkapi kamera Windows Hello Face Authentication.

Bisa dikatakan ini paket lengkap, laptop multifungsi yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp20 jutaan.

8. Laptop Bisnis Terbaik dari Acer

Rekomendasi laptop yang dapat mendukung kinerja Anda sebagai pebisnis adalah Acer. Merek satu ini sempat booming saat warga Indonesia mulai banyak yang menggunakan laptop.

Meskipun saat ini sudah punya banyak saingan, ternyata Acer masih memiliki taji di dunia komputer tanah air. Buktinya, keunggulan produk laptop merek Acer masih diakui, yaitu:

  • Desainya selalu mengedepankan konsep futuristic sehingga membuat banyak orang tertarik. Tampilan selalu menarik dan modis, terutama dapat terlihat mahal meskipun harganya tidak semahal kelihatannya.
  • Harga laptop bisnis terbaik Acer bersahabat, meskipun spesifikasi tinggi tapi ditawarkan dengan harga terjangkau. Meskipun ada produk premium, tapi Acer masih mengutamakan memberikan produk-produk untul entry-level.
  • Support center yang tersedia di berbagai wilayah Indonesia. Service center Acer cukup mudah ditemukan dan hamper di setiap kota ada.

Merek Acer memang sudah tidak asing, begitupula produknya bisa ditemukan di banyak toko. Seperti beberapa produk yang cocok untuk pebisnis berikut ini:

1. Aspire 3 Spin 14

Laptop bisnis terbaik yang kompitibel dan harga terjangkau ya Aspire 3 Spin 14, harganya di kisaran Rp8 jutaan. Merupakan komputer jinjing yang mudah digunakan dan dapat diputar sehingga sangat pas untuk melakukan presentasi.

Dibekali prosesor intel core i3 dan N305 processor 8 cores membuat pekerjaan dapat dilakukan dengan mulus, anti lag. Apalagi didukung Windows 11 Home membuat pekerjaan office makin lancer.

Memorinya 512 GB SSD, cukup besar untuk menampung banyak file di dalamnya. Grafik menggunakan Intel UHD Graphics sehingga menampilkan gambar lebih mulus.

Garansi rensi Acer untuk seri Aspire 3 layar 14 inci. Tidak perlu khawatir soal tampilan sebab layar beresolusi 1920x1200 piksel ini punya fitur Acer Bluelight Shield.

2. Aspire A315-42-R0XU Ryzen

Aspire merupakan salah satu series dari Acer yang sangat populer. Salah satunya Aspire A315 yang cocok dijadikan sebagai laptop bisnis terbaik, sebab harganya hanya Rp5 jutaan saja.

Sudah dapat laptop dengan layar 15,6 inci resolusi 1366x768 piksel. CPUnya Ryzen 3 dengan kartu grafis AMD Radeon Vega 3. RAM 8 GB dan memori 1 TB, cocok untuk multi-tasking beberapa program sekaligus.

Sistem operasi menggunakan Windows 10 Home. Dilengkapi baterai 4810 mAh Li-Polymer membuat pekerjaan bisa dilakukan dalam waktu lama tanpa perlu charging baterai terus menerus.

Jenis ini cocok untuk pebisnis pemula dengan modal terbatas. Karena harganya lumayan murah dan spesifikasinya cukup mumpuni.

3. TravelMate P2 

Mari berkenalan dengan produk laptop bisnis terbaik Acer yang lebih baru, yaitu TravelMate. Terdapat beberapa seri produk ini yang memang khusus untuk pendukung kegiatan bisnis terutama perjalanan bisnis.

TravelMate P2 dirancang khusus untuk meningkatkan performa, keamanan professional, serta membuat pengalaman bekerja pengguna menjadi lebih baik. Selain itu, harganya terjangkau untuk usaha kecil.

Berbekal Intel vPro CPU Core i7 Intel generasi ke 1, GPU Nvidia GeForce RTX 2050, dan memori DDR4 hingga 64 GB, membuat kinerja lebih optimal. Apalagi ada fitur Ace Dust Defender yang menjaga performa tetap konsisten.

Dilengkapi dengan pembaca sidik jari, kamera IR, dan penutup lensa tambahan, membuat keamanan perangkat ini juga sangat terjamin. Dari segi konektivitas juga sangat lengkap, ada WiFi, Bluetooth, dan port Thunderbolt.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp8 jutaan, dapat meningkat sesuai dengan spesifikasinya.

4. TravelMate P4

Anda pelaku usaha atau pemilik perusahaan yang sering bekerja hybrid? Pilihan laptop bisnis terbaik Acer P4 bisa memenuhi kebutuhan kerja tersebut. 

Sebab seri TravelMate P4 memang dirancang untuk kinerja cepat, fitur keamanan kuat, dan pengisian daya cepat sehingga pengalaman kerja hibrid makin menyenangkan. Bisa kerja di kantor, rumah, atau saat perjalanan.

Desainnya premium dengan sasis aloi magnesium, layar bezel 16:10 sehingga pandangan pengguna bisa sejernih Kristal dalam tampilan penuh.

Performanya didukung Core i7 generasi 13, Nvidia RTX 2050 terpisah, memori RAM 64 HB. Jadi, pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar karena dukungan spesifikasi dan memori yang mencapai 2 TB SSD.

Produk ini juga dilengkapi fungsi pembersihan otomatis setiap 6 jam penggunaan, port sambungan Thunderbolt, koneksi 4G LTE, fitur kramanan pembaca sidik jari serta pengenalan wajah, dan berbagai fitur lainnya.

Harga produk dibanderol mulai dari Rp26 juta, spesifikasi yang dipilih akan memengaruhi harga.

Bagi pelaku bisnis, baik pemilik atau pekerja di dalamnya, memiliki laptop merupakan salah satu hal wajib. Sebab dapat membantu mengerjakan berbagai pekerjaan dan penyelesaian pekerjaan menjadi lebih cepat.

Pilihan merek dan tipe laptopnya juga sangat beragam, Anda bisa pilih sesuai dengan spesifikasi diinginkan serta budget. Cek dulu informasi laptop bisnis terbaik di atas sebelum membeli, agar mendapatkan pilihan terbaik.

Baca juga : Menyimak Definisi dari Berbisnis Online