Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Ciri-cirinya Komputer Terkena Virus

Komputer yang terserang virus memiliki dampak berbahaya karena bisa mengganggu kinerja perangkat, salah satunya membuatnya menjadi lemot. Lalu, bagaimana ciri yang bisa ditemukan ketika komputer terkena virus? Berikut ini penjelasannya secara lengkap.

Ini Ciri-cirinya Komputer Terkena Virus

1. Sering Mati dan Restart Mendadak

Ciri pertama yang bisa ditemukan apabila komputer sudah terserang virus, yaitu perangkat sering restart dan sering mati secara mendadak. Hal ini diawali dengan komputer yang mendadak freeze atau hang ketika digunakan.

Baca juga : Ciri-ciri Motherboard Komputer Rusak yang Penting Dipahami

Biasanya, Anda akan menemukan perangkat komputer yang mendadak lemot ketika digunakan untuk mengakses program. Ketika komputer freeze terlalu lama, maka perangkat tersebut bisa restart mendadak dan kembali ke tampilan awal.

Hal ini disebabkan oleh berbagai komponen yang sudah penuh, seperti RAM, processor, dan hardisk. Sementara proses restart secara otomatis merupakan cara komputer untuk menghindari overheat agar bisa tetap digunakan kembali.

2. Kinerja Prosesor Selalu Penuh

Hal berikutnya yang menandakan bahwa perangkat komputer sudah terserang virus, yaitu kinerja prosesor selalu penuh. Kondisi ini bisa terjadi karena virus tersebut menghasilkan banyak program yang berjalan, sehingga kinerja prosesor terlalu tinggi.

Kinerja prosesor yang selalu penuh membuat komputer lemot ketika digunakan untuk membuka aplikasi lain. Hal ini terjadi karena prosesor sudah kewalahan untuk menjalankan banyak program dalam waktu bersamaan.

Permasalahan ini bisa dipastikan sendiri dengan mengeceknya melalui task manager > CPU guna memastikan apakah prosesor bisa bekerja dengan normal. Selain itu, lakukan pengecekan berkala terhadap program yang memakan resource CPU untuk memastikan semuanya normal.

3. File Banyak yang Corrupt dan Rusak

Banyaknya file yang corrupt dan rusak juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa komputer terkena virus. Ketika Anda membuka ruang penyimpanan, maka akan banyak file yang hilang bahkan tidak bisa dibuka sama sekali karena sudah rusak.

Hal ini perlu diwaspadai karena cukup berbahaya apalagi jika menyerang file penting yang berukuran besar. Virus biasanya bekerja dengan menghapus file komputer, sehingga Anda harus berusaha mengembalikannya.

Baca juga : Ciri-Ciri Komputer Generasi Kelima yang Wajib Dipahami

Apabila file tersebut hanya disembunyikan, maka restore bisa dijadikan sebagai cara agar data bisa kembali. Namun, jika file tersebut ternyata sudah dihapus oleh virus, maka Anda bisa kehilangan data tersebut selamanya karena cukup sulit untuk mengembalikannya.

4. Banyak Muncul Iklan

Ciri berikutnya yang paling mudah digunakan untuk menandai bahwa komputer telah terserang virus, yaitu munculnya banyak iklan. Hal ini biasanya terjadi karena virus ini berjenis malware yang menyerang pada browser di dalam komputer.

Iklan ini bisa muncul karena mengubah hasil pencarian dari browser, bahkan secara paksa ditampilkan di komputer. Kondisi ini bisa diatasi dengan cara menginstal antimalware guna menghapus virus yang sudah mengganggu browser.

Selain itu, Anda juga bisa menginstal ulang browser agar mendapatkan software baru yang lebih aman. Virus ini hanya akan bekerja menampilkan iklan di komputer hanya ketika perangkat sedang terkoneksi dengan internet.

5. Terdapat Program yang Tidak Biasa

Satu lagi ciri komputer terkena virus, yaitu terdapat program tak biasa yang terinstal secara otomatis di perangkat. Anda bisa mengeceknya melalui menu apps and feature untuk mengetahui apa saja program di dalam komputer, baik yang terinstal atau tidak.

Apabila merasa terdapat program tak dikenali yang mencurigakan, maka sebaiknya segera klik opsi uninstal. Namun, jika tidak berhasil, maka gunakan software untuk menguninstall program dari pihak ketiga. Cara ini dilakukan agar virus tidak semakin meluas dan membuat komponen perangkat penuh.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com