Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Blog di Blogger untuk Pemula, Mudah Banget

Hingga saat ini blog seakan telah menjadi tren penghasil uang yang cukup menjanjikan. Hanya dengan menulis konten sederhana, seorang blogger bisa menghasilkan cuan. 

Tak heran jika cara buat blog di blogger banyak diburu oleh para penikmat blog pemula yang tergiur mengantongi uang dari platform menulis ini.

Blogger telah menjadi tempat nyaman dan simple bagi yang pertama kali mencoba membuat blog pertama kali sebelum akhirnya bermigrasi ke Wordpress jika ingin.  

Baca juga : Kenapa Blog akan Selalu Menjadi Trend?

Langkah pembuatan blog di sini tidak terlalu ribet. Demikian pula dengan penampakan blog yang telah menarik perhatian hingga untuk ukuran blog awal sudah sangat cantik. 

Cara Buat Blog di Blogger

Apa Itu Blogger

Blogger adalah sebuah platform yang menyediakan tempat khusus untuk menampilkan sebuah blog. Platform yang dapat diakses di blogger.com ini sangat terkenal di kalangan pemilik platform tulis menulis. 

Blogger memiliki fitur sederhana yang sangat membantu sekali untuk blogger pemula dalam mengolah aktivitas blogging. Cara pembuatannya praktis dan tidak dikenakan biaya sedikitpun.

Cara Buat Blog di Blogger Untuk Pemula

Apabila telah paham tentang apa itu blogger, sekarang saatnya memahami  tutorial cara buat blog di blogger yang simple dan tanpa biaya. 

Untuk yang masih pemula tidak perlu cemas karena step by step pembuatan blognya disajikan dengan sederhana dan simple. Berikut adalah tutorial detail step membuatnya.

1. Buat Akun Blog

Langkah awal wajib dilakukan oleh blogger pemula adalah membentuk akun di platform blogger. Stepnya simple saja, cukup mempunyai akun Google dan wajib masuk dengan nama tersebut. 

Nama dalam Google tersebut dipakai untuk menikmati semua layanan yang ada di blogger. Apabila telah berhasil log in, saatnya mewujudkan blog di blogger dengan gampang. Pastikan juga email yang digunakan masih aktif.

2. Mendirikan Blog

Cara buat blog di blogger selanjutnya adalah masuk layanan pembuatan blog pada Chrome dan tekan pembuatan blog untuk start proses pembuatannya. 

Masuk dengan nama Google yang telah diciptakan sebelumnya.  Kemudian tulis nama blog di kolom ‘judul’ dan buat nama yang belum pernah digunakan orang lain sebelumnya.  

Baca juga : Cara Buat Blog Baru dengan Cara Mudah bagi Pemula

selesai membuat nama, klik ‘buat blog’ dan platform menulis baru telah berhasil dibuat. Selanjutnya akan ditunjukkan pada tampilan papan  blogger. 

Pada laman ini pemilik blog baru dapat menyaksikan desain yang akan digunakan ketika menyeting blog nantinya, mulai dari tata letak, posting tulisan, bahasa hingga penggantian template.

3. Memulai Posting

Blog tidak akan bisa menghasilkan uang jika tidak ada postingan di dalamnya. Meskipun nantinya blog baru yang dibuat belum memiliki domain tetap harus diisi dengan tulisan agar bisa bermanfaat. 

Untuk mulai membuat postingan, klik tombol ‘Postingan Baru’ selanjutnya tampil laman dimana dapat memulai untuk menulis konten. Apabila telah siap klik ‘Publish’ agar konten bisa dibaca orang.

4. Pengaturan Tatanan Blog

Cara buat blog di blogger vital lainnya adalah tentang cara mengatur tampilan. Mengaturnya dengan tekan ‘tema’ pada bagian kiri halaman dan akan tampil tema yang diaplikasikan. 

Jika ingin mengubahnya tekan terus ke bawah untuk mencari tampilan yang sesuai keinginan. 

5. Mengatur Tata Letak Laman Blog

Menyusun peletakan pada blogger juga penting, caranya tekan menu ‘Desain Letak’’ yang ada pada dashboard. 

Para blogger pemula bisa mengaturnya berdasarkan hasrat pemilik, kemudian dapat melihat tampilan kasar dari blog yang dimiliki. Jika ingin mengaturnya lagi sedemikian rupa selalu geser item desain lalu tekan tombol simpan perubahan. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Template Blogger, silahkan order Template Blogger di Sugeng.id.

Tidak sulit bukan memahami cara buat blog di blogger yang disajikan barusan.

Tutorial tersebut adalah cara paling sederhana, untuk gambaran blog yang lebih kece harus membeli nama paten agar template yang aplikasikan bisa lebih beragam demikian juga dengan tata letaknya. 

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.