Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Rahasia Cara agar Olshop Banyak yang Order

Memutuskan untuk terjun berbisnis online pastinya memiliki mimpi agar olshop yang didirikan bisa langgeng dan memiliki customer yang selalu melakukan order. Pemilik bisnis biasanya akan melakukan berbagai cara agar olshop banyak yang order.

Termasuk salah satunya adalah melakukan posting iklan setiap hari sehingga para customer akan tahu produk apa yang dijual. Namun, posting iklan saja tidak cukup. Ada beberapa pemilik olshop yang telah rajin posting bertahun-tahun, tapi jualannya tetap sepi tidak ada yang order. 

Cara agar Olshop Banyak yang Order

Inilah Rahasia Cara agar Olshop Banyak yang Order

Dari kasus yang dipaparkan di atas bisa dibuat kesimpulan bahwa ada sesuatu yang salah sehingga tidak ada customer yang tertarik untuk membeli meskipun telah berulang kali melakukan posting. Ternyata ada rahasia khususnya, lho. Seperti apa? Cek di bawah ini, ya!

1. Fokus Pada Satu Produk Unggulan

Saat berkunjung ke medsos dan melihat olshop berseliweran, pastinya bisa melihat dengan jelas apa yang mereka iklankan. Biasanya satu olshop tidak hanya menawarkan satu produk saja. Dalam satu postingan bahkan bisa menawarkan lebih dari dua produk.

Baca juga : 11 Cara agar Jualan Online Laris Manis

Hal seperti inilah yang dianggap kurang baik karena membuat pemilik olshop tidak fokus serta customer bingung dengan barang jualannya. Sebaiknya hanya berfokus pada satu produk, misalnya fashion anak-anak.  Jangan mencampurnya dengan produk yang lain saat posting.

2. Menguasai Informasi Produk

Salah satu kelemahan pemilik olshop hingga saat ini adalah menjual produk, tapi kurang menguasai informasi tentang produk tersebut. Akibatnya saat ada customer yang bertanya, pemilik olshop tidak bisa menjawabnya dengan detail dan memuaskan.

Inilah yang kemudian menimbulkan keraguan di hati customer. Pemilik olshop dianggap tidak serius dalam berjualan serta asal-asalan. Tentu saja hal yang seperti ini yang membuat customer lari. Jadi, cara agar olshop banyak yang oder dengan trik ini wajib dicoba.

3. Sapa Pelanggan dengan Ramah 

Cara agar olshop banyak yang order selanjutnya adalah konsisten menyapa pelanggan dengan ramah. Baik itu kepada customer yang hanya bertanya atau telah menjadi langganan. Jika customer tersebut adalah baru, sapa dengan ramah dan jangan memaksa untuk membeli.

Sedangkan untuk customer lama, agar tetap terbangun ikatan sehingga customer akan selalu repeat order dan tidak lari ke olshop yang lain. Sesekali tanya kabar atau aktivitas, tidak hanya menyinggung tentang produk yang dijual.

4. Tahu Target Pasar dari Produk yang Dijual

Berjualan produk tidak hanya harus tahu tentang informasi produk tersebut. Hal lain yang tidak boleh terlupakan adalah tentang target pasar dari produk tersebut. Misalnya saja berjualan produk fashion muslimah, sasarlah konsumen yang memang membutuhkannya.

Untuk mendapatkan target pasar ini, bisa bergabung dengan grup yang khusus menjual busana muslimah, follow akun ibu-ibu yang gemar memakai baju muslimah serta wanita muda yang sedang giat berhijrah.

5. Buat Website Khusus

Ada beberapa pemilik olshop yang telah menerapkan cara agar olshop banyak yang order dengan membuat website sendiri. Meskipun terkesan ribet, tapi cara ini dianggap efisien karena jangkauan pasarnya lebih luas. Lebih tertata, terlihat profesional dan bisa membuat pemilik olshop fokus. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Produk Unlimited Hosting Murah di Niagahoster dan masukkan kode kupon DIKAOFFICIAL agar Anda mendapatkan diskon 5%.

Untuk memperkenalkan websitenya, pemilik olshop bisa menyelipkan nama website atau mengarahkan pada akhir iklan agar banyak customer yang tahu. Memiliki website khusus produk memiliki banyak keuntungan dibandingkan hanya mengandalkan medsos.

6. Punya Nilai Tertentu dari Produk yang Dijual

Jika memutuskan untuk menjual baju, harus tahu kondisi pasar seperti apa karena yang menjual produk serupa sangat banyak bahkan ratusan. Nah, yang membedakan antara satu dengan lainnya adalah nilai yang ada dalam produk tersebut.

Baca juga : 9 Tips Cara agar Online Shop Laris Saat Pandemi

Contohnya saja saat menjual baju, biarkan customer memilih ukuran baju sesuai tinggi badan dan bentuk tubuh. Membiarkan mereka bertanya sepuasnya meskipun endingnya tidak jadi membeli. Ini bisa menjadi salah satu nilai keunggulan karena di tempat lain belum tentu bisa melakukannya.

Nilai keunggulan lain yang dapat ditonjolkan adalah harga yang lebih terjangkau, kualitas yang lebih baik, kemasan, desain baju yang berbeda dan unik serta keunggulan lainnya. Semakin banyak nilai manfaatnya, maka kemungkinan laku pun akan semakin tinggi.

7. Memperbesar Jalur Distribusi

Cara agar olshop banyak yang order adalah dengan memperbesar jaringan distribusi penjualan. Biasanya pebisnis online lebih banyak membuka lapak di media sosial dengan rate pengunjung yang tinggi. Namun, ada cara lain yang bisa digunakan agar orderan semakin banyak. 

Selain memasarkan secara offline dan via media sosial, memasarkan produk juga bisa dilakukan lewat beberapa cara diantaranya berjualan di marketplace , e-commerce atau membuat website khusus.

Melalui marketplace pemilik olshop dapat menjangkau banyak konsumen yang selama ini belum tersentuh. Konsumen marketplace yang lebih beragam bisa juga menjadi pancingan agar semakin banyak konsumen lain agar tertarik untuk ikut order.

8. Menawari Konsumen Secara Personal

Tidak ada salahnya, kok melakukan hal satu ini sebagai cara agar olshop banyak yang order. Menawarkan produk lewat media sosial atau marketplace kadang tidak langsung mendatangkan konsumen.

Sambil menunggu, moment tersebut dapat digunakan untuk menjaring konsumen secara offline atau menawarkan produk secara personal, baik lewat DM atau via WhatsApp. Menawarkan secara pribadi akan mendatangkan keuntungan lainnya yakni lebih akrab.

Tak jarang pemilik olshop yang melakukan cara ini justru mendapat masukan tentang produknya, mendapatkan jaringan konsumen lain yang lebih membutuhkan dan bisa juga menjadi partner kerja untuk produk selanjutnya.

9. Memberikan Diskon dan Penghargaan Untuk Pelanggan yang Royal

Cara agar olshop banyak yang order lain yang dapat dicoba adalah dengan rutin memberikan diskon produk pada momen tertentu. Konsumen atau customer biasanya mudah tertarik apabila terdapat embel-embel diskon dan suka berebut produk.

Memberikan diskon tidak harus besar. Meskipun sedikit konsumen biasanya sudah merasa senang dan akan order lagi dilain waktu. Bentuk diskon lainnya juga dapat berupa gratis ongkir untuk wilayah tertentu serta untuk pembelian dalam jumlah minimal. Dengan sering memberikan diskon akan menciptakan pelanggan yang loyal.

Selain memberikan diskon cara agar olshop banyak yang order adalah memberikan penghargaan untuk pelanggan yang royal. Bentuk penghargaan tersebut misalnya memberikan potongan saat membeli produk dalam jumlah sekian.

Memberikan produk gratis untuk moment spesialnya hingga gratis ongkir yang umumnya sering disambut antusias. Pemberian penghargaan ini meskipun terlihat sepela nyatanya sangat berpengaruh pada kelanggengan olshop.

Olshop yang sering memberikan penghargaan pada pelanggannya, biasanya memiliki jumlah pelanggan yang lebih banyak dibandingkan dengan olshop lain yang pelit penghargaan. Penghargaan ini pula yang bisa jadi bentuk pengikat agar pelanggan tidak mudah lari ke olshop yang lain.

Masih banyak lagi cara agar olshop banyak yang order yang dapat diterapkan. Kuncinya hanya satu yakni tetap konsisten mempraktekannya dan tidak pernah merasa lelah atau putus asa. Tugas pemilik olshop memang harus rajin posting iklan dan berdoa agar selalu laris.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.