Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Keyword di Google Trends untuk Pemula

Google Trends adalah fitur dari Google yang bermanfaat dalam membuat rancangan atau strategi konten serta SEO. 

Anda dapat mempelajari cara riset keyword di Google Trends sebelum memulai membuat sebuah blog. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Cara Riset Keyword di Google Trends

Cara Riset Keyword di Google Trends untuk Pemula

1. Menelusuri Topik dan Keyword yang Ada di Google Trends

Sebelum membuat sebuah blog, tentunya Anda harus memikirkan topik yang akam dibidik keywordnya dan sedang dicari banyak orang. 

Apabila belum menemukan topik, Anda bisa menentukan melalui beberapa contoh pencarian paling populer yang ada di berbagai dunia.

Baca juga : Cara Buat Blog Baru dengan Cara Mudah bagi Pemula

Anda dapat mengubah hasil pencarian yang ditampilkan dengan cara mengubah pengaturan negara yang berada pada pojok kanan atas. 

Sesudah itu, topik-topik yang sedang ramai diperbincangkan di negara tersebut akan muncul di halaman utama Google Trends.

Namun, Apabila Anda sudah memiliki sebuah topik, masukkan topik tersebut pada kolom “Masukkan topik atau istilah penelusuran” yang sudah tersedia. 

Setelah itu, akan muncul hasil data intensitas pencarian keyword tersebut di Google Search. 

2. Membandingkan Beberapa Keyword yang Mirip

Google Trends juga memiliki fitur comparison untuk menambahkan beberapa keyword lain sebagai pembanding keyword yang sedang Anda cari. 

Fitur ini dapat membandingkan antar keyword baik dalam bentuk grafik atau peta wilayah maupun kueri yang saling berhubungan.

Baca juga : Cara Memilih Niche Blog untuk Pemula

Salah satu cara riset keyword di Google Trends ini akan mempermudah Anda dalam menemukan dan memilih keyword yang lebih baik dan sedang populer. 

Penggunaan keyword yang populer akan mendatangkan lebih banyak pengunjung di blog Anda.

3. Menerapkan Kategori Penelusuran Keyword

Selain digunakan untuk mencari keyword di mesin pencarian, Google Trends juga dapat digunakan untuk mencari inspirasi atau ide dan data dari keyword yang Anda gunakan untuk kategori lainnya. 

Beberapa kategori ini di antaranya pencaian web, gambar, berita, dan lain sebagainya.

4. Mengoptimalkan Keyword Menurut Wilayah

Apabila membuat sebuah blog untuk bisnis online, Anda dapat mengoptimalkan suatu produk berdasarkan daerah-daerah yang sedang mempopulerkan keyword pilihan. Ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan. 

Anda dapat menggunakan data geografis dari Google Trends untuk melakukan promosi pada wilayah yang diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan iklan produk di wilayah-wilayah tersebut sebagai ajang promosi.

Itulah beberapa cara riset keyword di Google Trends. Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat menganalisa keyword yang berpotensi memiliki popularitas yang tinggi. Pemilihan keyword yang tepat akan meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Domain, silahkan order Domain di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.