Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyimak Definisi dari Berbisnis Online

Banyak orang tertarik berbisnis online bukan hanya karena peluang profit cukup besar. Namun juga karena mudahnya melakukan model usaha semacam ini.

Berkat perkembangan teknologi, menjual barang atau jasa tidak harus dengan membuka bangunan toko. Cukup mengandalkan gadget, Anda sudah bisa melakukan promosi dan penjualan.

Jadi, apakah tertarik untuk memulai bisnis online? Pada artikel ini akan kami bahas seluk beluk model usaha tersebut secara lengkap termasuk ide bisnis yang dapat Anda terapkan. 

Menyimak Definisi dari Berbisnis Online

Berbisnis Online

Bisnis online ialah tipe usaha yang sedang berkembang dan banyak sekali diminati oleh masyarakat. Apabila menjalankannya, akan mendatangkan banyak profit. cara menjalankannya juga terbilang mudah.

Meskipun istilah bisnis online kerap terdengar dalam kehidupan sehari-hari, sudahkah Anda tahu apa definisinya? Istilah ini bermakna kegiatan jual-beli yang dilakukan mengandalkan media internet.

Jadi, semua kegiatannya, mulai dari jual-beli, layanan konsumen, pemasaran dan lainnya cukup dilakukan melalui media internet. Sangat berbeda dengan model usaha yang mengandalkan aktivitas offline.

Bahkan, untuk konsumennya tidak ada batasan. Sangat mungkin mendapatkan konsumen dari luar kota, luar pulau bahkan luar negeri. Jadi jangkauan konsumennya jauh lebih luas.  

Lantas, apa tujuan dari berbisnis online? Tujuannya ialah memberi kemudahan bagi yang hendak memulai usaha sejak nol. Dapat memulainya dari membuat website, media sosial maupun marketplace. Tidak perlu membangun toko fisik.

Seperti yang Anda tahu, jika harus membangun toko fisik akan memerlukan banyak dana. Mulai dari membeli tanah, membuat bangunan sampai perawatan bangunannya.

Ketika menerapkan cara membuka usaha online shop sendiri, konsumen juga akan dimudahkan dalam memperoleh produk yang diperlukan. Khususnya ketika bertransaksi, hanya perlu mengandalkan metode transaksi online.

Pengelolaan bisnisnya juga dapat dilakukan dari mana saja. Jadi, modalnya tidak akan terlalu banyak. Anda boleh menjalankan beragam ide mulai dari produk, jasa sampai layanan digital untuk konsumen.

Berbisnis online adalah solusi tepat ketika hendak mempunyai penghasilan sampingan. Mengingat kemudahan, efektivitas dan efisiensi dari usahanya.

Ada banyak pula pilihan produk yang dapat dijual. Bisa berupa barang, produk digital hingga jasa. Contohnya saja fashion, makanan, merchandise, skincare, hampers dan lainnya.

Seperti Apa Cara Kerja Bisnis Online?

Cara kerja dari bisnis tentu saja tidak sama dengan tipe konvensional. Akan lebih baik apabila Anda juga memahami seperti apa perbedaannya. Berikut ini penjelasan mengenai cara kerjanya.

1. Menyediakan Produk 

Cara kerja berbisnis online dimulai dengan menyediakan produk yang diperlukan oleh pasar. Anda perlu menyediakan apa yang memang banyak dibutuhkan oleh konsumen.

Tatkala menyediakan produk yang diinginkan dan diperlukan oleh pasar, tentu konsumen akan tertarik untuk memesan produknya. Jangan lupa yakinkan pula mengenai manfaat produk untuk menarik minat konsumen.

2. Pemesanan Produk

Tahapan berikutnya dari berbisnis online ialah pemesanan produk. Apabila konsumen telah memilih produk yang diinginkan, maka bisa melakukan pemesanan untuk menyelesaikan transaksi jual beli.

Pada tahap ini, perlu menyediakan sistem pemesanan yang baik dan jelas. Jadi, konsumen tidak akan merasa kesulitan hanya untuk mendapatkan produknya.

3. Pembayaran Produk

Apabila konsumen sudah memesan produknya, maka tahap berikutnya ialah melakukan pembayaran. Di masa sekarang, pembayaran sudah banyak mengandalkan cara online daripada konvensional.

Alasannya ialah kemudahan dan kepraktisan, termasuk juga keamanan. Oleh karenanya, banyak pebisnis maupun konsumen tertarik untuk mengandalkan metode pembayaran semacam ini.

Ada banyak pula pilihan metode pembayarannya. Anda transfer bank, m-banking, e-wallet dan lain lain. Selain itu, bisa juga menyediakan metode pembayaran COD untuk konsumen.

4. Pengiriman Produk

Tahapan paling akhir berbisnis online ialah mengirimkan produk ke konsumen. Biasanya cukup mengandalkan jasa ekspedisi untuk mengantarkan pesanan.

Setiap jasa pengiriman atau ekspedisi umumnya mempunyai layanan kecepatan dan keamanan tersendiri. Jadi, Anda dapat memilih ekspedisi sesuai keperluan produk.

Menguak Beragam Manfaat Berbisnis Online 

Ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh apabila menjalankan bisnis mengandalkan media internet. Berikut ini beberapa manfaatnya yang tidak kalah dengan usaha secara offline.  

1. Lebih Hemat Biaya 

Salah satu manfaat berbisnis online ialah lebih hemat biaya. Jadi, apabila hanya mempunyai budget kecil, ini adalah solusi terbaik. Anda bisa memulai usaha dan menghasilkan profit tanpa perlu banyak modal.

Tidak perlu menyediakan dana untuk membeli tanah, membangun toko maupun menyewa bangunan toko. Bisa mengandalkan rumah untuk menampung produk sebelum mengirimkannya pada konsumen.

2. Mudah dilakukan

Apabila Anda ingin membuka usaha online shop terlaris, caranya terbilang mudah. Mengingat adanya jaringan internet, akses terbuka untuk memulai bisnis. Anda bisa menjalankan bisnisnya dari mana saja dan kapan saja.

Anda juga tidak perlu mengurus beragam inventaris atau logistik sendiri. Biasanya bisa diserahkan pada platform e-commerce atau marketplace. Lalu untuk mengawasi jalannya bisnis tidak perlu mengunjungi toko fisik.

Terkait jam operasionalnya juga begitu fleksibel. Silahkan mengatur jam operasionalnya secara bebas, misalnya saja dari pagi sampai sore atau malam.

3. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Manfaat lainnya ialah dapat menjangkau pasar lebih luas. Mengingat adanya teknologi internet, promosi dapat dilakukan sampai ke wilayah lain. Termasuk ke luar negeri.

Selain tidak ada batasan wilayah, tidak ada batasan target promosi. Bisa menjangkau target audiens dari beragam kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua.

4. Efisien

Teknologi dapat dimanfaatkan guna meningkatkan efisiensi bisnis. Misalnya saja mengandalkan software guna mengelola stok produk, memproses pembayaran, hingga melakukan menganalisis data.

Sisi Unggul dari Berbisnis Online 

Seiring berjalannya waktu, bisnis online bukan sekedar diandalkan sebagai pekerjaan sampingan. Banyak pula yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama mengingat besarnya profit.

Lantas, mengapa banyak orang tertarik terjun dalam bidang ini? Ada sejumlah keunggulan menarik dari model usaha ini. Anda juga bisa menjadikan keunggulan ini sebagai bahan pertimbangan.

1. Modal Kecil 

Salah satu keunggulan berbisnis online ialah kecilnya modal yang diperlukan. Modal sendiri biasanya menjadi halangan bagi seseorang tatkala ingin terjun dalam bidang bisnis.

Jadi, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan modal. Sangat berbeda dengan model konvensional yang memerlukan modal besar untuk membeli peralatan sampai promosi.

2. Media Promosi Menarik

Keunggulan lainnya ialah dapat mengandalkan media promosi menarik. Promosi yang menarik akan mendorong konsumen untuk membeli produk. Jadi, penting pula untuk merancang promosi tatkala menjalankan bisnis.

Pernahkah Anda memikirkan jualan online apa yang laku setiap hari? Sebenarnya tatkala promosi Anda unik dan berbeda dengan kompetitor, sudah mampu menarik perhatian konsumen. 

3. Produk Mudah ditemukan

Tatkala hendak membeli suatu produk, masyarakat tidak lagi mencari toko di sekitar tempat tinggal. Namun cukup mengetik nama produk pada smartphone, misalnya melalui marketplace, e-commerce atau sosial media.

Kemudahan ini yang menjadikan bisnis online populer. Namun Anda juga perlu mengoptimalkan keunggulan tersebut dengan memperhatikan penulisan nama produk agar lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

Coba lakukan branding melalui logo dan tagline agar konsumen lebih mengenal toko Anda. Sehingga jauh lebih menonjol daripada toko milik kompetitor.

Tambahkan pula deskripsi dan foto produk agar terlihat lebih menarik di mata konsumen. Deskripsi juga akan membantu mereka untuk mendapatkan informasi lengkap dari produknya.

Kelebihan dalam Aktivitas Berbisnis Online

Ada banyak kelebihan dari bisnis online yang akan memberi kemudahan dan keuntungan bagi Anda. Simak penjelasan mengenai beragam kelebihannya berikut ini.

1. Tidak Ada Batasan Akses maupun Lokasi 

Mengingat internet mampu menjangkau seluruh penjuru dunia, jadi tidak ada batasan lokasi untuk berbisnis online. Anda dapat menjangkau konsumen dari negara lain di seluruh dunia, misalnya saja Jepang, Korea Selatan, Inggris dan lain lain.

Siapa saja yang mempunyai gadget dan internet dapat mengakses toko Anda. Konsumen tidak harus menjangkau toko fisik untuk memesan produk.

Selain itu, tidak ada batasan akses dan bisnisnya dapat Anda buka selama 24 jam sepanjang tahun. Konsumen bisa memesan produknya kapan saja dan Anda dapat segera mengirimkannya.

2. Menumbuhkan Citra Perusahaan

Apabila perusahaan mulai masuk ke bidang bisnis online, maka akan membantu meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme. Pelanggan akan lebih tertarik dengan perusahaan yang sudah mempunyai website atau toko online. 

Ketika perusahaan berbisnis online, pelanggan bisa mendapatkan informasi produk atau layanan cukup mengandalkan media internet. Mereka juga dapat melakukan pemesanan tanpa harus datang langsung ke toko fisik.

Tatkala perusahaan mempunyai website yang baik, tentu citra akan meningkat di mata konsumen. Khususnya jika produk atau layanan yang ditawarkan juga berkualitas. 

3. Informasi Lebih Mudah Sampai ke Konsumen

Di masa lalu, untuk menyampaikan informasi ke konsumen pasti memerlukan waktu lama. Bukan hanya beberapa jam, waktunya bisa sampai beberapa hari.

Akan tetapi, di masa sekarang Anda hanya perlu membuat konten pada internet. Nantinya konsumen akan segera tahu mengenai informasi produk atau jasa terbaru.

Tantangan Berbisnis Online yang Perlu diketahui 

Meskipun mempunyai banyak manfaat dan keunggulan, ada sejumlah tantangan bisnis online yang sebaiknya juga Anda tahu. Jadi bisa mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

1. Kompetisi Ketat 

Meskipun cara membuka usaha online shop sendiri terbilang mudah, persaingan dalam bidang ini cukup sulit. Mengingat jangkauan internet begitu luas, Anda akan bersaing dengan pebisnis lain dari luar daerah bahkan luar negeri.

Contohnya saja hendak menjual bumbu instan. Tentu akan bersaing dengan pebisnis lain yang menjual produk serupa. Pesaing bisa berasal dari satu daerah yang sama maupun berbeda. 

Lantas, apakah hanya bisa menerima tantangan ini? Tentu Anda harus menaklukannya, misalnya dengan membuat promosi menarik dan menawarkan keunikan tersendiri. Bisa dengan menawarkan pengiriman lebih cepat atau pelayanan lebih baik.

2. Isu Keamanan

Tatkala sudah mulai berbisnis online, Anda akan menghadapi tantangan keamanan berupa serangan kejahatan cyber crime. Misalnya saja kebocoran data pengguna pada marketplace, penipuan sampai peretasan situs maupun akun.

Anda dapat menghadapi tantangan ini dengan memberi perlindungan. Misalnya membuat password sulit, tidak sembarangan klik link di internet, mengandalkan fitur keamanan dari marketplace dan lain lain.

3. Pengetahuan Senantiasa Berkembang

Ilmu pengetahuan dalam bidang ini senantiasa berkembang bahkan perkembangannya begitu cepat. Akan senantiasa muncul tips maupun trik baru dalam menjalankan bisnisnya. Apabila Anda tidak mengikuti perkembangan, pasti akan tertinggal dari kompetitor.

Oleh karenanya, pastikan untuk senantiasa belajar mengenai ilmu pengetahuan dalam bidang ini. Pelajari mengenai pemasaran, perubahan keperluan pasar, perkembangan teknologi dan lainnya. 

4. Memahami Karakter Pelanggan 

Meskipun tidak pernah bertemu secara langsung dengan konsumen maupun pelanggan, wajib mempelajari mengenai karakter mereka. Sehingga mereka senantiasa berlangganan di toko Anda. 

Mitos Berbisnis Online yang Salah Kaprah

Meskipun bisnis online sudah sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari, kenyataannya masih banyak mitos yang kerap dipercaya. Padahal, berbagai mitos tersebut sebenarnya salah dan justru memunculkan keraguan untuk memulai usaha.

Apakah Anda sendiri juga merasa ragu karena percaya pada suatu mitos? Mari menguak kebenaran dari berbagai mitos agar Anda lebih percaya diri untuk memulai usaha.

1. Produk Tidak Cocok dijual Melalui Internet 

Pernahkah Anda hendak menjual produk namun ada orang berkomentar bahwa produknya tidak cocok dijual melalui internet? Kenyataannya hampir semua jenis produk dapat dipasarkan melalui internet.

Sebut saja makanan, minuman, buah-buahan, sayuran, tanaman, pakaian, gadget dan lain lain. Lantas, masihkah Anda merasa ragu untuk mulai berjualan?

Kemajuan teknologi sudah sangat membantu penjualan berbagai produk melalui internet. Jadi, tidak perlu ragu untuk menjual produk. Apa yang salah ialah berjualan produk terlarang dan berbahaya seperti narkoba, senjata api, dan lain lain.

Apabila merasa ragu produknya tidak bisa dijual, maka riset dahulu. Coba temukan apakah ada kompetitor dalam bidang ini. Jika ada banyak, tentu artinya produknya bisa terjual melalui internet.

2. Produk Bagus Artinya Pasti Laris 

Pernahkah Anda bertanya-tanya jualan online apa yang laku setiap hari? Lalu, setelah menemukan produk bagus Anda berpikir bahwa pasti produknya akan laris?

Tentu saja itu adalah hal yang salah dipahami. Karena, walaupun produk berkualitas tinggi tidak ada jaminan pasti terjual laris di pasaran. Ada banyak kompetitor yang berani bersaing dengan Anda.

Oleh karenanya jangan hanya mengandalkan kualitas produk. Tingkatkan juga aspek lain agar konsumen tertarik. Misalnya saja meningkatkan pelayanan, meningkatkan kecepatan pengiriman dan lain lain.

Berbisnis online tidak berhenti pada penjualan satu produk berkualitas ke konsumen. Namun Anda juga harus membangun hubungan baik agar konsumen berubah menjadi pelanggan tetap.

3. Wajib Rutin Memberi Diskon 

Mitos lain yang masih beredar di masyarakat ialah tentang kewajiban untuk memberi diskon secara rutin. Masih banyak orang berpikir bahwa syarat berjualan melaui internet ialah wajib memberi diskon secara rutin.

Sebenarnya memberi diskon memang sangat disarankan. Akan tetapi, bukan berarti harus memberi diskon setiap hari. Banyak pebisnis sukses yang tidak memberikan diskon setiap hari namun produknya tetap laris di pasaran.  

Ketika berbisnis online, Anda juga bisa memanfaatkan program khusus dari marketplace yang menguntungkan pelanggan. Misalnya diskon atau potongan ongkos kirim dari marketplace.

Jadi, Anda tidak perlu memberikan diskon tersendiri untuk pelanggan setiap hari. Jangan khawatir kehilangan konsumen hanya karena tidak rutin memberi diskon.

4. Menjadikan Jualan Offline Sepi

Apabila mencoba berbisnis online, nantinya toko offline akan menjadi sepi. Itu adalah mitos yang masih beredar, padahal kenyataannya tidak demikian. 

Kenyataannya adalah Anda justru bisa mengekspansi bisnis dengan menjangkau lebih banyak konsumen. Jika offline store hanya menjangkau konsumen di sekitar tempat tinggal, online store akan menjangkau konsumen dari luar daerah bahkan luar negeri.

Meskipun berbelanja melalui gadget sangat populer, masyarakat terkadang juga masih ingin berbelanja secara langsung di offline store. Oleh karenanya, Anda tetap bisa mendapatkan konsumen di offline store. 

Bahkan, bisa menghadirkan pengalaman berbelanja yang berbeda antara online store dan offline store. Jadi, jangan takut offline store menjadi sepi. 

5. Wajib Pakai Fitur Keren

Mitos lainnya ialah ketika memulai berbisnis online, maka wajib menggunakan seluruh fitur keren pada marketplace. Padahal, banyak seller tidak mengandalkan fitur keren dan tetap bisa menjadikan produknya laris di pasaran.

Artinya, Anda tidak wajib menggunakan seluruh fitur yang tersedia pada marketplace. Tentu fitur juga bukan diciptakan untuk membebani seller, melainkan membantu mendapatkan lebih banyak konsumen.

Jadi sebaiknya pelajari saja dahulu mana saja fitur dari marketplace yang memang dibutuhkan. Apabila sebagian besar fitur keren belum dibutuhkan, maka tidak wajib menggunakannya.

Gunakan saja fiturnya sedikit demi sedikit sesuai keperluan. Tidak harus langsung menggunakan semuanya ketika baru memulai bisnis.

6. Bisa Sukses dalam Waktu Singkat 

Pernahkah Anda mendengar bahwa kesuksesan berbisnis online dapat diraih dalam waktu singkat? Misalnya saja sukses dalam waktu satu hari, satu minggu atau mungkin satu bulan.

Faktanya, Anda akan memerlukan banyak waktu, tenaga maupun biaya untuk bisa sukses dalam bisnis. Pasti memerlukan kerja keras, konsistensi dan dedikasi agar sukses.

Jangan merasa ragu untuk memulai usaha setelah mengetahui bahwa kesuksesan tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat. Karena, kerja keras Anda nantinya tetap berpeluang mendatangkan kesuksesan. 

Lantas, apakah kerja keras akan menjamin kesuksesan? Ada banyak hal yang akan mempengaruhi hasil dari berbisnis online. Mulai dari faktor keberuntungan, pengalaman hingga keterampilan.

Selama menjalankan bisnis, pasti akan berhadapan dengan tantangan maupun risiko. Jadi, pastikan mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Tidak ada kesuksesan terjadi hanya dalam waktu satu malam dan bertahan sampai seumur hidup.

7. Wajib Mencari Keuntungan Paling Tinggi 

Sebenarnya mencari profit tatkala berbisnis online adalah hal penting. Akan tetapi, jangan terlalu banyak mengambil profit. Karena, jika harga terlalu mahal, konsumen akan berpaling ke kompetitor yang harganya lebih murah dengan kualitas sama.

Jadi, jangan berpikir bahwa semakin banyak menetapkan profit maka akan semakin besar peluang sukses. Ada banyak hal perlu diperhatikan tatkala menetapkan harga agar konsumen tertarik membeli dan menjadi pelanggan tetap.

8. Hanya Berisi Kompetitor 

Pernahkah Anda mendengar seseorang mengatakan bahwa berbisnis online hanya akan bersaing dengan seluruh kompetitor. Bisnis adalah tempat di mana seluruh pebisnis bersaing atau bertarung.

Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena Anda juga bisa bekerja sama dan saling mendukung dengan pebisnis lain. Biasanya kerja sama dilakukan untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan.

Contohnya saja Anda membuat produk bersama pebisnis lain. Nantinya hasil produk dapat dipasarkan bersama. Lantas akan sama-sama memperoleh profit. 

Jadi, jangan mengira bisnis hanya berisi persaingan dengan pebisnis lain. Karena mungkin saja suatu saat Anda bisa bekerja sama dengan pebisnis lain untuk mengembangkan produk.

9. Wajib Menjual Produk Revolusioner 

Ketika ingin mulai berbisnis online, Anda tidak wajib menjual produk yang revolusioner. Cukup menawarkan produk yang bermanfaat, berkualitas dan diperlukan oleh pasar.

Setelah menjalankan bisnisnya selama beberapa waktu, lantas muncul inspirasi untuk membuat produk revolusioner, maka itu adalah nilai tambah, bukan kewajiban. Jadi, tidak perlu memikirkan harus membuat produk revolusioner.

10. Tidak Memerlukan Rencana

Banyak orang enggan merancang business plan dan hanya berharap mengikuti arus untuk sukses dalam berbisnis online. Padahal, hal ini justru membawa kegagalan.

Apabila ingin sukses dalam bidang ini, maka Anda tidak bisa hanya mengikuti arus yang sedang ramai atau viral. Perlu merancang business plan agar bisnisnya berkembang.

11. Harus Mempunyai Modal Besar

Mitos yang paling banyak beredar terkait berbisnis online ialah memerlukan modal besar. Mitos ini begitu dipercayai oleh banyak orang hingga memunculkan keraguan untuk memulai bisnis.

Padahal, di masa sekarang banyak sekali cara dapat Anda pilih tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Misalnya menjadi dropshipper atau reseller. Sangat berbeda dengan membuka offline store yang pastinya membutuhkan modal besar.

Jadi, jangan lagi percaya pada mitos bahwa aktivitas ini memerlukan modal besar. Cukup modal sedikit Anda sudah bisa melakukannya. Bahkan, ada cara juga untuk melakukannya tanpa modal.

12. Tidak Memerlukan Strategi Marketing

Pemasaran atau marketing adalah hal penting dalam semua jenis bisnis. Merancang strategi marketing akan membantu penjualan Anda untuk lebih berkembang. Apabila tidak merancang strategi marketing, sudah tentu bisnisnya tidak bisa bertahan lama.

Di masa lalu, strategi marketing lebih fokus pada cara konvensional, seperti membagikan flyer, menciptakan event, memasang iklan pada koran, radio hingga TV. 

Sementara untuk masa sekarang, gunakan strategi marketing yang lebih baru. Misalnya saja copywriting, social media marketing, SEO dan lain lain. 

13. Sulit dilakukan

Jangan percaya jika ada yang mengatakan bahwa berbisnis online sulit dilakukan sendirian. Karena sekarang ini sudah tersedia beragam tools maupun resources tanpa membutuhkan bantuan orang lain. 

Misalnya saja membuat website sendiri mengandalkan WordPress, membuat akun sosial media, memanfaatkan Canva untuk menciptakan desain poster promosi dan lain lain. Jadi, tidak harus meminta bantuan orang lain untuk memulai.

14. Hanya Memerlukan Passion

Sebagian orang beranggapan bahwa berbisnis online hanya memerlukan passion. Kenyataannya, kesuksesan tidak bisa diraih hanya mengandalkan passion. 

Mengikuti passion memang akan membantu meraih kesuksesan. Akan tetapi, ada banyak hal lain yang berpengaruh pada kesuksesan, seperti strategi marketing, sistem, target bisnis dan lainnya. 

Ragam Platform untuk Berbisnis Online 

Ada beragam jenis platform yang dapat dimanfaatkan untuk bisnis online. Mari menyimak penjelasan mengenai setiap platform di bawah ini.

1. Website 

Salah satu platform untuk model usaha ini ialah website. Mirip dengan offline store, website akan bermanfaat sebagai tempat berjualan. Melalui website, konsumen bisa mencari informasi, melakukan transaksi, menghubungi seller dan lainnya.

Platform website ini terbilang populer sebab mempunyai banyak keunggulan. Misalnya saja bisa menjadi media promosi dengan biaya terjangkau, mudah dilakukan dan lain lain.

2. Media Sosial

Pada mulanya media sosial hanya dimanfaatkan untuk bersosialisasi seperti mengirim pesan atau melakukan panggilan. Namun sekarang Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka  usaha online shop terlaris.

Platform ini terbilang populer di kalangan pebisnis sebab sangat cocok untuk pemula. Anda tidak perlu membayar banyak biaya karena daftar akun media sosial bisa dilakukan secara gratis. 

Lalu, manfaatkan beragam fitur yang tersedia di dalam sosial media. Jadi baru pertama kali membuka usaha, maka manfaatkan saja dahulu fitur gratisnya. Jika bisnisnya sudah sangat berkembang maka bisa mencoba menggunakan fitur berbayar.

3. Marketplace

Berbisnis online melalui marketplace juga cukup populer. Marketplace sendiri termasuk platform yang menjadi jembatan antara seller dan pembeli di internet.

Ada banyak pilihan marketplace yang bisa Anda manfaatkan di Indonesia. Ada Shopee, Tokopedia, BliBli dan lainnya. Coba saja salah satunya untuk memulai usaha.

Sudah banyak orang memanfaatkan marketplace untuk berjualan jasa maupun barang. Karena banyaknya fitur yang tersedia jadi berjualan terasa lebih mudah.

Ide Bisnis Online Menarik untuk dicoba 

Apa saja contoh dari bisnis online? Ada banyak ide yang bisa Anda coba dalam bidang ini. Simak beberapa rekomendasi di bawah ini dan pilih saja yang terasa cocok.

1. Jasa Desain Grafis 

Apabila memiliki kemampuan di bidang desain grafis, jangan menyia-nyiakannya begitu saja. Anda dapat menyediakan jasa desain untuk konsumen menggunakan media sosial. 

Untuk memperluas jangkauan konsumen, coba juga mencari website yang menawarkan pekerjaan desain grafis secara freelance. Jadi, tidak hanya mengandalkan media sosial sendiri untuk berbisnis online.

Buat pula portofolio untuk menarik minat konsumen atau klien. Ide desain yang populer ialah poster, logo, flyer, layout hingga magazine.

Jika bisa, coba pula dapatkan pekerjaan desain dari luar negeri. Sebab, umumnya honor dari project luar negeri akan lebih besar. Manfaatkan peluang untuk meraih lebih banyak uang.

2. Content Writer

Content writer atau penulis konten juga termasuk ide berbisnis online yang menarik untuk dicoba. Karena banyak pihak memerlukan peran dari content writer.

Cukup mengandalkan laptop atau komputer dan koneksi internet, Anda bisa menyediakan jasa content writer. Coba awali dengan menawarkan jasa penulisan konten pada media sosial. Temukan juga proyek melalui website freelance, misalnya Upwork atau Fiverr.

Ada banyak sekali pemilik website memerlukan jasa penulisan konten. Ini adalah peluang bagi Anda untuk menyediakan jasa penulisan konten dan mendapatkan uang.

Apabila mempunyai kemampuan menulis artikel, blog, konten situs, materi pemasaran maupun e-book, sudah tentu berpeluang mendapatkan klien dari beragam industri dan latar belakang.

Coba juga manfaatkan kemampuan untuk menulis e-book atau membuat produk digital lain. Hal ini bisa menjadi portofolio yang akan meningkatkan kredibilitas sebagai content writer.

4. Jastip (Jasa Titip)

Pernahkah mendengar tentang jasa titip atau jastip? Jastip termasuk model usaha tanpa modal yang terbilang mudah untuk dilakukan. Cukup menjadi perantara dengan membeli produk dari penyedia kepada pembeli.

Jastip terbilang menguntungkan sebab Anda akan memperoleh profit setiap ada transaksi pembelian dari konsumen. Banyak jenis produk dapat ditawarkan melalui jastip mulai dari kosmetik, makanan, pakaian impor, gadget, souvenir dan lain lain.

Jastip bisa manjadi bantuan bagi konsumen yang tertarik membeli produk dari suatu offline store namun belum punya waktu atau kesempatan untuk datang langsung.

Tatkala Anda menjalankan bisnis ini, pastikan untuk senantiasa update informasi mengenai stok atau ketersediaan produk. Anda harus memberi kabar kepada konsumen jika produk yang diinginkan kosong dan memberi penawaran untuk membeli alternatif produk.

5. Reseller

Bisnis online apa yang cocok bagi pemula? Rekomendasi lainnya ialah menjadi reseller. Anda boleh membeli produk dari tempat lain dengan harga lebih murah lantas menjualnya kembali. 

Di masa sekarang sudah banyak toko menyediakan kerja sama reseller. Jadi, coba saja manfaatkan peluang ini. Temukan toko dengan stok produk besar dan branding bagus lantas jual produknya melalui sistem reseller.

Melalui cara ini Anda tidak perlu memproduksi barang sendiri. Cukup beli produk yang sudah ada lantas jual kembali. Dapatkan profit dari selisih harga beli dan harga jual.

Ada banyak pula jenis produk yang boleh dipilih, mulai dari bidang F&B, kecantikan hingga kesehatan. Jangan lupa memastikan supplier terpercaya, menyediakan harga grosir dan kualitas produknya bagus.

6. Dropship

Selain reseller, Anda bisa berbisnis online dengan cara dropship. Dropship ini tidak mengharuskan untuk membeli produk. Jadi cukup promosikan produknya, nantinya pihak toko yang mengurus pengirimannya ke konsumen.

Tatkala produknya berhasil terjual, Anda akan memperoleh honor dari toko terkait. Semakin banyak menarik minat konsumen, tentu akan memperoleh honor besar.

Ide berbisnis online terbilang mudah bahkan tidak memerlukan modal. Mengingat Anda hanya perlu mempromosikan produk. Tidak perlu membuat produk sendiri bahkan tidak perlu membeli produk dari produsen.

Dropship juga menjadi solusi terbaik apabila Anda tidak ingin menyimpan stok produk. Selain lebih praktis, cara ini juga lebih minim risiko kerugian.

Keunggulan dari dropship ialah tidak membutuhkan banyak modal, hemat waktu dan tenaga terkait pengiriman produk, dapat menjual beragam produk tanpa menyimpan stok dan bisa fokus ke pemasaran serta penjualan. 

Apabila memilih dropship, jangan lupa lakukan evaluasi dan riset terkait supplier. Tujuannya ialah mencegah adanya masalah dan mampu menghadirkan layanan terbaik bagi konsumen.

7. Affiliate 

Apabila tertarik untuk berbisnis online tanpa mengeluarkan modal, rekomendasi lainnya ialah affiliate. Anda hanya perlu bekerja sama dengan suatu e-commerce. Nantinya cukup mempromosikan produk melalui link. 

Tatkala ada konsumen yang melakukan transaksi pembelian melalui link tersebut, Anda akan memperoleh komisi. Jadi, cukup bagikan link sampai banyak orang tertarik untuk membeli produk.

Apabila tertarik untuk berbisnis online, pertama-tama perlu mendaftar program afiliasi di e-commerce. Contohnya mendaftar di Shopee, Tokopedia, Amazon dan lain lain.

Setelah itu, buat konten, contohnya saja postingan blog yang berisi informasi produk. Pastikan kontennya berkualitas dan menarik agar konsumen juga tertarik membeli produk.

8. Thrift Shop

Berbisnis online thrift shop ialah menjual produk bekas atau second namun masih layak untuk digunakan. Thrift shop terbilang populer dan banyak diminati oleh masyarakat. 

Sudahkah Anda tahu bahwa banyak orang lebih tertarik membeli produk bekas karena harganya lebih murah? Thrift shop ini dapat berupa baju, sepatu, barang antik, buku hingga komik.

Ketika hendak memulai bisnisnya, cari dahulu supplier yang menawarkan produk berkualitas. Boleh juga mencarinya melalui grup jual-beli barang bekas di internet.

Pastikan untuk mencermati pemilihan barang bekas. Sebab, jika beruntung akan memperoleh brand terkenal dengan harga terjangkau. Jika menjual pakaian, pastikan mencucinya terlebih dahulu agar lebih bersih, tampak rapi dan lebih harum.

Tatkala menjual produknya jangan menerapkan harga di atas harga pasaran. Sebab, konsumen pasti akan lebih tertarik dengan produk serupa yang harganya lebih murah.

9. Merchandise

Masihkah Anda mempertanyakan apa saja contoh dari bisnis online? Tidak masalah karena kami masih mempunyai banyak rekomendasi. Misalnya saja ide bisnis merchandise. 

Ide ini mempunyai prospek yang begitu menjanjikan. Terutama ketika Anda menjual produk yang ada kaitannya dengan public figure. Bisa pula berkaitan dengan karakter tertentu yang sedang populer.

Banyak jenis merchandise dapat dijual, misalnya saja totebag, gantungan kunci, kaos, gelas, mug, tumbler, botol minum, bolpoin, topi dan lainnya.

Coba gunakan beragam platform untuk mempromosikan merchandise. Misalnya saja sosial media, e-commerce atau website. Tampilkan katalog produk agar konsumen lebih mudah memilih dan membelinya. 

10. Admin Media Sosial

Admin media sosial banyak diperlukan oleh berbagai perusahaan mengingat pekerjaan ini sangat bermanfaat untuk akun media sosial. Jasa ini begitu diperlukan agar perusahaan bisa terhubung dengan konsumen melalui media sosial.

Jadi, Anda bisa membantu suatu perusahaan untuk terhubung dengan konsumennya. Caranya ialah dengan mengurus akun media sosial perusahaan dan berinteraksi dengan follower. Nantinya akan ada tanggung jawab untuk meningkatkan engagement.

Jika masih pemula, coba berbisnis online dengan menjadi admin media sosial untuk satu atau dua akun terlebih dahulu. Jika terlalu banyak, dikhawatirkan justru kesulitan untuk mengelolanya. 

11. Youtuber

Menjadi Youtuber juga termasuk ide bisnis online yang cukup menarik. Banyaknya pengguna aktif Youtube setiap harinya, membuka peluang untuk mempublikasikan konten video dan mendapatkan uang dari sana.

Tatkala ingin berbisnis online sebagai Youtuber, bisa membuat konten video dari mana saja. Contohnya merekam video tutorial memasak, tutorial menjahit dan lain lain.

Jangan lupa untuk mengembangkan skill komunikasi, pengeditan video dan manajemen sosial media. Jadi, dapat menghadirkan konten video terbaik dan mampu berkomunikasi dengan subscriber.

Tatkala mengawali channel Youtube, usahakan memperoleh 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayangan pada beberapa bulan pertama. Nantinya, Anda bisa mengikuti program mitra Youtube sehingga bisa memonetisasi channel dan menghasilkan uang. 

12. Blogger 

Ide berbisnis online selanjutnya ialah membuat blog atau menjadi seorang blogger. Banyak pengusaha besar yang mengawali bisnisnya melalui blogger. Biasanya dimulai dengan membagikan skill dan pengetahuan melalui blog.  

Pada mulanya memang Anda bisa fokus pada target audiens kecil. Akan tetapi, kesuksesan tidak mungkin diraih cukup melalui beragam pemikiran terkait suatu topik. Perlu berfokus pada beragam elemen berikut.

1. Niche 

Suatu blog lebih diminati tatkala hanya fokus ke suatu topik atau pembahasannya spesifik. Jadi, jangan mencampuradukkan beragam tema dalam satu blog. 

2. Kualitas Konten 

Menciptakan konten unik dan berkualitas akan lebih memikat pengunjung untuk berlangganan blog Anda. Nantinya, peringkat blog pada halaman hasil pencarian atau SERP juga akan meningkat.

3. Jumlah Traffic 

Apabila blog Anda sudah mempunyai banyak traffic, nantinya akan lebih mudah untuk menjual produk maupun jasa. Jadi, upayakan untuk meningkatkan traffic.

13. Penerjemah

Berbisnis online sebagai penerjemah juga tidak kalah menguntungkan. Apabila menguasai lebih dari satu bahasa, maka coba saja peluang menjadi penerjemah.

Akan tetapi, tatkala menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain, pastikan untuk mengikuti nuansa lokal dari kontennya supaya sesuai dengan budaya audiens target.

Coba saja menemukan klien yang memerlukan jasa penerjemahan melalui portal kerja atau freelance. Bisa pula mencari perusahaan maupun agensi penerjemahan yang sedang memerlukan freelancer.

Kumpulkan seluruh sertifikasi pelatihan, portofolio, daftar klien atau proyek yang sudah pernah dikerjakan. Hal ini akan mendukung kredibilitas Anda sebagai penerjemah. 

Apabila tertarik berbisnis online sebagai penerjemah, ikuti juga beragam pelatihan. Sehingga akan memperoleh sertifikat yang membantu meningkatkan kualitas hasil terjemahan. 

Terjun dalam bidang ini bukan hanya harus membekali diri dengan pengetahuan bahasa asing. Namun juga budaya dari negara dengan bahasa terkait. Kembangkan pula skill komunikasi dan riset.

14. Hampers 

Hampers adalah ide berbisnis online yang begitu menjanjikan. Terutama ketika menjualnya pada momen khusus seperti bulan ramadhan, hari raya, wisuda dan lain lain.

15. Kursus Online

Apabila suka dengan aktivitas mengajar, maka coba saja membuat kursus online. Silahkan memilih topik sesuai keinginan. Topiknya boleh beragam dan tidak terbatas pada materi pelajaran sekolah.

Jika menawarkan kursus online, Anda dapat membagikan pengetahuan untuk mereka yang ingin meningkatkan skill maupun kemampuan. Akan tetapi, harus bersiap dengan persaingan jasa kursus online.

Coba temukan topik unik di mana belum banyak tersedia kursusnya. Riset pula apakah topik terkait cukup diminati oleh masyarakat. Nantinya buat kursus dengan topik spesifik dan bisa menjangkau niche pasar.

16. Makanan 

Apabila mempunyai hobi memasak, misalnya membuat masakan tradisional atau camilan, maka coba saja berbisnis online makanan. Boleh memasarkan produknya melalui media sosial jadi lebih praktis.

Tidak harus mengantarkan produknya sendiri ke rumah konsumen. Boleh juga bekerja sama dengan aplikasi penyedia layanan ojek online. Jadi, serahkan urusan pengantaran produk pada ojek. 

Apabila ada konsumen dari luar daerah atau luar kota, maka jadikan makanan sebagai frozen food. Sehingga tatkala makanannya sampai di alamat tujuan masih dalam kondisi segar dan lezat disantap.

Memahami Cara Bisnis Online bagi Pemula Dimulai dari Nol

Informasi tentang cara bisnis online biasanya dicari oleh para pemula yang ingin menjalankannya, tapi bingung memulainya dari mana. Berbisnis online yaitu kegiatan jual beli yang dilakukan lewat media internet.

Pada era seperti sekarang, usaha dengan sistem online memiliki semakin banyak peminat. Kebanyakan alasan mereka berminat menjalankan usaha jenis ini adalah karena mudah dijalankan dan menawarkan keuntungan besar.

Mudah karena Anda tidak perlu membuka toko offline yang tentu saja memerlukan modal biaya cukup besar. Ingin memulai bisnis online untuk pemula dari nol tapi bingung caranya? Ikuti caranya sebagaimana akan dibahas lebih lengkap pada uraian berikut.

Perbedaan Antara Bisnis Online dengan Offline

Sebelum mengetahui cara bisnis online, akan dibahas terlebih dahulu perbedaan jenis usaha ini dengan offline. Perbedaan pertama yaitu dari jangkauan pelanggan potensial pada usaha online lebih luas bila dibandingkan offline.

Usaha offline jangkauan pelanggannya terbatas hanya didekat area sekitarnya. Bila ingin menjangkau lebih banyak pelanggan, harus melakukan promosi atau iklan. Perbedaan selanjutnya yaitu dari segi biaya awal atau modal usaha online lebih rendah.

Sebab, tidak perlu mendirikan bangunan atau melakukan sewa. Tidak perlu juga membeli berbagai peralatan mahal yang biasanya diperlukan sebagai pendukung aktivitas dalam berbisnis. Perbedaan lainnya dari segi waktu pengoperasian.

Ketika menerapkan cara bisnis online, Anda bisa mengoperasikannya hingga 24 jam setiap harinya. Hal ini membuat pelanggan yang ingin melakukan pembelian menjadi tidak terbatas oleh waktu, termasuk saat tengah malam.

Sedangkan usaha offline waktu pengoperasiannya lebih terbatas. Terkait batasan ini menyesuaikan dengan kapan waktu diinginkan untuk buka dan tutupnya. Hanya saja memang usaha online mempunyai risiko keamanan lebih tinggi bila dibandingkan jenis offline.

Salah satu risiko keamanannya yaitu terkena serangan cyber. Usaha offline memang risiko keamanannya lebih rendah, tapi tetap perlu diwaspadai. Salah satu upaya bisa dilakukan untuk menjaga keamanan ini yaitu dengan memasang kamera CCTV.

Alasan Bisnis Online Lebih Menguntungkan Dibandingkan Offline

Menerapkan cara bisnis online lebih menguntungkan dibandingkan offline bukan tanpa alasan. Salah satu alasannya karena untuk memulai lebih praktis dan mudah tanpa harus menunggu memiliki banyak modal terlebih dahulu.

Sebab, Anda bisa menjalankan tanpa atau dengan modal tidak terlalu besar. Alasan lainnya mengapa lebih menjanjikan keuntungan besar yaitu menawarkan berbagai jenis usaha, baik itu berhubungan dengan produk berupa barang maupun jasa.

Menariknya lagi, Anda bisa membuka usaha yang mungkin belum umum dipasaran tapi sebenarnya sangat dibutuhkan dan banyak dicari. Untuk menjalankan usaha online, ada banyak platform bisa digunakan.

Seperti, marketplace atau e-commerce, media sosial serta website. Pemilihan platform tersebut bisa disesuaikan target pasar. Potensi laba didapatkan dari menerapkan tata cara bisnis online juga lebih tinggi karena sekarang ini eranya sudah serba digital.

Sudah semakin banyak pengguna internet, bahkan menjadi kebutuhan utama masyarakat. Banyak orang lebih tertarik membeli produk secara online karena dianggap lebih praktis. Peluang seperti ini membuat usaha online potensinya lebih besar menghasilkan banyak laba.

Cara Bisnis Online bagi Pemula Dimulai dari Nol

Cara memulai bisnis online dari nol bisa dibilang gampang-gampang susah. Walaupun kebutuhan mengenai jumlah modal tidak sebanyak usaha offline, tapi memerlukan fokus dan ketekunan. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha ini mulai dari nol, ikuti tata cara berikut:

1. Mencari Tahu yang Dibutuhkan Pasar

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu mencari tahu kebutuhan pasar. Menawarkan produk yang banyak dibutuhkan pasar, lebih mudah menarik perhatian mereka, sehingga potensi mendapatkan laba tinggi lebih besar.

Dengan menerapkan cara bisnis online satu ini, membuat usaha yang dijalankan lebih cepat mengalami perkembangan. Terkait hal ini relevan dengan konsep berpikir para konsumen ingin masalah yang mereka hadapi terselesaikan.

Bila kesulitan mengawalinya, bisa mencari tahu masalah apa yang terjadi disekitar. Atau mungkin masalah yang Anda alami sendiri. Tidak terbatas pada masalah, bila memiliki hobi tertentu, bisa Anda jadikan sebagai dasar ide menentukan bisnis.

Barangkali hobi tersebut mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang dialami oleh mayoritas masyarakat. Kelebihan menjalankan usaha sesuai hobi yaitu terasa lebih menyenangkan. 

2. Melakukan Riset Pasar

Cara bisnis online berikutnya sesudah menemukan apa yang dibutuhkan oleh pasar yaitu melakukan riset. Tujuan dari riset pasar yaitu mengetahui data objektif terkait permintaan pasar.

Hasil riset pasar tersebut nantinya bisa digunakan sebagai pertimbangan sebelum mengambil setiap keputusan. Dari hasil riset ini, akan mempermudah pencarian produk berupa barang maupun jasa yang sedang trend.

Aktivitas riset bisa dilakukan secara online melalui sosial media dan dicocokkan dengan yang ada pada mesin pencarian website. Bila ingin membangun usaha produk trend, Anda bisa memanfaatkan fitur Google Trends untuk melihat statistik datanya.

3. Menentukan Jenis Produk yang Ingin Dijual

Sekarang waktunya menerapkan tata cara bisnis online menentukan jenis produk yang ingin dijual apakah barang atau jasa. Walaupun sedang mencari yang sedang trend, tetap pertimbangan risiko dan kesanggupan Anda dalam menjalankannya.

Jadi, pertimbangkan beberapa peluang sebelum menentukan pilihan terbaik. Jangan hanya fokus terhadap potensi perolehan laba tinggi saja, tapi persiapkan diri dengan kemungkinan risiko terjadi ketika menjalankan bisnis tersebut.

4. Menentukan Target Pelanggan

Cara bisnis online berikutnya sesudah menentukan jenis produk yang ingin dijual yaitu menentukan target pelanggan. Lakukan analisa serta perhitungan jenis pasar yang cocok untuk produk usaha Anda.

Dalam mencari target pelanggan perlu spesifik. Beberapa aspek yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih target pelanggan meliputi kondisi kawasan tempat tinggal, tingkat ekonomi, gender, usia, gaya hidup, minat, pekerjaan dan masih banyak lagi.

Akan semakin mudah menjangkau mereka nantinya bila target pasar yang ditentukan semakin mengerucut serta detail. Selain itu, penentuan target pelanggan akan memudahkan Anda saat hendak melakukan promosi agar mampu menarik perhatian.

5. Melakukan Riset terhadap Kompetitor

Sesudah menentukan target pelanggan atau pasar yang ingin dituju, tata cara bisnis online selanjutnya adalah melakukan riset terhadap kompetitor. Tentu saja kompetitor yang menjalankan usaha online serupa dengan Anda.

Ketika melakukan riset kompetitor, perhatikan kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki. Hasil riset tersebut nantinya bisa dipelajari untuk membangun usaha lebih baik, sehingga mampu bersaing sehat dengan para kompetitor tersebut.

Riset untuk menganalisa kompetitor bisa dilakukan dengan mencermati website, ulasan konsumen, sosial media dan langsung mencoba produk milik mereka. Setelah selesai menganalisa, Anda dapat mengatur strategi terbaik untuk bersaing dengan mereka.

6. Memilih Model Bisnis dan Platform Jualan

Tahapan cara bisnis online berikutnya yaitu memilih model usaha yang ingin diterapkan. Pemilihan model usaha bisa disesuaikan kondisi. Sebagai contoh, kondisinya Anda tidak mempunyai banyak uang untuk modal usaha, tapi tidak ingin meminjam ke orang lain.

Menjalankan usaha tanpa modal atau dengan sedikit modal bisa menjadi alternatif pilihan terbaik, seperti penerjemah. Modal utama menjadi seorang penerjemah naskah adalah laptop dengan spesifikasi mumpuni serta koneksi internet stabil.

Selain itu, modal kemampuan berbahasa asing mumpuni. Bila modal kemampuan ini sudah dimiliki, berarti tinggal menyiapkan laptop dan internet. Selain memilih model usaha yang ingin diterapkan, tentukan platform jualannya. 

Pemilihan platform pada cara bisnis online disesuaikan jenis produk serta target marketnya. Bila produk yang dijual secara online berupa barang, bisa menggunakan e-commerce atau marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain-lain sejenis.

Sedangkan bila produknya berupa layanan atau jasa, memakai medial sosial atau website lebih efektif dijadikan pilihan. Pahami karakteristik setiap platform agar bisa memilih paling sesuai dengan bisnis Anda.

Setelah berhasil menentukan platform paling tepat, maksimalkan seluruh fitur tersedia. Sebab, fitur tersebutlah yang nantinya mendukung pemasaran dan penjualan produk menjadi lebih efektif.

7. Mulai Berjualan dan Promosi

Setelah seluruh perencanaan bisnis mulai dari penentuan produk yang ingin dijual, target pelanggan, model bisnis hingga platform jualan. Sebelum menerapkan tata cara bisnis online ke tahap jualan, sebaiknya rencanakan juga masalah keuangan.

Tujuannya agar bisa menyiapkan modal awal yang diperlukan dan kemungkinan biaya-biaya untuk kebutuhan pendukung lainnya. Setelah seluruh persiapan sudah matang, sekarang waktunya berjualan dan melakukan promosi.

Pada cara memulai bisnis online dari nol satu ini, terdapat berbagai jenis metode promosi bisa dilakukan baik itu gratis maupun berbayar. Contohnya seperti SEO, sosial media ads, SEM, strategi organik dan masih banyak lagi lainnya.

Pemilihan metode promosi disesuaikan dengan platform digital yang digunakan untuk berjualan. Bila produknya ingin dijual dan dipasarkan lewat website, promosi dengan strategi SEM, SEO, Google Ads dan Google My Business merupakan pilihan tepat.

Sedangkan bila jualan dan promosi yang ingin diterapkan pada cara bisnis online melalui sosial media, memaksimalkan konten promosi, iklan ads dan penggunaan copywriting merupakan pilihan tepat. Bisa juga menggunakan strategi paid promote dan giveaway.

Agar upaya promosi dilakukan memberikan hasil optimal dan tidak sia-sia, gunakan teknik tepat. Setelah promosi yang diterapkan berhasil menarik perhatian konsumen untuk membeli produk Anda, jangan langsung puas hati.

Bila mereka akhirnya menjadi pelanggan setia, rawat dengan baik. Caranya dengan tetap memberikan pelayanan terbaik terhadap mereka. Bisa juga memberikan perlakuan khusus, seperti pemberian diskon, promo atau bonus tidak terduga.

Bagaimanapun juga menerapkan cara bisnis online itu jangka waktu yang diinginkan panjang. Agar panjang, tidak cukup bila hanya mencari sebanyak mungkin pelanggan potensial.

Tapi, merawat pelanggan yang sudah setiap menggunakan produk Anda itu juga tidak kalah penting. Ada banyak keuntungan didapatkan ketika mereka menjadi pelanggan setia.

Selain meningkatkan laba, ada potensi mereka memasarkan produk Anda kepada orang lain secara tidak langsung tanpa diminta. Biasanya hal seperti ini dilakukan tanpa disadari ketika pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang didapatkan.

8. Melakukan Evaluasi secara Rutin

Tata cara bisnis online terakhir yaitu melakukan evaluasi secara rutin. Namanya usaha baik itu secara online maupun offline tidak selamanya berjalan lancar. Pasti ada pasang surut yang dialami dan tidak selalu memiliki banyak pembeli.

Sesudah usaha berhasil berkembang serta memperoleh keuntungan banyak, jangan langsung terlena dan merasa puas. Tetap penting melakukan evaluasi untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas usaha menjadi lebih baik.

Evaluasi mencakup seluruh aspek, mulai dari pelayanan, kualitas produk, pemasaran hingga saran dari pelanggan. Tentunya tidak hanya sekadar evaluasi, tapi juga menerapkan dengan baik langkah lanjutan yang sudah direncanakan.

Tata Cara Berbisnis Online Shop Tanpa Modal

Penerapan tata cara bisnis online secara lebih spesifik kemungkinan ada perbedaan antara jenis usaha satu dengan lainnya. Sebagai contoh, dari segi modal. Bila ingin menjalankan bisnis tanpa modal, berarti Anda harus menyiapkan skill mumpuni.

Sedangkan bila menjalankan usaha online dengan jumlah modal cukup besar, berarti harus mempersiapkan biaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Di mana biaya tersebut perlu dicatat secara rinci agar tidak ada bagian terlewat.

Salah satu jenis usaha bisa dilakukan tanpa modal adalah online shop. Cara bisnis online shop tanpa modal sebenarnya bukan benar-benar tanpa modal. Hanya saja jumlah modal yang perlu dipersiapkan tidak terlalu besar.

Misalnya, menjadi dropshipper, di mana Anda tidak perlu modal untuk menyiapkan stok produk. Sebab, sudah ada penjual utama yang menyiapkannya dan Anda tinggal memasarkan. Bila tertarik berbisnis online shop tanpa modal, ikuti beberapa cara berikut:

1. Mencari Produk Menarik

Cara bisnis online shop pertama yaitu mencari produk menarik. Bukan hanya menarik, tapi sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan banyak orang agar nantinya tidak terlalu kesulitan dalam menjangkau pasar.

Beberapa contoh barang yang umum dijual pada usaha online shop adalah sepatu, tas, baju, buku, peralatan rumah tangga, jam tangan, sandal dan masih banyak lagi. Bahkan barang aneh yang sedang viral juga dijual dan memiliki banyak peminat.

Dalam memilih produk, pertimbangan masalah peluang dan risikonya apakah rekomended dijadikan pilihan atau tidak. Bila bisnis yang dijalankan tanpa modal melalui kerja sama dengan pihak distributor, pastikan mereka terpercaya.

Pastikan juga produk yang disediakan oleh distributor benar-benar berkualitas. Ketika menerapkan cara bisnis online shop satu ini, pahami dengan baik produk yang sudah Anda tentukan ingin dijual.

Tujuannya supaya ketika produk tersebut dalam proses penjualan, bisa menjawab dengan baik segala jenis pertanyaan dari para pelanggan. Sehingga pelanggan tertarik untuk membeli produk bahkan menjadi berlangganan.

Dalam pemilihan produk, lakukan riset pasar dan pertimbangkan juga minat Anda. Ketika berjualan produk yang diminati atau disukai, akan lebih bersemangat saat menjalankannya. Proses pembangunan usaha juga menjadi terasa lebih ringan.

2. Merencanakan Bisnis secara Matang

Sesudah menentukan produk yang ingin dijual, cara bisnis online shop selanjutnya yaitu lakukan perencanaan secara matang. Perencanaan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari konsep usaha yang ingin dijalankan, sistem pengiriman serta metode promosi.

Pada tahapan perencanaan tentukan harga jual produk yang nantinya ingin diterapkan dengan mempertimbangan banyak hal, seperti harga beli. Penentuan harga jual harus melalui penghitungan tepat.

Ketika sudah paham segala aspek yang ingin dijalankan dan diterapkan pada bisnis, nantinya segalanya terasa lebih mudah. Sebab, semuanya sudah berada dibawah kendali, sehingga kemungkinan besar saat dijalankan berjalan dengan lancar.

Pada cara bisnis online shop tanpa menggunakan modal tidak terbatas terhadap perencanaan alur dan konsep jual beli saja. Tapi, juga penting merencanakan cara-cara mengatasi risiko yang kemungkinan muncul saat usaha dijalankan.

Memang risiko tersebut akan diusahakan seminimal mungkin terjadi. Tapi, sebagai antisipasi, tidak ada salahnya menyiapkan cara mengatasinya agar ketika dikemudian hari tiba-tiba terjadi, sudah memiliki beberapa alternatif pilihan solusi terbaik.

3. Menentukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Cara bisnis online shop tanpa modal berikutnya sesudah melakukan perencanaan adalah menentukan strategi pemasaran yang tepat. Agar memperoleh keuntungan maksimal, Anda perlu menerapkan promosi dengan strategi tepat.

Apalagi bila Anda masih baru dalam menjalankan online shop tersebut dan belum banyak orang mengetahuinya. Salah satu metode promosi yang banyak digunakan dan mampu menarik perhatian banyak orang yaitu give away melalui sosial media.

Akan semakin banyak orang merasa tertarik seiring dengan semakin menarik hadiahnya. Metode lainnya agar cara bisnis online shop hasilnya optimal yaitu memberikan gratis ongkos kirim, voucher cash back dan diskon produk.

Tahapan awal dari menjalankan usaha paling penting adalah menjangkau target pasar terlebih dahulu. Walaupun pada awalnya laba diperoleh masih sedikit tidak masalah.

Nantinya seiring berjalannya waktu bisa sembari memikirkan bagaimana caranya jualan dengan laba tinggi tapi tetap memberikan kenyamanan bagi para pelanggan. Untuk menjangkau mereka Anda perlu memberikan berbagai penawaran menarik.

Contoh beberapa tawaran menariknya seperti diatas. Setelah cara bisnis online shop dengan pemberian penawaran menarik seperti ini berhasil, potensi memperoleh banyak pelanggan lebih besar.

Tanpa rutin melakukan promosi, mereka yang sudah mempercayai produk Anda berkualitas, tanpa diminta juga pasti akan tertarik untuk membeli. Jadi, walaupun tanpa modal, Anda bisa memperoleh banyak untung asalkan strategi pemasarannya tepat.

4. Mulai Membuka Lapak

Setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan matang, sekarang waktunya mulai untuk membuka lapak. Semua persiapan akan menjadi percuma bila Anda tidak segera juga membuka lapak.

Ketika menerapkan cara bisnis online shop satu ini, pastikan memilih lapak yang tepat. Terdapat berbagai jenis lapak bisa dijadikan pilihan, paling umum digunakan adalah e-commerce dan sosial media.

Anda bisa membuka beberapa lapak sekaligus pada platform digital berbeda-beda. Dengan catatan, lakukan pengelolaan seluruh platform secara optimal. Bila memang masih sulit mengelola beberapa platform sekaligus, buka satu saja terlebih dahulu.

Penting diperhatikan, sebelum membuka lapak pastikan waktunya tepat. Penentuan waktu jangan asal dan tidak perlu terburu-buru. Sangat penting memperhitungkan berbagai hal dengan cermat untuk meminimalkan terjadinya kerugian.

Maksud dari cara bisnis online shop satu ini bisa dilihat dari salah satu contoh ingin mulai menjalankan bisnis baju muslim. Anda bisa mulai berjualan tanpa modal baju muslim hasil kerja sama dengan distributor ketika mendekati bulan suci Ramadan.

Sebab, pada waktu tersebut baju muslim mengalami peningkatan permintaan. Jadi, walaupun Anda baru saja memulainya, tetap bisa memperoleh laba dengan jumlah cukup besar. 

5. Berupaya Selalu Melayani Pelanggan dengan Baik

Ketika proses berjualan, seluruh transaksi akan dilakukan secara online. Meskipun transaksinya tidak secara tatap muka, tetap harus melayani para pelanggan dengan baik. Pemasaran yang baik juga tidak selalu menjamin menarik perhatian pelanggan. 

Pada cara bisnis online shop satu ini mencakup beragam aspek. Tidak hanya pelayanan dari segi responsif ketika ditanya oleh pelanggan saja. Tapi, juga memberikan produk berkualitas agar nantinya pelanggan yang sudah memesannya merasa puas.

Untuk meminimalkan kesalahpahaman akibat spesifikasi produk yang ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan, sebaiknya cantumkan informasi pada bagian deskripsi selengkap mungkin. Update juga stok barang secara rutin.

Jadi, ketika stok barang memang sudah habis, pelanggan tidak kecewa karena memperoleh kabar ternyata produk yang dipesannya tidak dapat dikirimkan. Padahal sudah terlanjur melakukan pemesanan bahkan pembayaran.

6. Evaluasi Berkala

Cara bisnis online shop terakhir yaitu melakukan evaluasi secara berkali. Tujuan dari evaluasi adalah untuk menilai seberapa jauh perkembangan penjualan serta laba yang didapatkan.

Ketika ternyata hasil evaluasi menunjukkan adanya kerugian, bisa membuat strategi penjualan yang baru. Potensi usaha mengalami perkembangan semakin tinggi seiring dengan semakin seringnya melakukan evaluasi.

Inilah Cara Berbisnis Online di Shopee

Ada banyak e-commerce bisa dijadikan sebagai platform untuk menunjang jual beli online. Contohnya seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan Blibli. Informasi cara bisnis online di Shopee adalah salah satu yang banyak dicari.

Terkait hal ini relevan dengan banyaknya manfaat jualan produk melalui aplikasi Shopee. Beberapa diantaranya bisa mengakses pelanggan yang jangkauannya luas, tampilan antarmukanya intuitif sehingga mudah digunakan dan didukung oleh sistem keamanan canggih.

Manfaat lainnya pengaturan fleksibel, tersedia layanan dukungan pelanggan yang responsif dan adanya fitur statistik penjualan yang mempermudah analisa kinerja toko serta produk. Bagi Anda yang tertarik menerapkan tata cara bisnis online di aplikasi Shopee, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Persiapan

Langkah pertama yaitu persiapan yang mencakup beragam hal. Meliputi penelitian pasar, memilih produk yang ingin dijual, memastikan ketersediaan stok produk hingga menyiapkan foto maun video menarik.

Pada tahapan penelitian pasar, ada proses mengenali pasar serta calon pelanggan. Penelitian tersebut nantinya bisa membantu mencarikan strategi jualan yang tepat. Ketika memilih produk yang ingin dijual, pastikan berkualitas.

Selain itu, mempunyai keunggulan dibandingkan kompetitor. Keunggulan ini nantinya yang menjadi daya tarik para pelanggan. Tahapan persiapan pada cara bisnis online di aplikasi Shopee, juga mencakup memastikan ketersediaan stok.

Pastikan Anda mempunyai stok cukup untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan agar mereka tidak beralih ke penjual lainnya akibat tidak tersedianya produk. Foto produk merupakan bagian pertama yang akan dilihat oleh pembeli.

Untuk itulah siapkan foto atau video dengan tampilan jelas, beresolusi tinggi dan menarik. Sedangkan bagian deskripsinya dibuat singkat, tapi jelas dan memenuhi kebutuhan informasi para pelanggan.

2. Membuat Akun Shopee

Cara bisnis online di aplikasi Shopee berikutnya setelah melalukan persiapan adalah membuat akun. Bisa melalui aplikasi Shopee atau laman resminya di https://shopee.co.id. Nantinya Anda tinggal menekan tombol Daftar, lalu mengikuti instruksi pembuatan akun.

Sesudah berhasil membuat akun, tekan tombol bertuliskan Mulai Jual. Pada tahapan ini Anda tinggal mengikuti instruksi yang ada untuk membuka toko di Shopee. Setelah akun penjual terdaftar, persiapkan toko online dengan baik.

Persiapan tersebut mencakup pengunggahan logo, pemilihan nama toko, membuat deskripsi secara mendetail dan menambahkan kategori produk. Bila sudah, sekarang waktunya mengunggah foto produk ke dalam akun toko Anda.

Pada tata cara bisnis online di aplikasi Shopee tahapan pengunggahan produk, bisa dilakukan dengan menekan tombol Tambah Produk. Kemudian inputkan informasi terkait produk, mulai dari nama, harga, jumlah stok hingga deskripsi.

Tentukan juga varian produk bila ada, seperti warna atau ukuran. Agar proses pengunggahan produk berjalan cepat, pastikan sudah menyiapkan seluruh foto maupun video yang akan diunggah.

3. Mengatur Promo

Agar lebih menarik perhatian para pelanggan, atur promo dan diskon. Caranya yaitu dengan memanfaatkan fitur harga coret atau memberikan penawaran flash sale. Kedua metode ini banyak digunakan oleh para penjual untuk meningkatkan jumlah pembeli.

4. Memproses Transaksi

Cara bisnis online di aplikasi Shopee selanjutnya adalah memproses transaksi bila ada pelanggan yang melakukan pembelian. Caranya diawali dengan mengonfirmasi pesanan yang masuk serta memastikan stok produk masih tersedia.

Pada instruksi pembayaran, bisa lewat COD, transfer bank, ShopeePay atau lainnya menyesuaikan kondisi Anda. Lakukan pengemasan produk dengan baik, lalu kirim menyesuaikan metode pengiriman pilihan pelanggan terkait.

5. Berinteraksi dengan Para Pelanggan

Untuk membangun loyalitas serta kepercayaan, lakukan interaksi yang baik dengan para pelanggan. Bila ada pelanggan bertanya, segera balas dengan ramah dan cepat. Bila mereka komplain terhadap pesanan, segera tangani dengan profesional.

6. Memantau Penjualan

Kelanjutannya, cara bisnis online di Shopee adalah memantau aktivitas penjualan. Shopee memiliki fitur pelaporan serta analisis. Adanya fitur ini akan membantu Anda dalam pengelolaan usaha online yang dijalankan.

Aktivitas pemantauan bisa dilakukan harian, mingguan maupun bulanan. Tidak hanya sekadar memantau perkembangan toko saja, tapi juga lakukan analisis produk. Cermati produk mana paling laris serta bagian mana yang perlu ditingkatkan lagi kualitasnya.

7. Memperluas Jangkauan Bisnis

Langkah terakhir yaitu memperluas jangkauan bisnis. Tapi, sebelum memperluas jangkauan, penting untuk selalu berupaya meningkatkan resputasi toko di Shopee. Caranya selalu memberikan pelayanan terbaik dan mengutamakan kepuasan pelanggan.

Bagaimanapun juga tujuan utama dari menerapkan tata cara bisnis online di aplikasi Shopee bukan hanya meraih keuntungan maksimal. Tapi juga mendapatkan kepuasan dari para pelanggan. 

Reputasi toko bisa meningkat melalui ulasan yang ditampilkan. Maka dari itu, mintalah kepada para pelanggan memberikan ulasan positif bila mereka merasa puas terhadap layanan serta produk Anda.

Setelah toko berjalan baik dan memiliki reputasi bagus, barulah pertimbangkan untuk memperluas jangkauan usaha. Caranya dengan menambahkan produk varian baru dan memberikan penawaran khusus terhadap pelanggan loyal.

Tips Usaha Online agar Memperoleh Banyak Keuntungan

Menerapkan cara bisnis online yang baik memiliki potensi besar mendapatkan banyak keuntungan. Tapi, ada tips khusus bisa dilakukan agar perolehan keuntungannya lebih banyak, beberapa diantaranya:

1. Menciptakan Keunikan

Tips pertama yaitu ciptakan keunikan karena bisa memperoleh perhatian lebih besar. Boleh saja menjual produk barang maupun jasa yang sama dengan pebisnis lainnya. Tapi, agar lebih menarik perhatian, miliki sisi keunikan yang menjadi pembeda.

Tidak asal unik tapi tetap memenuhi kebutuhan para pelanggan. Nantinya keunikan tersebut akan menarik perhatian banyak pelanggan sekaligus menjadi identitas usaha Anda.

2. Menawarkan Promo

Ketika menerapkan cara bisnis online, sesekali adakan promo untuk meningkatkan angka penjualan. Tips satu ini terbukti efektif meningkatkan jumlah penjualan dan pelanggan. Terdapat beragam jenis promo bisa diberikan.

Dimulai dari promo gratis ongkos pengiriman, bonus barang, potongan harga atau lainnya. Akan semakin besar peluang memperoleh lebih banyak laba seiring dengan semakin menarik promo yang ditawarkan.

3. Melakukan Proyek Kolaborasi

Penting untuk membangun hubungan baik dengan kompetitor. Salah satu upayanya yaitu mengajak kompetitor melakukan proyek kolaborasi. Selain kompetitor, Anda bisa mengajak pelaku bisnis bidang lainnya.

Menerapkan cara bisnis online dengan melakukan proyek kolaborasi nantinya mampu meningkatkan value usaha serta produk Anda. Manfaat lainnya, jangkauan konsumen menjadi lebih luas.

4. Memberikan Produk dan Pelayanan Terbaik

Tips lainnya yaitu memberikan produk dan pelayanan terbaik. Penting untuk memastikan seluruh pelanggan memperoleh pelayanan memuaskan. Ketika mereka merasa puas, besar peluang untuk kembali membeli produk Anda dikemudian hari.

Cara bisnis online umumnya dibangun untuk jangka waktu berkelanjutan. Di mana yang diperlukan bukan hanya sekadar mencari sebanyak mungkin pelanggan. Tapi, menjaga dan merawat para pelanggan yang menjadi pelanggan setia agar tetap merasa puas.

5. Menerapkan Strategi Digital Marketing

Tips terakhir, agar memperoleh laba tinggi, terapkan strategi digital marketing. Strategi ini dilakukan dengan memanfaatkan berbagai jenis platform digital yang mampu meningkatkan penjualan secara efektif dan signifikan.

Menerapkan cara bisnis online tidak terlepas dari namanya pemasaran. Memasarkan produk menggunakan platform digital bisa dilakukan salah satunya lewat sosial media. 

Pemakaian digital marketing nantinya akan membantu bisnis Anda menjangkau lebih banyak konsumen. Ketika jangkauannya lebih banyak, keuntungan didapatkan tentunya juga bertambah besar.

Ragam Jenis Media Promosi Online Beserta Cara Memaksimalkannya

Relevan dengan pembahasan sebelumnya, promosi online sudah terbukti efektif mampu meningkatkan penjualan asalkan eksekusinya tepat. Berikut ini ada beberapa jenis media promosi online beserta cara memaksimalkannya bisa Anda jadikan alternatif pilihan:

1. Instagram

Pertama adalah media sosial Instagram. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk berbagai foto dan video keseharian saja, tapi juga sebagai media berjualan produk. Kebanyakan pengguna Instagram adalah para remaja.

Jadi, Anda bisa mengoptimalkan tata cara bisnis online dengan target pasar utamanya adalah para remaja atau kalangan anak muda. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk menjangkau pasar kalangan anak mudah dengan lebih mudah.

Sebab, Instagram menjadi tempat berkumpul mereka. Melalui Instagram, foto produk maupun video dengan caption menarik bisa ditampilkan. Di mana kalimat caption tertulis bisa lebih panjang dibandingkan ketika memakai Twitter.

Upaya mengoptimalkan promosi produk di Instagram yaitu dengan memanfaatkan fitur hashtag dan aktif menjalin interaksi dengan para pelanggan. Untuk memaksimalkan distribusi konten promosi produk, fitur story serta reels tersebut dapat dimanfaatkan.

2. Facebook

Selain Instagram, Facebook merupakan media sosial yang populer dari dulu hingga sekarang. Banyak orang masih menggunakannya untuk menjalin komunikasi dengan keluarga atau temannya.

Karena masih banyaknya pengguna, tidak heran bila cara bisnis online dengan metode promosi menggunakan Facebook banyak dijadikan pilihan. Pengoperasiannya yang mudah dan mampu menjangkau pasar luas menjadi alasannya.

Bahkan platform ini juga dimanfaatkan oleh para pebisnis pemilik toko fisik untuk mempromosikan produk mereka secara online. Harapannya, memperoleh keuntungan lebih besar lagi dan tidak hanya mengandalkan pendapatan dari jual beli offline saja.

Sebagian mengawali promosi produk mereka lewat Facebook. Agar target pasar terjangkau secara maksimal dan mereka tertarik untuk membeli produk Anda, perhatikan banyak aspek.

Pertama, pada bagian halaman utama Facebook, buat dengan desain menarik agar pelanggan tertarik untuk berkunjung. Gunakan gambar, jenis tulisan, video dan CTA yang tepat agar mampu menjangkau target luas.

3. Twitter

Ketika menerapkan cara bisnis online, bisa melakukan promosinya lewat Twitter.  Dulunya Twitter hanya didesain untuk menuliskan tweet dengan maksimal karakter sejumlah 160 saja. Tapi, sekarang cukup efektif digunakan sebagai media promosi produk.

Bila ingin memaksimalkan promosi lewat Twitter, perbanyak jumlah follower. Kemudian lakukan promosi dan pengiriman tweet secara rutin. Agar hasilnya optimal, tentukan waktu-waktu terbaik untuk posting.

Manfaatkan juga trend yang sedang populer. Buat tulisan promosi menarik dan mudah dibaca. Upaya memaksimalkan promosi lainnya lewat Twitter yaitu saling promo akun Twitter pebisnis online lain dan menyewa buzzer.

4. E-commerce

Jenis media promosi untuk menunjang tata cara bisnis online berikutnya e-commerce. Salah satu contohnya sudah disebutkan sebelumnya, yakni Shopee. Bila produk Anda berupa barang, e-commerce bisa menjadi salah satu alternatif pilihan terbaik.

Tidak harus Shopee, bisa juga Tokopedia atau lainnya. Pemilihan e-commerce tidak terbatas pada satu platform, Anda dapat menggunakan beberapa. Memaksimalkan promosi lewat e-commerce bisa dengan cara memasang iklan.

Atau bisa juga mengikuti berbagai event yang sedang berjalan. Sebagian orang mengombinasikan antara sosial media, seperti Instagram dengan e-commerce sebagai media promosi.

Caranya adalah menautkan link e-commerce pada bio Instagram. Jadi, nantinya konten produk pada Instagram, dibagian deskripsi produk dicantumkan link e-commerce untuk mempermudah para pengunjung bila tertarik membeli.

5. Blog

Menerapkan cara bisnis online dengan media promosi berupa blog bisa dilakukan dengan membuat beragam artikel berkaitan produk yang dijual. Bisa juga sesekali menuliskan berita update berhubungan dengan prestasi yang pernah diraih oleh usaha Anda.

Agar lebih optimal promosinya, bisa menerapkan teknik SEO. Dengan teknik SEO tepat, kemungkinan blog masuk pada halaman utama pencarian lebih besar. Hal ini memberikan peluang untuk menarik perhatian lebih banyak pelanggan.

Berbagai Kelebihan Promosi Bisnis secara Online

Melakukan promosi produk usaha secara online memiliki berbagai kelebihan dibandingkan offline. Tidak heran bila akhirnya banyak pebisnis yang menerapkan promosi secara online untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Berikut berbagai kelebihan dimilikinya:

1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Promosi untuk menunjang tata cara bisnis online dengan metode satu ini menjangkau pasar lebih luas dan akses geografisnya tanpa batas. Jangkauannya bukan hanya lokal, tapi juga global. Jangkauan pasar luas hanya dengan memanfaatkan akses internet saja.

2. Cara Promosinya Lebih Mudah

Kelebihan berikutnya, cara promosinya lebih mudah tanpa harus berkeliling ke mana-mana. Selain itu, bisa melakukan promosi kapan saja, bahkan malam dan dini hari sekalipun asalkan memiliki perangkat mumpuni serta koneksi internet stabil.

3. Lebih Hemat Biaya Operasional

Promosi online lebih menghemat biaya operasional. Bahkan ada juga yang tidak perlu mengeluarkan uang untuk promosi. Tanpa biaya tersebut bila Anda melakukan pemasaran sendiri tanpa menggunakan tenaga pemasar.

4. Lebih Banyak Strategi Pemasaran yang Bisa Dilakukan

Metode promosi satu ini memiliki lebih banyak strategi, contohnya SEM atau Search Engine Marketing dan SEO atau Search Engine Optimization. Bisa juga menjalin kerja sama dengan influencer marketing, memakai email marketing dan lain-lain.

5. Bisa Memperoleh Feedback Langsung dari Konsumen

Ketika menerapkan cara bisnis online, Anda akan langsung memperoleh feedback dari konsumen berupa ulasan yang dicantumkan pada platform jualan. Feedback ini memudahkan Anda mengetahui tingkat kepuasan pelanggan sebagai bahan evaluasi.

6. Lebih Mudah Mengamati Pergerakan Kompetitor

Membahas tentang bisnis, apalagi online, sangat kompetitif dan ketat. Agar bisa bersaing dengan mereka, penting untuk mengamati pergerakan kompetitor, lalu mencari strategi terbaik. Melalui media pemasaran online, akan lebih mudah untuk mengamatinya.

7. Bisa Terkoneksi Tanpa Batasan Waktu

Melalui promosi online, Anda bisa terkoneksi dengan para konsumen tanpa terbatas waktu. Baik itu baik, siang, sore maupun malam hari, strategi pemasaran dan komunikasi dengan konsumen tetap bisa berjalan.

8. Lebih Mudah Mengukur Performa Bisnis

Kelebihan terakhir yaitu lebih mudah mengukur performa bisnis karena sudah ada data akurat yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk melakukan analisis. Bila performanya ditemukan kurang memuaskan, bisa diperbaiki lagi.

Beberapa Contoh Usaha Online yang Menjanjikan

Ada banyak jenis usaha online, baik itu barang maupun jasa bisa dipilih. Ketika ingin menerapkan cara bisnis online menjanjikan tapi masih bingung menentukan produk yang ingin dijadikan pilihan, Anda bisa menjadikan daftar berikut sebagai alternatif pilihan:

1. IT Service

Pilihan pertama adalah IT service. Usaha ini menjanjikan karena semakin banyak pengguna internet dan perangkat IT. Beberapa jenis layanannya yaitu perlindungan data dari serangan cyber, konsultan IT atau manajemen sistem teknologi informasi.

2. Desain Web

Bisnis online yang menjanjikan berikutnya adalah desain web. Tidak semua orang ahli dalam hal mendesain web. Inilah penyebab banyak perusahaan pemilik website lebih memilih menggunakan jasa desain dan Anda bisa memanfaatkan peluang ini.

3. Kelas Privat Bahasa Asing

Bila Anda memiliki kemampuan berbahasa asing, baik itu Inggris, Prancis, Belanda, Turki, Jepang atau lainnya, bisa mencoba membuka usaha kelas privat online. Menerapkan cara bisnis online satu ini tidak memerlukan modal besar.

4. Editor Video

Sekarang ini membuat konten video semakin marak dilakukan. Sebagian orang membuat konten video untuk hiburan atau mengabadikan momen. Ada juga yang membuat konten dengan tujuan mempromosikan produk.

Tidak semua pengguna platform digital bisa mengedit videonya sendiri agar tampak menarik. Inilah penyebab kebanyakan dari mereka memakai jasa edit video. Dalam situasi seperti ini, cara bisnis online menjadi editor video bisa menjadi peluang menjanjikan.

5. Konsultan SEO

Bisnis online yang menjanjikan lainnya yaitu konsultan SEO. Pekerjaannya mengarahkan klien untuk melakukan teknik SEO paling tepat sesuai bisnis mereka. Jadi, konsultan SEO akan memberikan solusi terbaik terkait cara pengoptimalan website dengan teknik SEO.

6. Script Writer

Script writer bisa menjadi cara bisnis online menarik bagi Anda yang memiliki hobi menulis naskah. Beragam jenis naskah bisa ditulis oleh scriptwriter, mulai dari acara televisi, konten, radio hingga iklan.

Risiko Menjalankan Usaha Online yang Penting Diwaspadai

Penting menjadi catatan bahwa bisnis online untuk pemula itu tidak terlepas dari namanya risiko. Bahkan usaha yang sudah bertahun-tahun dijalankan saja masih harus menghadapi kemungkinan risiko tersebut.

Salah satu risikonya yaitu salah kirim. Salah kirim bisa terjadi ketika detail alamatnya salah, sehingga produk lambat sampai ke pelanggan. Penyebab salah kirim bisa karena kesalahan pelanggan, Anda sendiri atau jasa pengiriman.

Beberapa risiko lainnya adalah produk rusak saat proses pengiriman, pembeli tidak jelas, produk tidak sesuai harapan pembeli, mengalami penipuan dan persaingan cukup ketat. Risiko tersebut bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa diduga.

Maka dari itu, perlu upaya meminimalkan risikonya dengan cara memahami target pasar, menerapkan strategi pemasaran tepat dan melakukan evaluasi berkala. Pastikan juga memiliki manajemen risiko yang baik.

Agar risiko tersebut lebih minim terjadi, lakukan perencanaan dengan baik sebelum memulai menjalankan usaha online. Jadi, penerapan tata cara bisnis online di atas saja belum cukup, perlu adanya antisipasi untuk mengatasi risiko tersebut bila tiba-tiba terjadi.

Baca juga : Memahami Apa itu Bisnis Online dan Jenisnya

Bisnis online ialah model usaha yang mulai banyak diminati karena bukan hanya menjanjikan profit besar namun juga mudah dilakukan. Apabila Anda juga tertarik berbisnis online, coba saja salah satu ide usaha dalam artikel ini.