Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

Sistem operasi komputer ini pun memberikan layanan yang bisa digunakan oleh aplikasi untuk melakukan fungsinya atau juga yang disebut service. Layanan sistem operasi ini pun bisa dipakai oleh aplikasi untuk melakukan instruksi mengenai kontrol perangkat lunak dan perangkat keras.

Baca juga : 4 Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku

Perangkat lunak adalah sebuah sebutan yang biasa digunakan untuk perangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol dan manajemen perangkat keras, dimana nanti aplikasi bisa berjalan. Perangkat lunak yang dikendalikan oleh sistem operasi atau dengan aplikasi, seperti aplikasi pengolah kata maupun game.

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Pengertian sistem operasi komputer secara umum merupakan sebauh perangkat lunak sistem yang dijalankan langsung ketika komputer booting yang mana memiliki tugas untuk manajemen perangkat lunak dan perangkat keras yang terhubung. 

Tidak cukup hanya mengetahui pengertian sistem operasi komputer, namun Anda jiga harus tahu bahwa sistem operasi memiliki 2 jenis antarmuka, yaitu:

1. Command Line Interface atau CLI, yaitu antarmuka yang digunakan untuk menggunakan sistem operasi dengan cara mengetik perintah. Penggunaan CLI ini biasanya untuk masalah kebutuhan manajemen server, jaringan, dan programming.

2. Graphical User Interface atau GUI merupakan antarmuka interaktif yang memakai grafis visual untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan sistem operasi bersangkutan. Penggunaan GUI in pun populer digunakan untuk berbagai keperluan.

Fungsi Sistem Operasi

Setelah mengetahui pengertian sistem operasi komputer, aada juga peran penting di dalam suatu sistem computer, diantaranya:

1. Memberikan tampilan utama komputer 

2. Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan

3. Membagi memory komputer ke aplikasi yang sedang berjalan.

4. Mengatur input dan output hardware yang telah terpasang di sistem komputer.

5. Mengirim pesan ke aplikasi mengenai kinerja sistem, supaya nanti bisa diterima oleh pengguna sesuai dengan tujuan aplikasi.

6. Membuat catatan dari aplikasi yang dijalankan 

7. Melakukan manajemen partisi dan file

8. Mengerjakan perintah instruksi ke prosesor untuk memaksimalkan kinerja sistem komputer

9. Serta menghubungkan BIOS dengan driver dari suatu perangkat keras sehingga perangkat keras bisa dioperasikan.

Contoh Sistem Operasi Komputer

Terakhir, selain pengertian sistem operasi komputer, adalah seperti apa contohnya, yaitu:

1. Microsoft Windows

Microsoft Windows merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antarmuka grafis (GUI). Microsoft Windows ini pun menjadi sistem operasi komputer paling populer di dunia, yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman. 

Baca juga : 5 Cara agar Cepat Laku Jualan Online

Microsoft Windows pun nyatanya begitu populer di kalangan pengguna komputer pada umumnya, karena memang kemudahan penggunaan, dukungan software-software utama untuk kebutuhan sehari-hari misalnya Microsoft Office hingga game yang banyak.

2. Mac OS

Mac OS merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Apple yang merupakan sistem operasi standar dari perangkat komputer keluarannya. Sehingga Mac OS ini hanya bisa dipakai pada perangkat Apple. Mac OS ini adalah sistem operasi yang stabil untuk penggunaan pada umumnya. 

3. GNU/Linux

GNU/Linux sebenarnya merupakan keluarga sistem operasi mirip UNIX yang adalah sistem operasi komputer sumber terbuka dimana sudah dikembangkan oleh komunitasnya sejak 1991. Linux ini sendiri adalah sistem kernel yang dalam proyek GNU sampai saat ini.

Karena memang dibangun oleh komunitas yang besar, GNU/Linux ini bahkan sudah terbukti sebagai sistem operasi yang paling stabil serta memiliki manajemen memori yang sangat baik. GNU/Linux in pun juga begitu populer di kalangan manajemen server dan sysadmin. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.