Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Perbedaan Website dengan Blog, Ini Penjelasannya

Website dan blog memiliki perbedaan yang cukup terlihat jelas, karena keduanya memang memiliki sistem yang berbeda.  

Tapi apakah Anda tahu secara pasti, apa saja perbedaannya? bagian mana yang membedakannya? Jika ingin tahu secara lebih lengkap lagi,maka perhatikan beberapa perbedaan website dengan blog.

Perbedaan Website dengan Blog

Perbedaan Website dengan Blog

1. Konten

Dalam hal konten sudah sangat mewakili perbedaan besar antara website dengan blog. Karena, konten dari website sudah bersifat umum atau global pada sebuah bisnis komersial seperti halnya website sebuah perusahaan.

Berbeda dengan blog yang memiliki konten bersifat pribadi, karena blog memang merupakan sebuah jurnal pribadi.

Sehingga, blog biasanya lebih bebas berisi artikel dan video yang berfokus pada opini, aktivitas ataupun pengalaman dari pemilik blog. 

Sedangkan, website benar-benar berisi semua informasi mengenai produk, sejarah an segala yang berhubungan tujuan pembuatan website tersebut.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Produk Unlimited Hosting Murah di Niagahoster dan masukkan kode kupon DIKAOFFICIAL agar Anda mendapatkan diskon 5%.

2. Gaya Bahasa

Blog dapat diukur juga dari gaya bahasa penyampaian tulisan di dalam konten tersebut. Itu membuktikan keduanya memang memiliki perbedaan.

Karena bersifat pribadi atau personal, pastinya cara penyampaian konten akan terasa lebih santai dan bersahabat. 

Sedangkan, untuk website yang mengarah pada bisnis memang harus dibuat lebih serius dalam berkomunikasi menyampaikan semua informasi pada konten. 

Gaya bahasa pada website memang terlihat formal atau resmi, untuk menunjukkan kredibilitas perusahaan yang mengelola website itu.

3. Pengelola

Ini sangat mudah dan sudah dapat langsung dibedakan, karena di awal sudah dijelaskan berdasarkan konten. 

Bahwa, website ditangani oleh sebuah perusahaan bisnis dengan bidang tertentu. Sedangkan, blog dilakukan oleh seorang atau sekelompk orang untuk membagikan banyak informasi melalui konten blog tersebut.

Dalam website terdapat tingkatan pengelola seperti halnya sebuah perusahaan, tapi tidak untuk blog yang hanya dikuasai oleh seseorang. Pada website dijelaskan struktur tingkatan pada perusahaan sebagai pengelola website. 

4. Update Konten      

Sebuah update konten merupakan kebutuhan penting bagi blog, dimana konten merupakan nyawa bagi blog tersebut.

Sehingga, konten memang harus selalu rutin di update baik dua hari sekali atau bahkan tiap hari. Bertahannya dan menariknya sebuah blog memang tergantung dari konten.

Berbeda dengan website yang tidak harus rutin dalam melakukan update konten tersebut jika tidak ada informasi terbaru.

Jadi website diupdate hanya pada saat ingin memperbarui informasi, baik mengenai produk, event atau apapun. Hal tersebut sudah bisa menjadi perbedaan website dengan blog.

Baca juga : Apa Itu Domain dan Hosting

5. Komunikasi

Perbedaan antara keduanya juga terdapat pada arah komunikasi baik website ataupun blog.  

Dimana komunikasi yang dilakukan oleh website hanya bersifat satu arah, karena website tidak memiliki kolom komentar.

Tidak seperti blog yang memang sengaja dibuat kolom yng diperuntukkan bagi pengunjung blog untuk berkomentar, sehingga komunikasi bersifat dua arah.

6.  Subscribe

Terakhir adalah subscribe, untuk hal yang satu ini sebenarnya keduanya memilikinya baik website maupun blog. Tapi yang menjadi perbedaan website dan blog untuk subscribe adalah fungsi dan kegunaannya. 

Subscribe pada website hanya berfungsi untuk mengirimkan newletter mengenai berbagai produk baru atau lainnya. Sedangkan, pada blog subscribe bertugas untuk memberitahukan setiap konten terbaru pada subscribernya.

Sudah terlihat apa saja yang menjadi perbedaan website dengan blog, sangat mudah untuk dikenali perbedaannya. 

Dengan begitu, Anda bisa menentukan sendiri apa kebutuhannya mengarah pada websitekah atau hanya sekedar eksistensi diri dalam sebuah blog. Tidak sulit membedakan kedua platform tersebut.   

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Domain, silahkan order Domain di Niagahoster dan masukkan kode kupon DIKAOFFICIAL agar Anda mendapatkan diskon 5%.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.