Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Komputer dan Penjelasannya

Di era digital ini, jenis-jenis komputer semakin beragam. Beragamnya jenis komputer ditujukan untuk mempermudah aktivitas penggunanya. 

Terlebih lagi, dalam berbagai aspek yang saat ini perlu dilakukan secara elektronik, menjadikan kehadiran komputer kian dibutuhkan. Berikut ini jenis-jenisnya.

jenis-jenis komputer

Jenis-jenis Komputer dan Penjelasannya 

1. Mainframe

Komputer jenis ini memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan di awal kemunculannya, mainframe ini dapat mengisi keseluruhan ruangan. 

Tak hanya ukurannya saja yang besar, akan tetapi spesifikasi dan ketangguhan komputer ini pun tak perlu diragukan. Salah satunya dalam pengolahan data yang cepat.

Baca juga : Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

Namun, seiring berkembangnya zaman, mainframe tak lagi berukuran sangat besar. Ukurannya telah berkurang, sementara spesifikasinya kian ditingkatkan.

Atas dasar itu, saat ini mainframe lebih mengarah pada istilah komputer yang digunakan oleh perusahaan besar untuk mengolah jutaan data tiap harinya.

2. Supercomputer

Tentu dapat Anda lihat dari namanya, komputer ini memiliki spesifikasi yang super unggul. Kinerjanya yang tinggi inilah yang menjadikan komputer ini memiliki harga yang fantastis. Salah satu super komputer yang paling terkenal ialah yang dibuat oleh Cray Supercomputer, dan harganya dapat mencapai jutaan dolar.

Super komputer adalah suatu sistem komputer yang terdiri dari beberapa komputer berkinerja tinggi. Komputer ini bekerja paralel dan berperan sebagai suatu sistem yang tunggal.

Jenis komputer ini memiliki kapasitas pengoperasian yang sangat besar. Selain itu, kemampuannya dalam mengolah data juga sangat cepat yakni satu juta triliun operasi setiap detiknya.

Kinerjanya yang sangat unggul, menjadikan jenis komputer ini sering digunakan di perusahaan besar. Meski demikian, super komputer pun dapat digunakan untuk keperluan personal jika individu tersebut membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang sangat tinggi.

3. Personal Computer (PC)

Personal Computer (PC) merupakan istilah yang umum digunakan untuk menyebut komputer. Sebagaimana namanya, komputer pribadi didesain untuk dipergunakan hanya untuk satu orang.

Pada awal kemunculannya, personal computer ini diperkenalkan sebagai mikrokomputer. Alasannya karena ukuran komputer ini lebih kecil dibandingkan dengan komputer bersistem besar yang digunakan perusahaan.

Jenis-jenis komputer yang menjadi bagian dari personal computer (PC) ini adalah desktop. Desktop merujuk pada istilah komputer yang tersimpan permanen di bangku kerja dan tak dapat dibawa-bawa.

Baca juga : Daftar Prosesor Komputer Terbaik Harga Terjangkau

Tipe lain dari desktop adalah workstation yang memiliki prosesor lebih kuat dibanding desktop, dengan memori dan kemampuan tambahan. Workstation memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa kelompok tugas seperti pengembangan game dan 3D Graphics.

Selain desktop, MAC juga merupakan bagian dari PC. Hanya saja mayoritas orang menganggap bahwa PC hanyalah merujuk pada komputer yang menjalankan sistem operasi Windows saja.

4. Laptop dan Netbook

Laptop merujuk pada komputer portabel yang dapat dibawa ke mana-mana. Laptop mengintegrasikan monitor ke dalam layar, mouse ke dalam trackball atau perangkat penunjuk, keyboard, prosesor, memori dan hard drive yang dioperasikan menggunakan baterai.

Jenis lain dari laptop dengan ukuran yang lebih kecil adalah netbook. Netbook juga disebut sebagai ultra-portable karena ukurannya yang lebih compact. 

Netbook memiliki harga yang lebih murah dibandingkan laptop. Karena itulah daya kemampuannya pun tak lebih kuat dari laptop.

5. Personal Digital Assistant (PDA)

PDA merupakan komputer yang umumnya menggunakan flash memory untuk penyimpanan data. Komputer ini menggunakan teknologi touch screen untuk input, karena itulah PDA tidak memiliki keyboard. Komputer jenis ini jauh lebih compact sehingga dapat dimasukkan ke dalam saku.

PDA ini lebih populer di kalangan masyarakat sebagai smartphone. Di masa kini, smartphone sudah cukup canggih dan hampir dapat menggantikan peran komputer. Meskipun dalam aspek spesifikasi terbatas dan tak sekuat komputer jenis PC ataupun laptop.

6. Wearable Computer

Seperti namanya, komputer jenis ini didesain untuk dapat digunakan layaknya aksesoris. Komputer jenis ini sebenarnya layaknya komputer pada umumnya yang menjalankan aplikasi seperti e-mail, multimedia, dan kalender. Contoh jenis-jenis komputer wearable ini adalah Smartwatch.

Mengenal Fungsi Komputer dalam Kehidupan Saat Ini

Seiring berkembangnya dunia teknologi, kini manfaat dan fungsi komputer sudah sangat banyak hampir di seluruh elemen kehidupan. Pasalnya, dulu komputer hanya berfungsi mengolah dan menyimpan data saja. Sementara itu, sekarang fungsinya menjadi lebih kompleks. Lalu, apa saja fungsi tersebut?

1. Menjadi Penunjang Aktivitas Pendidikan

Semua pasti sepakat bahwa komputer benar-benar membantu dalam menunjang aktivitas pendidikan sebagai media pembelajaran. Baik guru maupun murid, semua bisa merasakan manfaatnya sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif.

Sebagai contoh, guru bisa menggunakan komputer untuk menampilkan bahan ajar di kelas yang dibantu dengan proyektor. Dengan cara tersebut, maka murid akan lebih mudah fokus karena semua perhatian terpusat pada satu tempat.

Selain itu, adanya berbagai aplikasi pengolah data seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Powerpoint juga benar-benar membantu. Dengan bantuan aplikasi tersebut, guru bisa menyusun bahan ajar, kurikulum, atau latihan soal secara cepat.

Contoh lainnya dari sudut pandang siswa, komputer sangat membantu untuk mereka memahami pelajaran. Misalnya saat ini banyak video interaktif yang membahas berbagai soal-soal dengan kualitas yang sangat baik. Hal tersebut tentu akan memudahkan mereka dalam menyerap materi pelajaran baru.

2. Sebagai Sarana Komunikasi

Perkembangan komputer memang tergolong pesat. Fungsi komputer 10 tahun lalu sudah berbeda jauh dengan sekarang, salah satunya adalah pemanfaatannya sebagai sarana komunikasi. Hal ini disebabkan karena komputer perlahan-lahan mulai menggantikan fungsi telepon rumah.

Komputer saat ini sudah menghilangkan batas ruang sehingga setiap pengguna bisa berkomunikasi dengan mereka yang berada di belahan dunia lain. Ketika sudah terkoneksi dengan internet, maka hal tersebut sangat mungkin dilakukan dan terbukti sampai saat ini. Bukan tidak mungkin beberapa tahun ke depan komputer akan terus mengalami perkembangan yang pesat. 

Pasalnya, dulu kita hanya bisa berkomunikasi online melalui email, sementara saat ini video call dapat dilakukan dengan sangat mudah. Inilah sebabnya setiap orang harus selalu siap untuk menyesuaikan diri.

3. Alat Produksi Konten

Hampir setiap hari generasi masa kini mengonsumsi konten, baik itu di media televisi, media cetak, maupun media sosial. Menariknya, semua konten tersebut diproduksi menggunakan komputer. Dengan bantuan aplikasi editing, maka konten-konten berkualitas bisa dihasilkan dalam waktu cepat.

Anda pun bisa memanfaatkannya ketika ingin membuat konten. Konten ini bisa berupa tulisan, gambar, video, dan musik. Selanjutnya, konten yang sudah jadi tinggal diunggah ke berbagai platform sesuai yang dibutuhkan.

Untuk membuat konten video, Anda bisa menggunakan Adobe Premiere, After Effect, atau Sony Vegas. Sementara itu, konten gambar atau foto bisa dibuat dengan aplikasi Photoshop, Corel Draw, Canva, dan software lainnya.

Meski komputer bisa memudahkan untuk proses produksi konten, namun setiap individu harus memiliki skill untuk menggunakannya. Skill tersebut termasuk pemahaman tools, kemampuan kombinasi warna, kreativitas, dan riset ide.

4. Memudahkan Pekerjaan Manusia

Fungsi komputer yang berikutnya adalah memudahkan pekerjaan manusia. Dari sekian banyak manfaat dan fungsi yang ada, sepertinya hal inilah yang menjadi fungsi utama dari komputer. Dengan adanya komputer, diharapkan berbagai aktivitas bisa diminimalkan kerumitannya sehingga menjadi lebih efisien.

Bahkan, akhir-akhir ini sedang populer tentang AI atau Artificial Intelligence di mana komputer bisa memiliki kemampuan layaknya pikiran manusia. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan sebuah tools untuk membuat karya tulis, merespons ucapan manusia, dan lain sebagainya.

Bukan tidak mungkin jika ini terus mengalami perkembangan, dan berbagai pekerjaan manusia akan mulai digantikan oleh komputer. Beberapa pekerjaan yang berpotensi digantikan komputer adalah customer service, kasir, penjaga tiket, penerjemah, hingga pekerja di pabrik.

5. Membantu Menghasilkan Uang

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang selain menekuni profesi konvensional. Sebagai contoh, hanya bermodalkan internet saja, Anda sangat mungkin mendapatkan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Hal tersebut sudah banyak dibuktikan oleh para content creator, sebuah pekerjaan yang mungkin jarang ditemui puluhan tahun silam. Anda bisa melihat banyak YouTuber yang sukses menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta setiap bulan dari AdSense.

Semua itu tidak terlepas dari fungsi komputer sebagai alat untuk produksi konten yang berkualitas. Selain memproduksi konten, beberapa profesi terkait komputer seperti data analyst, hacker, atau programmer juga memiliki potensi penghasilan besar karena permintaannya sangat tinggi.

6. Sebagai Penunjang Bisnis

Seorang pebisnis memang dituntut untuk selalu bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Sebelum teknologi berkembang pesat, pebisnis hanya bisa memasarkan produk melalui media cetak, televisi, atau datang ke calon customer dengan model door to door.

Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, digital marketing mulai ramai dibicarakan. Berbagai aktivitas promosi bisa dilakukan secara online seperti content marketing, email marketing, social media marketing, dan juga search engine marketing.

Selain membantu dalam pemasaran, fungsi perangkat komputer dalam bisnis juga berperan pada proses riset produk, riset market, analisis penjualan, pengolahan data, dan sebagainya. Bahkan, semua itu bisa dilakukan hanya dari rumah dengan satu buah perangkat saja.

Di sisi lain, perkembangan ini juga cukup menyedihkan karena orang yang tidak bisa mengikuti berkembangnya teknologi akan tertinggal. Anda bisa melihat beberapa bukti nyata di mana brand yang terkenal di masa lalu tiba-tiba mati karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan era teknologi.

7. Menjadi Gudang Informasi

Dulu, untuk mendapatkan informasi harus menonton televisi, membaca koran, atau membaca buku. Akan tetapi, semua sudah berubah semenjak teknologi berkembang pesat. Sekarang, Anda bisa mengakses segudang informasi hanya dari sebuah perangkat.

Hampir semua informasi bisa didapatkan dengan mudah dari berbagai bidang seperti bisnis, gaya hidup, tips dan trik, kesehatan, keuangan, hingga ilmu-ilmu yang berharga mahal. Namun, kemudahan mendapatkan informasi ini memang memiliki dua sisi layaknya mata pisau.

Di satu sisi, Anda memang bisa mengakses seluruh informasi melalui media internet. Akan tetapi, di sisi lain salah satu fungsi komputer ini juga akan membuat manusia terlalu banyak menerima informasi sehingga sulit mencari tahu kebenarannya.

Jadi, terkait apakah hal tersebut akan berdampak positif atau negatif semua tergantung dari bagaimana kebijaksanaan setiap individu. Ada baiknya, jika informasi yang didapat melalui internet disaring terlebih dahulu agar tidak memicu penyebaran hoax.

8. Sebagai Perangkat Utama Programmer

Komputer adalah alat yang paling vital dari seorang programmer. Dengan perangkat ini, mereka mampu menghasilkan berbagai macam aplikasi, game, dan sistem yang sangat canggih sehingga dapat membantu berbagai keperluan manusia.

Semakin kompleks proyek yang akan dibuat, maka dibutuhkan spesifikasi komputer yang semakin tinggi pula. Namun, mengenai kualitas output yang dihasilkan tetap tergantung dari kapabilitas programmer itu sendiri.

Jadi, itulah tadi beberapa fungsi komputer yang bisa dikatakan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, terutama di era modern seperti saat ini. Dalam hal ini, Anda harus siap untuk selalu mengikuti perkembangannya agar bisa mendapatkan manfaat tersebut secara maksimal.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.