Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Prosesor Komputer Terbaik Harga Terjangkau

Prosesor merupakan perangkat yang berfungsi sebagai otak di dalam komputer. Mendapatkan performa komputer yang baik selain mempertimbangkan dari kualitas, tentu Anda juga memikirkan budget dalam memilih prosesor. Berikut ini daftar prosesor komputer terbaik dengan harga terjangkau. 

Daftar Prosesor Komputer Terbaik

Daftar Prosesor Komputer Terbaik

1. Intel Pentium 

Prosesor komputer ini adalah salah satu produk yang dikeluarkan oleh Intel pertama kali. Intel Pentium adalah prosesor dengan harga terjangkau dan kualitas yang ditawarkan cukup mumpuni untuk aktivitas hyper threading.

Prosesor Intel Pentium gold ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp. 1 jutaan saja.  Clock Speed yang dibekali di prosesor ini yaitu sebesar 3.8 GhZ dan chipsetnya sendiri adalah 300.

Baca juga : Spesifikasi Komputer untuk Coding yang Direkomendasikan

2. Intel Core i3

Masih membahas perangkat keluaran Intel, prosesor harga terjangkau yang bisa Anda pertimbangkan juga adalah Intel core i3. Harga prosesor ini masih di kisaran Rp. 1 jutaan sekian saja. Bagi Anda yang menggunakan komputer untuk keperluan konten bahkan gaming sekalipun masih bisa memakainya.

Dilihat dari spesifikasinya, Intel core i3 mempunyai TDP 58 W, core count 4 dan performance boost cloknya mencapai 4.3 Hz. Dalam prosesor ini juga didukung performance L1 hingga L3, sedangkan untuk lihitographinya sendiri yaitu sebesar 10 nm.

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu prosesor komputer terbaik ini mempunyai 2 seri yaitu seri F 10105 dan 12100 F. Kedua seri prosesor ini memiliki perbedaan harga yang tidak terlalu jauh. Kekurangan dari Intel core i3 ini yaitu masih dibutuhkan ekstra VGA untuk tampilan graphic lebih berkualitas.

3. AMD Athlon

Jika Anda ingin mencari prosesor di kisaran harga Rp. 1 jutaan dari produk AMD, maka Athlon 3000 G bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan harga sebesar Rp 1 juta, jika memilih prosesor ini untuk komputer Anda tidak membutuhkan tambahan VGA. 

Alasannya karena di prosesor ini sudah dibekali dengan iGPU Radeon Vega 3 dengan tampilan cukup mumpuni. Jenis prosesor dari AMD ini, meskipun harganya terjangkau maximum memory supportnya cukup besar yaitu 128 GB.

Socket yang dipakai di AMD Athlon ini menggunakan AM4. Sedangkan untuk microarchitecture yang digunakan didalamnya adalah Zen. 

4. AMD Ryzen 3

Apakah Anda mencari prosesor komputer dengan core count 4? Jika iya, AMD Ryzen 3 ini bisa Anda pertimbangkan. Dibandrol dengan harga Rp. 1.5 jutaan, membuat prosesor ini layak untuk Anda pilih. Prosesor ini juga bagus digunakan untuk kegiatan seperti pembuatan konten.

Baca juga : Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

Dengan harga di bawah 2 juta, Anda bisa mendapatkan performa prosesor yang baik dan juga didukung oleh simultaneous multithreading. Support memory yang disisipkan di prosesor ini juga terbilang memberikan keleluasan bagi Anda karena jumlahnya sebesar 128 GB. 

5. AMD Ryzen 5

Apabila Anda mempunyai dana lebih banyak, maka prosesor mid-range keluaran AMD ini bisa menjadi opsi bagus. Prosesor AMD Ryzen 5 ini bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 2 juta lebih. Harga tersebut masih cukup terjangkau dengan kualitas yang ditawarkan.

Prosesor AMD Ryzen 5 ini mempunyai beberapa versi seperti 1500X, 1600 dan 1600X. Ketiga seri tersebut mempunyai perbedaan dari segi cores, thread, base clock dan beberapa spesifikasi lainnya. Salah satu Prosesor komputer terbaik dari AMD ini cocok kegiatan gaming dan aktivitas berat lainnya. 

Itulah beberapa rekomendasi prosesor komputer dengan performa bagus, namun masih di kisaran harga Rp 2 jutaan. Pastikan untuk selalu melihat spesifikasi dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Baik dari kebutuhan pemakaian dan budget untuk membelinya.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.