Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Motherboard Komputer Rusak yang Penting Dipahami

Motherboard merupakan komponen penting dalam komputer karena jika mengalami kerusakan akan membuat perangkat tidak bisa dioperasikan sebagaimana mestinya. Lalu, apa saja ciri-ciri yang bisa diperhatikan jika motherboard komputer rusak? Berikut ini penjelasannya secara lengkap.

Ciri-ciri Motherboard Komputer Rusak

Ciri-ciri Motherboard Komputer Rusak

1. Menghasilkan Suara

Ciri pertama yang bisa diperhatikan untuk memastikan terjadi kerusakan pada motherboard komputer, yaitu terdengar bunyi bip bip. Pada dasarnya komponen ini disertai dengan alat diagnosis yang membuat motherboard komputer mampu mendeteksi kerusakannya secara mandiri.

Suara yang ditimbulkan juga beragam, mulai dari bip berulang tiga kali, secara pendek, bahkan dalam jangka waktu lama. Setiap suara bip yang ditimbulkan tersebut memiliki makna tersendiri mengenai jenis kerusakan di motherboard.

Baca juga : PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

Pemilik komputer bisa menerjemahkan suara bip yang dihasilkan melalui website pabrik pencipta motherboard tersebut. Website tersebut akan menyediakan daftar kode serta terjemahannya untuk membantu pengguna komputer segera mendeteksi apa jenis kerusakan yang sedang terjadi.

2. Komputer Menjadi Sulit Dihidupkan

Motherboard merupakan jantung komputer, sehingga ketika komponen ini rusak akan menyebabkan perangkat sulit dihidupkan. Hal ini bisa terjadi karena sistem operasi pada komputer tersebut sudah lama tidak diperbaiki yang membuat kinerjanya tidak optimal.

Selain itu, komputer not responding ini bisa terjadi karena HDD yang digunakan sudah usang dan mengalami error. Anda juga perlu mengecek kerusakan pada kabel penghubung HDD karena komponen ini berguna untuk membaca file sistem operasi.

3. Komputer Sering Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba

Ciri-ciri selanjutnya yang menandai motherboard komputer rusak adalah perangkat sering mati sendiri. Permasalahan ini berkaitan dengan kerusakan perangkat motherboard dan kinerja cooling pad pada laptop. Motherboard mempunyai komponen pendeteksi suhu yang menyesuaikan kinerja cooling pad.

Ketika pendeteksi suhu tersebut rusak, maka cooling pada bekerja secara sembarangan yang membuat motherboard cepat panas. Hal ini bisa membuat kerusakan merambat ke perangkat lain akibat adanya overheat.

Oleh sebab itu, ketika komputer sering mati tiba-tiba Anda bisa mengecek apakah permasalahan berasal dari komponen motherboard, kerusakan cooling pad atau overheat. Hal ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi berpengalaman agar tidak merusak komponen lain.

4. Stuck Pada Boot Screen Ketika Membuka Layar

Layar stuck pada boot screen ketika proses menyalakan komputer merupakan tanda berikutnya adanya kerusakan pada motherboard. Layar komputer akan blank dan berwarna hitam, lalu kursor berkedip di bagian pojok kiri atas.

Penyebab permasalahan tersebut umumnya adalah kesalahan BIOS karena boot loader pada sistem operasi. Tak hanya itu saja, kerusakan ini juga bisa terjadi karena adanya crash pada komponen harddisk perangkat komputer.

Baca juga : Komputer Gagal Booting Windows 10? Lakukan Hal Ini

Apabila hal ini terjadi secara berkepanjangan, maka sebaiknya Anda segera memutuskan untuk mengecek chipset motherboard. Pastikan apakah terjadi permasalahan pada chipset atau komponen lainnya pada motherboard.

5. Terdapat Komponen Fisik yang Rusak

Satu lagi ciri khas adanya permasalahan pada motherboard, yaitu terdapat komponen fisik yang rusak. Ciri-ciri motherboard komputer rusak satu ini yang paling bisa dideteksi secara langsung melalui pandangan mata asal Anda memperhatikannya dengan jeli.

Anda bisa mengetahui adanya komponen fisik yang rusak dengan cara membongkar motherboard dan memeriksa setiap bagiannya dengan seksama. Perhatikan apakah terdapat komponen yang hangus karena suhu terlalu panas, lepas dari tempatnya, atau rusak.

Kerusakan fisik yang paling sering terjadi adalah kapasitor motherboard hangus karena materialnya cacat, usianya sudah tua, atau overheat akibat suhu terlalu panas. Akan tetapi, Anda harus memahami cara bongkar rakitan motherboard agar bisa mengatasinya atau memilih menyerahkan pada teknisi.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.