Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Penting yang Wajib ada di Template Blog Keren

Bagi seorang blogger Template Blog Keren merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena template blog yang keren tidak akan membuat pembaca bosan, selain itu juga bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menulis blog.

Sebelum membahas lebih jauh, sebenarnya apa sih yang dimaksud template blog itu? Apa saja faktor-faktor penting yang harus ada dalam template blog? Di artikel kali ini kita akan menjelaskan tentang pengertian template blog dan faktor-faktor apa saja yang harus ada dalam template blog. 

Template Blog Keren

Apa yang dimaksud dengan template blog

Jika di terjemahkan secara gamblang dalam Bahasa Indonesia template adalah cetakan, sedangkan template blog adalah cetakan blog. Cetakan yang dimaksud disini adalah pola yang digunakan secara konsisten dalam suatu blog.

Template blog adalah desain halaman blog beserta dengan komponen-kompenen yang ada di dalamnya. Template blog juga bisa disebut dengan tema yang dipakai oleh blog yang kamu kunjungi. 

Baca juga : 3 Cara Menampilkan Komentar Blog

Template blog yang keren merupakan salah satu daya tarik pengunjung untuk mengakses blog tersebut. Pengunjung pasti akan betah untuk berlama-lama dalam blog yang memiliki tampilan bagus dan isi yang menarik. 

Template blog selain memberikan layout artikel yang menarik dalam sebuah blog, fungsi lain dari template blog adalah sebagai tempat penyimpanan kode-kode seperti, css, html, js, dll. Secara umum template blog memiliki fitur yang berbeda-beda namun memiliki fungsi yang sama.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Template Blogger, silahkan order Template Blogger di Sugeng.id.

Faktor Penting yang Wajib ada di Template Blog Keren

Pemilik blog memiliki kewenangan penuh untuk mendesain blog yang mereka miliki. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik blog dalam mendesain template blog, diantaranya sebagai berikut:

1. Halaman artikel yang lebar

Faktor pertama yang harus ada dalam template blog adalah halaman artikel yang lebar. Halaman artikel yang lebar, tidak terlalu kecil dan tulisan yang memiliki ukuran pas akan lebih nyaman dilihat oleh mata.
Daripada halaman artikel yang sempit, terlalu padat dan tulisan yang terlalu kecil akan cepat membuat pelanggan bosan melihat artikel kita

2. Menu navigasi yang rapi

Selanjutnya menu navigasi yang rapi dan teratur dalam sebuah blog akan lebih nyaman dipandang dan digunakan. Namun apakah teman-teman tau apa yang dimaksud dengan menu navigasi itu sendiri?

Menu navigasi adalah fasilitas yang ada pada sebuah blog yang berfungsi untuk menyimpan tautan-tautan penting yang ada dalam blog tersebut, untuk memudahkan pengunjung blog dalam mencari kategori yang diinginkan.

Baca juga : Cara Buat Blog Baru dengan Cara Mudah bagi Pemula

Kelebihan dalam mencantumkan menu navigasi yang rapi adalah mempercepat pengunjung mendapatkan sitelink, serta memiliki tampilan yang lebih professional.

3. Template dengan warna cerah 

Salah satu hal yang bisa membuat tampilan blog menjadi lebih professional adalah menggunakan warna yang cerah. Warna yang cerah juga dapat membantu pengunjung betah berlama-lama dalam blog, karena tidak perlu menambahkan kecerahan extra untuk melihat blog kamu.

4. Memiliki sidebar yang sinkron

Blog yang memiliki tampilan sidebar yang acak-acakan akan membuat blog terlihat berantakan, blog yang berantakan akan membuat pengunjung jenuh dan kepercayaan pengunjung akan berkurang. 

Tampilan yang acak-acakan membuat blog tidak terlihat professional dan terpercaya. Blog yang baik harusnya memiliki jarak antar halaman posting dengan sidebar yang sejajar dan pas.

5. Template yang simple

Blog yang baik seharusnya memiliki tampilan tamplate yang simple dan rapi. Blog yang memiliki terlalu banyak gambar, iklan, akan membuat pengunjung terganggu dan beralih mencari blog lain.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.