Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Penyebab CPU Mati Sendiri

Ada banyak hal dan faktor yang menyebabkan CPU mati sendiri. Walaupun Anda bukan teknisi dan ahli mengotak-atik perangkat komputer, namun pengetahuan mengenai hal itu juga sangat diperlukan. Ini akan sangat membantu Anda dalam menangani permasalahan seputar bagian PC.

Daftar Penyebab CPU Mati Sendiri

Daftar Penyebab CPU Mati Sendiri

1. Virus

Penyebab pertama dari bagian CPU komputer yang mati sendiri adalah adanya virus yang menyerang perangkat Anda. Keberadaan virus ini memang tidak sepenuhnya dapat dideteksi. Meskipun sudah menggunakan software anti virus, potensi terburuk tetap ada di setiap perangkat.

Baca juga : PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

Pada kasus tertentu memang terdapat peretas yang menyisipkan virus dengan kemampuan kendali jarak jauh. Kendali tersebut dapat digunakan untuk menonaktifkan perangkat sesuai dengan keinginan dari peretas tersebut.

2. Komputer Mengalami Overheat

Penyebab selanjutnya dari CPU yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya yaitu komputer mengalami overheat. Hal ini dapat disebabkan adanya beban berlebihan yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer namun tetap dipaksakan.

Apabila kondisi tersebut berlangsung secara terus menerus, maka perangkat akan mengalami kerusakan pada bagian tertentu. Tidak jarang perangkat tersebut menjadi mati total dan tidak dapat digunakan kembali karena banyak komponen rusak.

3. Masalah Perangkat Lunak

Pada beberapa perangkat lunak (software) memang sengaja disisipkan fitur pengontrol daya dari perangkat komputer. Dengan kata lain, untuk mematikan CPU, tidak perlu masuk ke menu windows atau menekan tombol power, cukup melalui aplikasi tersebut.

Baca juga : Pengertian Perangkat Keras dan Fungsinya

Periksa setiap perangkat lunak yang Anda gunakan untuk memastikan tidak ada fitur tersebut. Meskipun memudahkan dalam mengontrol daya, bagi pemula fasilitas ini justru membahayakan dan kurang sesuai.

4. Kegagalan Catu Daya

Kegagalan catu daya juga menjadi salah satu penyebab CPU mati sendiri. Semakin tinggi spesifikasi komputer, maka daya yang dibutuhkan juga semakin besar. Jika daya yang diterima kurang dari yang dibutuhkan, maka power supply akan otomatis mati.

Kerusakan pada komponen juga dapat menyebabkan suplai daya ke seluruh komponen menjadi berkurang bahkan tidak ada. Akibatnya, komponen tersebut tidak dapat menyala dan menjalankan fungsinya seperti saat kondisi normal.

5. Masalah RAM/Memori

Kondisi RAM yang terlalu tua juga dapat menyebabkan kegagalan dalam melakukan semua pemrosesan data. Hal ini berimbas pada CPU yang otomatis mati akibat tidak ada sinyal masuk dari RAM ke semua komponen lain.

Umumnya, RAM mengalami masalah karena adanya kotoran atau partikel lain yang terdapat di dalamnya. Hal ini terjadi akibat dari perawatan yang kurang rutin dan terjaga, sehingga komponen tersebut menjadi kotor dan merusak komponen lainnya.

6. Komponen yang Rusak

Sebagaimana diketahui bahwa komputer adalah serangkaian komponen yang dijalankan secara bersama-sama dan saling menopang. Apabila terdapat kerusakan pada salah satu bagian akan menyebabkan malfungsi bagian yang lainnya.

Komponen yang rusak dapat diakibatkan oleh usia pemakaian sudah terlalu lama dan tidak diperbarui secara berkala. Performa dari komponen lama juga tidak akan sebagus komponen baru yang sudah dikalibrasi sesuai kebutuhan di masa sekarang.

7. Kapasitor Bengkak

Penyebab CPU mati sendiri berikutnya adalah kapasitor yang bengkak. Apabila dalam kondisi normal, kapasitor memiliki bentuk yang rapi dan presisi karena fungsinya menyimpan daya yang dialirkan sebagai cadangan.

Suplai arus yang tidak stabil dapat menyebabkan kapasitor menjadi bengkak. Jika hal ini tidak segera diganti, maka CPU akan kehilangan daya dan mati. Potensi terburuk adalah kapasitor meledak dan merusak komponen lainnya.

Beberapa penyebab CPU otomatis mati di atas harus Anda ketahui dan bisa menjadi acuan saat menemui kondisi serupa. Jika tidak memungkinkan, segera panggil teknisi agar semua permasalahan dapat tertangani dengan benar.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.