Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Penting yang Wajib ada di Template Blog Keren

Bagi seorang blogger Template Blog Keren merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena template blog yang keren tidak akan membuat pembaca bosan, selain itu juga bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menulis blog.

Sebelum membahas lebih jauh, sebenarnya apa sih yang dimaksud template blog itu? Apa saja faktor-faktor penting yang harus ada dalam template blog? Di artikel kali ini kita akan menjelaskan tentang pengertian template blog dan faktor-faktor apa saja yang harus ada dalam template blog. 

Template Blog Keren

Apa yang dimaksud dengan template blog

Jika di terjemahkan secara gamblang dalam Bahasa Indonesia template adalah cetakan, sedangkan template blog adalah cetakan blog. Cetakan yang dimaksud disini adalah pola yang digunakan secara konsisten dalam suatu blog.

Template blog adalah desain halaman blog beserta dengan komponen-kompenen yang ada di dalamnya. Template blog juga bisa disebut dengan tema yang dipakai oleh blog yang kamu kunjungi. 

Baca juga : 3 Cara Menampilkan Komentar Blog

Template blog yang keren merupakan salah satu daya tarik pengunjung untuk mengakses blog tersebut. Pengunjung pasti akan betah untuk berlama-lama dalam blog yang memiliki tampilan bagus dan isi yang menarik. 

Template blog selain memberikan layout artikel yang menarik dalam sebuah blog, fungsi lain dari template blog adalah sebagai tempat penyimpanan kode-kode seperti, css, html, js, dll. Secara umum template blog memiliki fitur yang berbeda-beda namun memiliki fungsi yang sama.

Faktor Penting yang Wajib ada di Template Blog Keren

1. Halaman artikel yang lebar

Faktor pertama yang harus ada dalam template blog adalah halaman artikel yang lebar. Halaman artikel yang lebar, tidak terlalu kecil dan tulisan yang memiliki ukuran pas akan lebih nyaman dilihat oleh mata.
Daripada halaman artikel yang sempit, terlalu padat dan tulisan yang terlalu kecil akan cepat membuat pelanggan bosan melihat artikel kita.

2. Menu navigasi yang rapi

Selanjutnya menu navigasi yang rapi dan teratur dalam sebuah blog akan lebih nyaman dipandang dan digunakan. Namun apakah teman-teman tau apa yang dimaksud dengan menu navigasi itu sendiri?

Menu navigasi adalah fasilitas yang ada pada sebuah blog yang berfungsi untuk menyimpan tautan-tautan penting yang ada dalam blog tersebut, untuk memudahkan pengunjung blog dalam mencari kategori yang diinginkan.

Baca juga : Cara Buat Blog Baru dengan Cara Mudah bagi Pemula

Kelebihan dalam mencantumkan menu navigasi yang rapi adalah mempercepat pengunjung mendapatkan sitelink, serta memiliki tampilan yang lebih professional.

3. Template dengan warna cerah 

Salah satu hal yang bisa membuat tampilan blog menjadi lebih professional adalah menggunakan warna yang cerah. Warna yang cerah juga dapat membantu pengunjung betah berlama-lama dalam blog, karena tidak perlu menambahkan kecerahan extra untuk melihat blog kamu.

4. Memiliki sidebar yang sinkron

Blog yang memiliki tampilan sidebar yang acak-acakan akan membuat blog terlihat berantakan, blog yang berantakan akan membuat pengunjung jenuh dan kepercayaan pengunjung akan berkurang. 

Tampilan yang acak-acakan membuat blog tidak terlihat professional dan terpercaya. Blog yang baik harusnya memiliki jarak antar halaman posting dengan sidebar yang sejajar dan pas.

5. Template yang simple

Blog yang baik seharusnya memiliki tampilan tamplate yang simple dan rapi. Blog yang memiliki terlalu banyak gambar, iklan, akan membuat pengunjung terganggu dan beralih mencari blog lain.

Rekomendasi Template Blog Keren

Apakah saat ini Anda sedang mencari template blog keren agar tampilannya semakin cantik? Jika iya, maka sepertinya di pembahasan ini tersedia jawabannya. Anda bisa memilih dari beberapa rekomendasi berikut ini untuk menjadikan blog  semakin keren.

1. ViralNews

Template ini sangat cocok apabila Anda sedang membuat website berita baik untuk niche olahraga, gosip, dan sebagainya. Sesuai namanya, Anda akan mendapatkan sebuah template website dengan desain layaknya situs berita yang sering muncul di internet, mulai dari header hingga banner space. 

Semua fitur-fitur seperti nama blog, navigasi, kategori, hingga slider tertata dengan sangat rapi. Jadi, jika Anda sedang membangun sebuah blog tentang berita, template ViralNews benar-benar bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. NewsMag

Satu lagi rekomendasi template blog untuk konten berita, yakni NewsMag. Sesuai namanya, Anda akan mendapat sebuah layout blog layaknya sebuah koran. Menariknya, template tersebut kompatibel digunakan untuk berbagai perangkat seperti tablet, mobile, dan desktop.

Dengan jumlah pengguna mencapai 20.000 orang, sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Jadi, template ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki blog berita seperti gosip artis, berita olahraga, dan lain-lain.

3. BlackLite

Terkadang tampilan keren tidak harus dipenuhi dengan berbagai pernak-pernik atau layout yang rumit. Contohnya adalah tema yang satu ini. BlackLite akan memberikan Anda sebuah tampilan blog yang sederhana, jelas, dan ringan.

Dengan ini, maka pengunjung blog Anda akan merasa nyaman baik ketika membaca artikel atau membuka tampilan utamanya. Template ini tidak menggunakan slider di dalamnya. Untuk bagian header terdiri dari menu bar dan logo website.

Sesuai dengan namanya, tampilan BlackLite didominasi oleh warna putih dengan aksen hitam pada menu bar. Kombinasi warna tersebut memang sangat baik untuk keterbacaan sebuah artikel blog. Meskipun terdapat sidebar, Anda bisa menghilangkannya jika dirasa cukup mengganggu.

4. Boston

Boston juga menjadi salah satu rekomendasi template yang bisa Anda gunakan. Semenjak awal kemunculannya, template ini memang kerap menjadi pilihan para blogger karena tampilannya yang cantik dan tersedia berbagai fitur menarik.

Salah satu fitur yang cukup mencolok adalah slider yang terdapat di bagian bawah header. Anda dapat memilih sampai tiga headline artikel yang paling menarik untuk pengunjung. Boston juga memiliki fitur image berukuran besar pada setiap artikel yang dapat membuat pembaca akan semakin nyaman.

5. Tribes

Rekomendasi yang terakhir adalah Tribes. Template garapan dari Ben Sibley ini bisa menjadi salah satu opsi yang tepat untuk mempercantik tampilan blog Anda. Salah satu keunggulan dari Tribes adalah lebar konten yang cenderung lebih sempit dengan tujuan membuat pembaca semakin fokus.

Dengan begitu, meskipun membuka melalui perangkat desktop, pengunjung tetap akan melihatnya seperti tampilan mobile yang lebih familiar. Beberapa startup di Indonesia sudah menggunakan template tersebut seperti Sale Stock dan Orami.

Setelah melihat beberapa template blog keren di atas, silakan Anda pilih mana saja yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan. Yang jelas, masing-masing template tersebut memiliki karakteristik dan kesan yang berbeda-beda.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Template Blogger, silahkan order Template Blogger di Sugeng.id

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

RajaBackLink.com
RajaBackLink.com