Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Jualan Online Shop untuk Pemula

Melihat akun online shop yang ada di medsos, pastinya sudah familiar dengan produk dan cara berjualan pemilik akun tersebut. Bagi yang berpengalaman sudah terlihat luwes dan santai. Namun, cara jualan online shop untuk pemula biasanya masih terkesan kaku.

Kakunya pebisnis online pemula bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya belum bisa membuat iklan yang enak dan persuasif. Belum tahu ilmunya atau bahkan banyak diantara pemula tersebut yang masih malu untuk berjualan. 

Cara Jualan Online Shop untuk Pemula

11 Cara Jualan Online Shop untuk Pemula

Berstatus pemula atau menjadi pendatang dalam bisnis online bukan berarti tidak bisa mengembangkan kemampuan untuk memajukan online shop yang dimiliki. Ada banyak cara agar olshop ramai, salah satunya adalah menerapkan beberapa cara jitu di bawah ini, simak dengan baik, ya!;

1. Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Cara jualan online shop untuk pemula yang bisa diterapkan pertama adalah dengan menentukan dahulu produk yang akan dijual. Tanpa tahu produk apa, akan makin bingung dalam membuat materi iklan.

Baca juga : Inilah Rahasia Cara agar Olshop Banyak yang Order 

Sebaiknya sebagai pemula menjual hanya satu produk saja agar bisa fokus dan tidak bingung. Bisa menjual produk milik orang lain atau jualan produk sendiri. Apabila memutuskan untuk menjual produk sendiri, perhatikan bahan baku serta harus menguasai detail produk tersebut.

Bisa pula menjual produk orang lain dengan menjadi reseller. Keuntungannya tidak perlu repot menyetok barang dan tidak butuh modal banyak. Hanya butuh rajin iklan dan branding. Materi iklan pun biasanya telah disediakan oleh supplier.

2. Riset Pasar

Setelah menentukan produk apa yang akan dijual, cara jualan online shop untuk pemula yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar.  Mengapa harus riset dulu, sebab akan bermanfaat untuk menentukan produk seperti apa yang sedang hits sekarang.

Untuk membuka lapak online, seorang pemilik olshop harus tahu apa yang sedang diminati masyarakat saat ini. Jadi, tidak asal menjual produk. Data sangat dibutuhkan agar fondasi olshop menjadi kuat dan bisa bertahan lama nantinya.

3. Cek Apa yag Sedang Tren di Media Sosial Saat Ini

Cara jualan online shop untuk pemula yang tidak boleh terlewati adalah mengamati dan mengecek produk seperti apa sajakah yang sedang tren di media sosial. Medsos menjadi tempat ampuh untuk mengecek karena banyak riview atau layanan sebuah produk yang biasanya diulas.

Misalnya saja ingin berjualan daster rumahan dengan harga miring, sebagai pemula harus  tahu daster semacam apa yang sedang diminati para ibu-ibu dan anak gadis. Jenis kain yang seperti apa yang suka diserbu, motif hingga desain yang bagaimana yang jadi favorit. Jadi, nantinya tidak salah jual produk.

4. Ikut Bergabung dalam Grup Lapak Online

Saat ini banyak bertebaran grup jualan online di media sosial yang dapat diikuti. Mulai grup produk tertentu, grup jualan wilayah tertentu dan lainnya. Bahkan grup jualan via WhatsApp pun dapat diikuti untuk menjangkau pasar yang lebih luas. 

Dari grup ini seorang pebisnis online pemula tidak hanya bisa menjual produknya, tapi juga bisa menambah ilmu dari pebisnis online lainnya. Bisa pula dimanfaatkan untuk mencari jaringan distributor atau supplier yang harga produknya lebih miring untuk dijadikan mitra.

5. Analisis Kompetitor

Meskipun berstatus pemula bukan berarti tidak wajib memiliki kemampuan ini.  Justru cara jualan online shop untuk pemula dengan analisis kompetitor sangat dibutuhkan. Sebagai pemula harus tahu siapa saja yang jadi kompetitornya.

Wajib tahu pula apa yang mereka jual, bagaimana cara mereka berpromosi hingga banyak pelanggannya, berapa harga produknya, bagaimana tampilan media sosialnya serta apa yang menjadi keunggulannya.

6. Menentukan Target Pasar

Melakukan riset pasar serta analisis kompetitor yang telah dilakukan di atas dapat menjadi dasar untuk melangkah pada cara jualan online shop untuk pemula selanjutnya yakni menentukan target pasar. Target pasar adalah sekelompok orang yang kemungkinan akan membeli produk yang dijual.

Setiap produk mempunyai target pasar masing-masing. Misalnya baju, antara baju muslim dengan casual pasti target konsumennya berbeda, meskipun sama-sama wanita. Dengan target pasar yang spesifik, akan lebih mudah dalam mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan pasar dan menyusun strategi pemasaran.

7. Memasarkan Produk dengan Strategi yang Tepat

Cara jualan online shop untuk pemula lainnya yang wajib dilakukan adalah menentukan strategi pemasaran produk yang tepat. Adapun strategi yang dapat diterapkan misalnya memanfaatkan layanan Google Bisnisku.

Google Bisnisku adalah fitur yang bermanfaat untuk mempermudah calon konsumen mengetahui secara lengkap tentang informasi produk atau bisnis. Mulai dari nama, alamat, review produk hingga yang lainnya.

Terkesan remeh,tapi cara ini memiliki banyak manfaat. Bisnis bisa muncul di Google Maps dan menjadi cara terbaik untuk mempromosikan bisnis online pada lebih banyak konsumen. Cara ini pun dianggap lebih efisien dan maksimal untuk menjangkau pasar lebih luas.

8. Berjualan di Banyak Media Sosial

Semakin diperhatikan fungsi medsos sekarang bukan hanya untuk berbagi informasi, tapi juga bisa jadi lapak jualan online. Tidak hanya satu medsos, akun online shop yang sama juga bisa ditemukan di medsos yang lain.

Baca juga : 9 Tips Cara agar Online Shop Laris Saat Pandemi

Cara jualan online shop untuk pemula bisa menggunakan trik ini, yakni membuka olshop tidak hanya disatu tempat. Di marketplace pun harus dicoba karena target pasarnya beda dan menjadi luas. Akibatnya peluang untuk closing akan semakin terbuka lebar.

9. Jangan Lelah Untuk Promosi

Sebagai seorang pemula wajar apabila mengalami jenuh atau bosan apabila setelah berulang kali posting produk dan iklan tidak ada yang tertarik untuk membeli. Banyak pula yang akhirnya putus asa dan menutup olshopnya.

Padahal kunci sukses di dunia olshop adalah rajin postig dan promosi. Ketentuan ini berlaku untuk pemilik olshop yang telah lama atau pemula. Jika yang sudah bertahun-tahun tidak bosan untuk promosi, maka yang pemula seharusnya lebih bersemangat.

10. Rajin Mencari Ilmu

Cara jualan online shop untuk pemula yang tidak boleh dilewatkan adalah rajin mencari ilmu guna membesarkan online shop yang dikelola. Mencari ilmu di sini tidak harus ikut seminar atau kuliah bisnis online.

Ilmu tersebut dapat diperoleh dari akun online shop lainnya. Perhatikan cara pemilik akun beriklan, cara mempromosikan produk dan menggaet konsumen yang elegan serta tidak memaksa. Amati dan tiru atau praktekkan kebiasaan pemilik akun tersebut. Cukup mudah, bukan?.

11. Bangun Jaringan Relasi

Penting sekali bagi seorang pemula dalam bisnis online memiliki jaringan relasi yang luas. Jaringan inilah yang akan memudahkan untuk mendapatkan konsumen. Tanpa adanya konsumen, mustahil online shop bisa berkembang dengan pesat.

Relasi yang didapat juga bisa mempermudah untuk mendapatkan distributor produk dengan harga yang lebih miring. Jadi, banyak sekali keuntungan yang didapat apabila memiliki jaringan relasi yang kuat dan banyak.

Bagaimana? cukup mudah bukan trik cara jualan online shop untuk pemula agar bisa segera laris manis. Biasanya yang menerapkan trik di atas, tidak akan merasa kecewa dan justru menuai kesuksesan dalam bisnis online. Siap untuk mencoba?. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Produk Unlimited Hosting Murah di Niagahoster dan masukkan kode kupon DIKAOFFICIAL agar Anda mendapatkan diskon 5%. 

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.