Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kriteria yang Harus Ada pada Hosting Terbaik untuk Wordpress

Bagi seorang pemilik blog yang menggunakan wordpress, tidak dapat dipungkiri lagi kalau wordpress membutuhkan pendukung berupa hosting yang memadai. Sehingga saat ini banyak sekali perusahaan hosting yang menawarkan Hosting Terbaik Untuk Wordpress. 

Sebelum melangkah lebih jauh, sobat tau tidak apa yang dimaksud wordpress? Kalau belum paham, tenang Sob diartikel kali ini, kita bakalan kupas tuntas tentang wordpress, wordpress hosting dan kriteria-kriteria apa saja yang harus ada pada hosting untuk wordpress.

Hosting Terbaik untuk Wordpress

Apa Itu Wordpress?

Wordpress merupakan konten manajemen sistem (CMS) yang sudah digunakan lebih dari 30% website yang ada di seluruh dunia. Wordpress banyak dipilih karena menggunakan sistem PHP dan MySQL yang didukung oleh hampir seluruh web hosting.

Baca juga : Apa Fungsi Domain dan Hosting

Kelebihan wordpress lainnya adalah sangat mudah untuk digunakan. Kalau kamu bisa menggunakan Microsoft word, kamu pasti akan bisa menggunakan wordpress. Hal tersebut bisa terjadi karena wordpress memiliki software antar muka yang sangat mudah digunakan.

Selain itu, wordpress sebagai konten manajemen sistem tidak hanya memudahkan kamu untuk membuat blog saja, wordpress juga memudahkan kamu untuk membuat situs e-commerce, portofolio, newspaper, dll    
Sebelum membahas kriteria-kriteria apa saja yang harus ada pada hosting untuk wordpress. Apakah kamu tau Sob tentang wordpress hosting itu sendiri?

Apa itu Wordpress Hosting?

Wordpress hosting merupakan sebuah layanan hosting untuk wordpress yang memudahkan para pemilik blog untuk mengurus masalah tentang kecepatan, keamanan dan masalah sumber-sumber limit yang membatasi wordpress.

Hosting untuk wordpress ini sering disebut dengan “Managed Wordpress Hosting” karena hosting membantu seluruh kinerja wordpress seperti menunjang peforma wordpress semaksimal mungkin hingga struktur desain situs untuk keperluan wordpress.

Berikut Kriteria Yang Harus Ada pada Hosting Terbaik Untuk Wordpress 

1. Berikut standar pemilihan hosting untuk wordpress:

  • Memiliki resource limit yang lebih besar
  • Pengaturan dan penginstallan yang mudah
  • Memiliki auto update engine, plungin, dan theme yang memudahkan pengguna.
  • Memiliki auto backup untuk mengatasi masalah
  • Keamanan terjamin
  • Gratis premium theme atau plungin.

Memiliki resource limit yang lebih besar merupakan hal yang penting untuk memilih hosting wordpress, karena merupakan nilai utama dari hosting wordpress yang bisa kamu gunakan dan manfaatkan.

Setiap hosting untuk wordpress memiliki server dan teknologi yang berbeda-beda, untuk itu kamu jangan mudah tertarik dengan hosting untuk wordpres yang memiliki presentase yang besar. Kamu perlu benar-benar memperhatikan portofolio pengguna dari hosting untuk wordpress tersebut supaya tidak tertipu.

Untuk mengetahui apakah hosting untuk wordpress yang ditawarkan tersebut terpercaya, kamu dapat melihat website yang menggunakan jasa hosting tersebut. kamu bisa menggunakan Google PageSpeed untuk mengukur kecepatan loading dari website yang menggunakan jasa hosting tersebut.

Setelah itu bandingkan kecepatan yang diberikan dengan harga yang ditawarkan oleh jasa hosting untuk wordpress tersebut menarik untuk digunakan atau tidak.

Keuntungan utama menggunakan hosting untuk wordpress di blog kamu adalah kecepatan akses yang bisa mencapai 5 – 10x lipat dari hosting biasanya.

Kekurangan menggunakan hosting untuk wordpress ini adalah ketika resource limit hosting untuk wordpress tidak dibatasi, namun hal lain yang dibatasi ketika kita menggunakan hosting untuk wordpress adalah disk space dan orang yang mengunjungi website anda. 

2. Berikut merupakan angka-angka yang perlu kamu perhatikan ketika membeli hosting untuk wordpress:

  • Memiliki disk space yang diberikan
  • Memiliki CPU yang sesuai dengan kapasitas hosting 
  • Memiliki besar RAM, virtual memory, physical memori, entry process, number of process dan I/O yang sesuai
  • Memiliki batasan jumlah visitor setiap bulan 
  • Resource limit dan disk space (storage) merupakan 2 batasan utama yang ada pada hosting untuk wordpress.

Penyedia Hosting Terbaik untuk Wordpress

Saat ini cukup banyak penyedia hosting yang ada di Indonesia dengan kelebihannya masing-masing. Namun, dari sekian banyak tersebut, manakah penyedia hosting terbaik untuk WordPress? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa menyimak pembahasan berikut ini.

1. Hostinger ID

Rekomendasi hosting yang pertama adalah Hostinger ID. Mungkin layanan satu ini sudah tidak begitu asing lagi bagi para web developer atau blogger karena selain harganya yang terjangkau, kualitas layanannya pun cukup baik.

Bayangkan saja, hanya dengan budget mulai Rp40.000-an per bulan, Anda sudah mendapatkan berbagai fitur lengkap seperti penyimpanan SSD hingga 100GB, sertifikat SSL, hingga domain gratis. Semua itu akan mendukung web developer untuk membuat website yang fast response. 

Untuk proses instalasi juga tidak terlalu rumit karena cukup melakukan beberapa kali klik saja. Andai pun masih merasa kebingungan, Anda bisa langsung membuka live chat dengan admin di website Hostinger. Mereka akan senang hati membantu Anda hingga website benar-benar sudah jadi. 

Salah satu kelebihan dari Hostinger adalah update yang selalu dilakukan untuk mengikuti perkembangan dari WordPress. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena performanya akan tetap maksimal.

2. Niagahoster

Selanjutnya adalah Niagahoster. Layanan ini terkenal sebagai salah satu penyedia hosting terbaik di Indonesia. Hal tersebut terbukti dari banyaknya web developer atau blogger yang menggunakannya. Pasalnya, hosting ini memiliki keamanan dan kecepatan yang sangat baik.

Kualitas infrastruktur yang sangat solid adalah salah satu keunggulan dari Niagahoster sehingga pengguna dapat membangun sebuah website yang berkualitas. Selain itu, dari segi kecepatan, hosting ini memiliki performa yang mengagumkan, terutama di Singapura, Jepang, dan Bangalore.

Ada berbagai pilihan paket hosting yang bisa dipilih, mulai dari unlimited hosting, cloud hosting, email hosting, dan lain-lain. Dengan biaya mulai dari Rp20.000-an per bulan, Anda bisa memiliki website dengan performa yang sangat baik. 

Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Salah satu yang menjadikannya sebagai penyedia hosting terbaik untuk WordPress di Indonesia adalah adanya fitur sistem affiliate. 

Jadi, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan merekomendasikan layanan tersebut ke pengguna lain dan sudah banyak yang berhasil mendapatkan hasilnya.

3. Domainesia

Bisa dikatakan bahwa Domainesia merupakan salah satu penyedia hosting yang cukup rajin memberikan diskon atau promo kepada penggunanya. Biasanya promo tersebut bisa Anda dapatkan di hari-hari spesial seperti lebaran, natal, tahun baru, dan sebagainya. 

Lokasi data center yang tidak hanya berada di Indonesia menjadikan performanya cukup baik untuk membuat website. Dengan standar tier 3, pengguna akan lebih jarang mengalami berbagai gangguan layaknya tier 4.

Mengenai layanan yang ditawarkan, Anda bisa memilih berbagai paket hosting dengan fitur yang cukup lengkap. Semua itu bisa didapatkan hanya dengan biaya mulai Rp30.000-an saja per bulan. Dengan budget tersebut, Anda sudah mendapatkan hosting dengan space 2 GB.

Seperti halnya layanan lainnya, Anda bisa berkonsultasi atau meminta bantuan kepada customer service melalui fitur live chat yang terdapat di websitenya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila menemui kesulitan terutama pada saat awal pemasangan.

4. Dewaweb

Layanan ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda jika menginginkan layanan hosting terbaik dengan harga terjangkau. Sudah banyak orang yang membuktikan seberapa baik kualitas hosting tersebut karena memiliki server yang tersebar di berbagai negara.

Ada berbagai pilihan hosting yang tersedia, yakni mulai dari paket Scout seharga Rp20.000 hingga paket Guardian seharga Rp140.000 per bulan. Jadi, budget bukan menjadi persoalan yang berarti karena Anda bisa mulai dengan paket termurah terlebih dahulu, terutama jika masih belajar membangun website.

Menariknya, Dewaweb berani memberikan garansi 90 hari uang kembali untuk pembelian minimal paket Hunter. Dengan garansi tersebut, pelanggan berhak menerima uang kembali apabila Anda mendapatkan kualitas hosting yang tidak sesuai dengan kesepakatan atau kerap mengalami gangguan.

Dengan harganya yang sangat terjangkau, Dewaweb layak disebut sebagai salah satu hosting terbaik untuk WordPress. Jika Anda baru belajar bagaimana membuat website atau blog, sepertinya layanan ini sangat layak untuk diperhitungkan.

5. Rumahweb

Jika Anda membutuhkan layanan web hosting dan domain dengan harga terjangkau, Rumahweb adalah salah satu pilihan yang tepat. Pasalnya, harga layanan di sini memang cukup terjangkau dibandingkan layanan lainnya.

Layanan ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin membangun website, toko online, atau membuat email bisnis. Beberapa keunggulan dari Rumahweb adalah layanan customer service yang siap siaga selama 24 jam full setiap hari.

Baca juga : Apa Itu Hosting Blog, Cara Kerja, dan Contohnya

Jadi, jika Anda mengalami kesulitan atau hendak berkonsultasi cukup membuka fitur live chat yang terdapat di website. Nantinya, Anda dapat memilih apakah ingin menghubungi bagian sales, billing, atau technical support.

Selanjutnya, Rumahweb juga memberikan beberapa tutorial dasar terkait pemasangan hosting dan domain. Beberapa di antaranya adalah bagaimana cara melakukan migrasi hosting, cara memasang domain, dan masih banyak lagi.

Untuk menikmati layanan hosting dari Rumahweb, Anda bisa mulai memilih paket termurah seharga Rp25.000 saja. Dengan budget tersebut, Anda sudah mendapatkan hosting dengan spesifikasi RAM 512 MB, 1 GB disk space, dan 0,5 CPU Core.

6. Qwords

Rekomendasi hosting terbaik untuk WordPress yang berikutnya adalah Qwords. Layanan ini memiliki beberapa keunggulan seperti harga terjangkau, server stabil, layanan customer service 24 jam, dan garansi uang kembali dalam waktu 45 hari. 

Ada cukup banyak kelebihan dari Qwords, antara lain layanan support 24 jam, panduan lengkap, uptime 99.99%, jaminan keamanan, dan tier 1 network. Selain itu, Qwords juga memberikan garansi selama 30 hari terhitung sejak hosting diaktifkan.

Anda bisa memilih berbagai plan hosting sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan teknologi cloud hosting, pengguna tidak perlu khawatir apabila ingin membuat website dengan traffic yang cukup tinggi. Siklus pembayarannya juga sangat fleksibel, mulai dari bulanan, 3 bulan, dan tahunan. 

7. IDCloudHost

Terakhir, Anda bisa memilih layanan hosting dari IDCloudHost. Untuk memfasilitasi penggunanya sebaik mungkin, IDCloudHost menawarkan berbagai pilihan data center seperti Singapura, Inggris, dan Indonesia. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda nantinya. 

Mengenai paket yang ditawarkan, Anda sudah bisa mendapatkan layanan hosting mulai dari Rp 30.000 saja per bulan. Dengan budget tersebut, Anda akan memperoleh CPU 1 Core, RAM 512 MB, dan SSD 2 GB dengan bandwidth unlimited. 

Beberapa kelebihan dari IDCLoudHost antara lain memberikan garansi harga bersaing, mudah untuk melakukan upgrade, dan layanan penuh 24 jam setiap hari. Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 300.000 customer yang terpuaskan dengan layanan yang diberikan.

Jadi, sepertinya Anda tidak perlu ragu lagi jika ingin menggunakan layanan tersebut. Cukup pilih paket hosting sesuai kebutuhan, maka website yang berkualitas akan segera Anda miliki.

Itulah tadi beberapa rekomendasi hosting terbaik untuk WordPress yang bisa Anda pilih. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri sehingga Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan mana yang paling cocok dengan kebutuhan saat ini.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com