Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Jualan Online Makanan agar Cepat Laku

Popularitas layanan cepat antar seperti gofood, grab food, dan shopee food, membuat orang berlomba – lomba mempelajari cara jualan online makanan agar cepat laku. Mengingat saat ini banyak sekali anak muda yang memilih menggunakan layanan cepat antar seperti itu. 

Memilih menggunakan sistem jualan online tidak hanya dari popularitas saja, tetapi berdasarkan berbagai pertimbangan lainnya. Seperti optimasi penggunaan media digital untuk pemasaran, menggait lebih banyak pembeli, hingga mengenalkan produk baru ke pelanggan. 

Meskipun banyak orang mencoba mengembangkan jualannya, tetapi tidak sedikit orang mengalami kegagalan. Mengingat tantangan, hambatan, serta persaingannya cukup besar ketika terjun di dunia digital. Perlu perencanaan, strategi, dan taktik yang tepat. 

Cara Jualan Online Makanan agar Cepat Laku

5 Cara Jualan Online Makanan agar Cepat Laku

1. Memanfaatkan Media Sosial untuk Membangun Atensi

Cara satu ini masih belum banyak orang menggunakan. Ketika seseorang sudah bergabung menjadi mitra salah satu penyedia layanan cepat antar, pastinya mengabaikan penggunaan sosial media. Mungkin ada beberapa pertimbangan, seperti waktu dan sudah mendapat banyak orderan.  

Baca juga : 10 Situs Jualan Online Paling Laris di Indonesia

Tetapi sosial media memiliki peranan penting, seperti menjadi katalog produk, media promosi organik yang murah, serta media interaksi dengan pelanggan. Bahkan tidak sedikit pelanggan yang akan membantu mempromosikan melalui status atau tagar. 

2. Melengkapi dengan Foto Produk yang Menggiurkan

Salah satu daya tarik makanan tidak hanya cita rasa dan aromanya saja, tetapi tampilan dan visualisasinya. Salah satu syarat agar jualan Anda laku adalah memiliki foto atau gambar yang menggiurkan. Sehingga ketika ada pelanggan melihat, ia akan langsung lapar dan ingin membelinya. 

Kesalahan banyak penjual makanan online adalah belum mengoptimalkan foto produk. Beberapa bentuk permasalahannya seperti resolusi kurang baik, sudut dan cahaya pengambilan yang tidak ideal, serta kurang memperhatikan komposisi ketika memotretnya. 

3. Tambahkan Promo Menarik Bagi Pelanggan

Cara jualan online makanan agar cepat laku berikutnya sudah banyak dikembangkan oleh berbagai penjual, yaitu menambahkan promo menarik. Seperti beli satu gratis satu, diskon tertentu ketika membawa teman, atau bahkan diskon sepenuhnya hanya beberapa pelanggan pertama. 

Tetapi memberi diskon juga harus berhati – hati, terlalu besar akan membebani biaya produksinya. Selain itu sosialisasikan juga promo atau diskonnya, dengan demikian akan lebih banyak orang mengenal serta membeli produknya. 

4. Bekerja Sama dengan Food Vlogger

Food vlogger adalah seseorang yang memiliki ketertarikan mencoba berbagai jenis makanan lalu mendokumentasikan pengalaman mereka makan di sosial medianya. Biasanya mereka memiliki cara unik untuk menyampaikan cita rasa masakan yang dicobanya. 

Meskipun kelihatannya sederhana, tetapi konten food vlogger cukup digemari oleh penonton Indonesia, karena tidak hanya mengenal berbagai makanan, tetapi juga menjadi referensi apabila ingin makan enak. Bekerja sama dengan food vlogger dapat mendongkrak penjualan. 

5. Pilih Platform yang Tepat

Terakhir adalah memilih platform yang tepat dalam menjalin kerja sama mitra, ada banyak sekali layanan antar terkenal, seperti go-food, grab food, dan shopee food. Tetapi masing – masing platform memiliki kebijakan serta potensi yang berbeda – beda.  

Baca juga : 10 Cara Marketing Makanan Online agar Bisnis Tetap Laris

Beberapa pertimbangannya adalah persyaratan ketika bergabung menjadi mitra, tingkat efisiensi penggunaan sumber daya, jenis aplikasi yang sering digunakan pelanggan, dan sebagainya. Bahkan tidak menutup kemungkinan membuka beberapa mitra sekaligus. 

Makanan menjadi salah satu produk paling banyak dicari oleh masyarakat, tidak hanya secara offline tetapi juga secara online. Namun agar bisa sukses jualannya, harus mengetahui cara jualan online makanan agar cepat laku dan untung besar. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.