Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

Apakah Anda sering mengalami PC nyala tapi monitor mati? Masalah ini cukup mengganggu terlebih saat banyak kerjaan yang harus diselesaikan. Ketahui penyebab dari gangguan tersebut dengan menyimak ulasan di bawah ini.

PC Nyala tapi Monitor Mati

PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

1. Power Monitor Belum Dinyalakan

Penyebab yang pertama dan sering tidak disadari oleh banyak pengguna adalah power monitor belum dinyalakan atau dalam kondisi off. Hal ini memang sering luput dari pemeriksaan awal karena terburu-buru dalam menyalakan perangkat komputer.

Anda harus melakukan pengecekan pada kabel power monitor saat mengalami masalah di atas. Hal yang perlu diingat adalah perangkat komputer tidak dapat dinyalakan secara bersama-sama menggunakan 1 tombol, kecuali instalasi kabel power sudah dijadikan satu.

Apabila power switch belum tergabung dalam 1 saklar, maka biasakan untuk melakukan pengecekan saat menyalakan komputer. Akan lebih baik jika Anda menyalakan power monitor terlebih dahulu sebelum menyalakan power CPU.

2. Kabel VGA Kendor/Rusak

Penyebab PC nyala tapi monitor mati berikutnya yaitu kabel VGA yang kendor atau bahkan rusak. Bila Anda perhatikan, pada kedua sisi kabel VGA terdapat sekrup untuk merapatkan port ke lubang input monitor. Apakah Anda memperhatikan hal ini sebelumnya?

Input monitor memang tidak seperti kabel televisi yang menggunakan model jack RCA dengan instalasi lebih mudah. Anda harus memastikan semua port menancap sempurna di lubang jack yang tersedia di monitor.

Baca juga : Pengertian Perangkat Keras dan Fungsinya

Apabila terdapat satu atau beberapa pin yang tidak masuk ke dalam headernya, maka gambar juga tidak dapat ditampilkan di layar monitor. Selain itu, posisi kabel yang tidak menancap sempurna juga menjadi penyebab monitor tidak dapat menyala sebagaimana mestinya.

3. Kartu VGA Bermasalah

Kartu VGA juga dapat menyebabkan perangkat komputer tidak mau menampilkan informasi di layar monitor meskipun CPU sudah menyala. Hal ini dikarenakan kartu VGA adalah perangkat yang memproses dan mengirimkan semua grafis pada layar monitor.

Apabila Anda tidak memperhatikan kebersihan CPU terutama pada bagian kartu VGA nya, maka hal ini akan sangat berisiko menimbulkan kerusakan. Kartu VGA yang kotor menjadikan kinerjanya kurang maksimal dan merusak komponen jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

4. Kondisi RAM Kotor

Selain kartu VGA yang kotor, RAM yang tidak terjaga kebersihannya juga menyebabkan komponen utama dalam komputer ini kehilangan performanya. Semua data tidak dapat diproses sebagaimana mestinya karena hambatan debu dan partikel lainnya.

Baca juga : Inilah 5 Aplikasi Pengolah Kata yang Banyak Digunakan

Anda harus mencabut semua RAM yang terpasang dan membersihkannya dengan cairan khusus. Selain itu, slot RAM juga harus dibersihkan untuk mengembalikan fungsi kerja dari bagian tersebut. Pastikan semuanya dalam keadaan bersih dan tidak ada kotoran yang masih menempel.

5. Belum Masuk Bagian Safe Mode

Istilah Safe Mode adalah kondisi di mana komputer hanya meload Driver bawaan dari Windows saja. Hal ini cukup membingungkan jika Anda adalah orang yang awam dalam mengotak-atik perangkat komputer.

Cara untuk masuk ke dalam bagian safe mode adalah dengan merestart komputer yang digunakan. Setelah itu akan muncul merek dan logo CPU yang dipakai. Tekan tombol F8 berulang kali untuk memunculkan menu Boot Options. 

Cari dan tekan menu safe mode yang tersedia di dalam layar. Selanjutnya, tunggu proses berkisar antara 5-10 menit sampai komputer menyelesaikan tahapan tersebut. Restart kembali komputer Anda untuk melihat perubahannya.

Beberapa penyebab PC nyala tapi monitor mati tersebut dapat dijadikan sebagai rujukan informasi dalam mengatasi permasalah komputer Anda. Jangan lupa melakukan perawatan rutin agar perangkat komputer tetap dalam kondisi prima dan siap untuk bekerja.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.