Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Rahasia Cara Jualan Online Laris di Facebook

Bisnis di era sekarang menawarkan banyak kemudahan dan peluang yang besar. Hal itu didukung perkembangan dunia internet, sehingga jualan di platform online adalah pilihan tepat. Namun, apakah Anda sudah memahami apa itu jualan online secara keseluruhan? Simak penjelasannya berikut.

Cara Jualan Online Laris di Facebook

Pengertian Jualan Online

Sesuai dengan namanya, jualan online menitikberatkan pada media yang digunakan, yakni sistem daring. Apabila Anda dapat memilih barang maupun melakukan pemeriksaan fisik pada bisnis konvensional, maka hal itu tidak dapat dilakukan ketika transaksi online.

Pada umumnya para penjual hanya memberikan detail informasi mengenai produk yang dijualnya. Guna menambah keyakinan dan daya tarik, tidak jarang produk dikemas dengan foto maupun video pendek. Penjualan dilakukan via media sosial, website, maupun marketplace.

Ide Jualan Online Kekinian dan Menguntungkan

Setelah Anda mengetahui penjelasan singkat mengenai apa itu jualan online, maka langkah berikutnya adalah menyimak berbagai ide kekinian. Beberapa contoh usaha di bawah ini dapat dijadikan sebagai inspirasi maupun percontohan bisnis dengan keuntungan menggiurkan.

1. Sembako

Pilihan pertama yang bisa Anda coba yaitu bisnis sembako. Mengingat kebutuhannya yang setiap hari, maka potensi bisnis ini terbilang menjanjikan dan perputaran uang lebih cepat. Modal pertama pun bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan.

Menjalin kerja sama dengan para petani atau distributor untuk memudahkan dalam ketersediaan stok barang. Pastikan pula kualitas yang dijual sesuai dengan standar dari Anda karena dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap usaha.
Perlengkapan Rumah Tangga

Perlengkapan rumah tangga atau barang pecah belah juga mempunyai peluang besar dalam berbisnis online. Kebutuhan akan semua barang-barang tersebut terbilang tinggi dan tidak terbatas, sehingga dapat dijadikan pekerjaan utama.

Lakukan update stok dan variasi barang secara berkala untuk menarik minat dan perhatian calon konsumen. Hal itu mutlak Anda lakukan guna mempercepat perkembangan toko Online dan menambah jangkauan pasar. 

2. Produk Kesehatan

Semakin ke sini masyarakat pun meningkat pengetahuan serta kesadaran terhadap pentingnya kesehatan. Hal itu pula yang membuat banyak bisnis online meraup omzet fantastis saat menjual berbagai produk kesehatan.

Mengingat peruntukannya untuk jangka panjang, maka Anda harus berhati-hati dan selektif dalam menyediakan produk kesehatan. Pastikan semua produk sudah terdaftar di BPOM dan memiliki legalitas yang jelas demi menjamin kualitas untuk pelanggan.

Tips Jualan Online untuk Pemula

Bagi para pemula dalam bisnis Online, maka harus memiliki pengetahuan yang cukup. Cobalah untuk memperhatikan tips-tips berikut ini agar usaha yang Anda bangun dapat berkembang lebih cepat dan minim resiko dan kerugian.

1. Tentukan Jenis Jualan Online

Tips pertama adalah menentukan jenis jualan online. Pilihlah produk yang sesuai dengan passion Anda karena dapat berpengaruh pada proses pengembangan bisnis dan pengelolaan nantinya. Selain itu, bisnis yang sesuai keinginan dan minat memberikan dorongan lebih kuat.

Anda bisa memulai bisnis online diawali dari hobi dan menyalurkan bakat. Selain tidak terbawa suasana saat pasar sedang melemah, cara ini bisa meningkatkan kreativitas dan semangat menjelajahi seluk beluk usaha.

2. Membuka Banyak Toko Online

Apabila Anda mengamati bisnis atau usaha online di era sekarang, maka hampir semuanya memiliki toko Online atau non fisik di marketplace. Beberapa diantaranya bahkan mempunyai toko di setiap marketplace demi memaksimalkan penjualan.

Adopsi strategi tersebut pada usaha Anda, yakni dengan membuat toko online di semua marketplace yang ada. Hal ini memungkinkan pemesanan dari semua konsumen pada marketplace tertentu, sehingga peluang penjualan produk juga lebih besar.

3. Jual Produk yang Peminatnya Tinggi

Setiap konsumen di marketplace tentunya sudah mengerti dan paham apa itu jualan online secara keseluruhan. Lakukan analisa sederhana terhadap kapasitas dan minat konsumen untuk menentukan produk yang akan dijual nantinya.

Pilihlah produk yang paling diminati oleh masyarakat sekarang. Jangan idealis dengan keinginan dan pribadi untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat. Prinsip usaha adalah penjual yang mengikuti kemauan pembeli bukan sebaliknya.

4. Aktif Media Sosial

Tips berjualan online nomor 4 adalah aktif di media sosial. Hal itu tentu mutlak untuk dilakukan karena kembali pada konteks bisnis adalah via daring. Bisa dipastikan setiap hari Anda harus melakukan Monitoring dan evaluasi atas progres dan perkembangan toko.

Melalui proses ini, Anda dapat mengetahui trend pasar dan barang-barang yang sedang banyak dicari. Banyak produk online yang meningkat penjualannya pada musim-musim tertentu saja. Anda bisa mengantisipasi dan mengambil peran dalam situasi tersebut.

5. Buat Foto Produk yang Menarik

Saat Anda sudah mengetahui apa itu jualan Online, maka pengemasan produk adalah aspek penting yang tidak bisa lepas dari bisnis tersebut. Konsumen tidak dapat melihat secara keseluruhan produk yang akan dibelinya, sehingga penjual harus memberikan gambaran sedetail mungkin.

Tak jarang dari para pengusaha Online mengedepankan penampilan produk dengan membuat foto yang menarik dan elegan. Tidak perlu memakai peralatan mahal demi menciptakan foto produk menawan, kunci utama adalah pada skill dan kreativitas Anda dalam mengemas ide.

Strategi Jualan Online yang Baik

Selain berbagai tips di atas, Anda bisa mencoba untuk menerapkan strategi di bawah ini agar dalam mengembangkan bisnis lebih mudah dan cepat. Lakukan evaluasi secara berkala untuk menemukan ritme dan algoritma dari marketplace maupun konsumen.

1. Pilih Target Audiens atau Konsumen Potensial

Target audiens menjadi aspek penting untuk Anda perhatikan sebelum menentukan usaha. Pastikan orang-orang yang dituju memiliki minat tinggi pada produk yang akan dijual. Hal ini dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap perkembangan bisnis.

Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan kunci dari keberhasilan tersebut adalah melakukan riset. Gunakan metode observasi dengan masa pengamatan berkala guna mendapatkan hasil akurat.

2. Buat Nama Produk atau Toko yang Menarik

Nama produk dan toko yang menarik tidak bisa dipandang sebelah mata. Anda harus menambahkan kreativitas dalam menentukannya agar terlihat menarik dan mudah diingat oleh para pelanggan. Hal ini juga berpengaruh dalam pembentukan brand awareness.

3. Buat Rincian Harga yang Kompetitif

Apabila Anda sudah memahami apa itu jualan online khususnya pada marketplace, maka salah satu indikator utamanya adalah harga yang murah dan kompetitif.

Pastikan hal itu terdapat di dalam setiap produk Anda agar penjualan lebih pesat.
Gunakan harga promo sebagai salah satu cara menarik perhatian para pelanggan. Tidak perlu mengharapkan keuntungan saat Anda baru memulai usaha. Hal utama yang perlu dikejar adalah promosi dan toko semakin dikenal oleh banyak orang.

Cara Jualan Online Laris di Facebook

Ada dua jenis bentuk berdagang yang bisa kamu gunakan untuk menjual produk di facebook. Kedua jenis ini dapat membantu kamu untuk menemukan cara jualan online laris di facebook. Berikut ini adalah kedua caranya, simak yuk.

1. Fitur Facebook Shops

Dengan adanya fitur ini dapat membantu bisnis kecil membuat suatu toko online yang kemungkinan bisa diakses pelanggan di Facebook dan juga Instagram. Fitur ini termasuk masih baru di Facebook dan dapat menjadi salah satu cara jualan online laris di facebook. 

Baca juga : Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku

Meskipun begitu kamu bisa langsung memanfaatkan dengan menjual produk melalui fitur chat Messenger, WhatsApp, maupun Instagram. Bahkan tidak hanya itu, kamu juga bisa menandai produk saat live stream Facebook dan Instagram. 

Hal ini langsung akan membawa pelanggan ke halaman pemesanan produk yang kamu miliki sehingga praktis.

2. Fitur Marketplace

Marketplace merupakan fitur tempat dimana calon pelangganmu akan menemukan, membeli, bahkan menjual barang. Fitur ini bisa digunakan secara individu dan juga bisnis. 

Jadi apabila kamu mempunyai halaman bisnis Facebook dan Facebook Shops dengan pembayaran berlangganan, maka kamu juga bisa menjual produk sebagai bisnis di Marketplace.

Apa yang harus kamu lakukan untuk membuat Facebook Shops?

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk cara jualan online laris di facebook yaitu halaman Facebook khusus untuk bisnis yang kamu miliki dan itu bukan akun atau halaman berisi pribadimu sendiri.  

Baca juga : 5 Cara agar Cepat Laku Jualan Online

Selanjutnya, silahkan sambungkan platform e-niaga milikmu ke Facebook atau bangun Facebook Shops secara manual. Terakhir, jika kamu ingin memasarkan produk dan Facebook Shops punyamu melalui iklan, kontes, dan postingan yang dipromosikan untuk membuat penjualan lebih maksimal.

Apa yang harus kamu lakukan untuk berjualan Facebook Marketplace?

Setelah kamu memiliki Facebook Shops, maka cara cara jualan online laris di facebook yang lainnya adalah menggunakan Facebook Marketplace. Facebook Marketplace merupakan pasar belanja peer-to-peer namun telah diperluas dengan penjualan pedagang.

Facebook Marketplace memiliki kelebihan yaitu jangkauan toko di komunitas lokal yang meningkat. Kamu tentunya bisa mendapatkan pelanggan jika mereka sudah menjelajahi produk kemudian menggunakan pesanan real-time Facebook guna menjawab dan memberikan informasi.

Nah, itu dia beberapa cara jualan online laris di facebook yang bisa kamu terapkan. Kedua cara tersebut tidaklah rumit, kamu hanya perlu melakukan langkah demi langkah dengan cermat dan tepat. 

Dijamin penjualan produkmu akan mengalami peningkatan mengingat bahwa Facebook memiliki begitu banyak pengguna yang sangat potensial.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com