Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komputer Gagal Booting Windows 10? Lakukan Hal Ini

Komputer gagal booting adalah salah satu masalah yang seringkali dijumpai pada PC. Ada beberapa hal yang mungkin membuat gagal booting windows 10 ketika dinyalakan, seperti halnya terkena virus, Harddisk/RAM yang tidak terbaca, dan gagalnya proses update. Berikut solusinya.

Gagal Booting Windows 10

Komputer Gagal Booting Windows 10? Lakukan Hal Ini

1. Membersihkan RAM

Cara memperbaiki windows 10 gagal booting yang pertama adalah dengan membersihkan RAM. RAM merupakan salah satu komponen dari PC yang wajib ada. Sebuah perangkat komputer tanpa RAM tidak akan bisa menyala.

Langkah untuk membersihkan RAM adalah dengan mematikan PC terlebih dahulu. Setelah itu, lepaskan semua kabel yang terkoneksi dengan saluran listrik untuk mencegah terjadinya arus pendek. Kemudian, lepaskan RAM secara hati-hati supaya tidak tergores.

Baca juga : Daftar Penyebab CPU Mati Sendiri

Setelah RAM terlepas, bersihkan secara berhati-hati dengan menggunakan sikat yang halus. Bersihkan juga bagian kuningan RAM secara perlahan menggunakan penghapus. Anda bisa memasang kembali dengan hati-hati dan mencoba menyalakan perangkat.

2. Mematikan Komputer Secara Paksa

Cara berikutnya yang bisa Anda coba ketika windows 10 gagal booting adalah dengan mematikan paksa perangkat tersebut. Hal tersebut dikarenakan ketika komputer gagal booting, proses akan berhenti dan stuck pada logo windows saja.

Langkah untuk mematikan paksa adalah dengan menekan tombol power PC hingga beberapa waktu, Anda bisa mengangkat jari dari tombol power ketika lampu indikator telah mati. Kemudian, lepaskan kabel listrik yang terhubung dan tunggu sekitar 5 hingga 10 menit.

Baca juga : PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

Nyalakan kembali PC Anda setelah waktu ke 10 menit tadi. Pastikan bahwa cara ini bisa mengatasi permasalahan dari gagal booting windows 10 pada perangkat Anda.

3. Memanfaatkan Safe Mode untuk Mendefragment Harddisk

Harddisk merupakan komponen yang penting dalam sebuah PC untuk menyimpan semua data termasuk juga system windows. Defragment adalah sebuah proses yang akan melakukan perbaikan pada bagian harddisk.

Untuk tahapannya, pada langkah pertama silahkan Anda masuk ke Safe Mode, kemudian klik Start. Setelah itu, pilih Defragment and Optimize Drives dan ketika sudah muncul, pilihlah direktori (C:). 

Langkah berikutnya adalah klik Optimize dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Anda dapat mematikan perangkat setelah proses selesai dan menyalakan kembali.

4. Menggunakan Safe Mode untuk Melakukan Reset PC

Reset PC merupakan sebuah tindakan untuk menghapus semua aplikasi yang terpasang pada perangkat dan setelan sistem pada windows. Untuk mereset PC tekan tombol F8 setelah menyalakan PC sebelum muncul logo windows.

Untuk tahapannya, klik start dan pilih setting ketika Anda telah masuk pada menu Safe Mode. Setelah itu, carilah menu Recovery dan masuk ke menu Reset This PC. Kemudian, klik Get Started, lalu akan muncul dua pilihan yakni keep my file dan remove everything. 

Pilihan keep my file untuk menjaga file-file Anda tidak akan hilang selama proses ini. Sedangkan pilihan remove everything untuk menghapus semua data dalam PC. Setelah melakukan pilihan tersebut, tunggu hingga proses reset selesai. PC akan restart dengan sendirinya ketika proses reset sudah selesai.

5. Menginstal Ulang Windows 10

Cara untuk mengatasi gagal booting windows 10 lainnya adalah dengan menginstal ulang windows 10. Siapkan flashdisk yang terisi Bootable Windows 10 dan sambungkan ke PC. Masuk ke BIOS untuk mengubah first boot dengan USB, kemudian lakukan penyimpanan dengan menekan tombol F10. 

Restart PC hingga keluar tampilan Install now dan klik tulisan tersebut. Kemudian, pilih partisi dan setelah itu klik install, tunggu hingga proses selesai.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.