Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Perangkat Keras dan Fungsinya

Apa sih pengertian perangkat keras? Menjadi salah satu pertanyaan yang sering muncul.

Pengertian Perangkat Keras

Perangkat keras merupakan sesuatu yang dapat dilihat secara fisik, dapat diraba serta bertindak sesuai dengan intruksi dari perangkat lunak atau software. Perangkat keras pada komputer biasa disebut dengan hardware melengkapi keberadaannya sesuai fungsi masing – masing. Hardware memiliki peran secara menyeluruh pada kinerja sistem komputer. 

Perangkat Keras

Perangkat keras atau hardware terbagi menjadi beberapa macam. Fungsi dari hardware tersebut adalah untuk penyimpanan, pendukung kelistrikan, proses, input dan output. Berbagai jenis perangkat keras tersebut yang nantinya akan dihubungkan pada sistem yang terintegrasi. Dengan begitu dapat difungsikan sebagai output maupun input data dan pemrosesan. 

Memilih Perangkat Keras Sesuai Spesifikasi 

Performa dari perangkat keras ditentukan oleh spesifikasinya. Semakin tinggi spesifikasi, maka akan semakin bagus kualitas yang dimilikinya. Maka dari itu, anda dapat menyesuaikan spek dari perangkat keras dengan apa yang dibutuhkan. Bagi anda yang menggunakan komputer untuk menyimpan foto, menonton video dan mengetik tentu tidak memerlukan komputer dengan spek yang tinggi. 

Baca juga : Inilah Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis

Namun anda dapat menggunakan komputer dengan spek tinggi jika ingin membuat desain grafis maupun bermain video dengan ukuran file yang besar. Pastikan anda mengerti pengertian perangkat keras dan memilih spesifikasinya dengan tepat berdasarkan kebutuhan. Jangan sampai sobat salah membeli perangkat keras. 

Berbagai Pilihan Perangkat Keras 

Perangkat keras terdiri atas beberapa jenis dan fungsinya yang berbeda – beda. Inilah beberapa macam perangkat keras sesuai fungsinya : 

1. Perangkat keras untuk pemrosesan data 

Perangkat keras ini digunakan untuk melakukan pengolahan data atau untuk mengeksekusi perintah jika terdapat data yang dimasukkan. Terdapat beberapa komponen utama di dalamnya yakni sound card atau kartu suara, VGA, motherboard dan CPU atau Central Processing Unit. 

2. Perangkat keras input 

Selain pengertian perangkat keras, anda harus mengetahui perangkat keras input dengan tugas memasukkan data dalam memori komputer. Keyboard merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi tersebut. Sedangkan untuk perangkat pendukungnya adalah scanner dan mouse. 

3. Perangkat keras output 

Perangkat keras dengan jenis ini memiliki fungsi untuk menampilkan data atau mengeluarkan data yang telah berhasil terproses sebelumnya. Speaker dan monitor merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi tersebut. Sedangkan komponen pendukung lainnya yakni proyektor, printer dan masih banyak lainnya. 

4. Perangkat keras kelistrikan 

Komputer dapat beroperasi dengan baik jika terdapat pasokan listrik yang cukup. Perangkat keras ini memiliki fungsi untuk menstabilkan daya listrik yang langsung mengalir menuju komputer. Power supply bermanfaat untuk melakukan pengelolaan sistem kelistrikan untuk seluruh perangkat kerasnya. Selain itu, komputer dapat dikoneksikan dengan stabolizer voltage atau stavolt. 

Baca juga : Inilah 5 Aplikasi Pengolah Kata yang Banyak Digunakan

Uninterruptible power supply atau UPS dapat ditambahkan dalam perangkat komputer anda. Tujuannya adalah untuk perangkat keras yang mampu menjadi backup daya listrik. Dengan begitu, ketika listrik pada perangkat keras tetap dapat hidup dalam beberapa waktu. 

5. Perangkat keras untuk penyimpanan 

Perangkat keras yang satu ini berfungsi untuk menyimpan seluruh data pengguna. Terdapat dua perangkat keras di dalamnya yakni harddisk yang berguna untuk menyimpan penyimpanan non volative internal serta RAM berguna untuk menyimpan volatile. 

Disamping itu, terdapat ROM atau Read Only Memori untuk media penyimpanan yang bersifat non volatile. Dengan begitu seluruh data yang telah diinput tidak hilang saat listrik padam. ROM hanya dapat dimanfaatkan untuk melihat saja. ROM biasa digunakan sebagai chip BIOS. 

Itulah beberapa informasi untuk anda, mulai dari pengertian perangkat keras sampai fungsi dan manfaatnya. Pastikan anda menggunakan perangkat keras dengan bijak dan memilih sesuai kebutuhan. 

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.