Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Blogger dengan Wordpress? Simak Disini

Dalam dunia blogging, penggunaan platform Blogger dan Wordpess sangat populer. 

Keduanya memiliki peminat yang tinggi dan cenderung bersaing karena ada beberapa perbedaan dalam kinerjanya. 

Perbedaan Blogger dengan Wordpress

Perbedaan Blogger dengan Wordpress

Perbedaan pertama terletak pada performanya saat memuat halaman, yaitu tingkat kecepatan antara keduanya. 

Blogger merupakan pilihan yang tepat apabila Anda membutuhkan blog dengan waktu loading cepat karena dihosting oleh Google.

Performa Blogger ini juga didukung oleh pilihan fiturnya yang terbatas, sehingga tidak akan mengalami banyak kendala. 

Sementara itu, Wordpress dalam hal ini sudah memiliki hosting sendiri. Ini juga membuatnya bisa menentukan responsivitas blog, sehingga loading pun cepat.

Namun demikian, saat Anda menggunakan wordpress yang dipadukan dengan hosting dari penyedia lain, ini juga akan mempengaruhi kecepatan web. 

Jika provider yang dipilih menyediakan layanan yang bagus, web Anda pun performanya juga akan tinggi.

Opsi Desain

Blogger memiliki opsi desain yang sangat sederhana dan bahkan sudah sangat familiar ditemukan pada berbagai blog di mesin pencari. 

Pengguna Blogger tidak bisa leluasa untuk mendesain websitenya karena sudah ada pilihan temanya. Jika ingin tema lain, maka Anda bisa membelinya.

Sementara Wordpress banyak menyediakan desain dan tema yang bisa diakses secara gratis dengan kualitas yang terbilang lebih tinggi dan lebih variatif.

Namun, jika Anda menginginkan tema yang upgrade dan lebih eksklusif, tentu harus membayar terlebih dahulu.

Namun demikian, perlu dipahami juga bahwa kedua blog tersebut menyediakan pengaturan yang mudah dalam mengganti desain, bahkan untuk yang bukan ahli koding sekali pun. Ini akan sangat memudahkan bagi Anda yang masih pemula.

Penggunaan

Perbedaan Blogger dengan Wordpress selanjutnya dijumpai dalam hal penggunaannya. Jadi, manakah yang lebih user friendly antara keduanya? Apabila ingin menggunakan Blogger, Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran.

Baca juga : Apa yang dimaksud dengan Blogger?

Tahap berikutnya, Anda bisa langsung sign up menggunakan akun Google dan mulai membuat blog baru. 

Proses set up yang dilakukan sangat sederhana dan domainnya bisa Anda dapatkan secara gratis, maupun membeli dari provider tertentu.

Sementara, jika menggunakan Wordpress, prosesnya cukup mudah dan Anda memiliki kebebasan untuk mengelola konten sendiri. Fitur pada Wordpress Anda juga bisa disesuaikan dengan jenis konten yang ingin disajikan.

Fleksibilitas

Berbicara mengenai fleksibilitas, keduanya juga memiliki perbedaan, terutama dalam hal mengkreasikan desainnya. Kemudahan dalam mendesain sendiri ini berpengaruh pada pengelolaan blog saat Anda mulai membuat konten.

Jika menggunakan Blogger, fleksibilitas berkreasi Anda akan lebih terbatas, karena platform ini mempunyai built in gadgets. Keterbatasan ini karena fungsi gadget tersebut hanya mengikuti fitur yang disediakan oleh Blogger saja.

Pada Wordpress, penggunanya memiliki kebebasan dalam berkreasi karena platform ini sudah open software. Hal ini berarti penggunalah yang menentukan jenis fitur di dalam webnya, termasuk pengelolaan konten secara leluasa.

Keamanan

Perbedaan Blogger dengan Wordpress yang terakhir terletak pada keamanannya karena berhubungan dengan konten yang sudah diupload. 

Keamanan pada Blogger menggunakan sistem yang sudah disediakan oleh Google, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan konten.

Namun, kelemahan pada Blogger adalah, saat servernya mengalami down, maka website Anda juga akan terpengaruh.

Baca juga : Kriteria yang Harus Ada pada Hosting Terbaik untuk Wordpress

Sedangkan Wordpress seringkali menjadi sasaran empuk para hacker karena menggunakan open source system yang mengharuskan Anda bisa mengamankannya sendiri.

Wordpress menggunakan hosting sendiri, sehingga back up data harus dilakukan oleh pemilik website. 

Tetapi, kelebihan dari Wordpress adalah, pemilik website bebas memilih provider dan hosting yang diinginkannya disesuaikan dengan kebutuhan website.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih. 

Cloud Hosting