Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merakit Komputer di Rumah yang Efisien

Merakit komputer sendiri bukanlah sebuah hal yang sulit. Anda cukup mempelajari proses instalasi melalui internet atau media sosial. Berikut ini cara merakit komputer di rumah yang benar dari awal hingga proses instalasi sistem operasi. Simak secara seksama dan berurutan.

Cara Merakit Komputer

Cara Merakit Komputer

1. Pasang Processor Ke Motherboard

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasang processor ke Motherboard. Kedua komponen ini merupakan otak dari komputer nantinya, sehingga perannya sangat vital dan perlu kehati-hatian dalam memasangnya.

Anda harus memperhatikan tanda atau simbol yang berada di salah satu sisi socket Motherboard dan prosesor. Apabila salah dalam meletakkan atau tidak sesuai dengan tanda tersebut, maka bisa dipastikan akan mengalami kerusakan.

2. Pasang Heatsink Prosesor

Heatsink menjadi bagian penting untuk menjaga suhu dan temperatur prosesor tetap stabil atau tidak mengalami overheat. Pemasangan heatsink akan memberikan ruang lebih luas untuk prosesor membiaskan panas.

Pada umumnya, heatsink juga dilengkapi dengan kipas pendingin. Tentu fungsi utamanya adalah mempercepat pendinginan heatsink dan prosesor. Seiring berkembangnya zaman, fungsi heatsink digantikan dengan air cooling yang dibuat secara khusus.

3. Pasang RAM ke Motherboard

Langkah selanjutnya adalah memasang RAM ke motherboard. Fungsi RAM yaitu menjadi asisten prosesor dalam memproses data dan melakukan penyimpanan sementara. RAM juga membantu kestabilan proses sehingga tidak mempunyai beban berlebihan.

Pastikan Anda menggunakan tipe RAM yang mempunyai kualitas dan spesifikasi tinggi. Hal ini bertujuan untuk memperpanjang umur komputer Anda nantinya. Rekomendasi minimal untuk RAM adalah tipe DDR3, namun untuk penggunaan berat harus di atas tipe tersebut.

4. Pasang Kabel Motherboard

Setelah RAM terpasang secara sempurna, cara merakit komputer di rumah berikutnya yaitu memasang kabel motherboard. Biasanya, setiap pembelian motherboard selalu dilengkapi kabel tambahan untuk koneksi ke komponen lainnya.

Baca juga : Tips Merakit PC untuk Programmer Pemula

Pasang semua kabel yang terhubung dengan semua port di dalam casing CPU. Rapikan pula tata letak setiap kabel agar lebih rapi saat dilihat. Anda dapat menggunakan kabel tis atau kawat kecil untuk membantu perapian instalasi kabel.

5. Memasukkan Motherboard ke Casing CPU

Langkah selanjutnya adalah memasukkan motherboard ke dalam casing CPU. Sesuai dengan instruksi sebelumnya, saat Anda sudah merapikan kabel dan socket, maka proses pemasangan motherboard jauh lebih mudah.

Pastikan semua kabel terhubung ke socketnya dengan benar. Hal ini harus benar-benar Anda periksa dan teliti beberapa kali. Kesalahan menancapkan kabel akan berakibat fatal nantinya. Anda bisa memeriksa simbol atau tanda di setiap socket guna mempermudah dalam instalasi. 

6. Pasang Power Supply

Langkah keenam yang harus Anda lakukan adalah memasang sumber catu daya atau power supply. Komponen ini berfungsi sebagai pengubah arus serta sumber daya yang dibutuhkan oleh semua bagian lainnya.

Apabila dalam casing CPU tidak terdapat sisa ruang yang cukup luas, Anda bisa meletakkan power supply di luar CPU atau model terpisah. Hal ini tidak mempengaruhi kinerja komputer Anda kedepannya, jadi tidak perlu khawatir akan instalasi di luar kebiasaan.

7. Pasang Drive dan VGA

Setelah power supply terpasang dengan baik, lanjutkan dengan memasang Drive dan kartu grafis atau dikenal juga dengan VGA. Fungsi Drive adalah untuk membaca data yang dimasukkan ke dalam CPU, sedangkan VGA menjadi penanggung jawab pengolah grafis di komputer.

Baca juga : Komputer Gagal Booting Windows 10? Lakukan Hal Ini

8. Instal Sistem Operasi

Langkah terakhir dalam rangkaian cara merakit komputer di rumah adalah menginstal sistem operasi. Anda bisa memulai dengan menghidupkan CPU, kemudian akan diarahkan ke menu booting. Ikuti panduan di dalamnya untuk menyelesaikan proses instalasi.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.