Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

Sistem operasi komputer ini pun memberikan layanan yang bisa digunakan oleh aplikasi untuk melakukan fungsinya atau juga yang disebut service. Layanan sistem operasi ini pun bisa dipakai oleh aplikasi untuk melakukan instruksi mengenai kontrol perangkat lunak dan perangkat keras.

Baca juga : Memahami Pengertian Perangkat Lunak, Tujuan dan Contohnya

Perangkat lunak adalah sebuah sebutan yang biasa digunakan untuk perangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol dan manajemen perangkat keras, dimana nanti aplikasi bisa berjalan. Perangkat lunak yang dikendalikan oleh sistem operasi atau dengan aplikasi, seperti aplikasi pengolah kata maupun game.

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Pengertian sistem operasi komputer secara umum merupakan sebauh perangkat lunak sistem yang dijalankan langsung ketika komputer booting yang mana memiliki tugas untuk manajemen perangkat lunak dan perangkat keras yang terhubung. 

Tidak cukup hanya mengetahui pengertian sistem operasi komputer, namun Anda juga harus tahu bahwa sistem operasi memiliki 2 jenis antarmuka, yaitu:

1. Command Line Interface atau CLI, yaitu antarmuka yang digunakan untuk menggunakan sistem operasi dengan cara mengetik perintah. Penggunaan CLI ini biasanya untuk masalah kebutuhan manajemen server, jaringan, dan programming.

2. Graphical User Interface atau GUI merupakan antarmuka interaktif yang memakai grafis visual untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan sistem operasi bersangkutan. Penggunaan GUI in pun populer digunakan untuk berbagai keperluan.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi pada komputer memiliki berbagai peranan penting untuk mendukung kinerja kompleks dari perangkat tersebut. Lalu, apa saja fungsi dari sistem operasi yang ada pada setiap komputer? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mengamankan Program

Fungsi pertama dari sistem operasi adalah berguna untuk mengamankan program yang ada di dalam komputer. Komponen ini berguna untuk mencegah program terserang malware berbahaya yang bisa merusaknya ketika sedang diakses oleh user.

2. Menampilkan Visualisasi Laman

Berikutnya, sistem operasi komputer berguna untuk menampilkan visualisasi laman dengan cara mengolah bahasa pemrograman yang berasal dari CPU. Selanjutnya, data tersebut akan disajikan dalam bentuk audio, video, teks, dan, grafis sesuai spesifikasi laman yang digunakan.

3. Menyimpan Aplikasi atau Program

Kegunaan penting lainnya dari sistem operasi, yaitu untuk menjalankan program atau aplikasi yang melekat di dalam OS. Aplikasi tersebut hanya bisa berjalan ketika sistem operasi mampu bekerja dengan baik.

4. Mengatur Kinerja Komputer

Sistem operasi pada komputer juga berguna untuk mengatur kinerja perangkat bahkan bisa menjadi perantara hardware dan software. OS pada komputer berguna untuk mengontrol berbagai komponen perangkat lunak, misalnya memory card, CPU, dan hard disk.

5. Menjalankan Operasi Dasar

Berdasarkan namanya, salah satu fungsi utama dari OS adalah menjalankan operasi dasar atau pemrograman pada komputer. Sistem operasi merupakan komponen dasar bagi software lain di komputer agar dapat berjalan.

6. Manajemen Sumber Daya Komputer

Selanjutnya, sistem operasi berfungsi sebagai manajemen sumber daya yang ada di dalam komputer dengan menjalankan fungsi masing-masing. Adanya sistem operasi membuat komputer bisa menjalankan aplikasi secara bersamaan dan memberikan akses pada penyimpanan.

7. Mengoptimalkan Perangkat

Fungsi lain dari sistem operasi pada komputer, yaitu mengoptimalkan berbagai komponen dalam perangkat. OS akan bekerja secara optimal untuk mengendalikan software dan hardware akan keduanya dapat bekerjasama dengan baik.

8. Menunjang Keamanan 

Sistem operasi pada perangkat berguna untuk menunjang keamanan komputer agar bisa bekerja secara optimal. Setiap OS dibekali dengan sistem keamanan mumpuni sesuai spesifikasinya, sehingga user tidak perlu khawatir lagi jika mengoperasikan komputer.

9. Storage Management

Tugas dari sistem operasi dalam hal ini adalah mengatur data yang akan disimpan di dalam harddisk sebagai secondary memory. Selanjutnya, sistem operasi juga akan mengatur bagaimana user bisa mengakses kembali data tersebut.

10. Memory Management

Sistem operasi komputer juga berguna untuk mengatur alokasi RAM untuk program sebagai penyimpanan utama perangkat. Hal ini karena setiap program perlu mendapatkan ruang penyimpanan di komputer terlebih dahulu agar bisa dijalankan dengan baik dan tidak mengalami kerusakan.

Contoh Sistem Operasi Komputer

1. macOS

Jenis sistem operasi komputer pertama, yaitu Mac OS yang pertama kali dirilis pada 1984 oleh Apple Computer. Sistem operasi ini pertama kali dirilis berbasis GUI dimana hingga saat ini Mac OS hanya digunakan untuk hardware keluaran Apple.

Apple merupakan perusahaan yang menciptakan berbagai perangkat komputer dengan tampilan eksklusif dan teknologi terbaik. Mac OS juga berbeda dengan sistem operasi lainnya karena tidak memiliki baris perintah di dalamnya.

Sistem operasi ini bekerja dengan antarmuka pengguna grafik secara penuh, sehingga tampilannya sangat memuaskan. Mac OS adalah sistem operasi yang memperkenalkan adanya sistem file hirarki pada penyimpanan perangkat. 

2. Linux

Jenis sistem operasi berikutnya, yaitu Linux yang merupakan hasil pengembangan dari Unix. Linux hadir dengan kinerja yang sangat lengkap karena berbasis open source. Hal ini memungkinkan pengguna bisa menggandakan dan mengembangkanprogram yang memiliki lisensi resmi.

Baca juga : Pengertian Perangkat Keras dan Fungsinya

Sistem operasi Linux dikembangkan pertama kali pada 1991 oleh Linus Torvald yang merupakan mahasiswa dari Finlandia. Linux mendukung berbagai aktivitas di komputer, seperti pengembangan software dan jaringan perangkat misalnya.

Apabila dilihat dari harganya, Linux lebih murah apabila dibandingkan OS komersial yang banyak ditemukan saat ini. Sistem operasi dengan kinerja cukup baik ini masih digemari karena pengguna bebas mengembangkannya.

3. Unix

Macam-macam sistem operasi komputer berikutnya adalah Unix yang pertama kali dikembangkan pada 1965. Projek awal sistem operasi ini disebut sebagai multiplexed information and computing service (Multics). Pada tahun 1973, OS ini hadir menggunakan bahasa pemrograman C.

Kemudian, sistem operasi Unix dikembangkan oleh AT and T Bell Laboratories hingga berhasil meluncurkan versi komersilnya. Versi komersil ini diberi nama Unix system V yang biasanya digunakan untuk menjalankan jaringan komputer.

Pada mulanya Unix merupakan sistem operasi komputer yang memiliki sifat command line interface. Berikutnya, OS ini hadir dalam versi GUI  yang bertujuan untuk memudahkan penggunanya dalam menjalankan perangkat.

4. Microsoft Windows

Sistem operasi microsoft windows sudah tidak asing lagi karena banyak digunakan oleh perangkat lunak komputer d seluruh dunia. Microsoft mengembangkan sistem operasi windows dengan cara kerja berbasis grafis antarmuka.

Sejak pertama kali dirilis, sistem operasi ini sudah sangat populer karena aplikasi grafis buatan microsoft, misalnya word dan excel. Sistem operasi Windows sudah mengeluarkan berbagai versi hingga saat ini karena mengalami pembaruan secara berkala.

Pada versi terbaru Windows terdapat berbagai spesifikasi lengkap menyesuaikan dengan kebutuhan komputer. Anda bisa menemukan sistem operasi Windows dengan mudah karena saat ini sudah digunakan oleh sebagian besar personal komputer.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com