Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menentukan Kata Kunci untuk Artikel Blog

Konten artikel SEO friendly membutuhkan keyword atau kata kunci agar lebih mudah ditemukan pada mesin pencari. 

Penentuan keyword ini harus dilakukan secara tepat melalui beberapa tahapan riset agar tepat sesuai sasaran konten. 

Cara Menentukan Kata Kunci

3 Cara Menentukan Kata Kunci untuk Artikel Blog

1. Pahami Analisis User Intent

Hal pertama yang harus dilakukan, yakni memahami user intent terlebih dahulu yang menjadi salah satu faktor penentu agar rating blog meningkat. 

Tujuan dari analisis user intent adalah untuk mencari kata kunci yang akan meningkatkan peringkat blog agar bisa mencapai page on Google. 

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Traffic Blog Paling Ampuh, Simak Disini

Cara ini semakin menarik apalagi jika banyak orang memiliki persepsi mengenai kata kunci yang digunakan. Langkah yang harus dilakukan untuk memahami user intent, yaitu memasukkan kata kunci dan mencarinya.

Hasil dari pencarian ini dapat disimpulkan apakah kata kunci yang dicari sesuai dengan target atau tidak. Anda harus memastikan bahwa tipe konten yang akan dibuat sesuai dengan hasil pencarian dari kata kunci tersebut.

2. Membuat Daftar Topik yang Relevan

Cara menentukan kata kunci selanjutnya, yaitu membuat daftar topik yang relevan sesuai dengan konten Anda. Topik yang akan diangkat tentu saja sehubungan dengan penawaran produk atau layanan dari blog Anda.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mempersiapkan 5 hingga 10 topik yang sesuai dengan bisnis, lalu carilah kata kuncinya.  

Tentukan kata kunci dasar dan turunan agar lebih spesifik, sehingga topik yang diangkat semakin mudah ditemukan oleh pengunjung blog.

Baca juga : Cara Buat Blog di Blogger untuk Pemula, Mudah Banget

Sebagai contoh, apabila blog Anda berfokus pada digital marketing, maka sebaiknya topik yang diangkat mengenai pemasaran dan SEO. 

Contoh kata kunci yang bisa diangkat antara lain inbound marketing, email marketing, lead generation, SEO, social media marketing.

3. Riset Kata Kunci Menggunakan Tools

Langkah berikutnya, yakni riset kata kunci menggunakan tools online yang disediakan oleh mesin pencari atau berupa aplikasi. 

Pada umumnya, Anda harus membayar untuk mendapatkan keyword tools versi premium yang fiturnya lengkap. Berikut keyword research tools yang bisa digunakan.

  • SEMRush

Keyword research tools yang satu ini memiliki versi gratis dengan penggunaan terbatas dan premium. 

Jika Anda ingin menggunakan SEMRush ini sebagai tools utama untuk mencari kata kunci, sebaiknya membeli versi premium. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan fitur lengkap dan bisa research kata kunci tanpa limit.

Agar Anda bisa menggunakan semrush ini, Anda harus Log in terlebih dahulu.

  • Ubersuggset

Ubersuggest merupakan keyword research tools versi gratis yang bisa digunakan secara leluasa kapan saja. 

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu pengguna bisa langsung mengetikkan kata kunci yang ingin dicari dan memilih wilayah target.

Informasi yang akan diberikan oleh keyword research tools ini adalah kadar kesulitan, volume pencarian kata kunci dan lain sebagainya. 

Anda juga akan menemukan saran kata kunci yang bisa diterapkan sesuai dengan target niche topik konten di blog tersebut.

Cara menentukan kata kunci untuk artikel blog sebenarnya cukup simpel asalkan Anda bisa memilih topik yang sedang banyak dicari saat ini. Sesuaikan kata kunci dengan jenis topik dan tipe artikel pada blog Anda. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Domain, silahkan order Domain di Niagahoster dan masukkan kode kupon DIKAOFFICIAL agar Anda mendapatkan diskon 5%. 

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.