Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Awal Punya Tambahan Penghasilan dari Blog

Di era digital, peranan blog sebagai wadah penyampaian informasi berupa fakta, peristiwa, juga opini penting keberadaannya bagi semua pengguna internet. 

Blog sebagai sarana menulis sekaligus berbagi ternyata juga bisa digunakan untuk sumber pengahasilan dari blog.

Nah, kira-kira bagaimanakah tahapan agar pemilik blog mendapatkan uang dari hasil nge-blognya? Simak tahapan awalnya di penjelasan berikut ini. 

Penghasilan dari Blog

Langkah Awal Punya Tambahan Penghasilan dari Blog 

1. Tentukan Tema Tulisan Bertraffic Buat Blog 

Biasanya, blog dirancang untuk membahas secara khusus suatu topik tertentu, seperti tema traveling, resep masakan, cerita pendek, dan lain-lain. 

Namun, ada juga blog yang isinya adalah pengalaman pribadi pemiliknya. Semacam tulisan curhat atau catatan personal.  

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Traffic Blog Paling Ampuh, Simak Disini

Intinya buatlah blog dan mulailah menulis dari tema-tema yang dikuasai untuk mendapatkan pengahasilan dari blog. 

Perdalam ilmu cara membuat artikel yang baik, cerita pendek yang menarik, dan perluas wawasan terhadap sebab-akibat peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Setelah itu, menulislah dengan rutin kemudian upload ke blog tersebut.

Semakin menarik isi tulisan suatu blog, maka semakin banyak pengunjungnya. Pengunjung inilah yang nantinya akan berdampak pada penghasilan blog tersebut. 

Rajin-rajinlah menjalin hubungan dengan pengunjung yang memberikan komentar dalam setiap artikel yang ditulis. Dialah aset yang sebenarnya!

2. Optimalkan Penghasilan Dari Blog Dari Riset Keyword 

Keyword atau kata kunci adalah kata yang sering diketikkan orang di sebuah browser untuk mencari yang dia butuhkan. 

Cara mencari keyword cukup mudah. Ketikkan saja satu kata dan tunggulah beberapa saat, maka akan muncul kata-kata di bawahnya. Kata atau kalimat inilah yang bernama keyword.

Baca juga : Cara Membuat Landing Page di Blogspot, Pasti Berhasil

Mengapa riset keyword penting? Agar kita bisa memasukkan kata-kata tersebut menjadi judul artikel atau tulisan kita. 

Bila judul yang kita buat di blog sesuai dengan keyword yang ada di browser, maka seiring waktu browser akan menempatkan blog kita di bagian atas kolom pencarian.

Riset keyword bisa langsung melalui brainstorming atau menggunakan aplikasi/tools tertentu, misalnya saja dengan google keyword planner. 

Semakin banyak blog menggunakan keyword, maka diharapkan traffic visitor blog tersebut akan semakin meningkat dengan cepat.

3. Monetize blog sekarang juga!

Tentukanlah cara yang membuat blog mendapatkan uang. Cara pertama adalah dengan memasang google adsense. 

Blog yang sudah dibuat beberapa bulan dan memiliki banyak pengunjung, dapat mengajukan diri untuk dipasangi iklan dari google.

Cara kedua adalah dengan menggunakan affiliate marketing. Affiliate marketing adalah cara agar blog menjadi “mak comblang” yang memasarkan produk tertentu. 

Saat blog berhasil membawa pengunjung menjadi pembeli, maka pemilik blog pun akan mendapatkan pengahasilan dari blog melalui komisi dari hasil comblangnya tersebut.

Cara ketiga adalah dengan meng-endorse suatu produk. Pemilik blog bisa mempromosikan blognya di forum-forum atau melakukan penawaran kepada pelaku usaha tertentu.

4. Ikut lomba blog dan event-event tertentu di komunitas/ lembaga resmi

Saat ini, banyak komunitas dan lembaga yang mengadakan lomba menulis memakai media blog pribadi. 

Biasanya, topik yang diangkat adalah tema yang terkait dengan kegiatan dan lembaganya. Pemilik blog hanya tinggal menulis sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dibuat oleh panitia lomba.

Pemilik blog yang mengkhususkan blognya untuk menjadi peserta dalam berbagai event kepenulisan, biasanya memiliki circle pertemanan yang sama. 

Dari circle ini, pemilik blog dapat mengetahui lomba blog apa saja yang sedang berlangsung dan mampu untuk diikuti.

Bila beruntung, pemilik blog juga akan dilirik oleh komunitas, lembaga resmi, dan pengguna lainnya untuk menjadi influencer dalam setiap event yang sedang mereka kerjakan. 

Bila sudah begini, maka siap-siap pemilik blog akan kebanjiran uang dari hasil menulisnya.

5. Rawatlah blog sebaik mungkin

Ketika blog sudah mendapat banyak pengunjung, maka sebisa mungkin pemiliknya harus merawat agar pengunjungnya nyaman dan mengunjungi blog secara konsisten. 

Pemilik blog juga perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk membayar domain, theme, dan lain-lain agar tampilan blog semakin menarik. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Domain, silahkan order Domain di Niagahoster dan masukkan kode kupon DIKAOFFICIAL agar Anda mendapatkan diskon 5%.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.