Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Komputer dan Penjelasannya

Di era digital ini, jenis-jenis komputer semakin beragam. Beragamnya jenis komputer ditujukan untuk mempermudah aktivitas penggunanya. 

Terlebih lagi, dalam berbagai aspek yang saat ini perlu dilakukan secara elektronik, menjadikan kehadiran komputer kian dibutuhkan. Berikut ini jenis-jenisnya.

jenis-jenis komputer

Jenis-jenis Komputer dan Penjelasannya 

1. Mainframe

Komputer jenis ini memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan di awal kemunculannya, mainframe ini dapat mengisi keseluruhan ruangan. 

Tak hanya ukurannya saja yang besar, akan tetapi spesifikasi dan ketangguhan komputer ini pun tak perlu diragukan. Salah satunya dalam pengolahan data yang cepat.

Baca juga : Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

Namun, seiring berkembangnya zaman, mainframe tak lagi berukuran sangat besar. Ukurannya telah berkurang, sementara spesifikasinya kian ditingkatkan.

Atas dasar itu, saat ini mainframe lebih mengarah pada istilah komputer yang digunakan oleh perusahaan besar untuk mengolah jutaan data tiap harinya.

2. Supercomputer

Tentu dapat Anda lihat dari namanya, komputer ini memiliki spesifikasi yang super unggul. Kinerjanya yang tinggi inilah yang menjadikan komputer ini memiliki harga yang fantastis. Salah satu super komputer yang paling terkenal ialah yang dibuat oleh Cray Supercomputer, dan harganya dapat mencapai jutaan dolar.

Super komputer adalah suatu sistem komputer yang terdiri dari beberapa komputer berkinerja tinggi. Komputer ini bekerja paralel dan berperan sebagai suatu sistem yang tunggal.

Jenis komputer ini memiliki kapasitas pengoperasian yang sangat besar. Selain itu, kemampuannya dalam mengolah data juga sangat cepat yakni satu juta triliun operasi setiap detiknya.

Kinerjanya yang sangat unggul, menjadikan jenis komputer ini sering digunakan di perusahaan besar. Meski demikian, super komputer pun dapat digunakan untuk keperluan personal jika individu tersebut membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang sangat tinggi.

3. Personal Computer (PC)

Personal Computer (PC) merupakan istilah yang umum digunakan untuk menyebut komputer. Sebagaimana namanya, komputer pribadi didesain untuk dipergunakan hanya untuk satu orang.

Pada awal kemunculannya, personal computer ini diperkenalkan sebagai mikrokomputer. Alasannya karena ukuran komputer ini lebih kecil dibandingkan dengan komputer bersistem besar yang digunakan perusahaan.

Jenis-jenis komputer yang menjadi bagian dari personal computer (PC) ini adalah desktop. Desktop merujuk pada istilah komputer yang tersimpan permanen di bangku kerja dan tak dapat dibawa-bawa.

Baca juga : Daftar Prosesor Komputer Terbaik Harga Terjangkau

Tipe lain dari desktop adalah workstation yang memiliki prosesor lebih kuat dibanding desktop, dengan memori dan kemampuan tambahan. Workstation memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa kelompok tugas seperti pengembangan game dan 3D Graphics.

Selain desktop, MAC juga merupakan bagian dari PC. Hanya saja mayoritas orang menganggap bahwa PC hanyalah merujuk pada komputer yang menjalankan sistem operasi Windows saja.

4. Laptop dan Netbook

Laptop merujuk pada komputer portabel yang dapat dibawa ke mana-mana. Laptop mengintegrasikan monitor ke dalam layar, mouse ke dalam trackball atau perangkat penunjuk, keyboard, prosesor, memori dan hard drive yang dioperasikan menggunakan baterai.

Jenis lain dari laptop dengan ukuran yang lebih kecil adalah netbook. Netbook juga disebut sebagai ultra-portable karena ukurannya yang lebih compact. 

Netbook memiliki harga yang lebih murah dibandingkan laptop. Karena itulah daya kemampuannya pun tak lebih kuat dari laptop.

5. Personal Digital Assistant (PDA)

PDA merupakan komputer yang umumnya menggunakan flash memory untuk penyimpanan data. Komputer ini menggunakan teknologi touch screen untuk input, karena itulah PDA tidak memiliki keyboard. Komputer jenis ini jauh lebih compact sehingga dapat dimasukkan ke dalam saku.

PDA ini lebih populer di kalangan masyarakat sebagai smartphone. Di masa kini, smartphone sudah cukup canggih dan hampir dapat menggantikan peran komputer. Meskipun dalam aspek spesifikasi terbatas dan tak sekuat komputer jenis PC ataupun laptop.

6. Wearable Computer

Seperti namanya, komputer jenis ini didesain untuk dapat digunakan layaknya aksesoris. Komputer jenis ini sebenarnya layaknya komputer pada umumnya yang menjalankan aplikasi seperti e-mail, multimedia, dan kalender. Contoh jenis-jenis komputer wearable ini adalah Smartwatch.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.