Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saat Layar Komputer Hitam, Ini Solusinya

Layar komputer hitam dapat disebabkan oleh berbagai permasalahan, misalnya kerusakan pada salah satu komponennya. Lalu, apa saja solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi layar komputer blank berwarna hitam? Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut. 

Layar Komputer Hitam

Saat Layar Komputer Hitam, Ini Solusinya

1. Mengecek Menggunakan Monitor Eksternal

Solusi pertama yang bisa digunakan adalah mengecek komputer menggunakan monitor eksternal. Cara ini akan membantu Anda untuk mengecek keadaan dua hardware sekaligus, yakni kondisi VGA card dan layar komputer.

Anda bisa menyambungkan perangkat ke monitor lainnya menggunakan kabel khusus, yaitu tipe HDMI, DVI, atau VGA. Apabila ketiganya tidak ada, gunakan kabel LCD TV yang cocok di port komputer. Tekan FN + F1 hingga F12, lalu cek keyboard untuk mengganti mode ke opsi layar eksternal.

Baca juga : PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

Apabila muncul gambar di layar, maka kemungkinan LCD mengalami kerusakan dan harus diganti. Sementara jika tidak muncul gambar, maka bisa jadi terdapat kerusakan di dalam VGA yang membutuhkan pengecekan lanjutan.

2. Mengganti Display Projection

Alternatif berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi layar komputer berwarna hitam, yaitu mengganti display projection. Layar komputer seringkali berubah menjadi warna hitam ketika Anda menyambungkannya ke monitor atau proyektor.

Kembalikan tampilan layar komputer ke display utama dengan menekan tombol shortcut yang ada di keyboard. Caranya, yaitu tekan tombol P+windows secara bersamaan agar memunculkan opsi projection layar.

Anda bisa memanfaatkan tombol P untuk mengganti display projection karena tidak bisa memakai mouse. Tekan tombol P tersebut hingga menunjuk ke opsi PC screen only dan tunggu tampilan layar komputer akan muncul kembali.

3. Mengaktifkan Safe Mode

Mengaktifkan safe mode merupakan salah satu cara mengatasi layar komputer hitam yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Safe mode bisa digunakan untuk memperbaiki update tidak sempurna yang menjadi salah satu penyebab layar laptop blank.

Baca juga : Pengertian Perangkat Keras dan Fungsinya

Selain itu, safe mode bisa membantu Anda untuk menghapus aplikasi yang menyebabkan gangguan pada laptop. Setelah mengaktifkan safe mode dan menguninstall program yang menjadi penyebab black screen, lanjutkan dengan menggunakan fitur backup system restore point.

Fitur tersebut berguna untuk mengembalikan keadaan komputer agar bisa berjalan dengan baik seperti semula. Apabila fitur ini masih bekerja secara normal, maka black screen bisa langsung teratasi secara cepat tanpa harus install ulang program.

4. Setting BIOS ke Pengaturan Bawaan

Solusi berikutnya, setting kembali BIOS ke pengaturan bawaan guna memulihkan black screen agar komputer bisa kembali normal. Langkah ini dilakukan untuk mengembalikan pengaturan BIOS seperti bawaan guna mengantisipasi adanya kesalahan di komputer.

Pengaturan BIOS yang sudah kembali normal cukup ampuh untuk mengatasi layar komputer yang blank, terutama jika fitur ini masih berfungsi dengan baik. Cara untuk mengakses menu BIOS di setiap komputer berbeda, yaitu Anda bisa menekan salah satu tombol F2, F8, F11, dan delete.

Lalu, buka menu exit dan ketuk tombol load defaults untuk menemukan opsi yang lebih banyak. Klik konfirmasi dan lanjut ke menu save changes and exit guna menyelesaikan pengaturan. Berikutnya, coba kembali ke tampilan awal layar komputer untuk melihat hasilnya.

5. Restart Graphic Driver

Satu lagi cara untuk mengatasi layar komputer hitam, yaitu melakukan restart pada graphic driver, terutama apabila menggunakan Windows 10. Layar blank bisa terjadi karena Anda bermain game di komputer menggunakan full screen mode, sehingga sambungan ke display terputus.

Cara menggunakan alternatif ini adalah tekan tombol ctrl+windows key+shift+B secara bersamaan. Tunggu selama beberapa saat hingga display komputer dapat terdeteksi kembali. Apabila cara ini berhasil, maka tampilan layar akan kembali normal.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.