Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Ide Toko Online yang Mudah Dijalani dan Dijamin Laris

Zaman sekarang, siapa yang tidak kenal dengan dunia internet. Segala aktivitas, seperti jual beli juga sudah banyak yang mengandalkan kecanggihan internet. 

Tidak sedikit orang yang juga ingin beralih membuka bisnis online, tetapi masih bingung harus menjual apa. Jangan khawatir, karena artikel ini akan menyajikan beberapa ide toko online yang mudah dijalani. 

8 Ide Toko Online yang Mudah Dijalani dan Dijamin Laris

Keuntungan Membuat Toko Online

Setiap orang pasti memiliki alasan tertentu mengapa membuat toko online. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Semakin banyak orang yang beralih ke bisnis online. Sebelum mengetahui ide toko online, simak terlebih dahulu keuntungan membuat toko online berikut ini:

1. Tidak Membutuhkan Biaya yang Besar

Semua orang pasti tahu, memulai usaha itu pasti membutuhkan modal yang lumayan besar. Mulai dari biaya bahan-bahan, perlengkapan usaha hingga sewa tempat. Namun, dengan bisnis semua biaya tersebut bisa diminimalisir. Setidaknya, untuk memulai usaha tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat.

2. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Berbeda dengan toko offline yang hanya mampu menjangkau pembeli di sekitar wilayah toko, toko online bisa menjangkau pelanggan hingga ke berbagai wilayah. Bahkan, orang-orang di berbagai negara lain pun dapat mengetahui toko online tersebut. Makanya, membuat toko online akan membuka kesempatan usaha dikenal lebih banyak masyarakat.

3. Toko Tidak Pernah Tutup

Kelebihan lain dari toko online, yaitu toko buka selama 24 jam. Konsumen bisa mencari informasi mengenai produk/jasa atau melihat-lihat produk kapan pun mereka inginkan, karena toko memang tidak pernah tutup. Jadi, konsumen dapat melihat dan memesan produk / jasa kapan saja dan di mana saja.

8 Ide Toko Online yang Mudah Dijalani dan Dijamin Laris

Nah, setelah mengetahui apa saja keuntungan membuat toko online, kini saatnya menemukan ide untuk usaha online.

1. Reseller Online

Salah satu solusi bagi yang ingin memulai usaha tapi tidak memiliki cukup modal, yaitu dengan menjadi reseller online. Siapapun bisa mulai berjualan tanpa harus memikirkan produksi barang, stok barang ataupun memikirkan biaya tempat berjualan.

Baca juga : 11 Cara Jualan Online Shop Untuk Pemula

Meskipun begitu, menjadi reseller online gampang-gampang susah. Agar bisa meraih banyak keuntungan, diperlukan kesungguhan dan strategi dalam marketing. Pilihlah jenis produk / jasa yang memang memiliki peluang larisnya besar, seperti produk pakaian, kosmetik, sepatu, peralatan rumah tangga atau lainnya. Selain itu, sesuaikan target pasar dengan produk/jasa yang dijual.

2. Jual Pulsa dan Bayar Listrik Online

Selain bahan-bahan pokok, saat ini pulsa dan listrik menjadi salah satu kebutuhan utama. Hal tersebut, karena segala aktivitas sudah mengandalkan hp, internet dan listrik. Dengan begitu, artinya usaha jual pulsa dan bayar listrik online tidak akan ada matinya.

3. Jasa Pengetikan Online

Bagi yang menguasai teknik penulisan ilmiah yang baik serta mampu mengetik dengan cepat, bisa menawarkan jasa pengetikan. Banyak orang yang membutuhkan jasa pengetikan untuk skripsi, dokumen, tugas akhir dan lainnya. Nah, tidak ada salahnya mencoba membukan jasa pengetikan secara online.

4. Jasa Buat Website

Zaman sekarang, website menjadi salah satu kebutuhan bisnis. Banyak yang mulai mengonlinekan usahanya agar dikenal lebih banyak masyarakat. Itulah mengapa membuka toko jasa buat website online sangat menjanjikan. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Produk Unlimited Hosting Murah Di Niagahoster dan masukkan kode kupon DIKAOFFICIAL agar Anda mendapatkan diskon 5%.  

Tentunya, untuk memulai usaha ini harus memahami cara membuat website, menggunakan CMS open source ataupun pemrograman kompleks menggunakan PHP dan sejenisnya.

5. Jual Barang bekas Online

Memangnya ada yang mau membeli barang-barang bekas? Jangan salah, banyak orang yang mencari barang-barang seken di internet, terutama dengan harga yang murah. Nah, jika punya barang bekas yang masih bagus, seperti buku, mainan, pakaian dan lainnya, bisa dijual dengan harga yang menarik. 

6. Jasa Percetakkan Online

Membuka jasa percetakkan memang butuh modal yang besar. Namun, ada solusi bagi yang ingin memulai jasa percetakkan tanpa modal. Bagi yang tinggal di area yang menyediakan banyak percetakkan, bisa menawarkan jasa mereka secara online. Untuk membuka toko online jasa percetakkan, tentunya harus paham tentang jenis mesin cetak, ukuran kertas, jenis media cetak dan lainnya.

7. Jasa Sablon Kaos Online

Sama dengan jasa percetakkan, usaha jasa sablon kaos online juga bisa dimulai dengan cara kerjasama dengan usaha sablon terdekat. Usaha sablon kaos saat ini sudah semakin marak dan rasanya tidak akan sulit menemukan tempat sablon kaos untuk diajak kerjasama. Tentunya, untuk bisa melayani pelanggan secara maksimal harus memahami mengenai teknik sablon, jenis tinta sablon dan lainnya.

8. Usaha Makanan Online

Ada banyak jenis makanan yang bisa dijual secara online, mulai dari makanan beku / frozen, makanan instans, hingga hidangan utama layaknya restoran. Sebelum memulai usaha online ini, tentu terlebih dahulu jenis makanan apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Setelah itu, tentukan layanan delivery makanan seperti GoFood, GoBiz atau lainnya.

Tips Memilih Produk Untuk Dijual di Toko Online

Ada beberapa tips untuk memilih produk yang tepat untuk dijual secara online. Simak tips berikut ini agar tidak salah memilih produk / jasa untuk dijual.

1. Melihat Permintaan Pasar

Sebelum menjual suatu produk atau jasa, harus benar-benar cermat memilih produk atau jasa apa yang cocok dijual. Menjual produk yang sedang populer di masyarakat, belum tentu bisa mendatangkan banyak konsumen. Maka, sebagai awal memulai usaha online, sebaiknya perhatikan kebutuhan pasar. Misalnya, jika target pasarnya anak muda, maka bisa menjual jenis makanan atau minuman kekinian.

2. Cermat Menentukan Harga Jual

Saat ini, pedagang online sudah semakin banyak. Artinya, akan banyak pula kompetitor nantinya. Jika tidak cermat mengatur harga jual, bisa-bisa bisnis tidak dilirik konsumen. 

Memang membuat harga tinggi akan membawa keuntungan besar, tetapi bisa saja konsumen berpaling untuk memilih produk dengan harga yang lebih murah. Itulah mengapa sebagai penjual harus pandai-pandai mengatur harga, agar nantinya tidak mengalami kerugian atau produk tidak laku.

3. Mengenali Kompetitor

Tips selanjutnya, yaitu mengenali kompetitor usaha yang sedang dijalankan. Mengenali kompetitor dapat membantu memberikan ide dan menghindari produk yang lesu penjualannya di pasaran. 

Baca juga : Inilah Rahasia Cara Agar Olshop Banyak yang Order

Meskipun produk yang dijual mempunyai kualitas yang bagus, tetapi jika terlalu banyak penjual produk tersebut, maka produk akan sulit terlihat konsumen.

Nah, itulah 8 ide produk untuk usaha toko online yang mudah dijalani dan dijamin laris. Salah satu yang bisa membuat usaha online sukses, yaitu tekad untuk bersungguh-sungguh dalam menjalaninya. Selain itu juga harus jeli memerhatikan kebutuhan pasar serta membuat harga.

Demikianlah ulasan mengenai ide toko online yang mudah dijalankan dan dijamin laris. Pilih salah satu produk terbaik untuk dijual di toko online dan jalankan dengan sungguh-sungguh. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi siapa pun yang ingin membangun toko online.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.