Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memulai Bisnis Makanan Online bagi Pemula

Cara memulai bisnis makanan online bagi Anda para pemula mungkin tidak akan terlalu sulit, karena sekarang ini menjalani bisnis online memang sudah banyak cara dan pendukungnya. 

Terutama untuk bisnis makanan atau kuliner yang paling sering dan menjamur. Karena makanan pasti akan selalu banyak yang mengincar dan menyukai, terlepas dari jenis makanan itu sendiri.

Cara Memulai Bisnis Makanan Online

7 Cara Memulai Bisnis Makanan Online bagi Pemula

Menjalani bisnis online memang sedang marak di zaman digital seperti ini, termasuk dengan berjualan makanan yang banyak dilakukan orang. Mungkin akan terdapat banyak pilihan jika Anda memutuskan untuk berbisnis makanan online, tapi cara memulai bisnis makanan online tersebut adalah :

1. Tentukan Ide Bisnis

Pertama kali dalam menjalankan bisnis pastinya adalah menemukan dan menentukan ide bisnis. Karena, Anda tidak bisa memulai sesuatu yang disebut bisnis jika tidak dimulai dari ide yang akan menuntun untuk menjalaninya. 

Karena pilihannya adalah makanan, maka Anda harus menentukan lebih dulu makanan apa yang akan dipasarkan.

Baca juga : Memahami Apa itu Bisnis Online dan Jenisnya

Ada banyak jenis makanan, mulai dari makanan kering, snack, hingga kue kering dan kue basah serta berbagai jenis minuman. Pilih yang kira-kira banyak orang suka, tapi jangan menjadi pengikut yang sudah ada. 

Misalnya saja seperti kopi yang memang sudah banyak pelaku bisnisnya, maka Anda harus memilih jenis kopi yang berbeda dan tidak pasaran. Bahkan, pilihan juga terdapat pada bisnis olahan makanan seperti katering.

2. Siapkan Modal

Menjalani sebuah bisnis pasti membutuhkan modal, tidak harus dalam bentuk materi atau uang tapi juga bisa dalam bentuk penyiapan bahan yang memang berhubungan dengan makanan. 

Jika Anda tidak memiliki modal banyak untuk memulai, pilih yang lebih mudah dengan menggunakan bahan yang Anda miliki dulu. Karena untuk menjalani bisnis online mungkin bisa diakali dengan tidak membutuhkan modal besar terlebih dulu.

3. Tentukan Target Pasar

Cara memulai bisnis makanan online bagi pemula yang paling utama juga menentukan target pasar Anda. 

Setelah Anda menentukan ide bisnis yang akan dijalani, maka sudah seharusnya Anda juga mennetukan arah produk tersebut akan dipasarkan dengan menentukan target pasar. 

Sebelum diperkenalkan melalui online, Anda harus tahu siapa targetnya apakah ini makanan untuk anak muda atau anak-anak, khusus bagi pria atau wanita dan banyak lagi kriterianya. 

Baca juga : 4 Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku 

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memperkenalkannya saat mempromosikan barang.

4. Pikirkan Cara Mengolah

Sebelum berbisnis memang semua hal harus sudah dipikirkan dulu dengan matang, termasuk dalam berbisnis makanan juga harus dipikirkan berbagai hal untuk menjalaninya. 

Salah satunya adalah cara mengolah makanan atau minuman tersebut hingga penyajian yang akan ditampilkan secara online nantinya.
Kalau memang barang Anda adalah hasil buatan sendiri, maka harus dipikirkan bagaimana dan dimana pengolahannya. 

Setelah itu, bagaimana cara penyajian yang berhubungan dengan promosi online nanti baik melalui website, marketplace ataupun media sosial.

5. Buat Nama dan Kemasan

Berhubungan dengan penyajian pada poin sebelumnya, Anda juga harus menentukan nama produk dan bentuk kemasannya yang menarik sebagai cara penyajian dan difoto sebagai sebuah foto produk. 

Dua hal ini sangat penting, terutama kemasan yang akan menentukan tertarik atau tidaknya calon konsumen pada produk Anda dan menunjukkan bentuk profesionalisme dalam bisnis.

6. Buat Rencana Keuangan

Hal yang satu inipun tidak kalah penting sebagai selah satu cara memulai bisnis makanan online, karena Anda memang harus merencanakan dengan matang sebuah rencana keuangan agar tidak terjerumus pada kerugian.

7. Siapkan Inovasi 

Hal terakhir dan cukup krusial adalah sebuah inovasi, karena menjalani bisnis memang membutuhkan inovasi termasuk dengan bisnis makanan. Apalagi sebagai pemula, Anda harus bisa memantau mana yang menjadi incaran para calon konsumen mengenai jenis makanan atau minuman yang Anda pilih.

Apabila semua langkah di atas sudah Anda lakukan dalam rangka mengikuti cara memulai bisnis makanan online dengan baik, artinya Anda sudah siap untuk berbisnis secara online.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.