Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Dijamin Sukses

Di era digital ini, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan uang, salah satunya dengan membuat blog. 

Cara mendapatkan uang dari blog bisa dibilang mudah-mudah sulit, karena membutuhkan skill dan juga jam terbang yang tinggi agar monetisasi dengan optimal.

Blog adalah sebuah blog yang kontennya diisi oleh beberapa penulis atau hasil pemikiran sendiri.  

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Traffic Blog Paling Ampuh, Simak Disini

Isinya pun bisa bermacam-macam, misalnya mengenai pengalaman pribadi, pendapat, atau obeservasi yang disajikan dalam bentuk artikel.

Dengan menjadi seorang blogger tidak sedikit penghasilan yang dapat diraih, dan sudah banyak orang yang mmebuktikkanya. Nah, bagi yang masih bingung dan pemula, bisa mengikuti cara mendapatkan uang dari blog dalam penjelasan berikut ini. 

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

1. Pilih Platform Terbaik

Dalam pemilihan platform  merupakan langkah awal yang di siapkan dalam membangun blog. 

Sebagai seorang blogger untuk menarik banyak pengguna Internet melihat blognya tidaklah mudah, dimulai dalam pemilihan platform. Pilihlah platform yang banyak digunakan oleh blogger sebagai contoh WordPress.

Alasan memilih memilih WordPress karena mudah, efisien, memiliki pilihan tema yang cukup banyak, mobile friendly. Akan tetapi masih banyak platform lainnya seperti Blogger, Medium, Tumbler, Wattpad yang dapat dipilih. 

Dalam membangun blog pilihlah platform terbaik sesuai dengan kebutuhan.

2. Tentukan Isi Blog 

Agar menarik banyak pengunjung mulailah isi blog dengan konten yang bermanfaat dan menarik. 

Banyak ide konten saat ini seperti produk review, artikel yang informatif, berita, saran, hobi, otomotif, kesehatan, traveling, bisnis, promo diskon dan masih banyak lagi.

Carilah konten yang dapat menarik dan unik. Pilihlah konten yang berbeda dari konten lainnya sehingga dapat menarik pengunjung, karena semakin banyak pengunjungnya yang datang semakin tinggi penghasilan yang didapat dari blog.

3. Tampilan Blog

Dalam pemilihan tampilan blog, gunakan desain yang semenarik mungkin agar pengunjung tergoda untuk melihat isi konten blog. 

Pilihlah template yang sesuai dengan isi blog yang telah ditentukan. Gunakan media - media visual yang menarik

4. Gunakan SEO yang Berkualitas 

  • Apa itu SEO, search engine optimization (SEO) merupakan tehnik sistematis untuk menempatkan halaman pertama dalam mesin pencarian Google dengan menggunakan keyword yang ditentukan.
  • Karena mayoritas pengguna internet menggunakan pencarian dalam Google maka buatlah SEO sesuai dengan keyword yang ditargetkan sehingga dapat menarik pengunjung.

5. Gunakan Media Sosial 

Selain menggunakan google untuk mesin pencarian, banyak pengguna Internet saat ini memiliki media sosial. 

Salah satu fungsi media sosial bisa diggunakan  untuk ajang promosi blog. Promosikan blog untuk menjangkau banyak pengunjung.

Ada banyak media sosial yang biasa digunakan untuk promosi seperti Instagram, Twitter, Facebook, Youtube dan masih banyak lagi. Gunakan teknik marketing yang tepat agar sesuai target sasaran blog.

6. Bangun Kepercayaan 

Membangun kepercayaan tidaklah mudah. Dengan isi konten yang menarik, bermanfaat dan jujur dalam menulis isi konten hal ini dapat sebagai cara untuk mempertahankan pengunjung tetap setia dan percaya. 

Hindari membuat isi konten yang berbau SARA dan hoax yang dapat mengurangi rasa percaya.

7. Memasang Iklan Google Adsense 

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari Blog yaitu dengan Memasang Iklan Google Adsense pada blog.
 
Setelah mengetahui cara mendapatkan uang dari blog, tentu tertarik untuk menjadi seorang blogger bukan? Gunakan tips di atas yang dapat digunakan untuk menjaring pengunjung sehingga dapat meraup penghasilan yang banyak. 

Keuntungan Memiliki Blog

Sebelum Anda mempelajari tahapan pembuatan blog serta optimasinya, maka perlu mengetahui manfaat dan keuntungan terlebih dahulu. Beragam benefit seorang blogger dapat Anda simak pada uraian di bawah ini agar menambah semangat dan motivasi.

1. Berbagi Pengetahuan

Keuntungan pertama adalah berbagi pengetahuan. Perlu Anda ketahui bahwa setiap blog mempunyai penggemar dan pengunjung setianya masing-masing. Alasan mereka setia mengunjungi blog tertentu dikarenakan kesamaan tujuan maupun materi di dalamnya.

Dalam proses pengembangannya, performa blog akan lebih cepat meningkat apabila Anda memakai konten milik sendiri. Bagikan kemampuan yang dimiliki dalam bentuk tulisan dan tambahan clip art menarik agar pengunjung lebih mudah dalam memahami setiap artikel.

2. Membangun Jaringan

Keuntungan memiliki blog nomor 2 adalah membangun jaringan dan relasi. Hal ini memang salah satu efek domino yang mutlak terjadi karena pengunjung blog tidak hanya dari satu wilayah saja, bahkan hingga level internasional.

Walaupun blogger tidak dapat berkomunikasi secara langsung dengan para pengunjungnya, pada umumnya mereka akan meninggalkan komentar. Apabila beruntung, Anda akan mendapatkan tawaran atau kerja sama khusus sebagai tambahan selain penghasilan dari blog.

3. Mengasah Kemampuan Menulis

Guna menjadi seorang penulis profesional, sering kali mereka mengawali karir dari seorang blogger untuk mengasah kemampuan. Semakin sering Anda menulis, maka hasil tulisan juga akan semakin bagus dan enak dibaca. 

Gunakan waktu luang untuk menuangkan ide semaksimal mungkin. Tidak harus menyelesaikan 1 artikel dalam waktu 1 hari, melainkan bertahap dengan tujuan mendapatkan hasil lebih maksimal. Hal ini juga dapat melatih insting Anda dalam mengemas sebuah gagasan.

4. Blog untuk Bisnis

Manfaat selanjutnya saat Anda memiliki blog sendiri adalah dapat menjual produk dengan potensi penjualan lebih besar dibandingkan cara lain. Terlebih jika jumlah kunjungan harian sudah memenuhi ketentuan dari Google, maka memasarkan produk bukanlah hal yang sulit.

Anda bisa menjual produk milik pribadi ataupun mengajukan kerja sama atau berpartisipasi dalam program afiliasi. Pada umumnya, pemilik produk akan membayar sejumlah biaya untuk memasang iklan dalam artikel atau blog sesuai dengan kesepakatan.

5. Sebagai Portofolio Online

Dalam ranah dunia kerja, portofolio menjadi pertimbangan yang sangat penting sebagai bukti valid akan kemampuan bekerja. Anda pun dapat memakai blog pribadi untuk dilampirkan dalam portofolio guna menambah bobot pertimbangan saat wawancara kerja.

6. Bangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan juga termasuk dalam keuntungan menjadi seorang blogger. Anda tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai kemampuan serta kelebihan diri sendiri, namun cukup menyodorkan link blog saja.

7. Dapatkan Lebih Banyak Calon Pelanggan

Banyak calon pelanggan khususnya pebisnis profesional yang menginginkan pemasaran produknya via digital. Tentu salah satu opsi utamanya adalah melalui blog, sehingga mereka akan mencari informasi terkait blogger terkenal atau memiliki banyak pengunjung sebagai media promosi.

Sumber Penghasilan Blog

Saat Anda akan memulai karir sebagai seorang blogger, tentu banyak pertanyaan muncul seperti bagaimana penghasilan dari blog atau hal lain. Berikut ini adalah beberapa sumber penghasilan blogger sebagai bahan referensi atau motivasi.

1. Gaji Blogger dari AdSense

Sumber penghasilan utama dari seorang blogger tentu dari Adsense atau iklan yang dikelola langsung oleh perusahaan raksasa ‘Google’. Tentu untuk mendapatkan adsense blog Anda harus memenuhi ketentuan dari Google.

Baca juga : Langkah Awal Punya Tambahan Penghasilan dari Blog

Adsense bisa dibilang menjadi sumber utama dalam meraup pundi-pundi rupiah. Nominal iklan yang bisa didapatkan mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Apabila beruntung dan mempunyai traffic bagus, nilai yang diperoleh tentu lebih besar lagi.

2. Penghasilan Tambahan dari Afiliasi

Seorang blogger juga memiliki peluang besar dalam program afiliasi atau kerja sama. Pada umumnya, kerjasama dilakukan karena jumlah pengunjung blog banyak dan cenderung stabil, sehingga memiliki potensi besar untuk penjualan produk.

Anda bisa mematok tarif sesuai dengan kesepakatan pihak produsen atau pemilik produk. Kontrak pun dapat dilakukan sesuai jam tayang iklan maupun sisipan dalam artikel dan sejenisnya. Gunakan teknik komunikasi yang baik agar memperoleh kesepakatan yang menguntungkan.

3. Menjadi Brand Ambassador

Jika klien yang Anda promosikan merasa diuntungkan dan memberikan dampak positif terhadap penjualan, maka peluang menjadi brand ambassador terbuka lebar. Hal ini memungkinkan ikatan kerja sama yang lebih profesional serta nilai kontrak lebih besar.

Cara Membuat Blog Profesional dan Menguntungkan

Penjelasan mengenai penghasilan dari blog di atas tentu memberikan banyak motivasi dan inspirasi untuk segera memulai menjadi seorang blogger. Simak dengan teliti berbagai tahapan pembuatan blog di bawah ini agar target yang Anda tuju lebih mudah tercapai.

1. Tentukan Niche

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan niche. Niche merupakan fokus topik dari blog yang akan dibuat. Para pemula harus memahami bahwa niche haruslah terfokus pada sebuah bidang secara spesifik.

Salah satu contoh, Anda bisa mengisi blog dengan artikel atau postingan mengenai pertanian. Topik tersebut masih sangat luas dan mencakup berbagai elemen, sehingga masih terbilang ngambang. Anda bisa mengambil pertanian anggur, budidaya tabulampot, maupun hidroponik.

2. Daftarkan Nama Domain

Domain merupakan tempat blog Anda atau bisa dianalogikan sebagai bangunan dari toko yang sedang dijalankan. Pada tingkat profesional, domain memberikan pengaruh yang besar dalam pengembangan blog, sehingga tidak bisa sembarangan saat memilih domain.

Pada umumnya, domain digunakan dengan metode sewa. Tarif per tahunnya pun tidak selalu sama, tergantung pada paket yang dipilih oleh para blogger. Bagi Anda yang masih pemula, maka tidak perlu khawatir karena banyak tersedia domain gratis untuk belajar.

3. Publikasikan Konten dan Kembangkan Blog

Supaya segera memperoleh penghasilan dari blog, Anda harus mempublikasikan konten secara masif dan teratur. Tidak hanya berfungsi sebagai pengembangan blog, hal ini akan melatih mental Anda dalam mempromosikan produk milik sendiri serta menghadapi banyak orang.

4. Promosikan Blog

Tahapan selanjutnya dalam upaya meningkatkan kapasitas atau jumlah pengunjung adalah dengan mempromosikan blog. Gunakan media sosial untuk mempercepat proses distribusi informasi. Anda juga bisa melakukan promosi kepada teman atau sahabat agar lebih santai namun terukur.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Domain, silahkan order Domain di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.