Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Keyword di Google Trends untuk Pemula

Sudah pahamkah Anda apa itu google trends? Sebagai seorang blogger atau pembuat konten di situs tertentu, Anda tentu tidak asing dengan istilah ini. Sedangkan untuk Anda yang mengetahui dengan baik tentang google trends, simak uraian berikut ini.

Cara Riset Keyword di Google Trends

Mengenal Google Trends

Ada banyak hal yang bisa Anda ketahui tentang google trends. Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian google trends, kegunaan, dan seberapa penting peran google trends:

Pengertian Google Trends

Google trends dapat diartikan sebagai sebuah tool yang memberikan manfaat untuk mengatasi kendala ide dalam membuat konten. Dalam artian lain, ketika Anda merasa bingung ingin membuat konten seperti apa karena kehabisan ide, disini google trends bisa dimanfaatkan.

Pengertian google trends adalah sebuah grafik statistik pencarian situs web. Grafik tersebut memunculkan popularitas topik pencarian dari google dalam kurun waktu tertentu. Popularitas yang muncul dapat di filter berdasarkan bahasa, wilayah, dan kota.

Secara sederhana, google trends dapat dipahami sebagai sebuah situs yang disediakan oleh pihak Google yang memiliki peran sebagai tool. Tool tersebut menyajikan dan menyediakan data mengenai trend dan seberapa sering kata kunci tersebut dicari melalui mesin penelusuran google. 

Situs tersebut juga menyediakan data mengenai volume pencarian kata kunci serta informasi terkait geografi pencarian kata kunci.

Kegunaan Google Trends

Pengertian dari google trends memberikan gambaran mengenai kegunaannya yakni menunjukkan topik terpopuler dalam mesin pencarian google. Tidak hanya konten yang berkaitan dengan topik populer yang muncul, bahkan berbagai berita yang berkaitan dengan topik tersebut juga akan muncul.

Berita dengan topik yang sedang trending bisa terbaca dan muncul melalui google trends. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan ide. Ide-ide tersebut bisa menjadi bahan hangat untuk konten, karena sedang ramai diperbincangkan. 

Google trends menyediakan berbagai fitur penting yang bisa Anda manfaatkan dengan baik. Fitur tersebut mampu untuk mengidentifikasi sebuah topik dan sub topik yang ramai dibahas.

Seberapa Penting Peran Google Trends dalam Pencarian Topik Populer?

Dengan adanya google trends, Anda bisa mengetahui topik yang sedang populer dalam waktu tertentu. Peran google trends disini adalah membantu Anda dalam menemukan ide. Sebagai seorang blogger, Anda harus mengetahui dengan baik apa itu google trends beserta perannya.

Selain itu, Anda bisa menggunakan google trends untuk membandingkan topik favorit dengan topik yang sedang ngetrend dalam di seluruh dunia. Melalui layanan dari google ini, Anda juga bisa mengetahui seberapa sering topik yang dicari muncul di Google News.

Google trend menampilkan wilayah dengan pencarian terbanyak tentang topik terkait. Dengan demikian, layanan ini berperan penting untuk para content creator blog dalam menentukan topik konten yang bagus untuk dibahas versi mesin pencarian google.

Anda dapat mengetahui seberapa banyak orang yang menelusuri suatu kata kunci beserta dengan wilayahnya. Anda juga bisa melihat perbandingan dengan topik lain, atau melihat turunan kata kunci yang bisa diaplikasikan pada konten juga.

Google Trends untuk Pelaku Bisnis Digital

Google trends sangat membantu para pelaku bisnis digital dalam mengidentifikasitopik populer yang mengalami perubahan di setiap saat. Dengan mengetahui apa itu google trends dan cara menggunakannya, Anda bisa menjalankan promosi bisnis secara digital sesuai tren.

Google Trends adalah fitur dari Google yang bermanfaat dalam membuat rancangan atau strategi konten serta SEO. 

Anda dapat mempelajari cara riset keyword di Google Trends sebelum memulai membuat sebuah blog. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Cara Riset Keyword di Google Trends untuk Pemula

1. Menelusuri Topik dan Keyword yang Ada di Google Trends

Sebelum membuat sebuah blog, tentunya Anda harus memikirkan topik yang akam dibidik keywordnya dan sedang dicari banyak orang. 

Apabila belum menemukan topik, Anda bisa menentukan melalui beberapa contoh pencarian paling populer yang ada di berbagai dunia.

Baca juga : Cara Buat Blog Baru dengan Cara Mudah bagi Pemula

Anda dapat mengubah hasil pencarian yang ditampilkan dengan cara mengubah pengaturan negara yang berada pada pojok kanan atas. 

Sesudah itu, topik-topik yang sedang ramai diperbincangkan di negara tersebut akan muncul di halaman utama Google Trends.

Namun, Apabila Anda sudah memiliki sebuah topik, masukkan topik tersebut pada kolom “Masukkan topik atau istilah penelusuran” yang sudah tersedia. 

Setelah itu, akan muncul hasil data intensitas pencarian keyword tersebut di Google Search. 

2. Membandingkan Beberapa Keyword yang Mirip

Google Trends juga memiliki fitur comparison untuk menambahkan beberapa keyword lain sebagai pembanding keyword yang sedang Anda cari. 

Fitur ini dapat membandingkan antar keyword baik dalam bentuk grafik atau peta wilayah maupun kueri yang saling berhubungan.

Baca juga : Cara Memilih Niche Blog untuk Pemula

Salah satu cara riset keyword di Google Trends ini akan mempermudah Anda dalam menemukan dan memilih keyword yang lebih baik dan sedang populer. 

Penggunaan keyword yang populer akan mendatangkan lebih banyak pengunjung di blog Anda.

3. Menerapkan Kategori Penelusuran Keyword

Selain digunakan untuk mencari keyword di mesin pencarian, Google Trends juga dapat digunakan untuk mencari inspirasi atau ide dan data dari keyword yang Anda gunakan untuk kategori lainnya. 

Beberapa kategori ini di antaranya pencaian web, gambar, berita, dan lain sebagainya.

4. Mengoptimalkan Keyword Menurut Wilayah

Apabila membuat sebuah blog untuk bisnis online, Anda dapat mengoptimalkan suatu produk berdasarkan daerah-daerah yang sedang mempopulerkan keyword pilihan. Ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan. 

Anda dapat menggunakan data geografis dari Google Trends untuk melakukan promosi pada wilayah yang diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan iklan produk di wilayah-wilayah tersebut sebagai ajang promosi.

Itulah beberapa cara riset keyword di Google Trends. Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat menganalisa keyword yang berpotensi memiliki popularitas yang tinggi. Pemilihan keyword yang tepat akan meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Domain, silahkan order Domain di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.