Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Komputer dengan Tepat

Cara mematikan komputer cenderung tidak sulit, bahkan, bisa dikatakan lebih sederhana dibandingkan menyalakan komputer. Meskipun terkesan sederhana, ternyata mematikan komputer ini memiliki beberapa tahapan yang perlu pengguna PC ketahui dengan rinci. 

Cara Mematikan Komputer dengan Tepat

Cara Mematikan Komputer dengan Tepat

1. Cara Mematikan Komputer Secara Umum 

Anda bisa mematikan komputer, jika sudah selesai menggunakannya. Sebelumnya, pastikan program-program yang sedang dijalankan, sudah Anda tutup secara keseluruhan. Selanjutnya, Anda bisa mengarahkan mouse menuju bagian bawah layar, tempat tombol Start atau logo Windows berada. 

Nantinya, Anda akan menemukan beberapa menu, silahkan pilih menu Shut Down atau Turn Off Computer. Kemudian, pengguna bisa membiarkan proses shutdown terjadi dengan otomatis, sampai komputer mati. 

Baca juga : PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

Bagi komputer yang memakai power supply AT, artinya pengguna perlu matikan tombol yang terletak di casing CPU. Sementara, komputer dengan power supply ATX, umumnya akan langsung mati, sehingga pengguna tidak perlu tekan tombol power lagi. 

Silahkan cabut kabel komputer dari stop kontak, sesudah komputer mati. Tujuan dari hal tersebut yaitu menghindari permasalahan korsleting listrik atau kejadian tidak diinginkan lainnya. 

2. Cara Mematikan Komputer Melalui Keyboard 

Selain mengarahkan kursor menuju ikon Windows atau tombol Start, lalu memilih opsi Shutdown, ternyata cara mematikan komputer juga bisa dilakukan dengan keyboard. Berikut beberapa caranya. 

1. Mematikan Komputer dengan Kombinasi Tombol Alt + F4 

Pertama-tama, Anda bisa menekan tombol kombinasi Alt serta F4, agar seluruh jendela aplikasi yang dibuka di komputer. 

Jika seluruh jendela tersebut sudah ditutup, maka tombol kombinasi itu bisa ditekan sekali lagi, agar layar komputer menampilkan pop up menu pilihan Shut Down.  Anda bisa memanfaatkan tombol panah serta enter pada keyboard, agar bisa memilih opsi yang diinginkan. 

2. Mematikan Komputer dengan Kombinasi Windows + X 

Sebelum menerapkan cara yang satu ini, Anda bisa memastikan jika seluruh aplikasi yang dibuka pada komputer, telah ditutup. Selanjutnya, Anda bisa menekan tombol kombinasi Windows dan X dengan bersamaan, dan beberapa pilihan menu akan ditampilkan oleh layar komputer. 

Pengguna PC dapat memakai tombol panah di keyboard, agar bisa memilih opsi Shutdown, selanjutnya, tekan tombol enter. Kemudian, komputer pengguna akan mati dengan otomatis. 

3. Mematikan Komputer dengan Kombinasi Tombol Ctrl + Alt + Del 

Sebelumnya, cara mematikan komputer dengan tepat secara umum telah dibahas. Kini, akan dibahas cara mematikan komputer dengan kombinasi tombol Ctrl, Alt dan Del. Mulailah dengan memastikan bahwa seluruh jendela aplikasi di komputer sudah tertutup semuanya. 

Baca juga : Begini Cara Menyalakan Komputer yang Benar

Pengguna dapat menekan tombol Ctrl, Alt dan Del dengan bersamaan, untuk memunculkan pop up pilihan menu. Selanjutnya, memilih opsi Shut Down, dan pakai tombol panah serta enter untuk membantu Anda dan komputer pun mati dengan otomatis. 

4. Mematikan Komputer Memakai Cmd

Seperti biasa, pengguna memastikan sudah tertutup seluruhnya jendela aplikasi, lalu tekan tombol kombinasi Windows dan R. Selanjutnya, layar komputer akan menampilkan pop up Run, lalu, Anda mengetikkan “cmd”, kemudian menekan enter dan komputer pun akan mati. 

5. Mematikan Komputer Menggunakan Fitur Run 

Jika seluruh aplikasi yang dibuka telah ditutup, silahkan tekan dengan bersamaan tombol kombinasi Windows dan R, sehingga jendela Run terbuka. Pengguna bisa mengetikkan perintah shutdown/s pada jendela Run, yang dilanjutkan dengan menekan enter, dan komputer akan otomatis mati. 

Berdasarkan ulasan tersebut, cara mematikan komputer dengan tepat tidak hanya dilakukan melalui ikon Windows, tetapi, bisa juga dengan keyboard. Mematikan komputer dengan benar memang penting untuk diperhatikan, agar komputer Anda tidak mengalami kerusakan dengan cepat dan bisa lebih awet. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com