Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Menyalakan Komputer yang Benar

Menerapkan cara menyalakan komputer yang benar menjadi upaya untuk menghindari beberapa permasalahan yang bisa terjadi seperti korsleting listrik, kehilangan data, dan sebagainya. Khususnya bagi kalangan pemula, Anda memperhatikan prosedur menyalakan komputer dengan benar. Berikut ulasannya.

Cara Menyalakan Komputer yang Benar

Cara Menyalakan Komputer yang Benar

1. Memastikan Komputer Sudah Terhubung ke Sumber Daya 

Langkah yang satu ini bisa dikatakan sangat penting, karena komputer tidak bisa menyala, jika tidak ada sumber daya listrik. Anda bisa menyambungkan kabel power ke belakang komputer atau yang disebut Power Supply. 

Setelah tersambung dengan Power Supply, maka kabel power bisa dihubungkan dengan stopkontak. Bagi Anda yang memakai UPS atau stabilizer, maka komponen yang satu ini jangan lupa juga untuk disambungkan. 

2. Menyambungkan Beberapa Perangkat Komputer 

Ketika komputer telah tersambung dengan daya, artinya aliran listrik telah berjalan. Selanjutnya, Anda bisa menyambungkan beberapa perangkat ke komputer yang sekiranya dibutuhkan, seperti mouse, keyboard hingga speaker. 

Baca juga : Cara Mengatasi Komputer No Signal, Mudah Diterapkan

Cara menyambungkan perangkat tersebut ke komputer terbilang mudah. Setelah perangkat keyboard, mouse dan speaker sudah disiapkan, Anda bisa menghubungkan kabelnya pada bagian belakang komputer. Pada bagian belakang itu, Anda akan menemukan colokan bernama port USB. 

Masukkan kabel tersebut ke USB yang telah tersedia. Biasanya, untuk speaker memerlukan power tambahan, umumnya, berbentuk USB maupun kabel power. 

3. Mengaktifkan Layar Monitor 

Jika Anda telah menghubungkan komputer dengan perangkat yang dibutuhkan, selanjutnya, nyalakan layar monitor. Silahkan  sambungkan monitor dengan bagian belakang CPU, dan sambungannya dapat berbentuk HDMI maupun DSUB/VGA.
Selanjutnya, tekan tombol power yang berada di monitor, agar layar monitor menyala. Biasanya, tombol power tersebut, terletak di bawah atau samping monitor. 

4. Menekan Tombol Daya Komputer 

Cara menyalakan komputer yang benar berikutnya, Anda menuju tombol daya komputer yang umumnya berbentuk lingkaran, dan posisi tombol ini cenderung berbeda-beda. Untuk komputer, biasanya, pengguna dapat menemukannya di bagian depan CPU dimana kotak ini terhubung dengan monitor. 

Jadi, Anda cukup tekan tombol power komputer. Selanjutnya, akan terdengar bunyi kipas yang mulai berputar. Monitor pun akan menyala dengan otomatis. Pada layar monitor, Anda akan menjumpai tampilan layar Windows. Jika tampilan layar tersebut sudah tampak, artinya komputer sudah bisa dipakai. 

5. Tunggu Proses Booting 

Biasanya, sebelum pengguna memakai komputernya, akan ada proses booting yang dilewati. Proses booting ini bisa dikatakan seperti proses loading untuk memuat sistem yang terdapat dalam komputer. Untuk proses loadingnya sendiri memakan waktu sekitar satu hingga tiga menit. 

Baca juga : Cara Mematikan Komputer dengan Tepat

Tetapi, lamanya proses loading tersebut juga dipengaruhi spesifikasi komputer Anda. Untuk komputer yang bagus, bisa dikatakan proses bootingnya terbilang cepat, karena tidak mencapai satu menit. Tanda dari proses booting ini yaitu kemunculan logo Windows. 

6. Komputer Sudah Bisa Dioperasikan 

Setelah melalui tahapan tersebut dan Anda sudah melihat tampilan layar Windows, artinya komputer sudah bisa digunakan. Anda bisa menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan, atau melakukan aktivitas lain sesuai yang dibutuhkan. 

Anda juga bisa menginstall aneka software yang dibutuhkan ke komputer atau menyambungkan komputer ke internet. Setelah selesai mengoperasikan komputer, Anda bisa mematikannya dengan benar. 

Seperti cara menyalakan, jadi, cara mematikan komputer juga perlu dilakukan dengan benar, untuk mencegah kerusakan komputer. Prosedur mematikan komputer ini pun terbilang mudah. 

Demikian beberapa tahapan cara menyalakan komputer yang benar dan bisa Anda perhatikan, khususnya bagi pemula yang belum tahu benar metode mengoperasikan komputer. Pastikan menerapkannya dengan baik dalam aktivitas Anda yang membutuhkan perangkat tersebut.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com